Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Berikut Link-link Pemetaan SKL UN SD,
PEMETAAN SKL UN SD 2018
IPA
Hubungan
antar Makhluk Hidup
Dengan
Lingkungannya
--------------------------------------------------------------
1. Perhatikan
gambar!
Apabila makhluk hidup pada gambar di atas terdapat dalam
suatu ekosistem, urutan rantai makanan yang akan terbentuk adalah ...
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 3 – 4 – 5 – 1 – 2
c. 3 – 1 – 3 – 2 – 5
d. 3 – 5 – 2 – 4 – 1
2. Hubungan
antara kerbau dan burung jalak termasuk jenis
...
a. simbiosis parasitisme
b. Simbiosis mutualisme
c. simbiosis saprofitisme
d. Simbiosis komensalisme
3. Tumbuhan anggrek hidup menempel
di pohon besar, tetapi tidak mengambil makanan dari batang pohon. Hubungan
tumbuhan anggrek dengan pohon besar adalah simbiosis ...
a. parasitisme c. mutualisme
b. safropitisme d. Komensalisme
4. Contoh
bentuk simbiosis mutualisme terjadi pada ….
a. kupu-kupu dan pohon salak
b. anggrek dan pohon mangga
c. benalu dan pohon jambu
d. lebah dan pohon
jagung
5. Berikut ini ada beberapa jenis tanaman.
(1) Tanaman Anggrek
(2) Tanaman Benalu
(3) Tanaman Paku Sarang
(4) Tanaman Tali Putri
Tanaman yang hidupnya simbiosis komensalisme adalah . . . .
a. (1), (2) c.
(2), (3)
b. (1), (3) d.
(2), (4)
6. Seorang petani memiliki kerbau. Pada tubuh
kerbau tersebut banyak terdapat kutu yang sangat mengganggu kehidupan kerbau.
Kemudian kerbau tersebut digembala di lapangan rumput dan secara tiba-tiba
datang burung jalak hinggap di punggung kerbau sambil memakan kutu dari
punggung kerbau. Peristiwa ini termasuk simbiosis . . . .
a. netralisme
b. mutualisme
c. komensalisme
d.
parasitisme
7. Urutan
rantai makanan yang benar di bawah ini adalah ....
a.
padi - ular - tikus - elang
b.
padi - tikus - ular - elang
c.
padi - elang - ular - ulat - tikus
d.
padi - tikus - elang - ular – ulat
8. Penyebab
perubahan lingkungan yang dapat mengganggu makhluk hidup adalah ....
a.
penanaman pohon di lahan kosong
b.
pembakaran hutan
c.
pembuanan sampah pada tempatnya
d.
menjadi polisi hutan
9. Tindakan
yang perlu dilakukan agar keseimbangan alam terpelihara adalah ....
a. menggunduli hutan
b.
membunuh hewan dan tumbuhan
c.
meracuni sungai
d.
melestarikan tumbuhan dan hewan
Essay
1. Bagaimanakah peningkatan
jumlah tikus sawah pada ekosistem sawah berakibat pada populasi ular sawah?
………………………………………………………………………………
2. Apa yang menyebabkan ular
sawah memangsa hewan yang tidak ada dalam ekosistem tersebut? Apa
akibatnya?
………………………………………………………………………………
3. Bagaimana bencana alam memengaruhi
jaring-jaring makanan?
………………………………………………………………………………
Penyesuaian
Diri Makhluk Hidup
--------------------------------------------------------------
1. Perhatian
gambar hewan di bawah ini!
Cicak Bunglon
Ciri khusus yang sama dimiliki kedua hewan di atas adalah
...
a. mempunyai kulit yang dapat berubah
warna
b. dapat memutuskan ekor
c. memiliki mulut dan ekor yang panjang
d. memiliki lidah panjang dan lengket
2. Tumbuhan disamping dapat hidup di
daerah yang kering dan tandus karena memiliki ciri khusus berupa….
a. merupakan jenis
tanaman perdu
b. batangnya
berkambium
c. batangnya dapat
menyimpan air
d. berakar kuat
3. Perhatikan gambar hewan di bawah!. Ciri khusus yang sama dimiliki oleh keduanya
adalah….
a. memiliki kaki lengket
b. terbang dengan cepat
c. merayap didinding
d. memakan serangga
4. Perhatikan gambar berikut
Tumbuhan pada gambar di samping
memiliki daun yang berbentuk duri yang bertujuan untuk ……
a. Mengurangi penguapan
b. Fofosistesis
c. Pelindung panas
d. Tempat hinggap burung
5. Perhatikan
bentuk paruh unggas di bawah!
Bentuk paruh burung seperti
pada gambar tersebut, jenis makanannya adalah ....
a.
biji-bijian
b.
buah-buahan
c.
daging
d. ikan besar
6. Bentuk
paruh burung yang berbeda-beda antara yang satu dan yang lainnya merupakan
bentuk penyesuaian diri burung untuk memperoleh ....
a. air
b.
makanan
c.
udara
d.
keturunan
7. Hewan
yang menyesuaikan diri dengan lingkungan gurun adalah ....
a.
pinguin
b.
paus
c.
unta
d.
beruang
8. Pohon jati beradaptasi terhadap musim
kemarau dengan cara ... .
a. menggugurkan buah
b. menggugurkan ranting
c. menggugurkan daun
d. menggugurkan bunga
9. Bentuk penyesuaian diri teratai terhadap
tempat hidupnya adalah ... .
a. daun lebar, stomata banyak
b. batang berongga
c. daun menjadi duri, batang tebal
d. akar serabut dan menjalar
Pelestarian
Lingkungan dan
Upaya
Manusia dalam Pelestarian Lingkungan
--------------------------------------------------------------
1. Untuk
menghindari kepunahan hewan langka dilakukan
dengan cara ...
a. melakukan perawatan lingkungan.
b. Polisi merazia pemburu hewan langka
c. Membeli hewan langka yang sudah
ditangkap
d. Membuat undang-undang perburuan.
2. Untuk
melindungi kekayaan alam yang berupa tumbuhan
agar tidak punah, pemerintah berupaya dengan
cara mendirikan ….
a. suaka margasatwa
b. taman kota
c. kebun binatang
d. cagar alam
3. Kegiatan seperti pada gambar di samping
dapat menyebabkan ….
a.
pendapatan
masyarakat meningkat
b.
semakin luasnya
lahan pertanian
c.
meningkatnya
kebakaran hutan
d.
banjir di daerah
hilir
4. Penangkapan
ikan dengan menggunakan bom berakibat ...
a.
orang yang menangkap ikan cepat menjadi
kaya.
b.
Nelayan lain akan terganggu dalam
menangkap ikan.
c. Dapat menghasilkan semua ikan di laut.
d. Habitat laut akan rusak.
