Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Berikut Link-link Soal-Soal Pemetaan SKL UN SMP,
- Kumpulan Soal UN IPA Fisika SMP
- SKL UN SMP Indonesia Membaca Non Sastra
- SKL UN SMP Indonesia Membaca Sastra
- SKL UN SMP Indonesia Menulis Terbatas
- SKL UN SMP Indonesia Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
- SKL UN SMP Indonesia Menyunting Kata Kalimat Paragraf
- SKL UN SMP Inggris Fungsi Sosial dan Struktur Teks
- SKL UN SMP Inggris Unsur Kebahasaan
- SKL UN SMP IPA Gelombang Listrik Magnet
- SKL UN SMP IPA Makhluk Hidup dan Lingkungannya
- SKL UN SMP IPA Mekanika dan Tata Surya
- SKL UN SMP IPA Pengukuran Zat dan Sifatnya
- SKL UN SMP IPA Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
- SKL UN SMP Matematika Aljabar
- SKL UN SMP Matematika Bilangan
- SKL UN SMP Matematika Geometri
- SKL UN SMP Matematika Statistika
MENULIS TERBATAS
-------------------------------------------------------------------------
Melengkapi
Istilah/Kata Dalam Kalimat
-------------------------------------------------------------------------
1. Perhatikan kalimat berikut!
Karena ... perusahan itu terus menerus menurun, banyak karyawan yang
dirumahkan.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. aktivitas
B. produksi
C. intensitas
D. produktivitas
2. Perhatikan kalimat berikut!
Persoalan ... tidak sepenuhnya bisa dikendalikan dengan pestisida.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
A. Benih
B. Hama
C. Irigasi
D. Panen
3. Perhatikan kalimat berikut!
Daerah itu terkenal sebagai lingkungan yang ... sehingga penduduknya
hidup tenteram.
Kata berimbuhan asing yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah
...
A. Alamiah
B. Agamis
C. Ilmiah
D. Agamawi
4. Dampak negatif menurunnya BBM
dalam jangka pendek dapati dikurangai dengan menerapkan ...
fiskal.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. aturan
B. kebijakan
C. ketentuan
D. pedoman
5. Perhatikan kutipan petunjuk
berikut !
Jika anda berada dalam bangunan bertingkat setelah terjadi kebakaran dan
masih sadar :
(1) Jangan panik berlebihan.
(2) [ ….]
(3) Jauhi bangunan agar terhindar dari bahaya reruntuhan.
(4) Mintalah pertolongan apabila Anda terluka untuk mendapatkan
pertolongan pertama.
Dengan petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat . .
. .
a. Carilah jalan untuk keluar secepatnya dan amankan dari bahaya kebakaran.
b. Cari pintu keluar, gunakan tangga untuk mempercepat
waktu ke luar ruang.
c. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan
tangga biasa agar cepat.
d. Cari pertolongan dengan segera agar tidak terjebak di dalam gedung, api semakin besar.
6. pemilihan
jenis keramik lantai ... karpet yang akan digunakan di ruangan ini harus
dicermati dengan baik. hal ini mengingat akan banyak orang yang lalu lalang di
sana. Sebaiknya, pilih keramik lantai.... karpet yang tahan lama dan mudah
dibersihkan ... memudahkan perawatan ... tidak perlu sering mengganti dengan
yang baru.
Secara berurutan, kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah...
a. dan, atau, agar, atau
b. atau, agar, dan, atau
c. atau, atau, agar, dan
d. dan, dan, agar, atau
7. Perhatikan
puisi rumpang berikut
Dalam Sakit
telah berbulan terbaring di
ranjang
rabuku meradang
selalu diri […](1)
kesendatan hidup
untung jantung tetap
berdegup
dalam […](2) di senja gerimis
kaunasihati aku berhenti
menulis
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah…
a. (1) ditempa, (2) melirik
b. (1) ditepis, (2) sekejap
c. (1) dibuai, (2) sejenak
d. (1) didera, (2) menengok
-------------------------------------------------------------------------
Menyusun Urutan
Kalimat Berbagai Jenis Teks
-------------------------------------------------------------------------
1. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Lingkungan hidup harus kita jaga
kelestariannya.
(2) Meskipun dalam suatu pemerintahan terdapat
peraturan tentang pelestarian lingkungan, masih banyak manusia yang belum
menyadari bahwa pelestarian lingkungan merupakan kewajiban kita.
(3) Hal ini sangat penting karena generasi
berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi.
(4) Kita tidak boleh memberikan beban
lingkungan kepada anak cucu kita.
(5) Jangan sampai lingkungan kita hancur
karena ulah kita sendiri.
(6) Siapa pun wajib menjaga keindahan dan
kenyamanannya.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks laporan yang baik
adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(6)-(5)
B. (1)-(2)-(3)-(6)-(5)-(4)
C. (1)-(5)-(2)-(3)-(4)-(6)
D. (1)-(6)-(5)-(2)-(3)-(4)
2. Cermati kalimat-kalimat
berikut!
(1) Meskipun sejak dulu dikenal memiliki
banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya bisa menjadi
komoditas yang menguntungkan.
(2) Mungkin sudah banyak beredar buku-buku
tentang manfaat lidah buaya.
(3) Namun, minat baca masyarakat kita yang
rendah sedikit menghambat laju informasi tersebut.
(4) Hal itu terjadi karena informasi tentang
manfaat tanaman ini belum tersosialisasikan dengan maksimal.
(5) Padahal, para peneliti menemukan manfaat
lebih dari tanaman serba guna ini.
(6) Berikut ini lima manfaat kesehatan dari
lidah buaya, jus lidah buaya, dan gel lidah buaya.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi teks eksposisi yang baik
adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)-(6)
D. (6)-(1)-(4)-(2)-(3)-(5)
3. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut dengan saksama!
(1) Film "Naga
Bonar" merupakan film garapan sutradara M.T. Risyaf pada tahun 1987
dibintangi oleh Deddy Mizwar, Nurul Arifin, dan Afrizal Anoda.
