Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Berikut Link-link Soal-Soal Pemetaan SKL UN SMP,
- Kumpulan Soal UN IPA Fisika SMP
- SKL UN SMP Indonesia Membaca Non Sastra
- SKL UN SMP Indonesia Membaca Sastra
- SKL UN SMP Indonesia Menulis Terbatas
- SKL UN SMP Indonesia Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
- SKL UN SMP Indonesia Menyunting Kata Kalimat Paragraf
- SKL UN SMP Inggris Fungsi Sosial dan Struktur Teks
- SKL UN SMP Inggris Unsur Kebahasaan
- SKL UN SMP IPA Gelombang Listrik Magnet
- SKL UN SMP IPA Makhluk Hidup dan Lingkungannya
- SKL UN SMP IPA Mekanika dan Tata Surya
- SKL UN SMP IPA Pengukuran Zat dan Sifatnya
- SKL UN SMP IPA Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
- SKL UN SMP Matematika Aljabar
- SKL UN SMP Matematika Bilangan
- SKL UN SMP Matematika Geometri
- SKL UN SMP Matematika Statistika
MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF
-------------------------------------------------------------------------
Menunjukkan Kata
Yang Tidak Sesuai Kaidah
-------------------------------------------------------------------------
1. Kalimat
berikut yang ditulis dengan ejaan yang salah adalah . . . .
a. Sehari
berlayar, dua Laut telah terlampaui
b.
Ayah mampu menyeberangi Selat Sunda,
dengan perahu tentunya.
c.
Dari Sabang sampai Merauke, berjajar
pulau-pulau
d.
Pelaut itu telah menyeberangi satu laut
dan satu pulau
2. Deretan
kata berikut yang ejaannya tidak tepat adalah . . . .
a. jeruk bali, Pulau Jawa, gadis Sunda
b. Jeruk Bali, pulau Kalimantan, Gadis
sunda
c. jeruk bali, Pulau Kalimantan, gadis
Sunda
d. Jeruk bali, Selat Sunda, gadis
Minang
3. Bacalah kutipan berikut!
Senin
pagi team peserta lomba debat berlatih di sekolah.
Penulisan
kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. Senin
B. team
C. debat
D. berlatih
4. Bacalah kutipan berikut!
Kepala
Desa Tumbuh Mulia menghimbau agar masyarakat tetap mengaktifkan ronda malam.
Penulisan
kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. menghimbau
B. masyarakat
C. mengaktifkan
D. ronda
5. Sebelum
bertanding para atlit diberikan pembekalan oleh pelatih di lapangan.
Penulisan
kata yang tidak sesuai kaidah pada kalimat di atas adalah ...
A. bertanding
B. atlit
C. pembekalan
D. pelatih
6. Perhatikan kalimat berikut!
Team favoritnya tereliminasi pada babak
semifinal.
Penulisan
kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. team
B. favoritnya
C. tereliminasi
D. semifinal
7. Perhatikan kalimat berikut!
Saat
ini harga cabe melejit di pasaran sebab kondisinya yang langka.
Penulisan
kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. cabe
B. melejit
C. pasaran
D. langka
8. Jakarta
mempunyai sarana akomodasi yang lengkap, sehingga dapat menampung atlit dan
official yang jumlahnya besar.
Dua kata yang tidak baku pada paragraf di
atas adalah ...
A. sarana, akomodasi
B. sarana, atlet
C. akomodasi, offisial
D. atlit, official
-------------------------------------------------------------------------
Menunjukkan Kalimat Yang Tidak Sesuai
Kaidah
-------------------------------------------------------------------------
1. Bacalah paragraf berikut!
(1) Dalam seminggu ini hujan
terus menerus.
(2) Oleh karena itu, tidaklah aneh bila banjir datang.
(3) Di kampung kami banjir memang sering terjadi.
(4) Memang tanah di kampung kami agak rendah.
(5) Bapak-bapak bila banjir berlalu membersihkan rumahnya sibuk
masing-masing.