5. Usaha untuk melestarikan
makhluk hidup yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menetapkan hal-hal
sebagai berikut, kecuali ....
a. hutan lindung
b. cagar alam
c. suakamargasatwa
d. hutan produksi
6. Pemanfaatan teknologi untuk
melestarikan hewan dan tumbuhan dari kepunahan diantarannya dengan cara
a. inseminasi buatan dan penebangan pohon
b. inseminai buatan dan kultur jaringan
c. kultur jaringan dan pemburuan hewan
d. kultur jaringan dan pembukaan lahan untuk pertanian
7. Perusakan lingkungan akibat
perbuatan manusia yang dapat menyebabkan terjadinya kepunahan hewan tertentu
adalah....
a. kekeringan, longsor dan kebakaran hutan
b. pembukaan hutan untuk lahan pertanian
c. gunung meletus dan pembangunan bendungan
d. perburuan liar dan banjir
8. Tindakan
pelestarian hewan dapat dilakukan dengan cara ….
a.
pembuatan suaka margasatwa
b.
pembuatan taman
c.
pemeliharaan hewan langka
d.
penangkapan hewan langka untuk
dilindungi
9. Untuk
meningkatkan populasi ikan di daerah perairan sungai dilakukan dengan ….
a.
pembuatan tangga ikan
b.
pembuatan cagar alam
c.
pembuatan bendungan
d.
penyebaran bibit baru
10. Hewan
yang terancam punah ialah hewan yang ....
a.
jumlahnya sedikit
b.
perkembangbiakannya cepat
c.
jumlahnya banyak
d.
berada di banyak tempat
11. Kadal
terbesar di dunia yang terancam punah ialah ....
a. anoa
b.
Caerulean paradise
c.
komodo
d. maleo
12. Burung
yang diburu karena bulunya yang indah ialah ....
a.
maleo
b.
Raflesia arnoldii
c.
kakatua jambul kuning
d.
cendrawasih
Bagian Tubuh
Tumbuhan/Hewan
dan Fungsinya
--------------------------------------------------------------
1. Alat kelamin betina pada tumbuhan adalah ….
a. benang sari
b. kelopak
c.
putik
d.
mahkota
2. Bagian tumbuhan yang berguna untuk menegakkan
dan memperkokoh berdirinya tumbuhan adalah ....
a. daun
b. bunga
c. batang
d. akar
3. Bagian bunga yang banyak menentukan
keindahan bunga adalah ....
a. tangkai bunga
b. mahkota bunga
c. benang sari
d. kelopak bunga
4. Di
dalam batang terdapat pembuluh xylem yang
berfungsi untuk ….
a.
alat pernapasan
b.
tempat pembuatan
makanan
c.
menyalurkan air dan mineral dari tanah ke daun
d.
mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh bagian
tumbuhan
5. Bentuk paruh hewan seperti gambar di samping
berguna untuk ….
a.
mengoyak makanan yang liat dan keras
b. memecah biji-bijian
c. menyaring makanan sebelum ditelan
d. menampung makanan sebelum ditelan
6. Bagian
sel tumbuhan yang mengandung zat hijau daun disebut ….
a.
kloroplas
b.
klorofil
c.
kloroform
d.
klorin
7. Bahan
utama fotosintesis tumbuhan hijau adalah ….
a. air dan karbon
dioksida
b. oksigen dan karbon dioksida
c. air dan karbohidrat
d. air dan karbohidrat
8.
Hasil dari respirasi tumbuhan adalah ….
a. air dan oksigen
b. air, karbon dioksida, dan energi
c. karbohidrat dan oksigen
d. karbon
dioksida dan zat asam
9. Perhatikan
pernyataan berikut.
1)
sebagai alat pernapasan
2)
tempat memasak makanan
3)
tempat berlangsungnya proses penguapan
4)
menyerap air dari tanah
Fungsi
daun ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 2
b.
1, 2, 3, dan 4
c.
2 dan 3
d. 1, 2, dan 3
10. Perhatikan
gambar bunga di samping
ini.
Bagian yang berfungsi sebagai alat kelamin jantan adalah
. . . .
a.
1
b.
3
c. 2
d. 4
11. Tumbuhan yang menyimpan
cadangan makanan pada batang adalah ….
a. kentang, sagu, dan tebu
b. padi, jagung, dan sagu
c. pisang, mangga, dan jambu
d. pepaya, tebu, dan ketela pohon
Daur Hidup Hewan
--------------------------------------------------------------
1. Perhatikan daur hidup hewan berikut !
(1) (2) (3) (4)
nyamuk
pupa larva telur
Daur hidup nyamuk yang benar adalah ….
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 1 – 3 – 2 – 4
c. 1 – 4 – 3 – 2
d. 1 – 4 – 2 – 3
2. Berikut merupakan urutan daur
hidup kupu-kupu adalah ....
a.
Telur – ulat – kupu-kupu – kepompong
b.
Telur – kepompong – ulat – kupu-kupu
c.
Telur – ulat – kepompong - kupu-kupu
d.
Kupu-kupu – kepompong – ulat – telur
4. Berikut
ini adalah tahap daur hidup kecoa adalah ....
a.
Telur – larva – nimfa – kecoa
b.
Telur – nimfa – kecoa
c.
Telur – larva - kecoa
d.
Telur – Kepompong – kecoa
5. Berikut adalah daur hidup
lalat yang benar adalah ....
a.
Telur – larva – nimfa – lalat
b.
Telur – larva – pupa – lalat
c.
Telur – nimfa – pupa - lalat
d.
Telur – larva – nimfa – lalat
6. Berikut ini adalah ciri-ciri
metamorfosis tidak sempurna, kecuali ....
a. Saat menetas bentuk hewan jauh berbeda dari induknya,
b.
Mengalami masa pupa atau kepompong\
c. Urutan metamorfosis adalah telur → larva → pupa → hewan dewasa.
d. Urutan metamorfosis adalah telur → hewan muda → hewan dewasa
Essay
1. Jelaskan
tahapan metamorfosis pada katak!
Jawab :
………………………………………………………………………………
Alat
Gerak dan Fungsinya
--------------------------------------------------------------
1.
Tulang terdiri dari dua jenis yaitu tulang rawan dan tulang
keras. Tulang rawan banyak mengandung ....
a. zat perekat
b. fosfor
c. zat kapur
d. vitamin D
2. Perhatikan gambar rangka badan berikut
ini.
