Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Berikut Link-link Soal-Soal Pemetaan SKL UN SMP,
- Kumpulan Soal UN IPA Fisika SMP
- SKL UN SMP Indonesia Membaca Non Sastra
- SKL UN SMP Indonesia Membaca Sastra
- SKL UN SMP Indonesia Menulis Terbatas
- SKL UN SMP Indonesia Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
- SKL UN SMP Indonesia Menyunting Kata Kalimat Paragraf
- SKL UN SMP Inggris Fungsi Sosial dan Struktur Teks
- SKL UN SMP Inggris Unsur Kebahasaan
- SKL UN SMP IPA Gelombang Listrik Magnet
- SKL UN SMP IPA Makhluk Hidup dan Lingkungannya
- SKL UN SMP IPA Mekanika dan Tata Surya
- SKL UN SMP IPA Pengukuran Zat dan Sifatnya
- SKL UN SMP IPA Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
- SKL UN SMP Matematika Aljabar
- SKL UN SMP Matematika Bilangan
- SKL UN SMP Matematika Geometri
- SKL UN SMP Matematika Statistika
STATISTIKA DAN PELUANG
Menyajikan Dan Mendeskripsikan Data Dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis Atau Lingkaran
Latihan Soal
-----------------------------------------------------------------
1.
Mean dan median grafik di bawah ….
a. 4,5 dan 7,0
b. 7,5
dan 7,5
c. 4,5
dan 8,0
d.
7,5 dan 8,5
2. Dari
grafik di atas dapat dinyatakan bahwa selisih nilai
rata-rata kelas 9A dengan kelas 9B adalah….
a.
0,66 c. 0,14
b.
0,22 d. 0
3. Diagram
di samping menyatakan kegemaran dari 1200 siswa. Banyaknya siswa yang gemar
bermain basket adalah….
a. 60 orang
b.
80 orang
c.
100 orang
d. 120 orang
4. Data pertumbuhan penduduk dari tahun
1995 sampai 1999 seperti tampak pada gambar berikut:
Banyak semua
penduduk pada data tersebut adalah ….
a. 34 orang
b. 52 orang
c. 40 orang
d. 60
orang
5. Diagram lingkaran di bawah ini
menggambarkan kegiatan waktu luang dari 180 orang. Banyak orang yang melakukan kegiatan sosial adalah ….
a. 30 orang
b. 35 orang
c. 40 orang
d. 60 orang
6. Data penjualan
beras di toko sembako selama lima hari adalah sebagai berikut
Rata-rata banyak beras
yang terjual setiap hari adalah … .
a. 35 kwintal
b. 40 kwintal
c. 42 kwintal
d. 44 kwintal
7. Perhatikan
diagram berikut!
Jika
luas daerah seluruhnya 300 hektar, maka luas daerah yang merupakan hutan adalah
… .
a. 10
hektar
b. 12
hektar
c. 100
hektar
d. 120
hektar
8. Jumlah
pengunjung perpustakaan di SMP Merdeka pada bulan Juli sampai dengan Desember
2015 nampak seperti pada diagram batang di bawah ini.
Jumlah pengunjung pada tiga bulan pertama adalah … siswa
a. 100
b. 125
c. 175
d. 225
9. Selisih tertinggi siswa laki-laki dan perempuan ada di kelas......
a. 7A
b. 7B
c. 7C
d. 7D
10. Penurunan yang tinggi penjualan kendaraan di
kota X terjadi pada bulan
a. Januari – Februari
b. Februari – Maret
c. Maret – April
d. Juni – Juli
11. Perhatikan
diagram batang berikut
Penjualan ayam tertinggi
terjadi pada bulan....
a. Januari c.
Maret
b. Februari d.