(2) Sekuelnya juga sudah dibuat bertajuk
"Naga Bonar (Jadi) 2" (2007) yang ternyata sukses ditonton oleh
banyak orang.
(3) Ini berarti masyarakat kita butuh
keragaman tema film.
(4) Film ini merupakan film komedi situasi
yang mengambil latar peristiwa perang kemerdekaan Indonesia ketika sedang
melawan kedatangan pasukan Kerajaan Belanda pasca kemerdekaan Indonesia di
daerah Sumatera Utara.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik
adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(5)-(2)-(3)-(4)
C. (1)-(5)-(3)-(4)-(2)
D. (5)-(2)-(3)-(4)-(1)
4. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah
Jepang takluk kepada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang menculik
Soekarno ke RengasDengklok, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan
Indonesia.
(2) Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat
menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.
(3) Pada masa itu Soekarno-Hatta pernah
dibuang kembali ke Parapat dan Bangka.
(4) Mereka segera terlibat dalam perjuangan
melawan pendudukan kembali oleh Belanda.
(5) Namun, ketika secara resmi Belanda
mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai Presiden
dipulihkan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut menjadi teks biografi yang baik adalah
....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)
D. (1)-(4)-(3)-(2)-(5)
5. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Tali kur dipotong menjadi dua bagian. Tiap
bagian dilipat dua sehingga semuanya ada empat utas tali.
(2) Buatlah simpul datar.
(3) Siapkan pensil yang cukup panjang. Buatlah
simpul kepala dengan bantuan pensil tersebut.
(4) Lakukan sampai seluruh tali menjadi
jalinan simpul. Buatlah variasi agar simpul tidak monoton. Jika perlu, gunakan
tambahan aksesori lain.
(5) Ikat rambut siap digunakan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur cara membuat
ikat rambut yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)
D. (3)-(1)-(2)-(4)-(5)
6. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Untuk melanjutkan keperguruan tinggi,
lulusan SMK lebih dibatasi ruang lingkupnya jika dibandingkan dengan lulusan
SMA.
(2) Oleh karena itu, rata-rata siswa SMK
kesulitan masuk ke perguruan tinggi.
(3) Adapun lulusan SMA bisa lebih bebas
melanjutkan ke perguruan tinggi karena materi-materi yang diajarkan di SMA
mencakup semuanya.
(4) Ketika di perguruan tinggi, siswa SMK
tidak bisa mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan di SMK.
(5) Kalau pun bisa akan kesulitan karena di
SMK hanya diajarkan materi-materi yang mendalam di jurusannya.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks tanggapan kritis yang
baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(4)-(5)-(3)
C. (1)-(2)-(5)-(4)-(3)
D. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
7. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut ini dengan saksama
(1) Siang harinya sesuai rencana kami, aku pun
menunggu teman-temanku di samping pintu gerbang sekolah.
(2) Sebelum ke rumah Imah, kami sempat mampir
ke warung untuk membeli roti. Bahkan Afga sempat membeli es karena kehausan.
(3) "Ke mana ya mereka?" gumamku.
(4) Tiba-tiba mereka mengejutkanku dan
berteriak, "Dor! kaget, ya?"
(5) "Apaan sih, kalian? mengagetkanku
saja. Kalau aku jantungan gimana?" seruku.
(6) "Maaf, maaf, Di. Soalnya tadi kami
mampir dulu ke ruang guru untuk mengumpulkan tugas dari Pak Marno," pinta
Ana dan Afga.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks cerpen yang baik
adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(3)-(4)-(5)-(6)-(2)
C. (1)-(3)-(4)-(6)-(5)-(2)
D. (6)-(1)-(2)-(3)-(4)-(5)
8. Cermati kalimat-kalimat
berikut!
(1) Lalu terlintas di benak kuda itu untuk menakuti hewan-hewan hutan.
(2) Lalu dia menunggu hewan hutan yang akan
melewatinya.
(3) Tidak lama kemudian beberapa domba gunung
berjalan ke arah dirinya.
(4) Kuda itu bergegas mencari tempat untuk
bersembunyi.
(5) Tempat itu harus terlihat gelap dan sering
dilalui oleh beberapa hewan hutan.
(6) Akhirnya dia menemukann semak-semak yang
cukup gelap untuk bersembunyi dan kuda itu pun masuk ke semak-semak dengan
menggunakan kulit harimaunya.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi teks fabel yang baik adalah
....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(4)-(5)-(6)-(3)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)-(6)
D. (1)-(4)-(5)-(6)-(2)-(3)
9. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kelompok kami memutuskan untuk mengamati
green house sekolah.
(2) Tanaman-tanaman tersebut, antara lain
sirih merah, serai, kemangi, jambu biji, dan sirsak.
(3) Pagi tadi, kami ditugaskan oleh guru bahasa
Indonesia untuk melakukan pengamatan di lingkungan sekolah.
(4) Sungguh pembelajaran yang menyenangkan
hari itu.
(5) Hasil identifikasi tersebut kami
presentasikan di depan kelompok lain.
(6) Di green house, kami mengidentifikasi
sejumlah tanaman yang bisa dijadikan obat.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi teks laporan yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(5)-(6)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(6)-(4)-(2)-(5)
C. (3)-(1)-(2)-(4)-(6)-(5)
D. (3)-(1)-(6)-(2)-(5)-(4)
10. Cermati petunjuk pembuatan cincau
lidah buaya berikut!
(1) Siapkan irisan daging daun lidah buaya
yang telah dicuci bersih secukupnya.
(2) Masukkan irisan daging daun lidah buaya
dalam santan.
(3) Siapkan air santan kelapa diberi gula aren
secukupnya dalam panci.
(4) Tuanglah hasil rebusan dalam mangkuk atau
gelas.
(5) Rebuslah daging lidah buaya dan santan
tersebut sampai mendidih.
