Monday, December 7, 2020

Pemetaan SKL UN SMP Matematika Aljabar

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



Berikut Link-link Soal-Soal Pemetaan SKL UN SMP,

 

 

 


ALJABAR

--------------------------------------------------------------

Bentuk Aljabar

--------------------------------------------------------------

*           Perkalian

Perkalian suatu bilangan konstanta k dengan bentuk aljabar suku satu dan suku dua dinyatakan sebagai berikut.

 

k(ax) = kax

k(ax + b) = kax + kb

 

Perkalian antara dua bentuk aljabar dinyatakan sebagai berikut.

(ax  +  b) (cx  +  d)

= (ax cx) + (ax d) + (b cx) +   (b d)

= acx2 + (ad + bc)x + bd

 

Jadi

(  ax  +  b  ) ( cx  +  d )

= acx2 + (ad + bc)x + bd

 

*           Perpangkatan

Pada perpangkatan bentuk aljabar suku dua, koefisien suku-sukunya ditentukan dengan segitiga Pascal.

(a + b)1 = a + b

(a + b)2 = a2 + 2ab + b2

(a + b)3 = a3 + 3a2b + 3ab2 + b3

dan seterusnya.

 

*           Substitusi pada Bentuk Aljabar

Nilai suatu bentuk aljabar dapat ditentukan dengan cara menyubstitusikan sebarang bilangan pada variabel-variabel bentuk aljabar tersebut.

 

Contoh:

Jika x = –4 dan y = 3, tentukan nilai

dari 2x2xy + 3y2.

 

Penyelesaian:

Substitusi x = –4 dan y = 3, sehingga diperoleh

2x2xy + 3y2 = 2(–4)2 – (–4) (3) + 3(3)2

= 2(16) – (–12) + 3(9)

= 32 + 12 + 27

= 71

 

PECAHAN BENTUK ALJABAR

 

*           Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar

Suatu pecahan bentuk aljabar dikatakan paling sederhana jika pembilang dan penyebutnya tidak mempunyai faktor persekutuan kecuali 1 dan penyebutnya tidak sama dengan nol.

 

Contoh:

Sederhanakan pecahan,

jika x, y 0.

 

Penyelesaian:

FPB dari 4x2yz3 dan 2xy2 adalah 2xy, sehingga

 

 

 

*           Operasi Hitung Pecahan Aljabar

Hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan aljabar diperoleh dengan cara menyamakan penyebutnya, kemudian menjumlahkan atau mengurangkan pembilangnya.

 

  atau 

 

Contoh:

Sederhanakan  pengurangan pecahan aljabar berikut.

 

 

 

 

Penyelesaian:

 

 

 

*           Perkalian dan Pembagian Pecahan Aljabar

Perkalian antara dua pecahan dapat dilakukan dengan mengalikan antara pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut.

 

 

Contoh:

Penyelesaian:

 

Pembagian antara dua pecahan aljabar dilakukan dengan mengubah bentuk pembagian menjadi bentuk perkalian dengan cara mengalikan dengan kebalikan pecahan pembagi.

 

Contoh:

Hasil dari  adalah ….

 

 

 

 

 

Penyelesaian:

 

 

Latihan Soal

--------------------------------------------------------------------

 

1.        Jika x dan y memenuhi system persamaan

           3x – y = 16 dan x + y = 12,

           maka x + 2y adalah.....

           A. 14

           B. 17

           C. 19

           D. 22

 

2.        Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah…..

           A. Rp 275.000,00

           B. Rp 285.000,00

           C. Rp 305.000,00

           D. Rp 320.000,00

 

3.        Harga 3 kg apel dan 5 kg jeruk adalah Rp 85.000,00. Harga 5 kg apel dan 7 kg jeruk adalah Rp 123.000,00. Harga 1 kg apel dan 1 kg jeruk adalah....

           A. Rp 33.000,00

           B. Rp 24.000,00

           C. Rp 19.000,00

           D. Rp 18.000,00

 

4.        Hasil dari bentuk aljabar adalah … .

           a. – 2p3q4

           b. – 2p4q4

           c. 2p3q4

           d. 2p4q4

 

 

 

 

 

5.        Diketahui persamaan 2x + 7 = 5x – 5 .

           Nilai x – 1 adalah….

           a. 4       

           b. 3

           c. 2

           d. 1

 

6.        Hasil pengurangan   x – 3y – 2z  dari  

           3x – 2y + z  adalah … .

           a.

           b.

           c.

           d.

 

7.        Nilai x yang memenuhi persamaan 

            ( x – 10 ) =  x – 5 adalah .

           a. – 6    

           b. – 4    

           c. 4

           d. 6

 

8.        Suku-suku yang sejenis dari bentuk aljabar

           6x2 + 6xy – 4y2 – 7x2 + 2xy + 2y2 adalah ....

           a.. 6x2 dan 6xy       c. –4y2 dan 2xy

           b. 6xy dan 2xy        d. 6x2 dan –4y2

 

9.        Bentuk sederhana dari

           9y2 – 4xy + 5y + 7y2 + 3xy adalah ...

           a. 16y2 + xy + 5y     c. 16y2 – 7xy + 5y

           b. 5y2 + 4xy + 8y     d. 9y2 – 7xy + 5y

 

10.      Bentuk sederhana dari –2(2x2 + 3x – 4) adalah           ...

           a. –2x2 + 6x – 8      c. –4x2 + 6x – 8

           b. – 4x2 – 6x + 8     d. – 4x2 – 6x – 8

 

11.      Jumlah 6x − 5y − 2z dan −8x + 6y + 9z adalah ...

           a. 2x – y – 8z           c. –2x + y + 7z

           b. 2x – 11y – 11z    d. –2x + y + 7z

 

12.      Kurangkan 5x – 3y +7 dari 5y – 3x – 4, maka               hasilnya adalah ...

           a. –6y + 11              c. –8x + 8y – 11

           b. 8x + 8y – 11        d. 8x – 8y + 11

 

 

13.      Bentuk sederhana dari perkalian suku

           (2x – 3)(x + 5) adalah ...

           a. 2x2 – 13x – 15    c. 2x2 + 13x + 15

           b. 2x2 – 7x + 15      d. 2x2 + 7x – 15

 

14.      Hasil pemangkatan dari (2x + y)3 adalah ...

           a. 2x3 + 12x2y + 6xy2 + y3

           b. 6x3 + 12x2y + 6xy2 + y3

           c. 8x3 + 6x2y + 6xy2 + y3

           d. 8x3 + 12x2y + 6xy2 + y3

 

15.      Bentuk sederhana dari (3y3 × 4y4) : 6y5 adalah            ...

           a. 2y7                        c. y2

           b. 2y2                        d. 2y12

 

16.      Hasil bagi 4x2 + 16x + 15 oleh (2x + 5) adalah ...

           a. 2x + 3                   c. 2x + 7

           b. 2x + 5                   d. 2x + 15

 

17.      Bentuk sederhana dari  adalah ...

           a.                              c.

           b.                               d.

 

18.      Bentuk sederhana dari  adalah ...

           a.                   c.

           b.                      d.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19.      Bentuk sederhana dari

           adalah ...

 

           a.                                                              

           b.                                    

           c.                 

           d.

 

20.      Bentuk sederhana dari  adalah ...

 

           a.                                   c.

           b.                                   d.

 

21.      Bentuk sederhana dari bentuk aljabar

           a.                               c.

           b.                               d.

 

22.      Bentuk sederhana dari bentuk aljabar  adalah ...

           a.                                        c.

           b.                                     d.

