Saturday, December 5, 2020

Materi dan Soal Fisika SMA - PENGUKURAN

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download





 --------------------------------------------------------------------

PENGUKURAN

--------------------------------------------------------------------

 

1.    Besaran Pokok

        Besaran pokok adalah besaran yang digunakan sebagai dasar untuk menetapkan besaran yang lain

2.    Besaran Turunan

        Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan dari besaran pokok. (selain besaran pokok di atas)

        Masih banyak besaran turunan yang lain coba sebutkan ?

 

 

Latihan Soal 1

---------------------------------------------------------------------------

1.      Kelompok besaran berikut yang merupakan besaran pokok adalah …

         a.   panjang, kuat arus, kecepatan

         b.   intensitas cahaya, berat, waktu

         c.   jumlah zat, suhu, massa

         d.   percepatan, kuat arus, gaya

         e.   panjang, berat, intensitas cahaya

 

2.      Kelompok besaran berikut yang merupakan besaran turunan adalah ….

         a. momentum, waktu, dan kuat arus

         b. kecepatan, usaha, dan massa

         c. energi, usaha, dan waktu

         d. berat, panjang , dan massa

         e. percepatan, usaha, dan massa jenis

 

3.      Besaran-besaran berikut yang yang bukan besaran turunan adalah ….

         a. percepatan

         b. gaya

         c. usaha

         d. massa

         e. volume

 

4.      Diantara kelompok besaran berikut, yang termasuk kelompok besaran pokok dalam   system Internasional adalah ….

      a.      Suhu, volume, massa jenis dan kuat arus

b.   Kuat arus, panjang, waktu,  dan massa jenis

c.   Panjang, luas, waktu dan jumlah zat

d.   Kuat arus, intersitas cahaya, suhu, waktu

e.   Intensitas cahaya, kecepatan, percepatan, waktu

 

5.      Perhatikan tabel berikut!

No

Besaran

Satuan dalam SI

1

Jumlah zat

Mole

2

Suhu

Celcius

3

Waktu

Sekon

4

Panjang

Km

5

Massa

Gram

Pasangan yang benar adalah ……
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 5

 

6.      Dibawah ini yang merupakan satuan besaran pokok adalah …

      a. Newton ,Meter, Sekon
b. Meter, Sekon, Watt
c. Kilogram, Kelvin, Meter
d. Newton, Kilogram, Kelvin
e. Kelvin, Joule, Watt

 

7.      Kelompok besaran di bawah ini yang merupakan kelompok besaran turunan adalah …

      a.      Panjang lebar dan luas

b.   Kecepatan, percepatan dan gaya

c.   Kuat arus, suhu dan usaha

d.   Kecepatan, berat dan suhu

e.   Intensitas cahaya, banyaknya mol dan volume

 

8.      Besaran pokok panjang dapat diturunkan menjadi …

      a. volume dan daya
b. volume dan kuat arus listrik
c. luas dan volume
d. luas dan tegangan
e. tinggi dan kecepatan

 

9.      Dari kelompok besaran dibawah ini yang hanya terdiri dari besaran turunan saja adalah...
a. kuat arus, massa, gaya
b. suhu, massa, volume
c. waktu, percepatan, momentum
d. usaha, momentum, percepatan
e. kecepatan, suhu, jumlah zat

 

10.   Dibawah ini adalah besaran-besaran fisika :
1) Panjang
2) massa
3) kuat arus
4) gaya
Yang termasuk kedalam besaran pokok adalah...
a. 1 dan 3
b. 1, 2, dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
e. 2, 3, dan 4

 

11.   Dari besaran fisika dibawah ini yang merupakan besaran pokok adalah...
a.  
Massa, berat, jarak, gaya.

         b.   Panjang, daya, momentum, kecepatan.

         c.   Kuat arus, jumlah zat, suhu, panjang.

         d.   Waktu, energi, percepatan, tekanan.

         e.   Usaha, intensitas cahaya, gravitasi, gaya normal.

 

12.    Dibawah ini yang merupakan kelompok besaran turunan adalah...
a. Momentum, waktu, kuat arus.
b. Kecepatan, usaha, massa.
c. Energi, usaha, waktu putar.
d. Waktu putar, panjang, massa.
e. Momen gaya, usaha, momentum

 

13.  Nilai pengukuran volum yang terbesar dari hasil-hasil berikut adalah …

        a.     1 L                         d.   100 dm3

        b.    1 mL                      e.   100 L

        c.     1 m3

 

14.  Berapa m3 terdapat dalam volum 500 cc ?

        ( 1 cc = mL = 1 cm3)

        a.     5 x 104                  d.   5 x 10-4

        b.    5 x 102                     e.   5 x 10-6

        c.     5 x 10-2

 

15.  Di antara ukuran-ukuran jarak berikut, manakah yang paling panjang …

        a.     2,47 x 103 mm

        b.    2,47 x 105 cm

        c.     2,47 x 103 dm

        d.    2,47 x 104 m

        e.     2,47 x 102 km

Dimensi

Dimensi suatu besaran adalah cara besaran tersebut tersusun atas besaran- besaran pokoknya.