April
12. Suhu badan Diva stabil terjadi pada hari
a. Senin – Selasa
b. Selasa – Rabu
c. Rabu – Kamis
d. Kamis – Jumat
13. Jika semua pemilih ada 250 siswa, banyak siswa yang memilih Hidayat adalah
a. 30 siswa
b. 32 siswa
c. 35 siswa
d. 40 siswa
B. Soal Uraian
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1. Perhatikan diagram garis
berikut ini
a. Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap
Dolar AS pada hari Senin sampai Minggu
b. Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Rabu sampai
Sabtu
2. Dalam satu minggu banyaknya kendaraan
yang melintas di jalan tol tercatat
dalam tabel berikut.
a. Tentukan persentase banyak kendaraan setiap hari dalam
sepekan.
b. Apa kesimpulan
kalian tentang banyaknya kendaraan yang
melintas dalam sepekan di jalan tol?
3. Diagram lingkaran di samping ini
menunjukkan penjualan mobil di
beberapa kota besar.
a. Jika semua mobil yang terjual sebanyak 41.300, tentukan
berapa banyak mobil yang terjual
tiaptiap kota?
b. Apa kesimpulan
kalian tentang banyaknya mobil yang terjual dari kota besar tersebut?
4. Diketahui diagram batang tentang tinggi badan
seperti di bawah ini.
Diketahui jumlah siswa adalah 126 anak.
a. Tentukan berapa
banyak siswa masing- masing.
b. Pada tinggi
badan berapa jumlah siswa yang
paling banyak dan paling sedikit?
c. Tentukan ukuran tinggi badan yang banyak siswanya
sama?
--------------------------------------------------------------
Ukuran Pemusatan Data
--------------------------------------------------------------
à Ukuran Pemusatan
(Ukuran Tendensi Sentral)
a.
Mean (rata-rata atau rataan) dilambangkan dengan
Mean () =
b.
Median (Me)
Median adalah nilai tengah dari
sekumpulan data setelah diurutkan.
Jika banyaknya data genap, maka mediannya adalah rata-rata dari
dua data yang ditengah.
c.
Modus (Mo)
Modus adalah data yang paling sering muncul
Latihan Soal
1. Diketahui
data nilai ulangan matematika 15 orang siswa sebagai berikut.
7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4
Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah ...
orang.
a. 4
b. 7
c. 8
d. 11
2. Nilai
rata-rata sekelompok siswa yang berjumlah 40 orang adalah 62. Jika seorang
siswa yang mendapat nilai 23 dari kelom pok itu tidak dimasukkan dalam
perhitungan rata-rata tersebut, nilai rata-rata ujian menjadi ....
a. 61,05
b. 61,425
c. 62
d. 63
3. Dalam suatu ujian yang diikuti 42 siswa, diperoleh
rataan nilai ujian 30. Oleh karena rataannya terlalu rendah, semua nilai ujian
siswa dikalikan 2, kemudian dikurangi 5. Rataan nilai yang baru adalah ....
a. 55
b. 54
c. 53
d. 52
4. Nilai rata-rata ulangan Matematika 10
siswa adalah 55. Jika digabung lagi dengan 5 siswa lain, nilai rata-ratanya
menjadi 53. Nilai rata-rata dari 5 siswa tersebut adalah
....
a. 49
b. 50
c. 50,5
d. 51
5. Diketahui data tinggi badan
sejumlah anak sebagai berikut :
150cm, 148cm, 153cm,
150cm, 160cm,
150cm, 154cm, 151cm,
153cm, 150cm,
152cm, 154cm, 160cm,
150cm, 148cm.
Modus data tersebut adalah ... .
a. 148 cm
b. 150 cm
c. 153 cm
d. 160 cm
6. Perhatikan
data berikut.