 

23.      Jumlah dua buah bilangan yang berbeda adalah 6 dan hasil kali kedua bilangan tersebut         adalah 4. Kuadrat jumlah kedua bilangan itu adalah

           a. 24                         c. 26

           b. 25                         d. 28

24.      Bu Marhawi membeli 14 kg tepung, 17 kg wortel, dan 4 kg tomat. Karena terlalu lama disimpan, 4 kg tepung, 3 kg wortel, dan 3 kg tomat ternyata rusak/busuk. Jika harga tepung,     wortel, dan tomat secara berurutan adalah x rupiah, y rupiah, dan z rupiah, maka harga barang Bu Marhami yang tersisa tersebut dalam bentuk aljabar adalah .....

           a. 10x + 14y + z                     c. 10x + 20y + z

           b. 10x + 14y + 7z                   d. 18x + 20y + 7z

 

25.      Arman mempunyai 5 robot dan 8 mobil-mobilan. Jika Arman diberi 2 robot oleh ibu, sedangkan 3 mobil-mobilannya ia berikan kepada Arif. Bentuk aljabar dari robot dan mobil-mobilan yang dimiliki Arman sekarang adalah ....

           a. 5x + 8y                 c. 7x + 2y

           b. 5x + 2y                 d. 7x + 8y

 

26.      Pak Tohir memiliki sebidang tanah berbentuk persegi dengan sisisisinya (10 – x) m. Di tanah tersebut ia akan membuat kolam ikan berbentuk persegi dengan sisi-sisinya (8 – x) m.              Jika ia menyisakan tanah itu seluas 28 m2, maka luas tanah Pak Tohir sebenarnya adalah ....

           a. 36 m2                                  c. 64 m2

           b. 49 m2                                  d. 81 m2

 

 

 

Essay

--------------------------------------------------------------------

 

1.        Tuliskan bentuk aljabar yang hilang di setiap lingkaran kosong berikut

 

 

 

 

 

 

2.        Tentukan bentuk paling sederhana dari bentuk aljabar berikut.

           a.

 

           b.

 

           c.

 

4.        Nyatakan keliling dan luas bangun berikut dalam bentuk aljabar!

 

 

5.        Jika diketahui x + y = 12. Nyatakan keliling

           dan luas daerah berikut dalam bentuk aljabar.

          

 

6.        Misalkan m dan n adalah bilangan bulat positif yang memenuhi  Nilai m2 + n2  adalah …

 

7.        Dua bilangan jumlahnya 30. Hasil kalinya 200.           Akan dicari selisihnya tanpa menghitung bilangan tersebut.

           a.    Nyatakan yang diketahui dalam bentuk                aljabar.

           b.    Nyatakan yang ditanya dalam bentuk                   aljabar.

           c.    Nyatakan hubungan bentuk aljabar yang             ditanya dengan bentuk aljabar yang                  diketahui.

--------------------------------------------------------------

Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier

Satu Variabel

--------------------------------------------------------------

Contoh:

1.        Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan 3x + 13 = 5 – x, untuk x variabel pada himpunan bilangan bulat.

 

Penyelesaian:

3x + 13 = 5 – x

3x + 13 – 13 = 5 – x – 13  

(kedua ruas dikurangi 13)

3x = –8 – x

3x + x = –8 – x + x         4                                                                            (kedua ruas ditambah x)

4x = –8

 × 4x =     

(kedua ruas dikalikan )

x = –2

 

Jadi, himpunan penyelesaian dari

persamaan 3x + 13 = 5 – x adalah x = {–2}.

 

2.        Tentukan penyelesaian dari persamaan , jika x variabel pada himpunan bilangan rasional.

 

Penyelesaian:

 

Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan 4x – 2 > 3x + 5 dengan x variabel pada himpunan bilangan cacah.

 

Penyelesaian

4x – 2 > 3x + 5

4x – 2 + 2 > 3x + 5 + 2 (kedua ruas ditambah 2)

4x > 3x + 7

4x + (–3x) > 3x + (–3x) + 7

(kedua ruas ditambah –3x)

x > 7

 

Karena x variabel pada himpunan bilangan cacah maka himpunan penyelesaiannya adalah

{8, 9, 10, ...}.

 

 

Latihan Soal

--------------------------------------------------------------------

1.        Penyelesaian dari pertidaksamaan

           (2x – 6) = (x – 4) adalah . . . .

           A. x ≥ -17

           B. x ≥ -1

           C. x ≥ 1

           D. x ≥ 12

 

2.        Suatu bilangan asli jika dikalikan dengan 2 kemudian ditambah 4, hasilnya kurang dari 10. Bilangan tersebut adalah . . . .

           A. 1 dan 2

           B. 1, 2 dan 3

           C. 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

           D. 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan7

 

3.        Panjang sisi-sisi sebuah segitiga diketahui x cm, (2x + 2) cm, (2x + 3) cm. Jika kelilingnya 30 cm, panjang sisi terpanjang adalah … .

           a. 5 cm

           b. 10 cm

           c. 13 cm

           d. 17 cm

 

4.        Penyelesaian persamaan     adalah ...

            a. 15                        c. 25

            b. 20                        d. 30

 

 

5.      Nilai x yang memenuhi persamaan

             adalah ...

            a. −2                        c. 1

            b. −1                        d. 2

 

6.        Dua kali jumlah suatu bilangan t dan 4 sama              dengan empat kali bilangan t dikurangi 12.             Bilangan t yang dimaksud adalah ....

            a. 6                           c. 10

            b. 8                           d. 12

 

7.        Segitiga di samping memiliki besar sudut C

            berukuran sama dengan besar sudut B, dan               besar sudut A berukuran 42O lebih kecil dari             sudut B. Besar sudut B adalah ...

           

            a. 69 O                                     c. 74o

            b. 72o                                      d. 78o

 

8.        Keliling suatu kebun sayuran yang berbentuk             persegipanjang adalah 140 meter. Jika lebar             kebun adalah 30 meter, maka panjang kebun            adalah ...

            a. 20                                       c. 60

            b. 40                                       d. 80

 

9.        Diketahui persamaan 5(1− 2x) = 45 dengan x             adalah anggota himpunan bilanga bulat. Jika       selisih x dan y adalah 10, maka nilai y adalah ...

            a. 14                                       c. −4

            b. 4                                          d. −14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.      Dua sudut saling berkomplemen jika jumlah

keduanya 90 o. Dari gambar berikut ini, ukuran sudut yang paling besar adalah ...

           

            a. 31                        c. 63

            b. 59                        d. 73

 

11.      Rata-rata suhu udara di Shanghai, Tiongkok              pada bulan Juli adalah 77O Fahrenehit. Suhu             yang sama pada derajat Celcius adalah ...   (Petunjuk: )

            a. 20                        c. 30

            b. 25                        d. 35

 

12.      Bentuk pertidaksamaan berikut yang            menyatakan bahwa trapesium di samping             memiliki luas terbesar 100 satuan persegi.

           

            a. 5z + 30 100

            b. 5z + 30 < 100

            c. 10z + 30 100

            d. 10z + 30 < 100

 

13.      Diantara nilai berikut yang merupakan salah              satu selesaian dari pertidaksamaan

            3 − 2y < 7 adalah ...

            a. −6                        c. −2

            b. −3                        d. −1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14.      Muhalim memiliki tiga batang besi untuk     praktikum IPA. Setiap batang besi memiliki berat yang sama. Untuk mengetahui berat                setiap batang besi dia menimbangnya dengan 8 gram beban, dan berikut yang terjadi.

        

Ketika dia menimbang tiga batang besi dengan 20 gram beban, berikut yang terjadi.