 

Contoh :

 

Latihan Soal 2

------------------------------------------------------------------------

Tentukan dimensi Besaran berikut :

a.     Momentum (p = m.v)

   Energi Potensial (Ep = m.g.h)

c.     Energi Kinetik (Ek = mv2)

 

Latihan Soal 3

---------------------------------------------------------------------------          

1.      Energi kinetik suatu benda yang dalam system SI dinyatakan joule, tidak lain adalah …

         a.   kg m2 s-2               d.   kg m-2s

         b.   kg m s-2                 e.   kg-1 m2 s-2

         c.   kg m-1 s2

 

2.      Satuan percepatan adalah....

         a. meter.sekon−2

         b. meter−2 . sekon

         c. kilogram.meter.sekon−2

         d. kilogram.meter−2 .sekon

         e. kilogram. (meter.sekon)−2 

 

3.      Untuk menyatakan satuan daya dalam  SI  digunakan watt. Dalam sistem  MKS  satuan ini dinyatakan sebagai....

         a. kg.m2 .s−3 

         b. kg.m2 .s3 

         c. kg−1.m−2 .s3

         d. kg−1.m−2 .s3

         e. kg−1.m2 .s−2

 

4.      Satuan berat benda adalah ….

         a. kg m

         b. kg ms-1

         c. kg ms-2

         d. kg m2 s-1

         e. kg m2s-2

 

5.      Perhatikan tabel berikut !

No

Besaran

Rumus

Dimensi

1

Momentum

P = mv

[MLT-1]

2

Gaya

F = ma

[MLT-2]

3

Daya

P =

[ML2T-3]

Dari tabel di atas yang mempunyai dimensi yang benar adalah besaran nomor …

a. 1 saja

b. 1 dan 2 saja

c. 1, 2, dan 3

d. 1 dan 3 saja

e. 2 dan 3 saja

 

6.      Daya adalah usaha per satuan waktu. Dimensi dari daya adalah …

         a.   [ M ] [ L ] [ T ]-3

         b.   [ M ] [ L ] [ T ]-2

         c.   [ M ] [ L ] [ T ]-1

         d.   [ M ] [ L ]2 [ T ]-3

         e.   [ M ] [ L ]-2 [ T ]-2

 

7.      Momentum adalah hasil kali massa dan kecepatan. Dimensi momentum adalah …

         a.   [ M ] [ L ] [ T ]-2

         b.   [ M ] [ L ]-1 [ T ]-1

                  c.   [ M ] [ L ] [ T ]-1

                  d.   [ M ] [ L ]-2 [ T ]2

         e.   [ M ] [ L ]-1 [ T ]-1

 

8.      Dimensi dari usaha adalah ….

         a. [M] [L]2 [T]-2

         b. [M] [T]-2

         c. [M] [L] [T]-2

         d. [M] [L]-1 [T]-1

         e. [M] [L] [T]-2

 

 

9.      Daya dapat ditentukan dari perkalian gaya dengan  kecepatannya  P = F.v  Dimensi  daya adalah ….

         a. MLT-3                      d. ML2T-2

         b. MLT2                       e. ML2T-3

         c. ML2 T-1

 

10.   Besaran yang memiliki dimensi ML2T-2 adalah ….

         a. gaya         d. momentum

         b. daya                        e. usaha

         c. tekanan

 

11.    Dimensi dari usaha adalah ….

         a. [M] [L]2 [T]-2                      

         b. [M] [T]-2 

         c. [M] [L] [T]-2                       

         d. [M] [L]-1 [T]-1                     

         e. [M] [L]1 [T]-2

 

12.    [M] [L] [T]-2 adalah dimensi dari ….

         a. Luas 

         b. Volume  

         c. Massajenis                       

         d. Gaya       

         e. Tekanan

 

13.   Besaran yang memiliki dimensi  ML2T−3 adalah....

         a. momentum

         b. tekanan

         c. usaha

         d. gaya

         e. daya

 

14.    Hasil kali massa  dengan  kecepatan  adalah  momentum.  Dimensi momentum adalah....

         a. [MLT3]

         b. [MLT2]

         c. [MLT]

         d. [MLT−1]

         e. [MLT−2]

15.    Perhatikan besaran-besaran berikut ini.

         (1) gaya

         (2) daya

         (3) berat

         (4) energi

Besaran-besaran dengan dimensi yang sama adalah....

         a. 1 dan 2

         b. 1 dan 3

         c. 1 dan 4

         d. 2 dan 3

         e. 2 dan 4

 

 

 

 

16.    Perhatikan besaran-besaran berikut ini.

         (1) massa jenis

         (2) usaha

         (3) tekanan

         (4) energi kinetik

Besaran-besaran dengan dimensi yang sama adalah...,

         a. 1 dan 2

         b. 1 dan 3

         c. 1 dan 4

         d. 2 dan 3

         e. 2 dan 4

 

17.    Perhatikan tabel berikut ini!

No.

Besaran

Satuan

Dimensi

1.
2.
3.

Momentum
Gaya
Daya

kg m s−1
kg m s−2
kg m2 s−3

[MLT−1]
[MLT−2]
[MLT−3]

Dari tabel di atas yang mempunyai satuan dan dimensi yang benar adalah besaran nomor....

         a. 1 saja

         b. 1 dan 2

         c. 1, 2 dan 3

         d. 1 dan 3

         e. 2 dan 3

 

Instrumen Pengukuran

1.    Alat Ukur Panjang

        Jangka Sorong

        Skala terkecil pada jangka sorong adalah 0,1 mm atau 0,01 cm. Jangka sorong tepat digunakan untuk mengukur diameter luar, diameter dalam, kedalaman tabung, dan panjang benda sampai nilai 10 cm

 

        Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup mempunyai tingkat ketelitian 0,01 mm

       

       

 

 

        Alat Ukur Massa

Alat untuk mengukur massa disebut neraca. Ada beberapa jenis neraca, antara lain, neraca ohauss, neraca lengan, neraca langkan, neraca pasar, neraca tekan, neraca badan, dan neraca elektronik

 

        Alat Ukur Waktu

        Stopwatch memiliki tingkat ketelitian sampai 0,01 detik

 

Ketidakpastian pada Pengukuran Tunggal

Pada pengukuran tersebut adalah sebagai berikut.