Skor |
35 |
36 |
37 |
38 |
39 |
40 |
Frek. |
7 |
18 |
8 |
9 |
6 |
2 |
Median dari data tersebut adalah ... .
a. 36
b. 36,5
c. 37
d. 37,5
7. Hasil
tes Bahasa Inggris diketahui sebagai berikut :
NILAI |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
FREK |
4 |
13 |
12 |
7 |
3 |
1 |
Banyaknya siswa yang nilainya di atas rata – rata adalah ... .
a. 11 orang
b. 17 orang
c. 23 orang
d. 29 orang
8. Nilai
rata-rata siswa perempuan di suatu kelas 70, sedangkan nilai rata-rata siswa
laki-laki 75. Jika jumlah siswa di kelas itu 40 orang dan nilai rata-rata
seluruh siswa 72, maka banyak siswa laki-laki adalah ... .
a. 16
orang
b. 20
orang
c. 24
orang
d. 28
orang
9. Diagram berikut menunjukkan data penjualan
di suatu perusahaan motor.
Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?
A. 2007 C.
2010
B. 2009 D.
2011
10. Diberikan data yang sudah
terurut sebagai berikut.
14, 16, 18, x – 3, 20, 22, x + 2
Median dari data tersebut
adalah 19. Berapakah nilai x?
A. 19 C. 21
B. 20 D. 22
11. Berikut ini diagram nilai
ulangan matematika siswa kelas
VIII A.
Median dari nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A adalah ....
A. 6,5 C.
7,5
B. 7 D.
8
12. Data berat badan (dalam kg) sekelompok
balita di Posyandu Kasih Bunda sebagai
berikut.
16 19 20 21 19 16 21 16
17 20 16 20 17 16 21 17
18 18 18 16 16 19 19 20
20 21 17 18 18 20 16 19
Modus data di atas adalah ....
A. 16 C.
19
B. 18 D. 20
13. Perhatikan tabel berikut.
Median data di atas adalah ....
A. 6,5 C.
7,5
B. 7,0 D. 8,0
14. Rata-rata lima belas
bilangan adalah 49,4. Rata- rata lima
bilangan pertama adalah 55. Rata-rata enam bilangan terakhir adalah 45.
Ratarata empat bilangan yang lain adalah ....
A. 46 C.
48
B. 47 D.
49
15. Suatu kelas terdiri atas 30 siswa baru saja
mengikuti tes tulis. Jika 20 siswa
mendapat nilai 80, 8 siswa mendapat
nilai 90, dan 2 siswa mendapat nilai 100,
berapakah rata-rata nilai kelas pada
tes tulis ini?
A. 82 C.
86
B. 84 D.
88
16. Rata-rata berat badan dari 200 ikan hasil tangkapan di laut lepas adalah 50 kg. Pada
saat diperiksa ulang, ternyata
terdapat kesalahan tulis yaitu 92 dan 8 berturut-turut seharusnya adalah 192
dan 88. Rataan yang benar adalah ....
A. 50,9 C.
55,9
B. 53,9 D.
59,9
17. Diketahui data nilai ulangan
Matematika dari 15 orang siswa
sebagai berikut.
7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4
Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah .... siswa.
A. 4 C.
6
B. 5 D.
7
18. Nilai rata-rata ulangan Matematika dari suatu kelas adalah 7. Apabila dua siswa yang
baru mengikuti ulangan susulan yang
nilainya 4 dan 6 digabungkan, maka nilai rata-rata kelas itu turun 0,1. Banyak
siswa semula adalah ....
A. 36 C. 40
B. 38 D. 42
19. Mean dari empat bilangan bulat :
4, a, b, dan
5 sama dengan median data tersebut, yaitu
6. Selisih bilangan terbesar dan
terkecil sama dengan ....
A. 2 C.
4
B. 3 D.
5
20. Dari 10 data pengamatan
diketahui bahwa median
adalah dua lebihnya dari jangkauan. Bila
semua data dikalikan dua kemudian dikurangi
3, maka jumlah dari median dan jangkauan
menjadi 21. Jangkauan data mula- mula
adalah ....