Bagian yang merupakan tulang-tulang
rusuk adalah . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
3. Penyakit yang mengakibatkan tulang mudah
retak atau patah disebut ....
a. asam urat
b. TBC tulang
c. osteoporosis
d. kurang vitamin
4. Tubuh kita dapat bergerak
karena adanya kerja sama antara ....
a. tulang dan otot
b. tangan dan kaki
c. darah dan daging
d. mata dan otak
5. Hewan yang mempunyai rangka
luar adalah ...............
a. Kucing c. Belalang
b. Ayam d. Tikus
6. Fungsi otot tubuh manusia
adalah ...............
a. Sebagai alat gerak aktif
b. Tempat pembe ntukan sel darah
c. Tempat menempelnya pembuluh darah
d. Temapat melekatnya tulang
7. Untuk menggerakkan sebuah tulang sekurang-kurangnya diperlukan
...............
a. 1 otot c. 3 otot
b. 2 otot d. 4 otot
Essay
1. Apa
fungsi rangka manusia?
……………………………………………………………………………..
2. Mengapa rangka tubuh berguna bagi manusia? Bagaimana jika
manusia tidak mempunyai rangka tubuh yang kuat?
……………………………………………………………………………..
Sistem Pernapasan
pada Manusia/Hewan
--------------------------------------------------------------
1.
Pertukaran gas asam dengan darah pada proses pernafasan
terjadi pada bagian bernomor
....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 5
2. Perhatikan gambar alat pernapasan di
bawah ini!
Dalam proses pernapasan bagian yang
diberi tanda huruf X berlangsung proses…
a. Penyesuaian suhu
b. Penyaringan debu
c. Pertukaran O2 dan CO2
d. Penyerapan bau
3. Selaput pembungkus paru-paru disebut ....
a. pleura
b. bronkiolus
c. bronkus
d.
alveolus
4. Hewan yang bernapas dengan trakea
adalah
nomor ....
a. (1)
b. (3)
c. (2)
d. (4)
5. Alat bantu pernapasan burung pada waktu
terbang adalah ....
a. kulit
b. insang
c. pundi-pundi udara
d.
labirin
6. Alat bantu pernapasan ikan yang hidup
di lumpur disebut ....
a. pundi-pundi udara
b. labirin
c. trakea
d. insang
7. Fungsi utama kolam ikan
diberi tumbuhan teratai adalah untuk ….
a. menyuplai air
b. menyuplai oksigen
c. berteduh ikan
d. menyuplai karbon dioksida
8. Jika kita menghembuskan
napas pada air kapur, maka keadaan air kapur akan keruh. Hal ini menunjukkan
bahwa udara yang dikeluarkan mengandung ….
a. oksigen
b. karbon dioksida
c. karbon monoksida
d. uap air
9. Perhatikan gambar di bawah !
Urutan jalannya udara pernapasan adalah
...
a. 4-2-3-1
b. 4-3-2-1
c. 1-2-3-4
d. 1-3-2-4
10. Urutan masuknya udara
saat bernapas adalah ….
a. udara
bebas - hidung - cabang tenggorok - pangkal tenggorok
b. udara
bebas - hidung - batang tenggorok - cabang tenggorok - paru-paru
c. udara
bebas - hidung - cabang tenggorok - batang tenggorok - paru-paru
d. udara bebas -
hidung - cabang tenggorok - paru-paru
11. Pada saat terjadi pertukaran udara pernapasan
terjadi pula . . . .
a. oksigen
diikat Hb untuk diedarkan ke seluruh sel tubuh
b. karbon
dioksida diikat Hb untuk diedarkan ke seluruh tubuh
c. oksigen
dilepaskan oleh Hb untuk dikeluarkan dari tubuh
d. karbon
dioksida diikat oleh Hb untuk dikeluarkan dari tubuh
12. Gangguan pernapasan yang dapat disebabkan
oleh udara yang tercemar yaitu . . . .
a. bronkitis
b. asma
c. TBC
d. influenza
13. Cacing bernapas menggunakan . . . .
a. paru-paru
b. insang
c.
trakhea
d. kulit
Essay
1. Sebutkan
organ-organ pernapasan beserta fungsinya.
.........................................................................
2. Sebutkan 5 penyakit yang
mengganggu sistem pernapasan
.........................................................................
Sistem Pencernaan pada Manusia
--------------------------------------------------------------
1. Perhatikan gambar alat pencernaan makanan
berikut!
Proses yang terjadi pada organ bertanda
“X” adalah …
a. penguraian makanan secara
mekanis
b. penguraian makanan secara
kimiawi
c. penyerapan sari-sari
makanan oleh darah
d. penguraian makanan secara
mekanis dan kimiawi
2.
Alat pencernaan yang
diserang oleh bakteri sehingga mengakibatkan sakit tifus adalah ….
a. lambung
b.
usus halus
c.
usus besar
d. usus halus dan usus
besar
3. Gerakan
meremas-remas yang dilakukan oleh dinding kerongkongan disebut gerak ....
a. parabolik
b. lurus
c. memutar
d.
peristaltik
4. Enzim tripsin yang dihasilkan gambar nomor 4
pada gambar di samping berfungsi untuk ....
a. Mengubah protein menjadi asam amino
b. Mengubah zat tepung menjadi zat gula
c. Mengubah lemak menjadi asam lemak
d. Mengendapkan protein menjadi kasein
5. Karbohidrat
diperlukan oleh tubuh sebagai ....
a. zat tenaga
b. cadangan
makanan
c. zat
pembangun
d. zat
pengatur
6. Alat
pencernaan yang diserang oleh bakteri sehingga mengakibatkan sakit tifus adalah
….
a.
lambung
b.
usus halus
c.
usus besar
d.
usus halus dan usus besar
7. Berikut
ini manakah yang tidak termasuk gangguan /penyakit yang menyerang alat
pencernaan pada manusia …
a.
Maag
b.
Apendisitis
c.
Haemofilia
d.
Disentri
Essay
1.
Sebutkan urutan alat-alat pencernaan pada manusia!
.........................................................................
2.
Sebutkan 3 fungsi lidah!
.........................................................................
3. Ada
berapa macam usus halus itu? Jelaskan !
.........................................................................
4. Apa
saja manfaat Bakteri E. Coli bagi manusia?
.........................................................................
5.
Tuliskan 4 cara memelihara kesehatan alat-alat pencernaan!
.........................................................................
Sistem Peredaran Darah pada Manusia
--------------------------------------------------------------
1. Perhatikan gambar berikut!
Pada
gambar di atas, pembuluh darah yang mengandung
oksigen terdapat pada nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
2. Urutan
aliran darah yang banyak mengandung CO2 dari sistem peredaran darah
adalah ….
a. 3 – 1 – 5 – 2 – 8
b. 3 – 4 – 6 – 7 – 8
c. 8 – 2 – 5 – 1 – 3
d. 6 – 7 – 8 – 2 – 5
3. Pembuluh nadi berfungsi untuk mengangkut
darah dari ... .
a. jantung ke ginjal
b. jantung ke seluruh tubuh
c. seluruh tubuh ke jantung
d. jantung ke paru-paru
4. Fungsi darah adalah mengedarkan sari
makanan ke ... .
a. jantung
b. paru-paru
c. otak
d. seluruh tubuh
5. Darah yang mengalir dari seluruh tubuh
menuju ke jantung banyak mengandung….
a. oksigen
b. karbon dioksida
c. karbon dioksida dan uap air
d. oksigen dan uap air
6. Penyakit yang ditandai dengan meningkatnya
jumlah sel darah putih disebut ….
a. anemia
b. leukemia
c. hipertensi
d. hemofilia
7. Penyakit yang darahnya tidak mau membeku
pada saat terluka disebut ….
a. leukemia
b. anemia
c. hipertensi
d. hemofilia
Essay
1. Fungsi jantung
………………………………………………………………………………
3.