(6) Cincau daging daun lidah buaya siap
disajikan.
Urutan petunjuk pembuatan cincau lidah buaya agar menjadi teks prosedur
yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)-(6)
C. (1)-(1)-(2)-(5)-(4)-(6)
D. (1)-(3)-(2)-(6)-(4)-(5)
11. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Wayang jemblung biasanya dipentaskan dalam
acara hajat keluarga, seperti pesta perkawinan, khitan, atau acara tradisi,
seperti sedekah bumi, dan lain-lain.
(2) Wayang jemblung dulu banyak dijumpai di
wilayah Kedu, Jawa Tengah.
(3) Wayang Jemblung, baik ceritanya maupun
anak wayangnya mirip dengan wayang kulit, tetapi semua iringan gamelan tidak
dari peralatan karawitan yang ditabuh.
(4) Bebunyian irigan gamelan semua berasal
dari mulut sang dalang.
Urutan yang tepat dari teks laporan observasi tersebut adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(2)-(4)
C. (2)-(1)-(3)-(4)
D. (2)-(3)-(1)-(4)
12. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Kami sangat menikmati
perjalanan kami karena disepanjang perjalanan dapat melihat pemandangan yang
indah.
(2) Akhirnya tanpa terasa kami sampai di
tempat tujuan, yaitu Dago Pakar.
(3) Tepat pukul 07.30 kami berkumpul di
sekolah.
(4) Tempat wisata Dago Pakar merupakan kawasan konservasi terpadu antara
alam sekunder dengan hutan yang terletak di Kota Bandung.
(5) Kami pergi ke tempat tujuan dengan
menggunakan bus sekolah.
Urutan laporan yang tepat
adalah ....
A. (3)-(5)-(1)-(2)-(4)
B. (3)-(5)-(2)-(4)-(1)
C. (3)-(4)-(5)-(1)-(2)
D. (4)-(3)-(5)-(1)-(2)
13. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Potong pipa PVC yang panjangnya sudah
diketahui
(2) Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan
pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung
paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak
di depan lensa okuler.
(3) Tentukan panjang badan teleskop
(4) Letakkan lensa okuler di perlupnya
(5) Pasangkan perlup di ujung paling belakang
pipa.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur cara membuat teleskop
sederhana yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(4)-(2)-(5)
C. (3)-(1)-(2)-(4)-(5)
D. (3)-(1)-(2)-(5)-(4)
14. Cermati petunjuk pembuatan
energi alami dari kentang berikut!
(1) Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke
dalam kentang dengan jarak beberapa mili/senti (jangan disatukan).
(2) Cermatilah nyala lampu yang terjadi! Jika
nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik.
(3) Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan
tersebut dan hubungkan dengan lampu.
(4) Setelah langkah-langkah terlaksana, kini
kamu memiliki salah satu energi alternatif.
(5) Jika lampu tidak menyala juga, silahkan
tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar.
Urutan petunjuk pembuatan agar teks prosedur yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
C. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
D. (1)-(3)-(2)-(5)-(4)
15. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Taruh pakaian yang akan dicuci k e dalam mesin cuci.
(2) Isi air secukupnya untuk menenggelamkan
seluruh pakaian.
(3) Setelah 10 menit, putar tombol ke arah
drain.
(4) Beri deterjen lalu putar tombol on ke arah
waktu 10 menit.
(5) Ulangi langkah ke-2 dan ke-3 sampai 3 kali
agar pakaian bersih.
(6) Masukkan pakaian ke tabung pengeringan
sebelah kanan putar ke angka 5
(7) Ambil dan jemur pakain yang telah
dikeringkan.
Urutan kalimat cara mencuci pakaian yang benar adalah ....
A.
(1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)-(7)
B.
(1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)-(7)
C.
(1)-(2)-(4)-(3)-(5)-(6)-(7)
D.
(1)-(2)-(4)-(3)-(6)-(5)-(7)
16. Bacalah kalimat-kalimat acak
tersebut!
(1) Pertunjukkan pembuka festival tersebut akan berakhir pada
pukul 17.00 WIB
(2) Acara pembukaan Dieng Culture Festival
2016 dilaksanakan pada pukul 14.00 di panggung utama, sebelah timur kompleks
candi Arjuna.
(3) Setelah pembukaan berlangsung, dipanggung
utama ada pentas musik Kyai Kanjeng beserta Cak Nun dari Yogyakarta.
(4) Pengunjung yang berminat menikmati sunset,
bisa naik skuter/scooter ke bukit yang dapat dapat ditempuh hanya adalam waktu
15 menit dari Desa Dieng Kulon.
(5) Setelah melihat sunset, pengunjung segera
bersiap untuk menikmati pertunjukkan Jazzatasawan yang akan digelar di panggung
utama, timur kompleks candi Arjuna.
Urutan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi laporan padu adalah
....
A. (2)-(1)-(3)-(4)-(5)
B. (2)-(1)-(4)-(3)-(5)
C. (2)-(3)-(1)-(4)-(5)
D. (2)-(3)-(1)-(5)-(4)
17. Cermati kalimat-kalimat
berikut!
(1) Sarapan sangat penting untuk mengisi
energi Anda sebelum beraktivitas.
(2) Mereka memunyai banyak alasan, seperti
tidak bisa makan berat pada pagi hari atau terburu-buru.
(3) Namun, sebagian besar orang tidak terbiasa
melakukan sarapan.
(4) Anda menjadi kurang energi, lemas,
dehidrasi, dan konsentrasi menurun
(5) Padahal, efek tidak sarapan sangat
berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.
Urutan tepat agar kalimat-kalimat acak tersebut menjadi paragraf padu
adalah ....
A. (1)-(3)-(2)-(5)-(4)
B. (1)-(4)-(2)-(5)-(3)
C. (1)-(1)-(2)-(4)-(3)
D. (1)-(5)-(3)-(4)-(2)
18. Bacalah kalimat-kalimat
petunjuk berikut!