        

            Diantara ukuran berikut yang mungkin         merupakan berat satu batang besi adalah ...

            a. 5 g                                      c. 7 g

            b. 6 g                                      d. 8 g

 

15.      Sebuah segitiga mempunyai alas (2x –1) cm               dan tinggi 6 cm. Jika luas segitiga tersebut tidak lebih dari 33 cm2, maka nilai x adalah ...

            a. x 4                                   c. x 6

            b. 0 < x 5                             d. 0 < x 6

 

16.      Himpunan selesaian dari pertidaksamaan

            2x − 1 11 adalah ...

            a. x 5                                   c. x < 5

            b. x 6                                   d. x < 6

 

17.      Andri adalah seorang sales mobil yang digaji             tiap bulan tergantung pada mobil yang dia jual    setiap bulannya. Untuk meningkat menjadi supervisor, rata-rata gaji tiap bulan harus tidak kurang dari Rp21.000.000 selama 6 bulan. Gajinya selama 5 bulan pertama adalah Rp 18.000.000, Rp23.000.000, Rp15.000.000, Rp22.000.000, dan Rp28.000.000. Gaji minimal yang harus dia dapatkan pada bulan keenam supaya dia bisa menjadi supervisor adalah ...

            a. Rp18.000.000    c. Rp21.000.000

            b. Rp20.000.000    d. Rp24.000.000

 

18.      Di acara ulang tahun sekolah, kelas kalian   membuka stan jus buah dan menjual jus buah       seharga Rp5.000,00 per gelas. Keuntungan          yang kalian dapatkan sama dengan       pendapatan dari penjualan jus buah dikurangi biaya pembuatan stan. Biaya pembuatan stan       adalah Rp80.000,00.

            Jumlah minimal jus yang harus kalian jual    supaya keuntungan yang kalian dapatkan               Rp             300.000,00 adalah ... gelas.

            a. 4                                          c. 60

            b. 44                                       d. 76

 

 

 

Soal Uraian

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

 

1.        Pak Ali berumur 28 tahun, ketika anaknya lahir. Berapakah umur Pak Ali ketika umur anak tersebut 16 tahun?

 

2.        Diketahui harga sepasang sepatu sama dengan         dua kali harga sepasang sandal. Pak Syakir membeli 4 pasang sepatu dan 3 pasang sandal.

            Pak Syakir harus membayar Rp 385.000,00.               Tentukan harga sepasang sepatu!

 

3.        Suatu setigita sama kaki memiliki panjang kaki          sama dengan 5 kali panjang sisi lainnya. Agar       keliling segitiga tersebut lebih dari 55 m,              berapakah panjang minimum masing-masing       sisi segitiga tersebut?

 

4.        Pak Ketut berencana akan membangun rumah di atas sebidang tanah berbentuk       persegipanjang dengan ukuran panjang 30 m      dan lebar (2y + 1) m. Jika luas tanah pak Ketut         tidak lebih dari 150 m2, tentukan:

            a.   Lebar tanah pak Ketut yang paling besar.

            b.   Biaya maksimal untuk membangun 1 m2 dibutuhkan biaya Rp 4.500.000,00. Berapa biaya maksimal yang harus disediakan pak Ketut?

 

 

 

 

 

5.        Pak Todung memiliki sebuah mobil box        pengangkut barang dengan daya angkut maksimal 1 ton. Berat Pak Todung adalah 50 kg              dan dia akan mengangkut kotak barang yang setiap kotak beratnya 25 kg.

            a.   Berapa kotak paling banyak dapat diangkut Pak Todung dalam sekali pengangkutan?

            b.   Jika Pak Todung akan mengangkut 1.994 kotak, paling sedikit berapa kali                pengangkutan kotak itu akan terangkut semua?

            c.   Jika setiap kotak beratnya 50 kg, berapa                             paling sedikit pengangkutan yang akan         dilakukan Pak Todung?

 

6.        Jumlah tiga bilangan genap berurutan adalah            126.

            a.   Apabila bilangan genap pertama adalah 2n, nyatakan bilangan genap kedua dan ketiga dalam n.

            b.   Tentukan ketiga bilangan itu.

 

7.        Nilai x pada gambar berikut adalah ...

 

        

 

 

 

8.        Diberikan batasan nilai x dan y, yaitu 3 ≤ x ≤ 25         dan −9 ≤ y ≤ −1.

            Carilah nilai terbesar.

 

9.        Panjang diagonal belah ketupat adalah

            (3x − 2)     cm dan (x + 14) cm. Jika diagonal yang pertama lebih panjang dari diagonal kedua.

            Tentukan pertidaksamaan dan selesaiannya.

 

 

 

 

 

 

10.      Sepotong kawat yang panjangnya 196 m     dibentuk menjadi suatu kerangka balok.   Panjang, lebar, dan tinggi balok itu masing-  masing (5x + 3) cm, (4x – 2) cm dan (x – 2) cm :

            a.   Nyatakan panjang kawat tersebut dalam                             suatu pertidaksamaan.

            b.   Berapa nilai x maksimum?

           c.   Berapa panjang, lebar, dan tinggi balok itu untuk nilai x tersebut?

 

--------------------------------------------------------------

Himpunan

--------------------------------------------------------------

 

Operasi pada himpunan

1.    Komplemen

    

     Ac = A komplemen

     (Ac)c = A         ((Ac)c)c = Ac

 

2.    Irisan

    

       Contoh :

       A = {1,2,3,4,5}

       B = {2,3,5,7,9}

       A Ç B = {2,3,5}

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.    Gabungan

      Contoh :

      A = {2,4,6}

      B = {4,6,8}

      A È B = {2,4,6,8}

 

Himpunan bagian

 

Himpunan A disebut himpunan bagian dari B apabila semua anggota A merupakan anggota B.

Contoh :

A Ì B = A anggota himpunan bagian dari B

 

 

Contoh :

Jika A = {1,2}

Maka himpunan bagiannya : { }, {1}, {2}, {1,2}

Banyaknya himpunan bagian dari A :

 

2n(A) = 22 = 4

 

n(A) = Banyaknya anggota himpunan A

 

Sifat-sifat pada himpunan

1.      A Ç B = B Ç A

2.      A È B = B È A

3.      (Ac)c = A

4.      A Ç ( B Ç C ) = ( A Ç B ) Ç C

5.      A È ( B È C ) = ( A È B) È C

6.      A Ç ( B È C) = ( A Ç B ) È ( A Ç C )

7.      A È ( B Ç C ) = ( A È B ) Ç ( A È C )

8.      ( A Ç B )c = Ac È Bc

9.      ( A È B )c = Ac Ç Bc

10.   n( A È B ) = n(A) + n(B) – n( A Ç B )

 

II. Pembagian Jenis bilangan

 

Bilangan rasional =bilangan yang bisa dinyatakan dengan  a, b Î bulat, b K0

Contoh : 2, 5, , dsb

 

Bilangan irasional

Contoh : log 2, p, dsb

 

Bilangan asli = bilangan bulat positif

                              A = {1,2,3,4,5,…}

 

Bilangan cacah  = bilangan bulat tidak negatif

                              C = {0,1,2,3,4,5,…}

 

Latihan Soal

1.        Diketahui :

           P = {kelipatan tiga kurang dari 35}                 

           R = {factor prima dari 27}

           Q = {kelipatan dua kurang dari 33}                

           S = {factor prima dari 8}

           Dari pernyataan-pernyataan  berikut :

           1.   P Q                                             

           2.   R P

           3.   S  Q

           4.   Q  S

           Yang benar adalah ….

           a. 1 dan 2                                                                            c. 2 dan 4

    c. 2 dan 3                                                                            d. 2, 3, dan 4

 

2.        Diketahui ;

           P = {1, 3, 5, 7},

           Q = {2, 3, 4, 5},

           R = {1, 2, 3, 5}.

           (PQ)R = ….

           a. {2, 3, 5}                                                                           c. {1, 2, 3, 5}

    c. {1, 2, 5}                                                                           d. {1, 3, 5, 7}

 

 

 

3.        Dari diagram Venn di bawah ini, (PQ)R adalah ….

          

           a.   { 2 }

           b.   {4, 5}

           c.   {1, 2, 6, 7}

           d.   {1, 2, 3, 6, 7}

 

4.        Diketahui :

    K = {g, i, t, a, r}                     

    M = {s, e, l, o}

    L = {p, i, a, n, o}                   

    N = {t, r, o, m, p, e}

Diantara himpunan di atas, yang saling lepas adalah ….

    a. K dan L                                                                            c. M dan N

    c. L dan M                                                                           d. K dan M

 

5.        Jika n(P) = 18 dan n(Q) = 23 dan PQ, maka n(PQ) = ….

    a. 18                                                                                     c. 28

    c. 23                                                                                     d. 41

 

6.        S adalah himpunan semesta.

           Jika n(S) = 39, n(E) = 31, n(F) = 22 dan

           n(EF) = 18, maka n(EF) = ….

    a. 53                                                                                     b. 35

           c. 37                                                                                     d. 17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.        Dari diagram Venn di bawah, jika n(S) = 34, maka x = ….