Fungsi pembuluh darah
………………………………………………………………………………
4.
Fungsi pembuluh nadi (arteri)
………………………………………………………………………………
5.
Fungsi pembuluh balik
(vena)
………………………………………………………………………………
6.
Apa saja penyakit pada peredaran darah manusia?
………………………………………………………………………………
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
--------------------------------------------------------------
1. Tumbuhan
pada gambar di samping berkembang biak
dengan ...
a. umbi batang c.
Umbi akar
b. umbi lapis d.
Umbi tinggal
2. Perhatikan gambar
di samping !
Perkembangan biakan tumbuhan di atas adalah dengan cara ...
a. cangkok
b. enten
c. okulasi
d. stek
3. Perhatikan
gambar tumbuhan di bawah ini!
Tumbuhan seperti gambar di atas berkembangbiak dengan cara ….
a.
tunas adventif
b.
akar tinggal
c.
geragih
d.
tunas
4. Ular boa berkembang biak dengan
cara …
a. Beranak c.
Bertunas
b. Bertelur d. Beranak - bertelur
5. Perhatikan
gambar hewan di bawah ini!
Hewan seperti gambar di atas berkembangbiak dengan cara….
a.
bertelur
b.
melahirkan
c.
bertelur melahirkan
d.
bertelur dan melahirkan
6. Dua buah tanaman ditanam dalam pot. Tanaman A diletakkan di
dalam rumah, dan tanaman B diletakkan di luar rumah. Kedua tanaman mendapat
perlakuan yang sama. Pernyataan berikut yang benar adalah ….
a. tanaman A lebih
cepat tumbuh daripada tanaman B
b. pertumbuhan
tanaman A dan B sama
c. tanaman
A tumbuh lebih subur daripada tanaman B
d. tanaman
B tumbuh subur, tanaman A lama-lama mati
7. Bagi tumbuhan, hasil fotosintesis digunakan
untuk ….
a. tumbuh
dan berkembang biak
b. berkembang
biak dan disimpan sebagai cadangan makanan
c. tumbuh,
berkembang biak, dan disimpan sebagai cadangan makanan
d. tumbuh
dan disimpan sebagai cadangan makanan
8. Seekor hewan bertelur di dalam air, tetapi
telur itu tidak bercangkang hanya dilapisi lendir. Hewan tersebut adalah ....
a.
ayam
b.
katak
c.
burung
d.
kura-kura
9. Meskipun berbentuk ikan, paus bukan termasuk
ikan. Paus adalah hewan ....
a.
reptil
b.
mamalia
c. melata
d. amfibi
10. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur
memiliki ciri ....
a. mempunyai daun telinga yang lebar
b. mempunyai kelenjar susu
c.
mempunyai kelenjar susu dan tidak
mempunyai daun telinga
d.
tidak mempunyai kelenjar susu dan tidak
mempunyai daun telinga
11. Di bawah ini
contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh manusia adalah ….
a. rumput
b. vanili
c. padi
d.
belimbing
Essay
1. Jelaskan 3 cara hewan
berkembang biak dan berikan contohnya.
……………………………………………............................
Perkembangan
dan Pertumbuhan Manusia
--------------------------------------------------------------
1. Ciri-ciri
perempuan pada masa remaja, yaitu . . . .
a.
mengalami menstruasi
b.
tumbuh jakun
c.
pinggul mengecil
d.
suara membesar
2. Anak
laki-laki mengalami perubahan tubuh pada masa pubertasnya, antara lain . . . .
a. rambut menjadi panjang
b.
tumbuhnya jakun
c.
pinggulnya membesar
d.
kaki membesar
3. Anak
perempuan mengalami perubahan tubuh pada masa pubertasnya, antara lain . . . .
a.
tumbuh jakun
b.
suara membesar
c.
tumbuh payudara
d.
rambut menjadi panjang
3. Manakah pernyataan yang tidak
benar tentang masa puber?
a.
Perubahan fisik sangat kelihatan.
b.
Hormon-hormon seksual mulai berfungsi.
c.
Mulai terjadi ketertarikan dengan
lawan jenis.
d. Masa puber pada laki-laki lebih cepat daripada perempuan.
4. Orang yang telah memasuki
masa dewasa mulai berpikir untuk . . . .
a.
bermain
b.
berbicara panjang
c.
tertarik dengan lawan jenis
d.
menikah
5. Andi bahunya menjadi bidang,
suaranya mulai membesar, tumbuh kumis. Hal ini menunjukkan ciri-ciri . . . .
a.
anak-anak c.
dewasa
b.
remaja
d. tua
Pemeliharaan Kesehatan Organ
--------------------------------------------------------------
1. Asam lambung berguna untuk ....
a. membunuh
kuman dan mengasamkan makanan
b. membunuh
kuman dan mencernakan lemak
c. mengasamkan
makanan dan mencernakan lemak
d. mengasamkan
makanan dan menyebabkan gerak peristaltik
2. Organ yang menghubungkan rongga mulut
dengan lambung ... .
a. usus halus
b. tenggorokan
c. kerongkongan
d. usus 12 jari
3. Hati berfungsi untuk ... .
a. membunuh bibit penyakit
b. menawarkan racun
c. mengedarkan sari makanan
d. mengatur suhu
4. Salah satu cara menjaga kesehatan alat
pernapasan yaitu . . . .
a. Tinggal dilingkungan ber-AC
b. Berolahraga teratur
c. Tinggal didaerah dingin
d. Menutup mulut dengan tangan.