Petunjuk Membuat Minuman
Teh Jahe
(1) Irislah jahe kecil-kecil sesuai selera
(2) Kupas kulit jahe, lalu memarkan jahe.
(3) Cuci jahe hingga bersih, lalu bakar jahe
hingga keluar aromanya.
(4) Rebuslah air hingga mendidih, lalu
masukkan jahe
(5) Siapkan gelas berisi teh dan gula, lalu
seduh dengan rebusan jahe.
(6) Tunggu rebusan jahe hingga 3 sampai 5
menit.
(7) Aduk hingga gula larut, teh jahe siap
disajikan.
Urutan tepat petunjuk membuat minuman teh jahe adalah ....
A.
(3)-(1)-(2)-(4)-(6)-(5)-(7)
B.
(3)-(2)-(1)-(4)-(6)-(5)-(7)
C.
(3)-(2)-(1)-(5)-(4)-(6)-(7)
D.
(3)-(4)-(2)-(1)-(5)-(6)-(7)
-------------------------------------------------------------------------
Melengkapi Paragraf
-------------------------------------------------------------------------
1. Pendidikan kesehatan di sekolah bertujuan agar murid mengetahui
fakta-fakta ilmiah tentang kesehatan, memiliki sikap yang menyetujui keadaan
sehat dan melaksanakan kebiasaan baik untuk hidup sehat,... kesehatan sendiri
maupun komunitas bertambah baik.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah .. ..
a. dan
b. ketika
c. sehingga
d. oleh karena itu
2. Anita sibuk membersikan rumah ... Yandi duduk santai.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. saat
b. tetapi
c. dan
d. walaupun
3. Jagalah kesehatan...tidak
terserang penyakit.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a. tetapi
b. namun
c. kalau
d. agar
4. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia
dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda
mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang,
dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. ...
terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang
sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks laporan
hasil observasi tersebut adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. atau
d. jika
5. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang
bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies. Pada awalnya, dua seniman itu
terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang. ... itu, para penari
Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks deskripsi
tersebut adalah ....
a. ketika
b. dalam
c. pada
d. atau
6. Bacalah paragraf deskripsi
berikut dengan saksama!
Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur.
Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8
kilometer. Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang
padinya telah menguning untuk siap panen. ... Rumah penduduk yang dikelilingi
oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin
lebih lama tinggal bersama Bibi Ani.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Sungai di sekitar
pegunungan itu sering menyebabkan banjir.
B. Sungai yang ada di
sekitar pegunungan itu sangat dalam.
C. Sungai di dekat gunung itu sangat kotor.
D. Sungai di kaki
gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung.
7. Perhatikan kutipan teks
eksposisi berikut!
Dampak paling nyata dari bencana asap adalah masalah kesehatan. Lebih
dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya tahan masyarakat
kian menurun. [...] Beberapa bantuan yang akan didistribusikan meliputi 125
ribu masker ke 97 kabupaten/kota terdampak, makanan tambahan 11 ton, alat
penjernih air, serta 4482 oximetry (alat cek denyut jantung) dan sontheimer
(alat menghitung kecepatan pernapasan anak-anak yang diperkirakan menderita
ISPA. Selain itu, 70 unit alat penjernih udara (air purifier) untuk rumah
sakit, oksigen konsentrate dan 500 unit kit penanggulangan asap ke
puskesmas-puskesmas.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks eksposisi di atas
adalah....
A. Melihat kondisi
yang kian menghawatirkan, Menkes langsung menginstruksikan untuk kembali
mengirim tambahan bantuan ke daerah-daerah terdampak kabut asap.
B. Keadaan semakin
parah, pemerintah tidak bisa berdiam diri melihat daerah-daerah terdampak kabut
asap.
C. Pemerintah akan
memberi Bantuan Santunan Kematian kepada korban meninggal akibat bencana asap.
D. Kondisi semakin
memprihatinkan, pemerintah daerah dan provinsi wajib meliburkan siswa di daerah
terdampak kabut asap.
8. Perhatikan kutipan teks
deskripsi berikut!
Kamar Farhan lumayan luas dan tertata dengan rapi. Di dekat jendela
kamar terdapat sebuah tempat tidur kayu jati. Kasur di tempat tidur itu
ditutupi seprei dengan motif bintang laut berwarna biru muda. Meja belajar
dengan rak buku tersusun rapi di sebelah kanan tempat tidur. [....] Lemari itu
memiliki kaca dan berwarna cokelat tua.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut
adalah....
A. Meja rias dan
alat-alat kecantikan terletak di sudut kamar.
B. Sebuah lemari
pakaian diletakkan di sebelah kiri meja belajar.
C. Di lantai kamar
terbentang permadani bermotif kartun anak-anak.
D. Di atas meja
belajar terdapat beberapa telepon selular.
9. Perhatikan kutipan teks
ulasan berikut!
Aspek menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika terhadap plot
film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya.
[.....] Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai
tataran karakterisasinya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika
memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun
berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya
sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam
mewujudkan misi itu.
Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks ulasan tersebut
adalah....
A. Semua unsur canda
dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita
tiga babak utuh.
B. Dika memisahkan
beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam
pembuatan film.
C. Dika ingin semua
bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak
utuh.
D. Dika merelakan
beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot
cerita terjaga.
10. Bacalah kutipan teks prosedur
berikut!
Petunjuk Menggunakan Mesin
Bor
1. Pasanglah mata bor.
2. Masukkan steker ke dalam stop-kontak.
3. Arahkan mesin bor
dengan tepat ke arah tempat yang akan dilubangi dan dikunci.
4. Hidupkan mesin.
5. Atur kecepatan mesin.
6. Matikan mesin dan tunggu sampai putaran berhenti.
7. [. . . .]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks prosedur di atas
adalah....
A. Bukalah mata bor,
lalu cabut steker dan stopkontak.