 

x = × 1 mm = 0,5 mm = 0,05 cm

 

Misal :

Panjang benda

l        = x0    

        = (15,6 ± 0,05) cm

 

 

Ketidakpastian pada Pengukuran Berulang

Keterangan:

x0 : hasil pengukuran yang mendekati nilai benar

 : ketidakpastian pengukuran

N : banyaknya pengkuran yang dilakukan

 

Latihan Soal 4

-----------------------------------------------------------------------Jangka Sorong

1.   

       

 

        Tentukan hasil pengukuran di atas

 

2.   

       

 

        Tentukan hasil pengukuran di atas

3.   

 

        Tentukan hasil pengukuran di atas

4.   

        Tentukan hasil pengukuran di atas

5.   

 

        Tentukan hasil pengukuran di atas

 

Latihan Soal 5

------------------------------------------------------------------------

1.      Hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh jangka sorong di bawah ini adalah ....

        

a.

(2,15 ± 0,01) cm

b.

(2,15 ± 0,005) cm

c.

(2,15 ± 0,01) mm

d.

(2,15 ± 0,005) mm

 

2.      Sebuah penghapus pensil diukur ketebalannya dengan jangka sorong. Penunjukkan skala utama dan noniusnya terlihat seperti gambar. Tebal penghapus itu sebesar ....

        

         a. 6,19 mm      

         b. 6,29 mm      

         c. 61,9 mm      

         d. 62,9 mm      

         e. 629 mm

 

3.      Diameter dalam sebuah silinder diukur menggunakan jangka sorong dengan kedudukan skala seperti gambar.

         Diameter dalam silinder tersebut adalah....

        

         a. 8,15 cm                  d.  8,20 cm

         b. 8,17 cm                  e.  8,21 cm

         c. 8,19 cm

 

2.      Tebal sebuah balok besi diukur dengan menggunakan jangka sorong seperti gambar.

        

         Tebal balok besi tersebut adalah ....

         a. 1,26 cm

         b. 1,37 cm

         c. 1,48 cm

         d. 1,49 cm

         e. 1,50 cm

 

4.      Sebuah uang logam diukur ketebalannya dengan menggunakan jangka sorong dan hasilnya terlihat seperti pada gambar.

        

         Ketebalan uang logam tersebut adalah....  

a.    0,20 cm

b.    0,21 cm

c.    0,23 cm

d.    0,24 cm

e.    0,25 cm

 

5.      Perhatikan gambar di bawah ini. Nilai yang terukur pada alat tersebut adalah ....

      a. 6,33 mm
b. 6,30 mm
c. 6,73 mm
d. 6,13 mm

 

6.      Skala terkecil dari alat-alat ukur panjang seperti mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup adalah ....

a. 1 mm; 0,1 mm; 0,01 mm
b. 0,5 mm; 0,1 mm; 0,01 mm
c. 0,1 mm; 0,01 mm; 0,001 mm
d. 0,5 mm; 0,05 mm; 0,005 mm
e. 0,5 mm; 0,01 mm; 0,001mm

 

 

7.      Seseorang melakukan pengukuran tebal buku tulis dengan jangka sorong. Hasil pengukurannya adalah 5,24 mm. Dengan memperhitungkan kesalahan mutlak, pembacaan dari hasil pengukuran tersebut dapat dituliskan menjadi ....

a. (5,24 + 0,01) mm
b. (5,24 + 0,05) mm
c. (5,24 + 0,1) mm
d. (5,24 + 0,5) mm
e. (5,24 + 1) mm

 

8.      Kedudukan skala sebuah mikrometer sekrup yang digunakan untuk mengukur diameter sebuah bola kecil seperti gambar berikut : 
 
Berdasarkan gambar tersebut dapat dilaporkan diameter bola kecil adalah....
a. 11,15 mm
b. 9,17 mm
c. 8,16 mm
d. 5,75 mm
e. 5,46 mm

Angka Penting

Angka Penting : Semua angka yang diperoleh dari hasil pengukuran dengan alat ukur, terdiri dari :

·          Angka pasti

·          Angka taksiran

 

Aturan Angka Penting

1.    Penulisan angka penting sebaiknya menggunakan Notasi ilmiah

        Misal  : 2,36 x 105

2.    Semua angka bukan nol merupakan angka penting. Artinya angka 1 s.d. 9 adalah angka penting.

3.    Angka nol diantara bukan nol termasuk angka penting

        Misal : 3,023 gr = 4 angka penting

4.    Angka nol yang terletak di sebelah kanan tanda koma dan angka bukan nol termasuk angka penting.

        Misal : 4,500 s = 3 angka penting

 

 

 

5.    Angka nol yang terletak di sebelah kiri angka bukan nol, baik yang terletak di sebelah kiri maupun di sebelah kanan koma desimal, bukan angka penting.

Jadi, 0,63 memiliki 2 angka penting dan 0,008 memiliki 1 angka penting. Hal ini akan lebih mudah terlihat jika ditulis 63 × 10–2 dan 8 × 10–3.

 

 

Latihan Soal 6

------------------------------------------------------------------------

Tentukan jumlah angka penting dari angka-angka berikut :

1.      2058600

2.      00267

3.      3,2560

4.      4,25303

5.      5,2300

6.      70000

7.      800

8.      301

9.      2005

10.   543,0004

11.   3,00

12.   5,036

13.   4,001

14.   4,056

15.   5,1370

       

Operasi Hitung angka Penting.

Aturan : hasil operasi disesuaikan dengan jumlah angka penting yang paling kecil dari notasi operasinya.

 

Contoh :

3 x 12 = 36

 

3 mempunyai 1 angka penting.

12 mempunyai 2 angka penting.

 

Jadi hasilnya mengikuti jumlah angka penting yang paling kecil yaitu 1.

 

Jadi menurut aturan angka penting

3 x 12 = 40 (pembulatan)

 

Atau 40 bisa di tulis 4 x 101

 

3 x 12 = 4 x 101

 

Baik perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan aturan sama seperti di atas.