Hubungan antara Sistem Organ dan Gangguan yang Ditimbulkan
--------------------------------------------------------------
1. Tubuh lemah, kurang nafsu makan, nyeri
tulang, dan perdarahan merupakan ciri-ciri sakit….
a.
stroke
b.
anemia
c.
leumikia
d.
hipertensi
2. Bila hati mengalami kerusakan,
seseorang akan menderita penyakit ....
a.
anemia
b.
avitaminosis
c.
rakhitis
d.
hepatitis
3. Badan lesu, mata sering
berkunang-kunang, kepala sering pusing,semangat belajar menurun merupakan ciri
salah satu jenis penyakit. Penyakit ini dapat dicegah dengan sering makan sayuran
hijau. Nama penyakit tersebut adalah ...
a. rabun c. Anemia
b. diare d. Sariawan
Sifat Benda
--------------------------------------------------------------
1. Asap kendaraan termasuk benda ....
a. gas
b. cair
c. padat
d. tak berbentuk
2. Madu termasuk benda ....
a. padat
b. gas
c. cair
d. tidak cair dan tidak padat
3. Bensin termasuk benda ….
a. gas
b. cair
c. padat
d. tak berbentuk
4. Kertas yang digunakan untuk mengemas minuman
bersifat .…
a. menyerap air
b.
tembus air
c.
tahan panas
d.
kedap air
5. Lemari
terbuat dari kayu karena kayu memiliki sifat ....
a.
keras dan kuat
b.
mudah berubah bentuk
c.
menyerap air
d.
dapat menyerap keringat
7. Logam digunakan untuk
membuat panci karena sifatnya yang ....
a. tahan air
b. tahan pecah
c. tahan api
d. tembus air
8. Kostum olahraga yang baik
terbuat dari bahan ….
a. kaos
c. plastik
b. karet
d. serat asbes
9. Bahan yang tidak tembus air
adalah ….
a. kardus
b. keramik
c. kain
d. logam
10. Ban sepeda terbuat dari
bahan ….
a. kain
b. kayu
c. karet
d. besi
11. Pedang dibuat dari besi
karena sifat besi yang ….
a. tahan air
b. tahan api
c. tahan karat
d. kuat dan keras
12. Bahan yang digunakan untuk
mengemas makanan harus bersifat ….
a. kedap air
b. tembus pandang
c. tidak tahan panas
d.
dapat diresapi air
13. Bahan untuk lap meja yang
baik memiliki sifat ....
a. tidak tembus air
b. lunak dan elastis
c. halus dan licin
d. mudah menyerap air
14. Kita dapat menulis di buku dengan menggunakan
tinta atau bolpoin. Buku dibuat dari kertas karena memiliki keuntungan dalam
hal .…
a. daya serapnya
b. transparan
c. daya kuatnya
d. tahan panas
15. Bahan yang mudah didaur ulang adalah .…
a. plastik
b. karet
c. kertas
d. kayu
16. Kelompok benda yang bahan bakunya berasal
dari karet adalah .…
a. tempat minum dan buku
b. ban mobil dan gelas
c. ban mobil dan sandal
d. lampu dan balon
17. Konstruksi bangunan bertingkat agar kokoh dan
kuat, maka rangkanya menggunakan bahan ….
a. kuningan
b. aluminium
c.
tembaga
d. besi dan baja
Perubahan Wujud Benda
--------------------------------------------------------------
1. Proses
perubahan wujud benda cair menjadi padat disebut
...
a. mencair c. Menguap
b. membeku d. Mengembun
2. Perubahan wujud dari padat menjadi gas
disebut ….
a. menguap
b. mengembun
c. mencair
d. menyublim
3. Saat
ibu merebus kacang hijau dengan panci tertutup,
Anita membuka tutup panci dan di tutup panci terdapat butiran-butiran
air. Butiran-butiran air yang terdapat
di tutup panci tersebut berasal dari peristiwa
….
a.
mencair c. mengembun
b.
menguap d. mendidih
4. Berikut merupakan perubahan yang tidak dapat kembali, kecuali
….
a.
telur pecah
b. lilin meleleh
c. kertas menjadi abu
d. buah
jeruk membusuk
5.
Pada malam hari, suhu udara sangat
dingin sehingga uap air berubah menjadi embun. Peristiwa ini menyebabkan. . . .
a. daun mengering
b. kabut
c. terjadi
hujan
d. gas
6.
Perubahan uap menjadi cair terjadi
pada peristiwa ....
a.
kamper yang disimpan
b. nafas yang dihembuskan ke kaca
c. air yang di masak sampai mendidih
d. es batu
yang disimpan di udara terbuka
Essay
1. Apakah perubahan sabun menjadi buih bisa disebut sebagai perubahan wujud benda? Jelaskan!
…………………………………………………………………………..
2. Apakah perubahan yang terjadi pada saat memanaskan mentega
termasuk perubahan wujud benda? Jelaskan!
…………………………………………………………………………..
3. Apakah perubahan yang terjadi pada tepung dan gandum yang
dijadikan roti termasuk perubahan wujud benda?
Jelaskan!
…………………………………………………………………………..
Gaya dan Gerak
--------------------------------------------------------------
1. Contoh
kegiatan yang menggunakan gaya tarik adalah ....
a.
melempar batu
b.
mengayuh sepeda
c.
mendorong gerobak
d.
tarik tambang
2. Saat lomba tarik tambang, maka terjadi gaya berbentuk ....
a. dorongan
b. magnet
c. tarikan
d. gesekan
3. Mobil
yang direm akan berhenti. Peristiwa ini merupakan
pengaruh gaya…..
a. Gravitasi c. Gesek
b. Magnet d. Pegas
4. Perhatikan gambar di bawah ini!
Mobil akan berpindah tempat ,
karena mendapat gaya ...
a. Gesek c. otot
b. Pegas d. magnet
5. Jenis
gaya yang dimanfaatkan untuk melempar batu dari ketapel seperti pada gambar di
samping adalah ...
a. gaya gesek
b. gaya gravitasi
c. gaya magnet
d. gaya pegas
6. Perhatikan gambar di samping!
Pengaruh gaya terhadap proses pembuatan
benda pada gambar di samping menyebabkan
... .
a. benda melebur
b. benda memantul
c. benda berubah bentuk
d. benda bergerak
7. Berikut ini merupakan peristiwa yang terjadi karena
a. pembuatan pisau dari besi
b. pesawat terbang lepas landas
c. es mencair
d. pembuatan patung dari tanah liat
8. Menarik balok di atas tanah yang kasar terasa berat karena
pengaruh....
a.
b.
c.
d.