A. 3 C.
5
B. 4 D.
6
21. Kuartil bawah dari data 12, 13, 11, 6, 4,
9, 3, 7, 6, 5, 9, adalah ....
A. 4 C.
6
B. 5 D.
7
22. Diberikan diagram nilai
ulangan Matematika siswa kelas
VIII C seperti berikut.
Kuartil atas dari data di atas adalah ....
A. 6,25 C.
8,25
B. 7,5 D.
9,5
23. Tabel berikut ini menunjukkan lama tidur di
waktu malam (dalam jam)
beberapa siswa kelas VIII.
Dari tabel di atas, diperoleh informasi sebagai berikut.
(1) Median = 6
(2) Q1 = 5
(3) Q3 = 7,5
Pernyataan yang benar adalah ....
A. (1) dan (2) C.
(2) dan (3)
B. (1) dan (3) D.
(1), (2), dan (3)
24. Simpangan kuartil dari 7, 4, 5, 6, 7, 5, 4,
7, 8, 9, 6 adalah ....
A. 1 C.
2,5
B. 2 D.
3
25. Diketahui data sebagai
berikut.
4, 5, 5, 7, 3, 2, 4, 6, 7, 4
Pernyataan berikut yang salah adalah ....
A. Modus = 4 C.
Mean = 4,7
B. Median = 5 D.
Q3 = 6
26. Diagram berikut menunjukkan
nilai ulangan susulan mata
pelajaran IPS beberapa siswa kelas
VIII.
Dari diagram di
atas,
nilai mean +
median + modus = ....
A. 4 C. 6
B. 5 D. 8
27. Tabel di bawah menunjukkan
usia 20 anak di suatu kelas, 2
tahun yang lalu.
Bila pada tahun ini tiga
orang yang berusia 7 tahun dan seorang yang berusia 8 tahun pindah sekolah, maka usia rata-rata 16 orang yang
masih tinggal pada saat ini adalah
... tahun.
A. 7 C.
8
B. 8 D.
9
28. Dari 50 siswa terdapat 20 siswa yang mendapat
nilai kurang dari 45 dan 10
siswa mendapat nilai lebih dari 76.
Bila nilai yang dapat dicapai adalah
bilangan bulat dari 0 sampai 100, maka nilai
rata-rata 50 siswa tersebut tidak mungkin sama
dengan ....
A. 43 C. 65
B. 50 D. 73
Esai
--------------------------------------------------------------------
1. Jumlah siswa laki-laki kelas IX A SMP
Ceria adalah 16 orang dengan berat badan
rata-rata adalah 50 kg. Jelaskan
secara singkat langkahlangkah untuk
mengukur berat badan ke-16 siswa tersebut.
2. Pak Tono memiliki kebun mangga sebanyak
36 pohon, rata-rata panen dari
tahun 2013-2017 adalah 373 kg. Tentukan nilai x.
3. Terdapat 8 bilangan dengan rata-rata 18.
Enam bilangan di antaranya adalah
16, 17, 19, 20, 21, dan 14. Sisa dua angka bila dijumlahkan sama dengan 2x.
Berapakah nilai x?
4. Winda telah mengikuti beberapa kali ujian
matematika. Jika Winda memperoleh nilai
94 pada ujian yang akan datang, nilai
rata-rata seluruh ujian
matematikanya adalah 89. Tetapi jika
ia memperoleh nilai 79 maka nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah
86.
Dari informasi tersebut, berapa banyak ujian yang telah diikuti oleh Winda
sebelumnya?
5. Diketahui data nilai ujian akhir semester
siswa kelas VIII A SMP Ceria di
bawah ini.
Jika nilai ujian akhir semester siswa di kelas tersebut memiliki nilai rata-rata
7,5, tentukan nilai mediannya.