          

           a.   4

           b.   6

           c.   9

           d.   10

 

8.        Dari 40 siswa kelas IX, 23 siswa gemar pelajaran Matematika, 18 siswa gemar pelajaran Bahasa Inggris dan 4 siswa tidak menggemari pelajaran Matematika maupun Bahasa Inggris. Banyak siswa yang gemar Matematika dan Bahasa Inggris adalah ….

    a. 5 orang                                                                           b. 7 orang

           c. 6 orang                                                            

           d. 9 orang

 

9.        Perhatikan diagram venn berikut

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan diagram venn tersebut, himpunan berikut yang benar adalah … .

a. S = {1, 9, 10}

b. Q = {4, 5, 6, 7, 8}

c. P = {2, 3, 5, 7, 11}

d. P = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 11}

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.      Perhatikan gambar di samping!

Notasi untuk daerah yang diarsir pada diagram venn adalah … .

a. Al

b. BAl

c. (AB)l

d. ABl

 

11.      Diberikan diagram Venn yang menyatakan himpunan A dan B, maka A – B adalah

           

            a. {a, b}

            b. {b, c}

            c. {e, f}

           d. {g, h}

 

12.      Jika

            P = {bilangan prima kurang dari 12} dan

            Q = {bilangan asli kurang dari 12},

            pernyataan berikut yang benar adalah . . .

            a. 9  P dan P Q

            b. 5  P dan P  Q

            c. 9  P dan P  Q

            d. 5  P dan P  Q

 

13.      Dari himpunan berikut yang merupakan       himpunan kosong adalah. . .

            a.   Himpunan bilangan prima genap

            b.   Himpunan nama-nama hari yang diawali                             dengan huruf P

            c.   Himpunan binatang berkaki 4

            d.   Himpunan bulan yang diawali dengan                                   huruf N

 

 

 

 

14.      Himpunan semesta dari himpunan

            A = {0, 4, 8, 12, 16} adalah . . .

            a. Himpunan bilangan asli

            b. Himpunan bilangan ganjil

            c. Himpunan bilangan cacah

           d. Himpunan bilangan prima

 

15.      Himpunan

            P = { x | 2 ≤ x ≤ 8, x Bilangan Asli},             jika dinyatakan dengan mendaftar anggota-            anggotanya adalah . . .

            a. {3, 4, 5, 6, 7}

            b. {3, 4, 5, 6, 7, 8}

            c. {2, 3, 4, 5, 6, 7}

            d. {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}

 

16.      Diketahui

A = { x | 5 ≤ x ≤ 8, x  bilangan Asli}. Banyaknya himpunan bagian dari A yang terdiri dari 3 anggota adalah . . .

            a. 1

            b. 2

            c. 3

            d. 4

 

17.      Diketahui

            A = { x | 0 ≤ x ≤ 3, x  Bilangan Cacah}        dan B = {1, 2, 3, 4, 5}.

            Irisan A dan B adalah

            a. {1, 2}

            b. {0, 1, 2}

            c. {1, 2, 3}

            d. {0, 1, 2, 3, 4}

 

18.      Diberikan

            S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10},

            A = {1, 2, 3, 4, 5}, dan

            B = {4, 5, 6, 7, 8}.

            Anggota dari AC  B adalah

            a. {6, 7, 8, 9}

            b. {4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}

            c. {1, 2, 3, 4, 5}

            d. {1, 2, 3, 4, 5, 6}

 

19.      Banyaknya himpunan bagian dari

Y ={bilangan prima lebih dari 6 dan kurang dari 20} adalah ...

            a. 8

            b. 16

            c. 32

           d. 64

20.      Diketahui S={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}, A={1, 2, 3},            dan B = {3, 4, 5, 6}.

            Anggota dari (A B) B adalah

            a. { }

            b. {3}

            c. {1, 2}

            d. {1, 2, 3}

 

21.      Diketahui himpunan

            A = {1, 2, 3, 4},

            B = {bilangan prima kurang dari 6}, dan

            C = { x | 2 ≤ x ≤ 7 x  bilangan Asli}.

            Anggota dari (A  B) C adalah

            a. {1, 2, 3, 4, 5}

            b. {2, 3, 4, 5}

            c. {1, 2, 3, 4}

            d. {3, 4, 5}

 

22.      Dalam suatu kelas terdapat 30 orang siswa.              Diantaranya, ada 20 siswa senang pelajaran       Matematika, 15 orang siswa senang pelajaran Fisika, dan 10 orang siswa senang keduanya. Banyaknya siswa yang tidak senang keduanya adalah

            a. 3

            b. 4

            c. 5

            d. 6

 

23.      Suatu kelas yang berjumlah 25 siswa, terdapat         20 orang siswa yang senang sepak bola, 15       orang siswa senang bulutangkis, dan 3 orang siswa tidak senang keduanya. Banyaknya siswa       yang senang keduanya adalah

            a. 3

            b. 5

            c. 8

           d. 10

 

24.      Dalam suatu kelas terdapat 20 orang siswa                senang minum susu, 15 orang siswa senang minum teh, 5 siswa senang minum keduanya, dan 3 orang siswa tidak senang keduanya. Banyaknya siswa dalam kelas tersebut adalah

            a. 30

            b. 31

            c. 32

            d. 33

 

25.      Dalam remaja Karang Taruna di setelah       dilakukan survey terhadap kegemaran olah       raganya diperoleh data sebagai berikut, 20          siswa gemar bola voli, 25 siswa gemar sepak       bola, 23 siswa gemar bulu tangkis, 8 siswa           gemar bola voli dan sepak bola, 10 siswa       gemar bola voli dan bulu tangkis, 12 siswa           gemar sepak bola dan bulu tangkis, 4 siswa       gemar ketiganya, serta 2 anak tidak gemar          ketiganya. Banyaknya remaja di Karang Taruna tersebut adalah

            a. 40

            b. 42

            c. 44

            d. 46

 

26.      Sebuah lembaga penelitian, meneliti makanan          ringan yang dikonsumsi anak-anak. Dari hasil       penelitian, tercatat 18 merek mengandung zat   pewarna sintetik, 24 merek mengandung penyedap rasa buatan, dan 10 merek mengandung kedua zat tersebut. Jika ada 9 merek tidak mengandung zat pewarna sintetik maupun penyedap rasa buatan, banyaknya            merek makanan ringan yang diteliti oleh   lembaga penelitian tersebut adalah

            a. 40

            b. 41

            c. 42

           d. 43

 

Soal Uraian

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

1.        Diketahui

            S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8},

            A = {1, 2, 3, 5}, dan

            B = {4, 5, 6}

Dengan cara mendaftar anggotanya, tentukan:

            a. (A B)C

            b. (A B)C

 

2.        Diketahui

            S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8},

            A = {x │ 2 < x < 7, x bilanganasli}, dan

            B = {4, 5, 6}

            Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut

 

 

3.        Diketahui

            A = {x x > 5, x bilangan asli},

            B = {x │ 3 < x < 8, x bilangan asli}, dan

            C = {x │ 5 < x < 10, x bilangan asli}.

Dengan cara mendaftar anggotanya, tentukan:

            a. (A B)  (B C)

            b. (A  C) (A  B)

 

4.        Jika

            E ={x | (x – 1)2 = 0}, F = {x | x2 = 1}, dan

            G = {x | x2 – 3x + 2 = 0}.

            Tentukan hasil dari (E F C)  G.