9. Berikut ini merupakan peristiwa yang terjadi karena
a. batu yang dilempar ke atas kembali ke
tanah
b. paku ditarik magnet
c. buah mangga jatuh dari pohon
d. koper terasa berat jika diangkat
10. Sebuah benda ditarik dengan
a. benda bergerak ke kiri
b. benda bergerak ke kanan
c. benda diam
d. benda bergerak ke atas
Bentuk Energi dan Perubahannya
--------------------------------------------------------------
1. Berikut
ini yang merupakan kelompok sumber energi
alternatif adalah …….
a. Matahari, minyak bumi dan angina
b. Biodiesel,minyak bumi dan angina
c. Matahari, angin dan air
d. Air, angin dan minyak tanah
2. Perhatikan
data berikut :
1)
angin 4) avtur
2)
solar 5) panas bumi
3)
biogas 6) batubara
Yang merupakan sumber energy
alternatif adalah ….
a. 1, 3, 4 c. 2, 4,
6
b. 1, 3, 5 d. 1, 4, 5
3. Pada
gambar di samping terjadi perubahan bentuk energi
…
a.
listrik menjadi
kinetik
b.
kinetik menjadi
listrik
c.
kinetik menjadi
kimia
d.
kimia menjadi kinetik
5. Perhatikan gambar di bawah ini!
Perubahan bentuk energi pada
alat di atas adalah ...
a. energi gerak menjadi energi listrik
b. energi gerak menjadi energi panas
c. energi listrik menjadi energi gerak
d. energi listrik menjadi energi panas
6. Cara yang tepat
untuk menghemat energi listrik pada pemakaian pompa air adalah…
a. Menggunakan pompa air hanya malam hari saja
b. Membuat
resapan air di halaman rumah
c. Menggunakan
tandon air
d. Menyalakan pompa air untuk mencuci mobil
7.
Salah satu cara untuk menghemat pemakaian energi minyak
bumi adalah ....
a. membiarkan lampu minyak menyala terus
b. menggunakan mobil tanpa tujuan
c. menghentikan pertambangan minyak bumi
d. menggunakan sepeda motor seperlunya
8. Perhatikan
gambar di samping.
Perubahan
energi pada saat alat tersebut digunakan adalah. . . .
a. energi
kimia menjadi energi listrik
b. energi
listrik menjadi energi kimia
c. energi
listrik menjadi energi panas
d. energi
panas menjadi energi gerak
9. Beras mengandung karbohidrat,
sedangkan keju mengandung lemak. Kedua jenis makanan tersebut berfungsi untuk .
. . .
a. pertumbuhan
b.
menghasilkan tenaga
c. melarutkan
zat-zat makanan
d. mengganti
sel-sel yang rusak
10. Contoh perpindahan kalor
(panas) dengan cara konduksi terjadi pada peristiwa . . . .
a. membuat perapian untuk
mengusir nyamuk
b. mengeringkan pakaian basah di
bawah terik matahari
c. duduk di depan perapian
d. tangan terasa panas saat
menyentuh cerek berisi air panas
11. Lokomotif pada kereta uap
menggunakan bahan bakar batubara. Perubahan energi yang terjadi pada lokomotif
tersebut adalah ....
a. energi
kimia menjadi energi listrik
b. energi
kimia menjadi energi kinetik
c. energi
kimia menjadi energi cahaya
d. energi
kimia menjadi energi potensial
12. Pengolahan biji jarak dapat
menghasilkan energi alternatif disebut ....
a. bensin
b. biodiesel
c. biogas
d. solar
13. Sumber energi alternatif yang
uapnya digunakan pada pembangkit listrik adalah ....
a. gelombang
air laut
b. air terjun
c. panas bumi
d. batu bara
14. Permainan berangkai 4 pos
merupakan kombinasi gerak berikut, kecuali ....
a. angkat
badan
b. kepiting
berjalan
c. sit up
d. push up
15. Manfaat
dari gerakan peregangan adalah . . . .
a. melenturkan
otot-otot
b. melemaskan
otot-otot
c. membesarkan
otot-otot
d. melatih
otot-otot
16. Berikut ini alat rumah tangga
yang sekaligus menggunakan isolator dan konduktor yaitu ....
a. baskom
b. cobek
c. setrika
listrik
d. ember
17. Sumber
energi panas yang dimanfaatkan untuk mengambil garam adalah matahari sebab . .
. .
a.
panas matahari menguapkan garam
b.
cahaya matahari dapat menguapkan air
c.
panas matahari dapat menguapkan air
d.
garam mengkristal pada siang hari
18. Kelompok benda
berikut ini yang termasuk isolator adalah . . . .
a. ember,
panci, solder
b. piring
plastik, panci, teko
c. pensil, setrika, sendok logam
d. sendok kayu, pensil, ranting pohon
Essay
1. Jelaskan sumber energi panas
serta contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari!
……………………………………………………………..
Suhu
dan Kalor
--------------------------------------------------------------
1. gambar
berikut ini!
Kabel jaringan listrik yang ada di
pinggir jalan sengaja dipasang kendur. Hal ini bertujuan agar kabel listrik ...
a. tidak putus waktu memuai di
siang hari
b. Saat arus listrik mengalir tidak
putus
c. tidak putus waktu menyusut
malam hari
d. Saat tegangan listrik naik tidak
terbakar
2. Jarak antarbesi pada sambunagn rel
Kereta Api dibuat lebih renggang dengan tujuan ….
a. Lebih mudah dipasang
b. member tempat mengalirnya air hujan
c. Lebih mudah dilepas
d. agar besi tidak melengkung saat
memuai
3. Berikut ini adalah contoh perpindahan panas secara konveksi yang terjadi di alam adalah …
a. pada saat kita beada di
dekat api unggun badan kita terasa hangat
b.
panas matahari
sampai kebumi
c. ujung logam akan terasa
panas saat ujung lainnya dipanaskan
d.
tejadinya angin
darat dan angin laut di sekitar pantai
4. Pada saat air
dimasak dlam teko, air yang ada dipermukaan teko juga dapat panas meskipun
panas berasal dari bawah teko.peristiwa ini merupakan contoh perpindahan panas
secara …..
a. Induksi c.
Konveksi
b. Radiasi d. Konduksi
5. Perambatan panas cahaya matahari sampai
di bumi berlangsung secara ....
a.
konduksi
b.
konveksi
c.
refleksi
d.
radiasi
6. Kelompok
benda berikut ini yang termasuk isolator adalah . . . .
a.
ember, panci, solder
b.
piring plastik, panci, teko
c.
pensil, setrika, sendok logam
d.
sendok kayu, pensil, ranting pohon
7. Benda
berikut ini yang termasuk konduktor adalah . . . .
a.
tutup botol gabus
b.
sendok kayu
c.
oven
d.
pegangan solder
8. Berikut
alat rumah tangga yang sekaligus menggunakan isolator dan konduktor yaitu ....
a.
baskom
b.
setrika listrik
c.
cobek
d.
ember
Essay
1. Perubahan
benda dapat dipengaruhi oleh suhu. Kapankah kamu lebih mudah membuka jendela, saat udara dingin atau saat
udara panas? Mengapa?
...............................................................
2. Bagaimana
jaket bekerja? Mengapa kita bisa tetap merasa hangat saat udara dingin?
...............................................................
3. Sebutkan
contoh benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator. Kamu harus menyebutkan paling sedikit masing-masing 5
contoh.
...............................................................