Sturktur kalimat yang salah pada paragraf di atas terdapat pada nomor
...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 5
2. Bacalah paragraf berikut!
(1) Kegiatan ujian nasional sudah semakin dekat. (2) Masing-masing
seluruh siswa-siswi di seluruh tanah air memacu diri untuk giat belajar. (3)
Namun ada juga siswa yang bandel. (4) Mereka terlihat santai saja seolah-olah
tidak ada beban.
Kalimat yang tidak sesuai kaidah pada paragraf di atas terdapat pada
nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
3. Bacalah kalimat berikut!
(1) Dalam kehidupan sehari-hari, (2) manusia selain melakukan kegiatan
pokok hidupnya, (3) juga memerlukan kegiatan yang bersifat hiburan (4) untuk
kepuasan batinnya.
Bagian yang melingkar pada kalimat di atas adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
4. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Saat liburan sekolah, saya dan keluarga pergi ke pantai Mawun,
Lombok Tengah. (2) Saya memandang pemandangan yang indah di sana. (3) Pantainya
diapit oleh dua buah bukit. (4) Pasirnya putih bagaikan mutiara. (5) Airnya
sangat jernih.
Kalimat yang membosankan ditunjukkan dengan nomor ...
A. 1
B. 2
C. 4
D. 5
5. Bacalah kalimat berikut!
(1) Hari ini kami belajar TIK. (2) Guru kami menguraikan tentang peranan
internet dalam kehidupan sehar-hari. (3) Kami menyimak penjelasan guru dengan
seksama. (4) Tanpa terasa jam pelajaran pun usai.
Kalimat mubazir ditunjukkan
dengan nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
-------------------------------------------------------------------------
Menggunakan Kata Bentukan
(Mengisi Kata Sesuai Kaidah Bentukan
Kata)
-------------------------------------------------------------------------
1. Dua orang anak sedang bermain dakon. Keduanya duduk .... di sebuah
pendopo rumah.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
a. menghadap
b. dihadapkan
c. berhadapan
d. menghadapkan
2. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia
dan .... timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda
mati. Benda hidup perlu makanan dan .... biak seperti manusia, binatang, dan
tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika
terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat .... masyarakat yang sehat,
aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kutipan teks laporan hasil
observasi tersebut adalah ....
a. tumbuhan - berkembang -
menciptakan
b. berhubungan - berkembang
- menciptakan
c. berhubungan - memamah -
menciptakan
d. berhubungan - berkembang
- mewujudkan
3. Dengan perahu karet, setiap kelompok didampingi dua orang
pendamping ahli .... dayung.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
a. menggayuh
b. mengayuh
c. mengkayuh
d. megayuh
4. Ketika bertemu, mereka
langsung . . . .
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
a. bersalam-salaman
b. bersalaman
c. menyalami
d. menyalam-nyalami
-------------------------------------------------------------------------
Mengisi Konjungsi Dalam Kalimat
-------------------------------------------------------------------------
1. Pendidikan kesehatan di sekolah bertujuan agar murid mengetahui
fakta-fakta ilmiah tentang kesehatan, memiliki sikap yang menyetujui keadaan
sehat dan melaksanakan kebiasaan baik untuk hidup sehat,... kesehatan sendiri
maupun komunitas bertambah baik.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah .. ..
a. dan
b. ketika
c. sehingga
d. oleh karena itu
2. Anita sibuk membersikan rumah ... Yandi duduk santai.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. saat
b. tetapi
c. dan
d. walaupun
3. Jagalah kesehatan...tidak
terserang penyakit.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a. tetapi
b. namun
c. kalau
d. agar
4. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia
dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan
benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia,
binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan
udara. ... terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan
masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks laporan
hasil observasi tersebut adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. atau
d. jika
5. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang
bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies. Pada awalnya, dua seniman itu
terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang. ... itu, para penari
Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks deskripsi
tersebut adalah ....
a. ketika
b. dalam
c. pada
d. atau
-------------------------------------------------------------------------
Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kata,
Kalimat, Dan Ketidakpaduan Paragraf
-------------------------------------------------------------------------
1. Teroris itu akhirnya gugur terkena bom rakitan yang ia bawa
sendiri.