 

5.        Diketahui

            A = {x x > 5, x bilangan asli},

            B = {x │ 3 < x < 8, x bilangan asli}, dan

            C = {x │ 5 < x < 10, x bilangan asli}.

            Gambarlah diagram Venn-nya

 

6.        Di antara sekelompok siswa yang terdiri atas            30 orang ternyata 18 orang suka menyanyi, 20 orang suka menari dan 10 orang suka    melakukan keduanya.

            a.   Gambarlah diagram Venn untuk                                             menggambarkan keadaan di atas

            b.   Berapa banyak siswa yang tidak suka                                   menari dan tidak suka menyanyi?

            c.   Berapa banyak siswa yang hanya suka                                 menyanyi?

            d.   Berapa banyak siswa yang hanya suka                                 menari?

 

7.        Di antara sekelompok warga yang terdiri atas           45 orang yang sedang berbelanja ke pasar       ternyata 20 orang membeli buah apel, 25            orang membeli buah mangga, dan 5 orang       membeli kedua macam buah tersebut.

            a.   Gambarlah diagram Venn untuk                                             menunjukkan keadaan di atas.

            b.   Berapa banyak warga yang membeli buah                          apel atau buah mangga?

            c.   Berapa banyak warga yang hanya membeli buah apel?

            d.   Berapa banyak warga yang membeli salah                          satu dari kedua macam buah tersebut?

            e.   Berapa banyak warga yang tidak membeli                          kedua macam buah tersebut.

 

 

 

8.        Setelah dilakukan pencatatan terhadap 45 orang warga di suatu kampung, diperoleh hasil       sebagai berikut. 19 orang suka minum teh, 21     orang suka minum kopi, 16 orang suka minum susu, 10 orang suka minum teh dan kopi, 9 orang suka minum teh dan susu, 7 orang suka minum kopi dan susu, 3 orang suka minum ketiga-tiganya.

            a.   Buatlah diagram Venn dari keterangan di                            atas.

            b.   Tentukan banyaknya warga yang tidak suka minum ketiga-tiganya.

 

9.        Suatu kelas terdiri 38 anak, terdapat 15 anak            mengikuti kegiatan ekstra kurikuler kesenian, 18 anak mengikuti kegiatan ekstra olah raga, 16 anak mengikuti ekstra pramuka, 8 anak       mengikuti kegiatan ekstra kesenian dan pramuka, 5 anak mengikuti kegiatan ekstra kesenian dan olah raga, 5 anak mengikuti     ekstra olah raga dan pramuka dan 2 anak mengikuti ketiga kegiatan tersebut. Dengan               memisalkan kesenian = K, olah raga = O dan          pramuka = P, tentukanlah:

            a.   Gambar diagram Vennnya

            b.   Banyak siswa yang ikut kegiatan ekstra.

            c.   Banyaknya siswa yang tidak ikut kegiatan                           ekstratiganya.

 

10.      Dari 40 siswa, 18 siswa menyukai atletik, 15              siswa menyukai senam dan 6 siswa menyukai kedua-duanya.

            a.   Tunjukkan pernyataan di atas dengan                                   diagram Venn

            b.   Tentukan banyaknya siswa yang tidak                                  menyukai atletik maupun senam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

--------------------------------------------------------------

Relasi atau Fungsi

--------------------------------------------------------------

 

Domain, Kodomain, dan Range

 

Misalkan kita memiliki fungsi sebagagai berikut :

 

{a, b, c, d } disebut domain / daerah asal / daerah kawan

{p, q, r, dan s} disebut kodomain / derah lawan

{p, q, s} disebut range atau daerah hasil.

 

 

Fungsi kuadrat

------------------------------------

Bentuk umum

 

F(x) = ax2 + bx + c     a ¹ 0

 

Jika digambar pada diagram cartesius dengan domain x Î R maka grafiknya berbentuk parabola.

Persamaan sumbu simetri : x =

Jika a > 0 ® F(x) memiliki nilai minimum

                      (Parabola membuka ke atas)

Jika a < 0 ® F(x) memiliki nilai maksimum

                      (Parabola membuka ke bawah)

 

Nilai maksimum (minimum)

y =

Koordinat titik puncak :

 

Titik potong dengan sumbu y  ¾®  x = 0 sehingga y = c  ¾®  (0, c)

Titik potong dengan sumbu x ¾® y = 0

Sehiungga ax2 + bx + c = 0

 

 

 

 

Persamaan terakhir ini bisa diselesaikan dengan cara :

1. Memfaktorkan

2. Melengkapkan kuadrat sempurna

3. Rumus  ABC.

 

Latihan Soal

------------------------------------

1.        Suatu fungsi f dinyatakan oleh f(x) = x + 1. Nilai f(12) = ....

           a. 2

           b. 3

           c. 4

           d. 5

 

2.        Fungsi f didefinisikan oleh f(x) = 2x2 x + 1 dengan domain {–1, 0, 1}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah ....

           a. {4, 1, 2}

           b. {–7, –1, 9}

           c. {–7, –1, 1}

           d. {–1, 1, 5}

 

3.        Jika f(x) = 3x – 2 dan f(a) = 7, nilai a yang memenuhi adalah ....

           a. 3

           b. 5

           c. 9

           d. 19

 

4.        Diketahui f : x → –2x + 9. Jika p → 15, nilai p sama dengan ....

           a. – 3

           b. – 2

           c. 2

           d. 3

 

5.        Suatu fungsi f dinyatakan oleh f(x) = ax+b. Diketahui f (1) = 3 dan f (–3) = 11. Nilai a dan b berturut-turut adalah ....

           a. 4 dan –1

           b. 4 dan 7

           c. –2 dan 1

           d. –2 dan 5

 

 

 

 

6.        Jika f(x) = x2 + 4 maka 29 adalah bayangan dari ....

           a. 2

           b. 3

           c. 5

           d. 6

 

7.        Pada fungsi linear f(x) = ax + b dengan f(1) = 0 dan f(0) = –2, rumus fungsi f(x) = ....

           a. x – 4

           b. 2x – 2

           c. x + 3

           d. 2x + 5

 

8.        Diketahui f(x) = 2x – 5 , bayangan dari f(–3) adalah ... .

           a. –11

           b. –1

           c.   1

           d.  11

 

9.        Diketahui f(x) = 3x – 5 , nilai dari f( 2a + 1) adalah ... .

           a. 6a    2

           b. 6a  +  2

           c. 10a – 2

           d. 10a + 2

 

10.      Diketahui f(x) = 2 – 5x , bayangan dari f(–2) adalah ... .

           a. –12

           b. –8

           c.   8

           d. 12

 

11.      Antara himpunan A = {a, b} dan himpunan

            B = {1, 2, 3} dapat dibentuk banyak pemetaan              dengan ....

            A. 3 cara         C. 8 cara

           B. 6 cara          D. 9 cara

 

12.      Bila P = {a, b, c} dan Q = {1, 2, 3}, maka banyaknya       korespondensi satu-satu yang mungkin dari P ke Q    adalah ....

            A. 3 cara         C. 9 cara

            B. 6 cara         D. 27 cara

 

13.      Fungsi f : x  x + 1 dengan daerah asal

            {2, 4, 6, 8} memiliki daerah hasil ....

            A. {2, 4, 6, 8}        C. {1, 3, 5, 7}

            B. {3, 5, 7, 9}        D. {2, 3, 4, 5}

 

14.      Jika diketahui f(x) = 2x + 5 dan f(x) = –3, maka nilai dari x adalah ....

            A. –3                           C. –5

            B. –4                           D. –6

 

15.      Diketahui fungsi f : x  2x – 1. Pernyataan di             bawah ini yang salah adalah ....

     A. 3 4               C. jika f(a) = 5, maka a = 3

            B. f(–5) = –11            D. bayangan 1 adalah 1

 

16.      Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(–2) = –4 dan

            G(–6) = 12, maka bentuk fungsi G adalah ....