 

 

 

 

 

Latihan Soal 7

------------------------------------------------------------------------

Tentukan hasil operasi hitung di bawah ini dengan menggunakan aturan angka penting

 

1.      3 x 6 = …

2.      7 + 12 = …

3.      258 + 325 = …

4.      0,05 x 200 = …

5.      0,5 x 28 = …

6.      0,6 x 0,3 = …

7.      75 : 25 = …

8.      28 : 4 = …

9.      52 : 13 = …

10.   23 – 15 = …

 

Latihan Soal 8

------------------------------------------------------------------------

1.      Pada pengukuran panjang benda diperoleh hasil pengukuran 0,07060 m. Banyak angka penting hasil pengukuran tersebut adalah …

         a.   satu                       d.   lima

         b.   tiga                        e.   enam

         c.   empat

 

2.      Hasil pengukuran panjang dan lebar suatu lantai adalah 12,61 m dan 5,2 m. Menurut aturan angka penting, luas lantai tersebut adalah …

         a.   65 m2                    d.   65,572 m2

         b.   65,5 m2                e.   66 m2

         c.   65,57 m2

 

3.      Pada pengukuran panjang benda diperoleh hasil pengukuran 0,7060 m. Banyaknya angka penting hasil pengukuran tersebut adalah ….

         a. dua  

         b. tiga  

         c. empat                               

         d. lima 

         e. enam

 

4.      Hasil pengukuran panjang dan lebar suatu halaman adalah 12,00 m dan 5 m. Menurut aturan angka penting, luas halaman tersebut adalah ….

         a. 6 m2

         b. 6,0 m2                               

         c. 60,0 m2                             

         d. 60,00 m2                          

         e. 600 m2

 

5.      Dari hasil pengukuran suatu plat tipis panjang 15,35 cm dan lebar 8,24 cm, maka luas plat tersebut adalah ….

a.    126 cm2

b.    126,5 cm2

c.     126,48 cm2

d.    126,484 cm2

e.    126,4840 cm2

 

6.      Suatu bidang berbentuk segi empat setelah diukur dengan menggunakan alat ukur yang berbeda, diperoleh panjang 5,45 cm, lebar 6,2 cm, maka luas pelat tersebut menurut aturan penulisan angka penting adalah ....

         a. 34

         b. 33,8

         c. 33,79

         d. 33,790

         e. 33,7900

 

7.      Seorang siswa melakukan percobaan di laboratorium, melakukan pengukuran pelat tipis dengan menggunakan jangka sorong. Dari hasil pengukuran diperoleh panjang 2,23 cm dan lebar 36 cm, maka luas pelat tersebut menurut aturan penulisan angka penting adalah ....

         a. 80 cm²                                                 

         b.  80,28 cm²

         c. 81 cm²                                                 

         d.  80,80cm²

         e. 80,2 cm²

 

8.      Suatu segi empat setelah diukur dengan menggunakan alat yang berbeda panjang 0,42 cm, lebar 0,5 cm. Maka luas segi empat tersebut dengan penulisan angka penting adalah ....

         a. 0,41

         b. 0,21

         c. 0,20

         d. 0,021

         e. 0,2

 

9.      Hasil pengukuran plat seng, panjang 1,5 m dan lebarnya 1,20 m. Luas plat seng menurut penulisan angka penting adalah …

         a. 1,8012 m2              d. 1,80 m2

         b. 1,801 m2                e. 1,8 m2

         c. 1,800 m2

 

Latihan Soal 9

------------------------------------------------------------------------

Tabel Sinus dan Cosinus Sudut Istimewa

Sudut

Sin

Cos

0O

0

1

30O

37O

0,6

0,8

45O

53O

0,8

0,6

60O

90O

1

0

120O

-

127O

0,8

- 0,6

135O

-

143O

0,6

- 0,8

150O

-

180O

0

-1

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

 

Vektor

Besaran vektor adalah besaran yang mempunyai nilai (besar) dan arah. Contoh besaran vektor, antara lain, perpindahan, kecepatan, percepatan,

momentum, dan gaya.

 

1.    Penulisan dan Penggambaran Vektor

        dinyatakan dalam lambang huruf besar yang dicetak tebal (bold), misal: A, B, atau R atau diberi tanda anak panah di atasnya

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Resultan Vektor

a.    Metode Segitiga

        Penjumlahan

       

        Pengurangan

       

 

b.    Metode Jajargenjang

       

 

c.     Metode Poligon

       

 

d.    Metode Analisis

        1)    Menentukan Resultan Vektor Menggunakan Rumus Kosinus

                           

                            

Contoh :

 

Latihan Soal 9

------------------------------------------------------------------------

1.    Dua vektor P dan Q besarnya 40 dan 20 satuan. Jika sudut antara kedua vektor tersebut sebesar 60°, maka besar dari P + Q adalah ....

2.    Dua vektor P dan Q besarnya 5 dan 7 satuan. Jika sudut antara kedua vektor tersebut sebesar 30°, maka besar dari P + Q adalah ....

3.    Dua vektor P dan Q besarnya 5 dan 7 satuan. Jika sudut antara kedua vektor tersebut sebesar 60°, maka besar dari P - Q adalah ....