Kata yang tercetak miring perlu diperbaiki dengan kata ...
A. meninggal
B. mati
C. tewas
D. mangkat
2. Kita tidak menyoalkan beratnya sanksi bagi pelanggar aturan lalu
lintas karena hal itu benar bukan merupakan sumber masalah.
Kata yang tercetak miring perlu diperbaiki dengan kata-kata ...
A. dipersoalkan,
pengaturan, pembenarannya
B. mempersoali, peraturan,
dibenarkannya
C. mempersoalkan,
peraturan, sebenarnya
D. dipersoalkan, peraturan,
sebenar-benarnya
3. Sebagaimana telah ditetapkan dalam GBHN, bahwa pembangunan
pendidikan dititikberatkan pada peningkatan setiap jenjang dan jenis
pendidikan.
Kalimat di atas dapat diperbaiki dengan menghilangkan kata … .
A. pada
B. telah
C. dalam
D. bahwa
4. Cermatilah kalimat berikut!
Setiap atlit profesionil, pada saat bertanding pasti menggunakan metoda
bermain secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah
...
A. atlet, propesional,
methoda, konsekuwen, amatiran
B. atlet, profesionil, metode, konsekuen, amatiran
C. atlet,
profesional, metode, konsekuen, amatiran
D. atlit, profesi, methodik, konsekwen, amatir
5. Untuk menjadikan pendidikan yang baik, tidak hanya membutuhkan
teori saja, tetapi juga memerlukan praktik. Dengan adanya praktik, seorang anak
didik akan mempunyai keterampilan yang pernah diajarkan di sekolah. Selain itu,
seorang anak didik tidak mudah melupakan apa yang pernah dikerjakan dan
diajarkan di sekolah. Anak didik akan terlibat langsung dengan objek yang telah
mereka pelajari.
Informasi yang disampaikan dalam paragraf tersebut akan efektif apabila
kalimat pertamanya diubah menjadi … .
A. Untuk mewujudkan
pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan
praktik.
B. Mewujudkan
pendidikan yang baik tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan
praktik.
C. Mewujudkan
pendidikan yang baik tidak hanya membutuhkan teori saja, tetapi juga diperlukan
praktik
D. Untuk mewujudkan
pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga diperlukan
praktik.
6. Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Sampai akhir bulan juni, badan meteorologi dan geofisika mencatat curah
hujan di bawah normal telah terjadi di sebagian besar pulau Jawa. Oleh sebab
itu, disarankan masyarakat mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan air
di sebagian wilayah pulau Jawa tersebut.
Perbaikan yang tepat untuk penulisan yang tercetak miring pada paragraf
tersebut adalah .....
A. Bulan juni, badan
Metearologi dan Geofisika, pulau Jawa
B. Bulan Juni, Badan
meteorologi dan geofisika, Pulau jawa
C. bulan Juni, Badan
meteorologi dan geofisika, pulau Jawa
D. bulan Juni, Badan
Meteorologi dan Geofisika, Pulau Jawa
7. Cermati kalimat berikut ini!
Dalam prakteknya kemacetan kredit sering terjadi karena faktor eksternal
dan hal itu merupakan resiko suatu bank.
Penulisan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring dalam kutipan
tersebut adalah ....
A. praktik, eksternal,
risiko
B. peraktik, eksternel,
risiko
C. peraktik, eksternal,
resiko
D. praktik, eksternel,
resiko
8. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Pengairan
selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang
terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air
disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan
atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya, air
segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4) Pengairan harus
dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan
kelembaban tanah.
(5) Pengairan
dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan
urutan...
A. (1), (3), (2), (5), dan
(4)
B. (2), (1), (5), (4), dan
(3)
C. (3), (1), (5), (2), dan
(4)
D. (4), (5), (1), (2), dan
(3)
-------------------------------------------------------------------------
Menentukan Alasan Kesalahan Penggunaan
Kata, Kalimat, dan Ketidakpaduan Paragraf
-------------------------------------------------------------------------
1. Teroris itu akhirnya gugur terkena bom rakitan yang ia bawa
sendiri.