            A. G(x) = –4x + 12     C. G(x) = –2x + 6

            B. G(x) = –4x – 12     D. G(x) = –4x – 6

 

17.      Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan fungsi    f dari x ke 2x – 1 adalah

            {x |-2x < x < 3; x  B}.         

            Daerah hasilnya adalah .....

            A. {–3, –1, 1, 3}                      C. {–2, –1, 0, 1, 3}

            B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4}           D. { –1, 0, 1, 2}

 

18.      Jika A = {2, 3, 5, 7} dan B = {4, 6, 8, 9, 10},       banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B dan dari B ke A berturut-turut adalah ....

            A. 225 dan 425         C. 525 dan 256

           B. 525 dan 225          D. 625 dan 256

 

19.      Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika nilai dari fungsi itu untuk x = –3 adalah –15 dan nilai dari fungsi itu untuk x = 3 adalah 9, nilai dari

            f(-2) + f(2) adalah ....

            A. –6                           C. 4

            B. –4                           D. 6

 

20.      Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika pasangan-   pasangan berurutan (p,-3), (-3, q), (r,2), (2,- 2), dan (-2,6) adalah anggota dari fungsi               itu, nilai p, q, dan r adalah ....

 

            A.   p = 5, q = 6, dan r = 2

            B.   p =, q = 8, dan r = 2

            C.   p =, q = 8, dan r = 0

            D.   p = 3, q = 6, dan r = 3

 

21.      Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1, dan

            f(1)= 5. Nilai m dan n berturut-turut adalah…

            A. –2 dan –3              C. –2 dan 3

            B. 2 dan –3                D. 2 dan 3

 

 

 

 

22.      Jika f(2x + 1) = (x – 12)(x + 13),

            maka nilai dari f(31)              adalah ....

            A. 46                           C. 66

            B. 64                           D. 84

 

23.      Misalkan f(x) adalah fungsi yang memenuhi

            (a) untuk setiap bilangan real x dan y,

                   maka f(x + y) = x + f(y) dan

            (b)        f(0) = 2

            Nilai dari f(2.016) adalah ....

            A. 2.015                     C. 2.017

            B. 2.016                      D. 2.018

 

24.     Perhatikan diagram berikut ini.

 

           

 

        Pernyataan yang dapat kamu simpulkan dari diagram panah di atas adalah sebagai berikut.

            (i )      Setiap siswa tepat mempunyai nomor induk      satu. Jadi, setiap anggota A hanya mempunyai tepat satu dengan anggota B.

            (ii)      Dengan demikian pengertian dari korespondesi                satu-satu adalah beberapa dari anggota     himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.

            (iii)     Setiap siswa bisa mempunyai nomor induk        lebih dari satu. Jadi, setiap anggota A bisa mempunyai lebih satu dengan anggota B.

            (iv)     Dengan demikian pengertian dari korespondesi                satu-satu adalah setiap dari anggota himpunan       A maupun dari anggota B hanya mempunyai           satu kawan.

 

        Pernyataan yang benar dari kesimpulan di atas adalah ….

            A. (i) dan (ii)               C. (i) dan (iv)

            B. (ii) dan (iii)                          D. (ii) dan (iv)

 

25.         Jika X = {2, 3, 5, 7, 11} dan Y = { a, b, c, d, e}, banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi adalah ....

            A. 24                           C. 540

            B. 120                                      D. 720

 

 

 

Soal Uraian

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

1.         Sebuah rumah mempunyai bak penampung air.           Melalui sebuah pipa, air dialirkan dari bak             penampungan ke dalam bak mandi. Volume air

dalam bak mandi setelah 5 menit adalah 25 liter dan setelah 12 menit adalah 46 liter. Volume air dalam bak mandi setelah dialiri air selama t menit       dinyatakan sebagai V(t) = V0 + at liter, dengan V0      adalah volume air dalam bak mandi sebelum air              dialirkan dan a adalah debit air yang dialirkan setiap   menit.

            a.        Tentukan volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan.

            b.        Berapa volume air dalam bak mandi setelah 27                menit?

 

2.         Diketahui fungsi f(x) = ax + b. Jika f(2) = -2 dan

            f(3) = 13, tentukan nilai f(4).

 

3.         Diketahui fungsi f dirumuskan dengan

            f(x) = – 3x +    6.

            a.   Tentukan bayangan dari – 3 dan 2.

            b.   Jika f(a) = –9, tentukan nilai a.

 

4.         Jika A = {x | –2 < x < 6, x  B} dan

            B = {x | x   bilangan prima < 11}.

            Tentukan:

            a.   banyaknya pemetaan dari A ke B,

            b.   banyaknya pemetaan dari B ke A.

 

 

--------------------------------------------------------------

Persamaan Garis Lurus

--------------------------------------------------------------

 

Rumus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latihan Soal

-------------------------------------------------------------------

1.        Persamaan garis yang melalui titik (-3,6) dan sejajar dengan garis 4y - 3x = 5 adalah ....

            A.   4y = 3x + 33

            B.   4y = 3x – 33

            C.   4y = -3x – 33

            D.   4y = 3x + 33

 

2.         Persamaan garis yang melalui titik (4, –3) dan tegak    lurus dengan garis 4y – 6x +10 = 0 adalah ....

            A.   2y +3x = 6

            B.   –2y +3x = 6

            C.   2y + 3x = –6

            D.   2y – 3x = 6

 

3.         Garis yang melalui titik (5, –3) dan sejajar dengan        garis yang mempunyai gradien  adalah ....

            A.   3y + x = 14

            B.   3y + x = –14

            C.   3y x = 14

            D.   3y x = –14

 

4.         Garis yang melalui titik (5, –3) dan tegak lurus pada    garis yang mempunyai gradien – adalah ....

            A. 3y + 2x = 1

            B. 3y – 2x = 1

            C. –3y + 2x = 1

            D. 3y – 2x = –1

 

5.         Persamaan garis lurus yang melalui titik (–2, –4) dan titik (–4, 3) adalah ....

            A. 3y +2x = 1

            B. 3y – 2x = 1

            C. –3y + 2x = 1

            D. 3y – 2x = –1

 

6.         Persamaan garis yang melalui titik (4, 6) dan sejajar dengan garis yang melalui titik (3, 4) dan titik (5, 1)   adalah ....

            A. 2y + 3x = –24

            B. 2y – 3x = 24

            C. 2y + 3x = 24

            D. 2y – 3x = –24

 

 

 

 

 

7.         Persamaan garis yang melalui titik (6, –4) dan              sejajar dengan garis yang melalui titik (–7, –4) dan titik (5, –5) adalah ....

            A. 2y +3x = –24

            B. 2y – 3x = 24

            C. 2y + 3x = 24

            D. 2y – 3x = –24

 

8.         Persamaan garis yang melalui titik (0, 6) dan tegak      lurus dengan garis yang melalui titik (–4, 5) dan titik (–3, 3) adalah ....

            A. 2y + x –12 = 0

            B. 2y x –12 = 0

            C. 2y x + 12 = 0

            D. 2y + x + 12 = 0

 

9.        Persamaan garis yang tegak lurus dengan garis y = x – 6 dan melalui titik (2, –1) adalah ....

a. y = 3x + 5

b. y = 3x – 5

c. y = –3x + 5

d. y = –3x –5

 

10.      Persamaan garis yang melalui titik P (3, 2) dan Q (5, – 4) adalah ... .

           a. 3xy –11 = 0

           b. 3x + y – 11 = 0

           c. 3xy + 22 = 0

           d. 3x + y + 11 = 0

 

11.      Garis tegak lurus dengan garis . Jika garis melalui titik (-16,1), persamaan garis adalah .

A.      

B.      

C.      

D.      

 

12.      Persamaan garis yang melalui titik ( 4, – 1) dan tegak lurus garis 4x – 3y + 12 = 0 adalah … .

            a. 3x + 4y + 16 = 0

            b. 3x – 4y – 16 = 0

            c. 4x – 3y + 8 = 0

            d. –4y – 3x + 8 = 0

 

13.      Garis  melalui titik (5,-3). Jika garis  sejajar garis , persamaan garis adalah .

            a.

            b.

            c.

            d.