        Rumus

        P – Q =

 

 

2)    Menentukan Arah Resultan Vektor Menggunakan Rumus Sinus

       

       

 

Contoh :

 

       

 

3.    Menguraikan Vektor

        a.     Menentukan Komponen Sebuah Vektor yang Besar dan Arahnya Diketahui

 

              

 

              

 

Contoh :

 

Menguraikan Vektor

        a.     Menentukan Komponen Sebuah Vektor yang Besar dan Arahnya Diketahui

 

              

 

              

 

Contoh :

 

 

Latihan Soal 10

------------------------------------------------------------------------

Tentukan Komponen vektor dari :

 

1.      F = 10 N dan arah 30O

2.      F = 4 N dan arah 60O

3.      F = 60 N dan arah 45O

4.      F = 20 N dan arah 90O

5.      F = 2 N dan arah 120O

6.      F = 8 N dan arah 150O

7.      F = 12 N dan arah 37O

8.      F = 16 N dan arah 53O

9.      F = 24 N dan arah 210O

 

 

Latihan Soal 11

------------------------------------------------------------------------

1.    Kelompok besaran berikut yang termasuk besaran vektor adalah ….

        a. perpindahan, gaya, dan percepatan

        b. gaya, momentum, dan waktu

        c. gaya, tekanan, dan volume

        d. perpindahan , massa, dan usaha

        e. jarak, momentum, dan percepatan

       

2.    Besaran-besaran berikut yang dipengaruhi arahnya adalah ....

        a. massa                       d. jarak

        b. waktu                       e. kecepatan

        c. usaha

 

 

 

3.    Dua vektor P dan Q besarnya 40 dan 20 satuan. Jika sudut antara kedua vektor tersebut sebesar 60°, maka besar dari P Q adalah ....

        a. 20

        b. 20

        c. 30

        d. 40

        e. 60

 

4.    Dua buah vektor memiliki pangkal berimpit, dan masing-masing besarnya 3 N dan 4 N. Jika sudut apit antara kedua vektor tersebut 60°, maka vector resultannya adalah ….

        a.          b.  c.  d.  e.

 

5.    Perahu yang mampu bergerak dengan kecepatan 1,2 m/s bergerak menelusuri sungai tegak lurus dengan arah arusnya. Jika kecepatan arus air saat itu sebesar 0,5 m/s maka resultan vektor tersebut sebesar ....

        a. 0,6 m/s

        b. 0,7 m/s

        c. 1,3 m/s

        d. 1,7 m/s

        e. 2,4 m/s

 

6.    Seseorang ingin menyeberangi sungai deras dengan perahu yang mampu bergerak dengan kecepatan 2 m/s. Kecepatan arus sungai 1,2 m/s. Supaya orang tersebut dapat menyeberang sungai secara tegak lurus arus sungai maka perahunya harus diarahkan dengan sudut α terhadap arus sungai. Besar α adalah ....

        a. 370                            d. 1270

        b. 530                           e. 1430

        c. 900

 

7.    Dua buah gaya sama besar yaitu 10 N membentuk sudut 120O satu sama lain. Selisih kedua vektor tersebut adalah ....

        a. 0 N

        b. 10 N

        c. 10 N

        d. 10 N

        e. 20 N

 

 

 

 

 

8.    Dua buah vektor gaya F1 dan F2 masing-masing sebesar 3 N dan 5 N mengapit sudut 60° dan bertitik tangkap sama. Jumlah kedua vektor gaya tersebut adalah … .

        a. 7 N                                      

        b. 8 N

        c. 9 N

        d. 10 N                                   

        e. 12 N

 

9.    Resultan A = 12 N dan Vektor B = 5 N yang membentuk sudut 90 o adalah …

        a. 13 N                                    

        b. 13  N                           

        c. 13  N                           

        d. 17 N                                   

        e. 17  N

 

10.  Empat buah vektor A,B,C dan D memiliki arah dan besar seperti pada gambar di bawah. Pernyataan yang benar adalah … 

                         

                           C  

                 D

                                            B

                         A  

 

 

        a. A + B + C = D

        b. A + B + D = C

        c. A + C + D = B

        d. B + C + D = A

        e. A + B + C + D = 0

 

15.      Perhatikan gambar tiga buah vektor di bawah ini.

          

           Besar resultan ketiga vektor adalah...

           a. 10 N.

           b. 8 N

           c. 6 N

           d. 5 N

           e. 4 N

 

 

 

 

16.      Perhatikan arah gaya-gaya pada gambar berikut.

          

           Jika nilai sisi satu kotak 1 N, maka resultan dari kedua gaya tersebut adalah....

           a. 8 N

           b. 9 N

           c. 10 N

           d. 11 N

           e. 12 N

 

17.      Pada gambar grafik di bawah, bila setiap skala pada gambar grafik = 1 m/s maka besarnya komponen kecepatan pada sumbu X dan sumbu Y adalah ....

          

           a. Vx = 10 m/s dan Vy = 12 m/s

           b. Vx = 12m/s dan Vy = 10m/s

           c. Vx = 7 m/s dan Vy =12 m/s

           d. Vx = 12m/s dan Vy = 7m/s

           e. Vx = 15 m/s dan Vy = 12m/s

 

18.      Vektor  dan  diletakkan pada diagram Cartesius seperti gambar.

          

           Resultan  dinyatakan dengan vektor satuan adalah ......

           a.

           b.

           c.

           d.

           e.

 

19.      Resultan vektor F1  dan F2 adalah ….

          

           Sin 37o  = 0,6

           Cos 37o = 0,8

           Sin 53 = 0,8

           Cos 53 = 0,6

           a. 10 N                      d. 70 N

           b. 25 N                     e. 140 N

           c. 50 N

 

20.      Tiga buah vektor setitik tangkap terlihat seperti gambar.

          

           Besar masing-masing vektor:

           |V1| = 30 satuan

           |V2| = 30 satuan

           |V3| = 40 satuan 

           Besar resultan ketiga vektor tersebut adalah ….

           a. 30 satuan

           b. 40 satuan

           c. 50 satuan

           d. 90 satuan

           e. 110 satuan

 

21.      Dua buah vektor gaya F1 dan F2 masing-masing besarnya 15 N dan 9 N, bertitik tangkap sama dan saling mengapit sudut 60°, nilai resultan dari kedua vektor tersebut ...

a.      15 N

b.      20 N

c.       21 N

d.      24 N

e.      30 N

 