B. Masukkan bor ke dalam kardus.
C. Bersihkan bor yang telah digunakan.
D. Cabut steker dari
stopkontak dan bukalah mata bor.
11. … yang proporsional terhadap virus flu burung sangat penting untuk …
kerugian yang lebih besar.
Kata yang tepat untuk mengisi rumpang di atas adalah … .
A. pembasmian – mengatasi
B. penanganan – mencegah
C. penanggulangan –
menghentikan
D. pemberantasan –
mengecilkan
12. Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun ... untuk meyakinkan
wisatawan bahwa Yogyakarta dan Gunung Merapi aman dikunjungi.
Kelompok kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A. kegiatan wisata
B. rencana kunjungan
C. kertas kerja
D. program pemulihan
13. ... berteriak tidak dijadikan senjata oleh anak, para ahli
menyarankan ... orang tua tidak langsung merespon teriakan anak, ...
memberitahukannya bahwa berteriak bukan cara berkomunikasi yang tepat.
Kata penghubung yang tepat melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. setelah, untuk, sebab
B. jika, agar, tetapi
C. sebelum, andai, sebab
D. sesudah, jika, tetapi
14. Bacalah paragraf deskripsi
berikut dengan saksama!
Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur.
Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer.
Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah
menguning untuk siap panen. ... Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan
yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin lebih lama
tinggal bersama Bibi Ani.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Sungai di sekitar
pegunungan itu sering menyebabkan banjir.
B. Sungai yang ada di
sekitar pegunungan itu sangat dalam.
C. Sungai di dekat gunung itu sangat kotor.
D. Sungai di kaki
gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung.
15. Cermati paragraf rumpang
berikut!
Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas berbagai suku
bangsa. Rumah-rumah warga yang tinggal di lingkungan kami diberi cat [. . .].
Anak-anak suka bermain di taman yang disediakan. Buku-buku dan surat kabar yang
terdapat di perpustakaan desa menjadi bacaan rutin [...] di desa kami. Sikap [.
. .] merupakan kebiasaan warga yang selalu terpelihara di desa kami.
Kata ulang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a. warna-warni, muda-mudi,
tolong-menolong
b. warna-warna, muda-mudi,
tolong-tolong
c. warna-warni, muda-muda,
tolong ditolong
d. warna-warna, muda-muda,
tolong-tolong
16. Cermati kutipan berikut !
Abu vulkanik letusan Gunung Barujari di Kabupaten Lombok Timur, Nusa
Tenggara Barat (NTB) mulai masuk ke kota Mataram. Meskipun intensitasnya belum
signifikan, kondisi tersebut cukup [ .......... ] bagi kesehatan masyarakat.
Pemerintah meminta kepada masyarakat agar waspada saat melakukan [ .......... ]
di luar rumah.
Kata tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Mengkhuwatirkan,
aktifitas
b. Mengkhawatirkan,
aktivitas
c. Mengkuatirkan, aktipitas
d. Mengkhawatirkan,
aktifitas
17. Perhatikan paragraf rumpang
berikut !
Melayani tamu yang datang di perusahaan tidaklah semudah yang
dibayangkan. Setiap perusahaan menyusun standar pelayanan yang harus dipatuhi
oleh petugas pelayanan saat melayani mereka. Ada perusahaan yang menempatkan
petugas khusus untuk membukakan pintu bagi setiap tamu yang datang. Ada juga
perusahaan yang menyediakan sejumlah media untuk dibaca tamu saat berada di
ruang tamu. [ .......... ] Dengan melakukan tindakan simpatik itu, perusahaan
berusaha membangun kesan pertama di benak pelanggan dan kolega.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Ekspresi wajah
merupakan kesan pertama berkaitan erat dengan perilaku petugas pelayanan saat
melayani tamu.
b. Dengan
memperhatikan berbagai aspek tersebut kesan pertama dengan tamu dan kolega akan
bernilai positif.
c. Beberapa tindakan
tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan sikap simpatik dan hormat kepada
pelanggan dan tamu.
d. Petugas pelayanan
menjadi wakil perusahaan saat berinteraksi dengan tamu sehingga harus bisa memberi
kesan positif.
-------------------------------------------------------------------------
Memvariasikan Kata dan Kalimat
-------------------------------------------------------------------------
1. Bacalah
kalimat berikut!
Wisatawan mancanegara banyak berkunjung ke Indonesia.
Mereka menikmati keindahan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain
itu, mereka sangat tertarik dengan kekayaan budaya Indonesia.
Variasi kata wisatawan dalam paragraf tersebut adalah
kata ....
A. pendatang
B.
pelancong
C. penduduk
D.
penjelajah
2. Perhatikan
paragraf berikut!
Meliza ingin menjadi juara kelas. Setiap hari dia
belajar dengan tekun. Akan tetapi, Meliza pun menyerah. Dia merasa tidak dapat
menjadi juara kelas.
Variasi kata tepat untuk menggantikan kata menyerah
adalah ....
A. angkat
kaki
B. angkat
topi
C. angkat
tangan
D. angkat
bicara
3. Perhatikan
kalimat berikut!
Linda
membeli celana
Variasi pola kalimat yang sama dengan kalimat tersebut
adalah ....
A. Rinda
memasak ikan tuna
B. Ayah
sakit kepala tadi pagi
C. Ibu
pergi ke Makassar
D. Rahman
mencuci motor
4. Perhatikan
kalimat berikut!
Ketika membaca puisi atau mendeklamasikan puisi, kita
harus melafalkan kata dengan tepat dan jelas.
Variasi kata tercetak miring pada kalimat tersebut
adalah ....
A.
mengucapkan
B.
membunyikan
C.
menyebutkan
D.
melisankan
5. Perhatikan
kalimat berikut!
Fenomena warna-warni
air di Telaga Warna, Dieng, dapat terjadi karena air di telaga memiliki
kandungan belerang cukup tinggi.
Variasi kata tercetak miring pada kalimat tersebut
adalah ....