 

 

Soal Uraian

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

1.         Tentukan kemiringan tiap-tiap garis berikut.

           

           

 

2.         Titik P, Q, dan R berturut-turut berkoordinat

            di (0, 2), (5, 0) dan (3, 4).

           

 

 

 

3.         Grafik di bawah menunjukkan persentase      pembelajaran dengan akses internet.

           

            a.   Berapakah laju perubahan persentase kelas                           dengan akses internet antara tahun 1998 dan              2000?

            b.   Jika persentase kelas dengan akses internet

                  meningkat seperti peningkatan antara tahun

1999 dan 2000, pada tahun berapakah banyak kelas yang menggunakan akses internet sebesar 90%?

            c.   Apakah grafik tersebut akan terus meningkat                        tanpa batas? Jelaskan.

 

4.         Terdapat dua garis, k dan l seperti gambar di bawah ini.

           

            Tentukan persamaan tiap-tiap garis.

            a. l

            b. k

            c. garis yang sejajar dengan l dan melalui (4, 4)

 

5.         Tiga garis lurus l1, l2 dan l3 masing-masing                     mempunyai kemiringan 3, 4, dan 5. Ketiga garis   tersebut memotong sumbu-Y di titik yang sama.              Jumlah absis titik potong masing-masing garis dengan sumbu-X adalah  . Tentukan persamaan garis l1.

 

 

 

 

6.         Titik A(5,-4), B(2,-8) dan C(k, 12) berada di garis           lurus yang sama.

            a.   Tentukan nilai k.

            b.   Titik P berada di sumbu-X sedemikian sehingga      AP = BP,

                  (i)   tentukan koordinat titik P.

                  (ii) tentukan persamaan garis yang melalui P          dan titik (0, 3).

 

 

--------------------------------------------------------------

Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

--------------------------------------------------------------

 

Persamaan linear dua variabel dapat dinyatakan dalam bentuk

 

ax + by = c

 

dengan a, b, c  R, a, b 0, dan x, y suatu variabel.

 

Apabila terdapat dua persamaan linear dua variabel yang berbentuk ax + by = c dan dx + ey = f atau biasa ditulis

 

ax + by = c

 

dx + ey = f

 

maka dikatakan dua persamaan tersebut membentuk sistem persamaan linear dua variabel. Penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel tersebut adalah pasangan bilangan (x, y) yang memenuhi kedua persamaan tersebut.

 

Menyelesaikan masalah.

Contoh:

Dengan metode gabungan, tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan

2x – 5y = 2 dan

x + 5y = 6, jika x, y R.

Penyelesaian:

Dengan metode eliminasi, diperoleh:

2x – 5y  = 2    1  2x – 5y       = 2

 x + 5y    = 6    2  2x + 10y     = 12 (-)

 


 – 15y      = – 10

          y   =

Selanjutnya substitusikan nilai y ke persamaan x + 5y = 6. Sehingga diperoleh

x + 5y = 6

 x + 5 = 6

 x +  = 6

 x = 6 –  

 x = 2

 

 

Jadi jimpunan penyelesaian dari persamaan

2x – 5y = 2 dan x + 5y = 6 adalah .

 

 

Latihan Soal

 

1.        Nilai x yang memenuhi persamaan

           3(2x + ) = 4(3x – ) adalah . . . .

           A.

           B.

           C.

           D.

 

 

2.        Nilai p yang memenuhi

           5(2p + ) = 3(4p – ) adalah . . . .

           A.

           B.

           C.

           D.

 

3.        Nilai x yang memenuhi persamaan

           (x − 10) = (x − 5) adalah...

           A. –6

           B. –4

           C. 4

           D. 6

 

4.        Penyelesaian dari pertidaksamaan

           (x + 5) ≥ (x – 1) adalah . . .       

           A. x ≥ 17

           B. x ≤ 17

           C. x ≥19

           D. x ≤19

 

5.        Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah…..

           A. Rp 275.000,00

           B. Rp 285.000,00

           C. Rp 305.000,00

           D. Rp 320.000,00

 

6.        Harga 3 kg apel dan 5 kg jeruk adalah Rp 85.000,00. Harga 5 kg apel dan 7 kg jeruk adalah Rp 123.000,00. Harga 1 kg apel dan 1 kg jeruk adalah....

           A. Rp 33.000,00

           B. Rp 24.000,00

           C. Rp 19.000,00

           D. Rp 18.000,00

 

7.        Fitra membeli 3 buku dan 2 pensil seharga Rp11.500,00. Prilly membeli 4 buku dan 3 pensil dengan harga Rp16.000,00. Jika Ika membeli 2 buku dan 1 pensil, jumlah uang yang harus dibayar adalah.....

           A. Rp4.500,00

           B. Rp6.500,00

           C. Rp7.000,00

           D. Rp7.500,00

 

 

 

 

 

 

8.        Panjang sisi-sisi sebuah segitiga diketahui 2x cm, (2x + 2) cm, dan (3x + 1) cm. Jika kelilingnya 24 cm, panjang sisi yang terpanjang adalah ....

           a. 6 cm

           b. 10 cm

           c. 8 cm

           d. 12 cm

 

9.        Harga sebuah buku sama dengan dua kali harga pensil. Jika 6 buku dan 15 pensil harganya Rp21.600,00, harga satu buku adalah ....

           a. Rp1.600,00

           b. Rp800,00

           c. Rp1.500,00

           d. Rp750,00

 

10.      Jika x dan y adalah penyelesaian dari sistem persamaan 7x + 2y = 19 dan 4x − 3y = 15, nilai dari 3x − 2y adalah....

           A. −9

           B. −3

           C. 7

           D. 11

 

11.      Jika x dan y memenuhi system persamaan

           3x – y = 16 dan x + y = 12,

           maka x + 2y adalah.....

           A. 14

           B. 17

           C. 19

           D. 22

 

12.      Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah…..

           A. Rp 275.000,00

           B. Rp 285.000,00

           C. Rp 305.000,00

           D. Rp 320.000,00

 

13.      Penyelesaian system persamaan dari 2x + 3y = 26 dan 3x + 4y = 37 adalah x dan y. Nilai x – y adalah ….

           a. -69                                     

           b. 28

           c. 11                                       

           d. 63

 

14.      Himpunan penyelesaian system persamaan 2x + 3y = 19 dan x – y = -8 adalah {(x,y)}. Nilai x – 7y = ….

           a. 52                                       

           b. -48

           c. 48                                                      

           d. 63

 

15.      Penyelesaian system persamaan x – y =1 dan  adalah x dan y. Nilai x + y = ….

           a. 19                                                      

           b. 12

           c. 17                                       

           d. 7

 

16.      Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah…..

           A. Rp 275.000,00

           B. Rp 285.000,00

           C. Rp 305.000,00

           D. Rp 320.000,00

 

17.      Harga 3 kg apel dan 5 kg jeruk adalah Rp 85.000,00. Harga 5 kg apel dan 7 kg jeruk adalah Rp 123.000,00. Harga 1 kg apel dan 1 kg jeruk adalah....

           A. Rp 33.000,00

           B. Rp 24.000,00

           C. Rp 19.000,00

           D. Rp 18.000,00

 

18.      Fitra membeli 3 buku dan 2 pensil seharga Rp11.500,00. Prilly membeli 4 buku dan 3 pensil dengan harga Rp16.000,00. Jika Ika membeli 2 buku dan 1 pensil, jumlah uang yang harus dibayar adalah.....

           A. Rp4.500,00

           B. Rp6.500,00

           C. Rp7.000,00

           D. Rp7.500,00

 

 

 

 

 

19.      Panjang sisi-sisi sebuah segitiga diketahui 2x cm, (2x + 2) cm, dan (3x + 1) cm. Jika kelilingnya 24 cm, panjang sisi yang terpanjang adalah ....

           a. 6 cm

           b. 10 cm

           c. 8 cm

           d. 12 cm

 

20.      Harga 3 celana dan 2 baju adalah Rp280.000,00.          Sedangkan harga 1 celana dan 3 baju di tempat             dan model yang sama adalah Rp210.000,00.