22.  Dua vektor A dan B sebesar 40 dan 20 satuan. Jika sudut antara kedua vektor itu adalah 60o, besar dari A – B adalah …

        a. 20                             d.   40

        b. 20                      e.   60

        c. 30

 

23.  Jika dua vektor P dan Q sama panjang dan tegak lurus satu sama lain ( P ^ Q ), sudut apit antara P + Q dan P – Q adalah …

        a. 30o                            d.   90o

        b. 45o                            e.   120o

        c. 60o

 

24.  Dua buah vektor memiliki besar yang sama. Jika hasil bagi selisih dan resultan antara kedua vektor tersebut adalah , cosinus sudut apit antara kedua vektor tersebut adalah …

        a.               d.  

        b.               c.            e.   1

 

25. Dua buah vektor yang besaranya F1 dan F2 memiliki titik tangkap sama. Jika F1 = F2 = R (dengan R resultan kedua vektor tersebut), maka besarnya sudut apit antara dua vektor tersebut adalah ….

        a. 30°

        b. 45°

        c. 60°

        d. 90°

        e. 120°

 

26.  Dua vektor gaya F1 dan F2 masing-masing sebesar 3 N dan 8 N bertitik tangkap sama, ternyata membentuk resultan gaya yang besarnya 7 N. Sudut apit antara kedua vektor gaya tersebut adalah … .

        a. 30°                                      

        b. 45°

        c. 60°

        d. 90°

        e. 120°

 

 

       

 

 

 

 

 

 

Latihan Soal 12

------------------------------------------------------------------------

1.      Dari kelompok besaran di bawah ini, yang merupakan kelompok besaran pokok yaitu . . . .

         a.   panjang, waktu, daya, massa

         b.   luas, jumlah zat, kuat arus listrik

         c.   jumlah zat, kuat arus listrik, massa

         d.   massa, tekanan, jumlah zat

         e.   kuat arus listrik, tegangan, kecepatan

 

2.      Dari kelompok satuan di bawah ini, yang merupakan kelompok satuan dari besaran pokok dalam SI yaitu . . . .

         a. joule, newton, meter, sekon

         b. watt, kandela, volt, gram

         c. volt, meter/sekon, joule, ampere

         d. meter, ampere, kandela, sekon

         e. kandela, ampere, sekon , newton

 

3.      Dari kelompok besaran di bawah ini, yang merupakan kelompok besaran turunan adalah . . . .

         a. panjang, waktu, daya, massa

         b. luas, jumlah zat, kuat arus listrik

         c. jumlah zat, kuat arus listrik, massa

         d. berat, tekanan, gaya

         e. kuat arus listrik, tegangan, kecepatan

 

4.      Gaya didefinisikan dengan hasil kali percepatan dengan massa, maka dimensi gaya adalah . . . .

         a. [M][L][T]-2

         b. [M][L][

         c. [M][L][T]-1

         d. [M][L]-1 [T]

         e. [M][L]2 [T]-1

 

5.      Muatan listrik dirumuskan sebagai hasil kali antara kuat arus listrik dengan waktu.

         Dimensi dari muatan listrik adalah . . . .

         a. [ ][T]                       d. [T][L]

         b. [ ][T]-1                    e. [ ][T]-2

         c. [ ][L]

 

6.      Pada pengukuran panjang suatu benda diperoleh hasil 0,1004 m. Banyaknya angka penting dari hasil pengukuran adalah . . . .

         a. 3                              d. 2

         b. 5                              e. 6

         c. 4

 

 

 

 

 

 

 

7.      Seorang siswa membawa dua buah buku. Setelah ditimbang, massa buku pertama sama dengan massa buku kedua sebesar 0,456 kg dan massa buku ketiga sebesar 0,87 kg. Massa buku yang dibawa siswa tersebut adalah . . . kg.

         a. 1,7820                                   d. 1,8

         b. 1,782                      e. 1,7

         c. 1,78

 

8.      Tomo mempunyai empat buah bola. Massa dari setiap bola adalah 0,362 kg; 0,436 g; 0,25 g; dan 0,50 g. Massa rata rata keempat bola tomo adalah . . . kg

         a. 0,43

         b. 0,42

         c. 0,41

         d. 0,39

         e. 0,37

 

9.      Pengukuran panjang sebuah pencil dengan mistar ditunjukkan pada gambar berikut.

         Berdasarkan gambar tersebut jika dituliskan dengan nilai ketidakpastiannya maka panjang pencil adalah . . . cm.

         a. 17,6  0,05

         b. 17,6  0,005

         c. 17,5  0,005

         d. 17,5  0,05

         e. 17,5  0,5

 

10.    Pengukuran diameter sebuah peluru dengan

         jangka sorong ditunjukkan pada gambar berikut.

        

         Berdasarkan gambar tersebut, jika dituliskan dengan nilai ketidakpastiannya, diameter peluru adalah . . . mm.

         a. 3,9  0,05              d. 4,1  0,05

         b. 3,9  0,005           e. 4,1  0,005

         c. 4,0  0,5

11.    Pengukuran tebal satu lembar kertas karton

         dengan mikrometer sekrup ditunjukkan pada gambar berikut.

        

         Berdasarkan gambar tersebut, jika dituliskan dengan nilai ketidakpastiannya, tebal kertas karton tersebut adalah . . . mm.

         a. 1,50  0,005         d. 1,54  0,005

         b. 1,50  0,05           e. 1,54  0,05

         c. 1,50  0,5

 

12.    Mikrometerskrup dapat mengukur ketebalan

         suatu benda dengan ketelitian . . . .

         a. 0,005 mm                            d. 0,05 cm

         b. 0,05 mm                               e. 0,5 cm

         c. 0,005 cm

 

13.    Pengukuran massa benda dengan neraca tiga

         lengan atau neraca O Hauss, ditunjukkan pada gambar berikut.