Bunyi dan Cahaya
--------------------------------------------------------------
1. Gaung
dapat diatasi dengan cara ….
a. menyesuaikan
frekuensi sumber bunyi
b. melapisi dinding dengan zat
pemantul yang baik
c. melapisi dinding dengan zat
yang dapat meredam bunyi
d. menurunkan tinggi nada
2. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Peristiwa seperti tampak pada gambar di
atas menunjukkan sifat cahaya ....
a. merambat lurus
b. dapat diuraikan
c. dapat dibiaskan
d. dapat dibelokkan
3. Perhatikan gambar
di bawah ini!
Peristiwa seperti tampak pada gambar di atas menunjukkan
sifat cahaya ....
a.
merambat lurus
b.
dapat diuraikan
c.
dapat dibiaskan
d. dapat dipantulkan
4. Kita dapat merasakan hangatnya api unggun
yang berada di dekat kita karena terjadi perpindahan panas secara ….
a. konveksi
b. konduksi
c.
kontraksi
d. radiasi
5. Pemanfaatan cahaya matahari sebagai sumber
energi panas adalah ….
a. membakar sampah
b. menjemur
pakaian
c.
pemanasan air laut
d.
pembuatan krupuk
6. Dalam
kehidupan sehari-hari, sumber energi panas untuk kelangsungan hidup manusia dan
makhluk hidup lainnya adalah ....
a. matahari
b. bintang
c. bulan
d. api
7. Cahaya
matahari digunakan oleh tumbuhan hijau untuk membuat makanan pada proses ....
a.
pembakaran
b.
fotosintesis
c.
pengangkutan
d.
pernapasan
8. Bunyi dapat
terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....
a. getaran
b.
pendinginan
c. pemuaian
d.
perambatan
9. Pantulan bunyi
yang terdengar kurang jelas karena bunyi yang dihasikan dari pemantulan
bercampur dengan bunyi asli disebut ....
a. gaung
b. getaran
c. gema
d. gelombang
Essay
1. Tulislah 3 sifat bunyi yang kamu ketahui.
...............................................................
2. Jelaskan
proses terjadinya bunyi.
...............................................................
3.
Apakah yang dimaksud dengan bunyi
pantul? Bagaimana proses terjadinya? Jelaskan.
...............................................................
Listrik dan Magnet
--------------------------------------------------------------
1. Penggunaan listrik berikut ini yang dapat
membahayakan keselamatan adalah . . . .
a. tidak memasukkan benda lain ke
stopkontak, kecuali steker
b. tidak menggunakan kabel yang terkelupas
c. menjaga agar stopkontak dan steker tetap kering
d. tidak mengeringkan tangan yang basah saat menggunakan alat listrik
2. Susunan baterai pada lampu
senter menggunakan rangkaian ....
a. seri
b. paralel
c. gabungan
d. bebas
3. Fungsi sekering adalah ....
a. memutuskan arus listrik pada saat terjadi kortsluiting
b. mencegah terjadinya hubungan singkat
c. memadamkan listrik pada saat kebakaran
d. menghubungkan dan memutuskan arus listrik sehingga tidak terjadi
kortsluiting
4. Rangkaian listrik di rumah
biasanya menggunakan rangkaian listrik ....
a. seri
b. paralel
c. campuran
d. bebas
5. Alat yang berfungsi untuk
menurunkan tegangan listrik yang berasal dari pusat listrik adalah ....
a. sekering
b. trafo
c. sakelar
d. dinamo
6. 1. Radio 3. Lemari es
2. Kipas angin 4. Setrika
Alat di atas yang
menggunakan listrik ialah ....
a. 1 dan 3 saja
b. 2 dan 3 saja
c. 1, 2, 3, dan 4
d. 3 dan 4 saja
7. 1. Air 3. Nuklir
2. Uap 4. Matahari
Tenaga untuk menggerakkan
generator ialah ....
a. 1 dan 2 saja
b. 3 dan 4 saja
c. 1, 3, dan 4 saja
d. 1, 2, 3, dan 4
8. Berikut ini cara menjaga
keselamatan dalam menggunakan listrik ....
a. memasang steker yang banyak pada stopkontak
b. menyalakan listrik di tempat yang lembap atau basah
c. menggunakan alas kaki dari karet setiap bekerja dengan peralatan
listrik
d. memasukkan benda logam ke dalam lubang stopkontak
9. Berikut ini cara
menjaga keselamatan dalam menggunakan listrik ....
a. memasang steker yang banyak pada stopkontak
b. menyalakan listrik di tempat yang lembap atau
basah
c. menggunakan alas kaki dari karet setiap
bekerja dengan peralatan listrik
d. memasukkan benda logam ke dalam lubang
stopkontak
Essay
1. Apa yang dimaksud
dengan listrik statis?
……………………………………………………………….
2. Apa manfaat listrik
statis dalam kehidupan?
……………………………………………………………….
3. Apa persamaan dan
perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis yang berasal dari sumber
pembangkit energi listrik?
……………………………………………………………….
3. Apa yang kamu ketahui
tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Jelaskan.
……………………………………………………………
Sumber Daya Alam
--------------------------------------------------------------
1. Tanah subur yang terbentuk dari lapukan daun
dan batang pohon di hutan hujan tropis yang lebat adalah ....
a. Tanah humus
b. tanah vulkanik
c.
Tanah pasir
d.
tanah kapur
2. Penebangan
liar dan pembukaan lahan perkebunan telah
banyak merusak hutan. Salah satu cara yang bisa
dilakukan untuk melestarikan hutan adalah ....
a. melakukan reboisasi
b. menjadikan hutan produksi
c. menjadikan hutan homogen
d. melakukan penebangan liar
3. Kebutuhan
bahan pangan semakit meningkat, akan tetapi tiap tahun lahan pertanian semakin menyempit.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan tanah pertanian adalah
....
a. melakukan panca usaha tani
b. tidak boleh membuat bangunan
c. menjadikan hutan untuk lahan pertanian
d. tidak membuat bangunan
di lahan pertanian
4. Jenis kegiatan berikut yang dapat menjaga
kelestarian sumber daya alam adalah ....
a. menanami
lahan kosong
b. penambangan
pasir secara berlebihan
c. penebangan
hutan secara liar
d. ladang
berpindah-pindah
5. Perhatikan
daftar bahan-bahan berikut ini:
A. minyak
bumi D. hewan
B. kayu E. besi
C. batu
bara F. tumbuhan
Dari
daftar bahan-bahan di atas, sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah . .
a. A, B, C
b. B, C,
D
c. C, D,
E
d. B, D,
F
Daur Air
--------------------------------------------------------------
DAUR
AIR
Tahukah kamu dari mana asalnya air yang
kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari? Air yang kita pakai untuk keperluan
sehari-hari itu berasal dari berbagai sumber, yaitu air yang berasal dari
tetesan air hujan, air tanah, dan juga dari berbagai badan air di bumi ini. Air
di bumi ini berubah wujud secara berulang-ulang dengan atau tanpa kita sadari.