A. kejadian
B.
peristiwa
C. gejala
D. perihal
6. Cermati
kalimat berikut!
Asrianty meradang karena
ucapan Osdar
Variasi kata bercetak miring pada kalimat tersebut
adalah ....
A. sedih
B. geram
C. kecewa
D.
bingung
7. Perhatikan
kalimat berikut!
Masyarakat Belitung berupaya meningkatkan taraf ekonomi
melalui agrowisata yang mengajak wisatawan melihat secara
langsung proses penanaman hingga panen lada.
Variasi kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang
tepat adalah ....
A.
pelancong
B. peladang
C.
penggemar
D. pengamat
8. Perhatikan
kalimat berikut!
Kampung Kauman dahulu adalah tempat tinggal para keluarga dan
abdi dalem keraton.
Variasi kata bercetak miring dalam kalimat tersebut
adalah ....
A. kerabat
B. handai
C. sejawat
D. kawan
-------------------------------------------------------------------------
Menulis dengan Ilustrasi
Tertentu
-------------------------------------------------------------------------
1. Cermati gambaran berikut!
Saat ini kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu belum sanggup
dipadamkan lantaran cuaca kering, angin kencang, dan medan berat. Banyak pinus
terbakar menjalar ke daerah lain.
Teks laporan sesuai
gambaran tersebut adalah.....
a. Kebakaran hutan
dan tahan di Gunung Lawu belum sanggup dipadamkan sampai ketika ini. Cuaca
kering, angin kencang, dan medan berat mengakibatkan api belum sanggup
dipadamkan. Tanaman yang terbakar yaitu pinus sehingga gampang sekali menjalar
ke daerah lain.
b. Warga dan
Pemerintah terlihat sangat murung melinat kebakaran di Gunung Lawu. Kebakaran
semakin meluas diakibatkan cuaca kering, angin kencang, dan medan berat.
Kebakaran ini telah menelan banyak korban lantaran korban kekurangan oksigen
yang disebabkan asap pekat.
c. Hendaknya kita
waspada kalau kebakaran hutan dan lahan gunung melanda. Kebakaran hutan
merupakan peristiwa yang sanggup merusak kelestarian tumbuhan dan binatang.
Oleh lantaran itu, diharapkan penanganan sempurna untuk memadamkan api di
Gunung Lawu.
d. Kebakaran di
Gunung Lawu sudah merambat ke permukiman warga. Kebakaran itu disebabkan oleh
pohon pinus yang gampang terbakar. Petugas pemadam kebakaran mencicipi
kesulitan lantaran medan berat.
2. Cermati ilustrasi berikut!
Gempa bumi berkekuatan 5,2
skala Richter (SR) terjadi di Kaimana, Papua Barat. Gempa tersebut tidak
berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Titik gempa itu berada di 120 km
tenggara Kaimana. Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer.
Teks laporan yang sesuai ilustrasi
tersebut adalah ....
A. Akhir-akhir ini gempa bumi sering melanda
wilayah tanah air. Di Kaimana, Papua Barat telah terjadi gempa berkekuatan 5,2
skala Richter (SR). Gempa bumi tersebut tidak merusak bangunan.
B. Gempa bumi terjadi di Kaimana, Papua Barat
berkekuatan 5,2 skala Richter. Titik gempa itu berada di 120 km tenggara
Kiamana, Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer. Gempa bumi tersebut tidak
menimbulkan tsunami.
C. Peristiwa gempa bumi sedang melanda negeri
kita. Gempa bumi itu telah melanda Kaimana, Papua Barat. Tidak ada korban jiwa
dan kerusakan gedung karena pusat gempa ada di 120 kilometer tenggara Kaimana.
D. Peristiwa gempa bumi tidak dapat diketahui
secara pasti. Gempa bumi terjadi secara tiba-tiba, seperti yang dialami warga
di Kaimana, Papua Barat. Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter tersebut tidak
menimbulkan tsunami.
3. Cermatilah teks berikut!
Pohon kelapa merupakan
tumbuhan palem yang berbatang tinggi. Tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya
tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan
dan air. Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini.
Kelapa menjadi tumbuhan serbaguna karena semua bagiannya dimanfaatkan oleh
manusia. Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah,
dan akar.
Buah kelapa terdiri atas kulit
luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga.
Banyak pohon kelapa terdapat di tepi pantai. Berdasarkan penelitian, kelapa
diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti TBC, luka
bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Buah kelapa bagus untuk mengobati
keracunan karena buah ini dapat menetralkan racun di dalam tubuh kita. Selain
itu, buah kelapa dapat dijadikan makanan atau minuman.
Teks Eksposisi yang tepat
berdasarkan paragraf tersebut adalah ....
A. Pohon kelapa menghasilkan buah bernama
kelapa. Buah kelapa dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat berbagai makanan
dan minuman yang menyegarkan. Buah kelapa yang sering dikomsumsi biasanya masih
muda sehingga sering disebut kelapa muda. Kelapa muda dapat dinikmati dengan
gula jawa, gula pasir, maupun sirop. Kelapa muda juga cocok dinikmati dalam
keadaan dingin.
B. Sebaiknya buah kelapa harus dihasilkan oleh
pohon kelapa harus sering dikonsumsi. Pohon kelapa biasanya mudah ditemukan di
tepi pantai, tetapi banyak pedagang menjual buah kelapa di tepi jalan.
Berdasarkan penelitian yang
ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti
TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus
untuk mengobati keracunan dalam tubuh.
C. Pohon kelapa termasuk jenis tumbuhan palem
berbatang tinggi.
Pohon kelapa menghasilkan buah
bernama kelapa. Pohon kelapa dapat dimanfaatkan semua bagiannya dari buah,
batang, pelepah, hingga akar. Buah kelapa memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit
TBC. luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Buah kelapa juga dimanfaatkan
untuk mengobati keracunan karena dapat menetralkan racun di dalam tubuh.