        

         Berdasarkan gambar tersebut, maka massa benda adalah . . . gram.

         a. 240,5

         b. 340,6

         c. 440,5

         d. 540,5

         e. 550,7

 

14.    Pada waktu praktikum fisika, Andi mengukur massa benda sebanyak 5 kali. Hasil pengukuran Andi adalah 334,7 g; 334,9 g; 334,2 g; 333,9 g; 334,7 g. Dalam laporan, massa benda harus dituliskan . . . .

         a. (334,48  0,16) g

         b. (334,48  0,18) g

         c. (334,5  0,16) g

         d. (334,5  0,18) g

         e. (335,48  0,25) g

 

15.    Jarak rata-rata bumi ke bulan adalah 348.000.000 m. Jika dituliskan dengan notasi ilmiah, jarak bumi ke bulan adalah . . . m.

         a. 34,8 × 108

         b. 34,8 × 106

         c. 3,48 × 109

         d. 3,48 × 108

         e. 3,48 × 107

 

16.    Suatu pipa berbentuk silinder berongga dengan diameter dalam 1,8 mm dan diameter luar 2,2 mm. Alat yang tepat untuk mengukur diameter dalam pipa tersebut adalah ....

         a. mistar                     d. tachometer

         b. mikrometer           e. spirometer

         c. jangka sorong

 

17.    Besaran-besaran di bawah ini yang merupakan besaran pokok adalah ....

         a. massa, panjang, luas

         b. massa, panjang, jumlah zat

         c. waktu, suhu, volume

         d. kuat arus, tegangan, daya

         e. gaya, percepatan, massa

 

18.    Suatu mobil bergerak dengan kecepatan 54 km/jam. Jika dinyatakan dalam satuan SI, maka kecepatan mobil tersebut adalah ....

         a. 0,67 m/s                               d. 67 m/s

         b. 1,5 m/s                  e. 150 m/s

         c. 15 m/s

 

19.    Suhu badan seorang anak yang sedang demam adalah 35oC. Jika dinyatakan dalam skala Reamur maka suhu badan anak tersebut adalah ....

         a.   28 oR                     d. 87,5 oR

         b.   60 oR                     e. 120,5 oR

         c.   67 oR

 

20.    Jika suhu suatu benda adalah 40 oC maka dalam skala Fahrenheit suhu benda tersebut adalah ....

         a. 32 oF                       d. 104 oF

         b. 50 oF                       e. 122o F

         c. 72 oF

 

21.    Seorang peternak ayam setiap hari menghasilkan 25 telur. Jika rata-rata sebutir telur massanya (62,5 ± 2,0) gram jika diukur dengan neraca/lengan sama, maka massa 95 telur tersebut adalah ....

         a. 5937 gram

         b. 5937,0 gram

         c. 5937,5 gram

         d. 5938,0 gram

         e. 5985 gram

 

22.    Jika hasil pengukuran suatu meja adalah panjang

         1,50 m dan lebarnya 1,20 m maka luas meja tersebut menurut aturan penulisan angka penting adalah ....

         a. 1,8 m2

         b. 1,80 m2

         c. 1,8000 m2

         d. 1,810 m2

         e. 1,820 m2

 

23.    Pada pengukuran panjang suatu benda diperoleh hasil pengukuran 0,7060 m. Banyaknya angka penting hasil pengukuran tersebut ....

         a. dua

         b. tiga

         c. empat

         d. lima

         e. enam

 

 

Latihan Soal 13

------------------------------------------------------------------------

1.      Mengapa saat Anda melakukan pengukuran suatu besaran fisis harus di laporkan sedekat mungkin ke skala penuh? Jelaskan dengan bahasa Anda sendiri!

 

2.      Perhatikan gambar berikut!

        

         Berdasarkan gambar tersebut, hitunglah hasil pengukurannya!

 

 

 

 

 

3.      Perhatikan gambar berikut!

        

         Jika sin   dan sin  , maka tentukan resultan keempat gaya pada gambar tersebut!

 

4.      Sebuah pesawat tempur terbang dari sebuah pangkalan angkatan darat pada arah 30° ke timur dari utara sejauh 100 km, kemudian berbelok ke arah timur sejauh 40  dan akhirnya berbelok ke utara sejauh 40 km. Tentukan besar dan arah perpindahan pesawat tempur tersebut dari pangkalan angkatan darat!

 

5.      Dua buah vektor gaya F1 dan F2 besarnya berbanding 5 : 12 bertitik tangkap sama saling mengapit sudut 90o. Jika resultannya 26 N, maka tentukan besar masing-masing vektor gaya tersebut!

 

6.      Tuliskan dengan notasi ilmiah hasil pengukuran

         berikut.

   a.   Jarak 1 tahun cahaya adalah 9.460.000.000.000.000 m.

         b.   Tetapan Wien adalah 0,0028978 mK.

         c.   Cepat rambat bunyi pada emas adalah 2.030 m/s.

         d.   Tegangan permukaan bensin adalah 0,0250 N/m.

 

7.      Periode gerak harmonik dapat dicari dari rumus T = 2π  dengan k adalah konstanta pegas. Tentukanlah dimensi k.

 

8.      Arman mengukur massa sebuah batu sebanyak 10 kali. Hasil pengukuran adalah 23,3 g; 22,5 g; 23,6 g; 22,9 g; 24,1 g; 22,7 g; 23,5 g; 24,2 g; 22,8 g; 22,9 g. Bagaimana Arman harus melaporkan hasil pengukuran massa batu? Ingat, tuliskan dengan nilai ketidakpastian pengukurannya.

 

9.      Dua buah vektor a dan b (a < b) resultannya adalah R. Bila R = 3a dan sudut antara R dan a adalah 30o, hitung besar sudut apit antara a dan b.