Proses perubahan wujud air ini terjadi dalam sebuah daur yang disebut dengan
daur air.
Berikut
adalah beberapa perubahan wujud air.
1.
Proses penguapan, terjadi dengan
bantuan energi sinar matahari dan angin. Akibat panas dari sinar matahari, air
menguap menjadi uap air.
2.
Proses pengembunan, terjadi saat uap
air mengalami pendinginan dan berubah menjadi titik-titik air atau kristal air.
Saat inilah partikel air membentuk awan.
3.
Proses presipitasi (pengendapan),
terjadi saat partikel air tersebut jatuh ke bumi dalam bentuk hujan.
4.
Air hujan jatuh ke bumi. Sebagian air
mengalir di permukaan tanah, ke sungai, laut dan danau dan ada pula yang
terserap oleh bumi menjadi air tanah.
Sumber bacaan: Scott Foresman. 2008. Science. The
Diamond Edition. Pearson Education.
Latihan Soal
1. Tahapan daur
air
1) hujan
2)
berkondensasi
3) air
menguap
4) awan
Urutan yang
benar proses daur air adalah ….
a. 1), 2), 3), dan 4)
b.
3), 2), 4), dan 1)
c.
4), 1), 2), dan 3)
d. 3), 4), 2), dan 1)
2. Air
laut dapat berubah menjadi awan karena ....
a. angin
b.
cahaya matahari
c.
suhu udara
d.
gravitasi bumi
3. Tindakan
manusia yang berpengaruh terhadap daur air adalah ….
a.
penebangan hutan secara liar
b.
menanam padi sepanjang tahun
c.
pembangunan cagar alam
d.
pemakaian pesawat terbang untuk
angkatan udara
4. Banyaknya
bangunan di perkotaan menyebabkan .…
a. daur air menjadi baik
b. air cepat
memasuki sungai
c. jumlah
air tanah bertambah
d. penguapan
air meningkat
5. Berikut ini
faktor-faktor yang memengaruhi kelangsungan daur air, kecuali ….
a. cahaya matahari
b.
suhu udara
c.
keadaan tanah
d.
kelembapan tanah
6. Sumber
air banyak ditemukan di ….
a.
dekat pantai
b. padang pasir
c.
hutan
d.
pegunungan
Essay
1. Bagaimana penebangan pohon secara liar memengaruhi daur air?
……………………………………………………………
2. Bagaimana pembangunan gedung dan jalan memengaruhi daur air?
……………………………………………………………
3. Adakah kegiatan manusia yang lain yang dapat memengaruhi daur
air?
……………………………………………………………
Sistem Tata
Surya
--------------------------------------------------------------
1. Planet yang berkedudukan no 7
dari matahari
adalah…
a. Uranus c. saturnus
b. neptunus d. Jupiter
2. Planet
dalam tata surya kita yang mendapat julukan sebagai
planet pembuat ulah karena sering beredar meninggalkan
orbitnya adalah ….
a.
Mars c. Uranus
b.
Saturnus d. Neptunus
3. Planet yang terletak setelah
sabuk asteroid adalah ...
a. Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus
b. Merkurius, Venus, Bumi, Mars
c. Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus
d. Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
4. Peristiwa yang terjadi akibat gerakan bulan
mengelilingi bumi adalah ....
a. Perubahan
bentuk penampakkan bulan
b. Permukaan
bulan yang tampak dari bumi selalu sama
c. Pergantian
tahun masehi
d. Perbedaan
waktu di bumi
5. Salah
satu akibat dari revolusi bumi adalah….
a. Terjadinya siang dan malam
b. Pasang surut air laut
c. gerak semu harian matahari
d. Perubahan musim
6. 1. Siang dan malam
2.
Perubahan musim
3.
Perbedaan waktu
4. Pasang
surut air laut
Pengaruh dari rotasi bumi adalah ....
- 1 dan 3 c. 1 dan 2
- 2 dan 4 d. 3 dan 4
7. Perhatikan
skema gerhana di bawah ini !
Gerhana matahari sebagian
seperti pada gambar di atas terjadi pada bagian bumi yang berada pada posisi
nomor… .
a.
1 dan 2
b.
1 dan 3
c.
2 dan 3
d.
2 dan 4
8. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar yang menunjukkan peristiwa terjadinya gerhana bulan adalah nomor
....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
9. Perhatikan
gambar!
Pada saat terjadi gerhana seperti pada gambar di atas, orang
yang berada di daerah nomor 2 di bumi akan mengalami …
a. gerhana bulan total
b. gerhana bulan sebagian
d. gerhana matahari total
10. Berikut ini
yang bukan akibat rotasi bumi adalah ….
a. adanya
perbedaan waktu
b. adanya
pergantian musim
c. adanya
pergantian siang dan malam
d. adanya
peredaran semu harian bendabenda langit
11. Berikut ini
yang bukan akibat dari revolusi bumi adalah ….
a. adanya
pergantian musim
b. adanya
pergantian siang dan malam
c. terlihatnya
rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan
d. adanya
perubahan lamanya waktu siang dan malam
12. Matahari
seakan-akan bergerak dari timur ke barat, karena ….
a. bumi berotasi dari barat ke timur
b. bumi berputar mengelilingi matahari
c. kala rotasi bumi sangat singkat
d. gerak matahari sangat cepat
13. Posisi yang
tepat saat terjadi gerhana matahari adalah ....
a. bumi - bulan - matahari
b. bulan
- bumi - matahari
c. bulan
- matahari - bumi
d. bumi -
matahari – bulan
14. Urutan
planet-planet yang tepat adalah ....
a. Merkurius, Mars, Bumi, Venus, Yupiter,
Saturnus, Uranus, dan Neptunus
b. Merkurius, Bumi, Venus, Mars, Yupiter,
Saturnus, dan Neptunus
c. Merkurius, Venus, Yupiter, Bumi, Mars,
Saturnus, Uranus, dan Neptunus
d. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter,
Saturnus, Uranus, dan Neptunus
15. Persamaan
yang dimiliki oleh semua planet dan tata surya ialah ....
a. semua planet berputar dari barat ke timur
b. semua planet berputar pada porosnya
berlawanan dengan arah jarum jam
c. semua planet tidak mengeluarkan cahaya,
tetapi menerima cahaya matahari
d. Semua planet memerlukan waktu yang sama untuk
mengelilingi matahari
Essay
1. Apa yang dimaksud
dengan revolusi Bumi? Apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
……………………………………………………………
2. Tuliskan perbedaan gerhana matahari dan
gerhana bulan
………………………………………………………….
3. Apa saja manfaat paling besar Matahari bagi
kehidupan? Sebutkan paling sedikit 5 manfaat.
…………………………………………………………………….
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



No comments:
Post a Comment