D. Menurut saya, pohon kelapa dapat dimanfaatkan
mulai dari daun hingga akar. Daun kelapa dapat dimanfaatkan untuk pembungkus makanan.
Buah kelapa yang tertutup sabut dan tempurung keras di dalamnya terdapat daging
yang mengandung santan dan air. Buah kelapa diyakini dapat menyembuhkan
penyakit TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Batang kelapa dapat
digunakan sebagai kayu bakar.
4. Bacalah kalimat-kalimat fakta berikut!
1) Kapal terbakar di
Tanjung Uncang, Batam
2) Kebakaran terjadi pada hari Kamis, 7
September 2017, pukul 15.20 WIB
3) Lima orang tewas
dan satu orang terluka
4) Keenam korban adalah kariawan PT Sinar
Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan di kapal itu.
Laporan yang tepat berdasarkan
kalimat-kalimat tersebut adalah ....
A. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20
WIB, telah terjadi peristiwa kebaran kapal di Tanjung Uncang, Batam. Diperkirakan
seluruh penumpang kapal meninggal akibat peristiwa tersebut. Penyebab kebakaran
kapal belum diketahui dengan pasti.
Tim SAR masih melakukan
penyelidikan terhadap penyebab kebakaran.
B. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20
WIB terjadi peristiwa kebakaran di Tanjung Uncang, Batam. Kebakaran tersebut terjadi
akibat percikan api. Jumlah korban kebakaran masih belum dapat diidentifikasi.
Akan tetapi, sudah diketahui bahwa korban kebakaran adalah karyawan PT Sinar
Cendana/ Samchan Engineering yang sedang bekerja
C. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20
WIB, telah terjadi peristiwa kebakaran kapal di Tanjung Uncang, Batam. Korban kebakaran
terdiri atas lima orang tewas dan satu terluka. Keenam korban adalah karyawan
PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan di kapal
itu
D. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20
WIB terjadi peristiwa kebakaran di Tanjung Uncang, Batam.Peristiwa tersebut memakan
korban karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan
pengelasan. Peristiwa kebakaran diduga akibat percikan api pengelasan yang
dilakukan oleh karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering.
-------------------------------------------------------------------------
Mengubah Teks ke Bentuk Lain
-------------------------------------------------------------------------
1. Cermatilah teks berikut!
Wartawan : “Wah hebat! Adik telah berhasil menjadi
juara pertama Olimpiade Matematika.”
Pelajar : “Terima kasih.”
Wartawan : “Berapa lama Adik mempersiapkannya?
Pelajar : “Yah, kira-kira 1 tahun.”
Teks wawancara tersebut jika diubah menjadi bentuk narasi yang benar
adalah ...
a. Seorang pelajar
telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang
dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun.
b. Seorang pelajar
telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang
dibutuhkan adik untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun.
c. Seorang adik
telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang
dibutuhkan adik untuk mengadakan lomba tersebut selama 1 tahun.
d. Seorang adik telah
berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang
dibutuhkannya untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun.
2. Cermatilah
teks berikut!
Penanya : “Bagaimana perkembangan anggur Australia
saat ini, Pak?”
Narasumber : “Menggembirakan! Sembilan belas tahun yang
lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo, Jawa
Timur. Rasanya manis, segar dengan aroma harum.”
Teks wawancara di atas dapat kita ubah menjadi narasi sebagai berikut:
a. Perkembangan
anggur Australia saat ini sungguh menggembirakan. Sekitar sembilan belas tahun
yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo,
Jawa Timur. Anggur tersebut aromanya manis dan segar dengan rasanya yang harum.
b. Perkembangan
anggur Australia saat ini sungguh menggembirakan. Sekitar sembilan belas tahun
yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo,
Jawa Timur. Anggur tersebut rasanya manis dan segar dengan aroma yang harum.
c. Perkembangan
anggur Australia saat ini sungguh menggelikan. Sekitar sembilan belas tahun
yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo,
Jawa Timur. Anggur tersebut rasanya manis dan segar dengan aroma yang harum.
d. Perkembangan
anggur Australia saat ini sungguh mengharukan. Sekitar sembilan belas tahun
yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo,
Jawa Timur. Anggur tersebut manis dan segar serta harum.
3. Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies hewan langka, dalam
praktiknya populasi hewan yang dilindungi makin berkurang. Dengan beragam
motif, manusia makin berusaha memiliki secara pribadi hewan-hewan langka
tersebut. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah terintegrasi dalam proses
pelestarian hewan langka tersebut.
Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam usaha pelestarian hewan
langka antara lain sebagai berikut. Pertama, memberikan pendidikan kepada
masyarakat tentang pentingnya pelestarian hewan langka. Kedua, membuat tempat
penangkaran bagi hewan langka agar dapat berkembang biak, lalu melepaskannya ke
alam.
Bentuk tanggapan kritis dari bacaan tersebut terdapat pada paragraf ...
a. Saya tidak setuju
dengan pembuatan tempat penangkaran hewan langka. Untuk melestarikan hewan
langka tersebut tidak perlu dibuatkan tempat penangkaran. Pembuatan tempat
tersebut akan memakan biaya cukup besar. Jadi, kita harus membiarkan binatang
langka hidup di habitat aslinya.
b. Binatang langka
harus dilestarikan agar generasi mendatang dapat melihat keanekaragaman hewan
tersebut. Jangan biarkan hewan-hewan langka menjadi semakin punah dengan adanya
transaksi spesies hewan langka. Pemerintah harus segera mengambil tindakan
untuk menyelamatkan hewan-hewan langka tersebut.
c. Saya setuju bahwa
pemerintah harus melarang transaksi spesies hewan langka. Populasi hewan langka
semakin berkurang sehingga harus segera dilindungi. Upaya, pelestarian hewan
langka harus dilakukan secepatnya. Pelestarian ini menyangkut kelestarian
binatang langka agar tidak punah karena ulah tangan orang tidak bertanggung
jawab.
d. Binatang langka
adalah binatang yang memiliki populasi sedikit di habitatnya. Keadaan yang
menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan
manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi
hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi
spesies hewan langka.
4. Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies hewan langka, dalam
praktiknya populasi hewan yang dilindungi makin berkurang.
Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara
pribadi hewan-hewan langka tersebut. Oleh karena itu, diperlukan tersebut.
Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam usaha
pelestarian hewan langka antara lain sebagai berikut. Pertama, memberikan pendidikan
kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian hewan langka. Kedua, membuat
tempat penangkaran bagi hewan langka agar dapat berkembang biak, lalu
melepaskannya ke alam.
Bentuk tanggapan kritis dari bacaan tersebut terdapat pada
paragraf ....
A. Saya setuju bahwa
pemerintah harus melarang transaksi spesies hewan langka. Populasi hewan langka
semakin berkurang sehingga harus segera dilindungi. Upaya pelestarian hewan
langka harus dilakukan secepatnya. Pelestarian ini menyangkut kelestarian binatang
langkah agar tidak punah karena ulah tangan orang tidak bertanggung jawab.
B. Binatang langka
harus dilestarikan agar generasi mendatang dapat melihat keanekaragaman hewan
tersebut. Jangan biarkan hewan-hewan langka menjadi semakin punah dengan adanya
transaksi spesies hewan langka. Pemerintah harus segera mengambil tindakan
untuk menyelamatkan hewan-hewan langka tersebut.
C. Keadaan yang
menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan
manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi
hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi
spesies hewan langka.
D. Binatang langka
adalah binatang yang memiliki populasi sedikit di habitatnya. Keadaan yang
menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan
manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi
hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi spesies
hewan langka.
5. Bacalah ilustrasi berikut!
Gaya hidup saat ini kebanyakan mengedepankan kecepatan dan serba
instan. Gaya hidup ini memang tidak akan berdampak buruk dalam waktu dekat.
Dalam jangka panjang gaya hidup ini akan berdampak buruk.
Keterbatasan informasi menyebabkan banyak orang enggan
beralih ke gaya hidup organik. Selama ini masyarakat mengetahui bahwa makanan
organik dijual dengan harga lebih mahal. Oleh sebab itu, belum banyak warga
masyarakat menerapkan gaya hidup organik dalam kehidupan sehari-hari.
Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut
adalah ....
A. Saya setuju
masyarakat mulai bergaya hidup sehat dengan makanan organik memang lebih mahal,
tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan
B. Saya setuju
masyarakat saat ini lebih menyukai gaya hidup serba instan. Selain lebih cepat
saji, makanan instan juga lebih murah.
C. Saya setuju dengan
makanan instan karena mudah di dapat. Masyarakat pun lebih menyukai makanan
instan
D. Saya setuju karena
makanan instan lebih praktis dan cepat. Makanan instan tidak berdampak buruk
bagi kesehatan dalam waktu dekat
6. Bacalah teks berikut!
Selain akibat sebagian besar rumahnya yang masih terbuat
dari bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kayu dan tripleks, ancaman
kebakaran di kawasan-kawasan kumuh juga terjadi akibat kurang mengertinya warga
akan bahaya api. Sementara itu di pasar-pasar tradisional, sumber bahaya
berasal dari bangunan yang umumnya sudah tua dan kurang terpelihara. Di samping
itu, pengawasan dari pihak pemerintah dan pemeliharaan instalasi listrik masih
sangat kurang.
Tanggapan yang logis terhadap masalah yang terdapat dalam kutipan
berita di atas adalah ....
A. Saya sangat setuju
kalau orang atau warga di kawasan kumuh itu pindah ke rumah susun
B. Rumah yang terbuat
dari kayu dan tripleks sudah sepantasnya digusur saja daripada membahayakan
C. Semua warga yang
rumahnya dari kayu dan tripleks supaya mengganti bahan dari semen
D. Warga yang
bertempat tinggal di daerah kumuh supaya diusir keluar kota dan tidak boleh
kembali
7. Bacalah teks berikut!
Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting
Saradan Madiun Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan
as kereta, sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam
peristiwa tersebut.
Mungkin karena kereta api hanya diisi sekitar 60 penumpang.
Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VII
Madiun Wahyu Kartono menuturkan penyebab kecelakaan. Ada beberapa kemungkinan
yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, antara lain faktor sarana prasarana:
rel, kereta api, dan faktor teknis lainnya.
Kritikan terhadap isi bacaan tersebut yang tepat adalah ....
A. PT Kereta Api perlu
meningkatkan pemeliharaan sarana dan prasarana
B. Masyarakat
hendaknya berhati-hati apabila menggunakan jasa kereta api
C. Kita harus
membantu masyarakat yang terkena musibah akibat kelalaian petugas kereta api
D. PT Kereta Api harus
memberikan santunan kepada penumpang yang terkena musibah
8. Bacalah ilustrasi berikut!
Peristiwa meletusnya Gunung Merapi hari Kamis tanggal 7
November 2010, membuat Ahmad depresi. Kedua orang tua dan empat saudaranya
meninggal pada waktu yang bersamaan. Harapannya untuk meraih cita-cita
seakan-akan hancur.
Penulisan buku harian yang sesuai ilustrasi tersebut adalah
....
A. Kamis, 7 November
2010 orang tuaku meninggal dunia. Begitu pula saudara-saudaraku ditimpa batuan
merapi
B. Kamis, 7 November
2010 hatiku luluh lantah, sedih, dan perih karena letusan merapi telah
menghapus harapanku untuk dapat meraih cita-cita
C. Kamis, 7 November
2010 aku sedih dan menangis terseduhseduh. Orang tuaku serta saudaraku menjadi
korban keganasan Merapi
D. Kamis, 7 November 2010 aku begitu sedih melihat mayat orang tuaku dan saudara-saudaraku terbujur kaku akibat amukan Merapi. Aku terpukul, bingung, diam membisu. Harapanku meraih cita-cita pupus sudah.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
No comments:
Post a Comment