            Harga sebuah celana adalah … .

            A.Rp65.000,00        C. Rp50.000,00

            B. Rp60.000,00       D. Rp45.000,00

 

21.      Selisih umur seorang ayah dengan anaknya 40             tahun. Jika umur ayah tiga kali lipat dari umur             anaknya, maka umur anak tersebut adalah ….

            A. 10 tahun                            C. 20 tahun

            B. 15 tahun                            D. 25 tahun

 

22.      Jumlah dua buah bilangan cacah adalah 65 dan            selisihnya adalah 15.

Bilangan terkecil dari dua bilangan tersebut adalah      ….

            A. 25                        C. 35

            B. 30                         D. 40

 

23.      Harga 5 buah kue A dan 2 buah kue B Rp4.000,00. Sedangkan harga 2 buah kue A dan harga 3 buah kue B Rp2.700,00. Jadi, harga sebuah kue A dan dua buah kue B adalah ….

            A. Rp1.200,00         C. Rp1.800,00

            B. Rp1.600,00         D. Rp2.400,00

 

24.      Jika penyelesaian sistem persamaan 2x – 3y = 7           dan 3x + 2y = 4 adalah x = a dan y = b, maka nilai

            a b = ....

            A. -3                         C. 1

            B. –1                         D. 3

 

25.      Panjang suatu persegi panjang adalah 1 cm lebih         dari lebarnya. Jika keliling persegi panjang adalah   30 cm, maka luas persegi panjang tersebut adalah       ....

            A. 48 cm2                 C. 56 cm2

            B. 64 cm2                 D. 72 cm2

 

 

 

 

 

Soal Uraian

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

1.      Keliling sebuah persegi panjang 76 dm. Jika selisih          antara panjang dan lebar persegi panjang tersebut      10 dm, tentukanlah:

         a.   model matematika dari cerita tersebut,

         b.   panjang dan lebar persegi panjang tersebut,

         c.   luas persegi panjang tersebut.

 

2.      Harga 5 buku dan 3 penggaris adalah Rp21.000,00.        Jika Maher membeli 4 buku dan 2 penggaris, maka     ia harus membayar Rp16.000,00.

         Berapakah harga yang harus dibayar oleh Suci jika          ia membeli 10 buku dan 3 penggaris yang sama?

 

3.      Jumlah uang Diana dan uang Demi Rp220.000,00.          Jika uang Diana ditambah dengan tiga kali lipat          uang Demi sama dengan Rp420.000,00,

         tentukanlah:

         a.   model matematika dari soal cerita tersebut,

         b.   besarnya uang masing-masing,

         c.   selisih uang Diana dan uang Demi.

 

4.      Jumlah umur Gino dan umur Handoko adalah 60           tahun dan selisih umur mereka adalah 4 tahun          (Gino lebih tua). Tentukanlah:

         a. model matematika dari soal cerita tersebut,

         b. umur Gino dan umur Handoko,

         c. perbandingan umur Gino dan umur Handoko.

 

9.      Perhatikan gambar berikut.

        

         Tentukan nilai x dan y

 

10.    Gambar di samping menunjukkan suatu persegi

         yang dibagi menjadi 6 bagian yang sama.

        

         Setiap bagian berupa persegi panjang mempunyai

         keliling 70 cm. Tentukan luas persegi yang        dimaksud.



Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

No comments:

Post a Comment

Produk Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

Modul dan SOP Bimbel

  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri 

  • Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
  • Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
  • Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
  • Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

 

Pengalaman Kami 

Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

 

Harga Produk Kemitraan Bimbel 

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips

  • Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
  • 700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

 

Biaya berjalan

  • hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
  • Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Analisa Bakat dengan Sidik Jari - Online

Download Aplikasinya Klik Disini

Harga Rp 100K/analisa

Kirimkan :

  • Foto 10 Ujung jari (Sidik Jari Nampak Jelas yaa).
  • Foto 2 Telapak Tangan Kanan.

 

Silahkan Lihat Video Berikut cara Foto dan Pengiriman Data
https://youtu.be/IsasZAQRYoo

 

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa

Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa 

 

Info Lebih Lanjut


Aqila Daring Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kelas Daring yang dapat diikuti dimanapun Anda berada.

 

Kelebihan

  • Menggunakan Aplikasi khusus buatan Kami sendiri sehingga Live Streaming (kegiatan Les) hanya membutuhkan Data Internet sebesar ±150 MB / jam
  • Biaya Les Relatif Murah dan Flat untuk seluruh Indonesia dan sekitarnya.
  • Bukan Video namun Live Streaming jadi Siswa dapat berinteraksi dengan Tutor secara langsung.
  • Untuk Kelas Privat bisa menentukan Jadwal sendiri
  • Les Privat dilakukan seperti halnya Video Call biasa dengan tambahan chat untuk pesan dan Gambar. Satu Tutor satu Siswa sehingga kegiatan les lebih kondusif dan efisien.
  • Untuk Les kolompok, Tutor melakukan Live Streaming. Siswa bertanya di ruang chat yang tersedia. Siswa bisa mendengar dan melihat siswa namun Tutor tidak bisa melihat siswa.
  • Les Daring ini telah berjalan sejak Juni 2020 dan sudah menjangkau sampai negara tetangga.

 

Biaya Les Daring

  • Biaya Les Privat per sesi  SD Rp 30.000 | SMP Rp 35.000 | SMA Rp 50.000 | SBMPTN Rp 55.000
  • Kelompok per bulan SD Rp 100.000 | SMP Rp 115.000 | SMA Rp 156.000

 

Pendaftaran

  • Ketik Aqila Daring Bimbel di PlayStore
  • Isi data Pendaftaran
  • Info lebih Lanjut WhatsApp ke 085640451319

 

Link Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladaring

 

Bimbel Aqila Course

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah
Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6285640451319

 


Aplikasi Lomba dan Share Konten Belajar

Fungsi untuk Bimbel

  • Media Penjualan Konten Belajar seperti Modul, Video dan Latihan Soal.
  • Manajemen Pembayaran Bulanan untuk menikmati Konten
  • Event Lomba baik diadakan secara terpisah maupun di satu lokasi.
  • Share link Belajar Daring sesuai Kelasnya sehingga lebih tepat dan cepat (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).

 

Fungsi untuk Sekolah

  • Manajemen Pungasan Guru dan Penilaian untuk kegiatan sekolah
  • Manajeman share Link live Teaching agar lebih tepat sasaran (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).
  • Share Konten Video, Materi dan Latihan Soal.

 

Catatan
Saat pembelian Konten Aplikasi masih Kosong jadi perlu ditambahkan sendiri.

 

Untuk Siapakah Aplikasi ini ?

  • Anda yang suka membuat Konten belajar seperti video, Modul dan Soal yang berniat menjualnya secara online.
  • Anda yang sering mengadakan Lomba secara Massal, dengan Aplikasi ini Anda bisa berhemat Biaya Fotocopy, Pengawas dan Korektor.
  • Guru yang ingin mempermudah kegiatan Pemberian Tugas secara online dan mempermudah penilaian.
  • Sekolah yang ingin mengembangkan Kegiatan Belajar Mandiri.
  • Bimbel yang ingin mengembangkan diri ke arah Les Daring.

 

Contoh Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri

Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

 

Video Keterangan
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_au4OygFpFAQhDtn1s6Ntc


Harga 

  • Aplikasi dengan Nama Bimbel/Sekolah Anda sendiri Rp 1,5 juta
  • Biaya berjalan (database) Rp 10 per View

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Jasa Pembuatan

Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

 

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.

 

Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya

Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

 

Biaya Pembuatan

  • Harga Rp 4 juta
  • sudah termasuk Upload di PlayStore
  • Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464