 

10.    Dua buah vektor saling tegak lurus, resultannya adalah 40 N. Resultan ini membentuk sudut 30o terhadap vektor kedua. Berapa besar vektor kedua ini?

11.    Dua buah gaya F1 dan F2 masing-masing mengapit 10 N dan 5 N mengapit sudut sebesar 300, hitung besarnya (selisih kedua gaya tersebut).

 

12.    Dua buah gaya F1 dan F2 mengapit sudut .

         Jika F1 = 3 F2 dan |F1 – F2| = 2, hitung .

 

13.    Dua buah vektor a dan b membentuk sudut 60o satu dengan yang lain dan resultannya 7 N. Bila a = 3 N hitung besar vektor b.

14.    Tiga buah vektor A, B dan C setitik setangkap, besar dan arah seperti gambar di samping ini.

        

         Hitunglah:

         a.   Komponen pada sumbu x dan y, Rx dan Ry.

         b.   Resultan R.

15.    Tiga buah vektor A, B dan C setitik setangkap, besar dan arah seperti gambar di samping ini.

        

         Hitunglah:

         a.   Komponen pada sumbu x dan y, Rx dan Ry.

         b.   Resultan R.

16.    Empat buah vektor seperti pada gambar di bawah ini, 1 skala = 2 N.

        

         Hitunglah:

               a.            Rx.                          b. Ry.      c. R.        d.Arah R.



Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

No comments:

Post a Comment

Produk Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

Modul dan SOP Bimbel

  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri 

  • Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
  • Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
  • Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
  • Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

 

Pengalaman Kami 

Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

 

Harga Produk Kemitraan Bimbel 

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips

  • Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
  • 700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

 

Biaya berjalan

  • hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
  • Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Analisa Bakat dengan Sidik Jari - Online

Download Aplikasinya Klik Disini

Harga Rp 100K/analisa

Kirimkan :

  • Foto 10 Ujung jari (Sidik Jari Nampak Jelas yaa).
  • Foto 2 Telapak Tangan Kanan.

 

Silahkan Lihat Video Berikut cara Foto dan Pengiriman Data
https://youtu.be/IsasZAQRYoo

 

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa

Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa 

 

Info Lebih Lanjut


Aqila Daring Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kelas Daring yang dapat diikuti dimanapun Anda berada.

 

Kelebihan

  • Menggunakan Aplikasi khusus buatan Kami sendiri sehingga Live Streaming (kegiatan Les) hanya membutuhkan Data Internet sebesar ±150 MB / jam
  • Biaya Les Relatif Murah dan Flat untuk seluruh Indonesia dan sekitarnya.
  • Bukan Video namun Live Streaming jadi Siswa dapat berinteraksi dengan Tutor secara langsung.
  • Untuk Kelas Privat bisa menentukan Jadwal sendiri
  • Les Privat dilakukan seperti halnya Video Call biasa dengan tambahan chat untuk pesan dan Gambar. Satu Tutor satu Siswa sehingga kegiatan les lebih kondusif dan efisien.
  • Untuk Les kolompok, Tutor melakukan Live Streaming. Siswa bertanya di ruang chat yang tersedia. Siswa bisa mendengar dan melihat siswa namun Tutor tidak bisa melihat siswa.
  • Les Daring ini telah berjalan sejak Juni 2020 dan sudah menjangkau sampai negara tetangga.

 

Biaya Les Daring

  • Biaya Les Privat per sesi  SD Rp 30.000 | SMP Rp 35.000 | SMA Rp 50.000 | SBMPTN Rp 55.000
  • Kelompok per bulan SD Rp 100.000 | SMP Rp 115.000 | SMA Rp 156.000

 

Pendaftaran

  • Ketik Aqila Daring Bimbel di PlayStore
  • Isi data Pendaftaran
  • Info lebih Lanjut WhatsApp ke 085640451319

 

Link Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladaring

 

Bimbel Aqila Course

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah
Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6285640451319

 


Aplikasi Lomba dan Share Konten Belajar

Fungsi untuk Bimbel

  • Media Penjualan Konten Belajar seperti Modul, Video dan Latihan Soal.
  • Manajemen Pembayaran Bulanan untuk menikmati Konten
  • Event Lomba baik diadakan secara terpisah maupun di satu lokasi.
  • Share link Belajar Daring sesuai Kelasnya sehingga lebih tepat dan cepat (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).

 

Fungsi untuk Sekolah

  • Manajemen Pungasan Guru dan Penilaian untuk kegiatan sekolah
  • Manajeman share Link live Teaching agar lebih tepat sasaran (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).
  • Share Konten Video, Materi dan Latihan Soal.

 

Catatan
Saat pembelian Konten Aplikasi masih Kosong jadi perlu ditambahkan sendiri.

 

Untuk Siapakah Aplikasi ini ?

  • Anda yang suka membuat Konten belajar seperti video, Modul dan Soal yang berniat menjualnya secara online.
  • Anda yang sering mengadakan Lomba secara Massal, dengan Aplikasi ini Anda bisa berhemat Biaya Fotocopy, Pengawas dan Korektor.
  • Guru yang ingin mempermudah kegiatan Pemberian Tugas secara online dan mempermudah penilaian.
  • Sekolah yang ingin mengembangkan Kegiatan Belajar Mandiri.
  • Bimbel yang ingin mengembangkan diri ke arah Les Daring.

 

Contoh Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri

Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

 

Video Keterangan
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_au4OygFpFAQhDtn1s6Ntc


Harga 

  • Aplikasi dengan Nama Bimbel/Sekolah Anda sendiri Rp 1,5 juta
  • Biaya berjalan (database) Rp 10 per View

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Jasa Pembuatan

Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

 

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.

 

Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya

Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

 

Biaya Pembuatan

  • Harga Rp 4 juta
  • sudah termasuk Upload di PlayStore
  • Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464