Kata yang tercetak miring perlu diperbaiki dengan kata ...
A. meninggal
B. mati
C. tewas
D. mangkat
2. Kita tidak menyoalkan beratnya sanksi bagi pelanggar aturan lalu
lintas karena hal itu benar bukan merupakan sumber masalah.
Kata yang tercetak miring perlu diperbaiki dengan kata-kata ...
A. dipersoalkan,
pengaturan, pembenarannya
B. mempersoali, peraturan,
dibenarkannya
C. mempersoalkan,
peraturan, sebenarnya
D. dipersoalkan, peraturan,
sebenar-benarnya
3. Sebagaimana telah ditetapkan dalam GBHN, bahwa pembangunan pendidikan
dititikberatkan pada peningkatan setiap jenjang dan jenis pendidikan.
Kalimat di atas dapat diperbaiki dengan menghilangkan kata … .
A. pada
B. telah
C. dalam
D. bahwa
4. Cermatilah kalimat berikut!
Setiap atlit profesionil, pada saat bertanding pasti menggunakan metoda
bermain secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah
...
A. atlet,
propesional, methoda, konsekuwen, amatiran
B. atlet, profesionil, metode, konsekuen, amatiran
C. atlet,
profesional, metode, konsekuen, amatiran
D. atlit, profesi, methodik, konsekwen, amatir
5. Untuk menjadikan pendidikan yang baik, tidak hanya membutuhkan
teori saja, tetapi juga memerlukan praktik. Dengan adanya praktik, seorang anak
didik akan mempunyai keterampilan yang pernah diajarkan di sekolah. Selain itu,
seorang anak didik tidak mudah melupakan apa yang pernah dikerjakan dan
diajarkan di sekolah. Anak didik akan terlibat langsung dengan objek yang telah
mereka pelajari.
Informasi yang disampaikan dalam paragraf tersebut akan efektif apabila
kalimat pertamanya diubah menjadi … .
A. Untuk mewujudkan
pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan
praktik.
B. Mewujudkan
pendidikan yang baik tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan
praktik.
C. Mewujudkan
pendidikan yang baik tidak hanya membutuhkan teori saja, tetapi juga diperlukan
praktik
D. Untuk mewujudkan
pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga diperlukan
praktik.
6. Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Sampai akhir bulan juni, badan meteorologi dan geofisika mencatat curah
hujan di bawah normal telah terjadi di sebagian besar pulau Jawa. Oleh sebab
itu, disarankan masyarakat mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan air
di sebagian wilayah pulau Jawa tersebut.
Perbaikan yang tepat untuk penulisan yang tercetak miring pada paragraf
tersebut adalah .....
A. Bulan juni, badan
Metearologi dan Geofisika, pulau Jawa
B. Bulan Juni, Badan
meteorologi dan geofisika, Pulau jawa
C. bulan Juni, Badan
meteorologi dan geofisika, pulau Jawa
D. bulan Juni, Badan
Meteorologi dan Geofisika, Pulau Jawa
7. Cermati kalimat berikut ini!
Dalam prakteknya kemacetan kredit sering terjadi karena faktor eksternal
dan hal itu merupakan resiko suatu bank.
Penulisan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring dalam kutipan
tersebut adalah ....
A. praktik, eksternal,
risiko
B. peraktik, eksternel,
risiko
C. peraktik, eksternal,
resiko
D. praktik, eksternel,
resiko
8. Cermatilah kalimat-kalimat
berikut!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan
rimpang, karena tanah yang terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan
buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air disalurkan
melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan
hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya, air
segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4) Pengairan harus
dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan
kelembaban tanah.
(5) Pengairan
dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan
urutan...
A. (1), (3), (2), (5), dan
(4)
B. (2), (1), (5), (4), dan
(3)
C. (3), (1), (5), (2), dan
(4)
D. (4), (5), (1), (2), dan
(3)
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
No comments:
Post a Comment