6. Kelas VIII A SMP Ceria memiliki siswa sebanyak 32 orang. Pada Ujian Tengah
Semester diketahui nilai rata-rata
pada mata pelajaran
matematika adalah 75, sedangkan nilai
rata rata pada mata pelajaran IPA adalah 62,4. Pada kelas VIII D, rata-rata
nilai matematika yang diperoleh adalah
71,6. Jika nilai rata-rata
gabungan kelas VIII A dan kelas VIII D
untuk mata pelajaran matematika dan IPA
masing-masing adalah 73,2 dan 66, tentukan
nilai rata-rata mata pelajaran IPA untuk
kelas VIII D.
7. Data berikut menunjukkan
hasil Ujian Akhir Semester
mata pelajaran IPA kelas VIII.
Jika pihak sekolah memberlakukan aturan bahwa siswa yang memiliki nilai Ujian Akhir Semester lebih dari atau sama dengan nilai rata- rata akan diluluskan, dan siswa yang
memiliki nilai di bawah nilai rata-rata
tidak lulus, tentukan persentase banyak
siswa yang tidak lulus pada Ujian Akhir Sekolah
untuk mata pelajaran IPA tersebut
(Bulatkan sampai dua tempat desimal).
8. Perbandingan jumlah perempuan dan laki-laki
dalam satu kelas adalah 3 : 2 dan jumlah perempuan
ada 12. Tentukan rata-rata berat badan
laki-laki jika total berat siswa laki-laki adalah
424.
9. Tabel di samping
menunjukkan keuntungan setiap
bulan dari Restoran Memang Enak selama
satu tahun (dalam juta rupiah).
a. Berapakah
keuntungan terendah dan tertinggi?
b. Hitunglah nilai kuartil atas dan kuartil bawah
dari keuntungan restoran tersebut.
--------------------------------------------------------------
Peluang
--------------------------------------------------------------
Ã
Titik sampel adalah kemungkinan-kemungkinan yang muncul.
Ã
Ruang sampel adalah semua kejadian yang mungkin muncul
pada suatu percobaan.
Ã
Peluang
adalah kesempatan suatu kejadian muncul pada suatu percobaan
P (A) =
dimana,
P(A) =
peluang kejadian A
n(A) =
banyaknya titik sampel kejadian A
n(S) =
banyaknya anggota ruang sampel
Ã
Batas
nilai peluang munculnya titik sampel A adalah
0 ≤ P(A) ≤ 1
a. Jika P(A) = 0 disebut kemustahilan
b. Jika P(A) = 1 disebut kepastian
Ã
Frekuensi relatif dilambangkan dengan Fr.
Fr
=
Ã
Frekuensi harapan dilambangkan dengan Fh.
Fh(A)
= P(A) × banyaknya percobaan
Contoh
:
1.
Dalam
percobaan melempar 2 buah dadu, peluang muncul mata dadu berjumlah 8 adalah ...
Penyelesaian:
Mata dadu berjumlah 8 = (2,6), (3,5), (4,4), (5,3),
(6,2) atau ( 5 kemungkinan )
2.
Tiga mata uang logam dilempar undi bersama-sama. Banyak titik sampel paling sedikit 1 angka adalah … .
Penyelesaian:
Titik sampel =
(A,A,A), (A,A,G), (A,G,A),
(A,G,G), (G,A,A), (G,A,G), (G,G,A)
Kejadian paling sedikit 1
Angka = 7
3.
Dalam suatu
kantong berisi 10 kelereng kuning, 5 kelereng putih dan 26 kelereng biru. Satu
kelereng diambil berwarna putih dan tidak dikembalikan lagi. Jika diambil lagi
secara acak, nilai kemungkinan terambil kelereng putih lagi adalah….
Penyelesaian :
Latihan Soal
--------------------------------------------------------------------
1. Dalam sebuah kantong, terdapat 2 kelereng merah, 5 kelereng
biru, 4 kelereng hijau, dan 1 kelereng kuning. Peluang terambil kelereng biru
adalah ....
a. c.
b. d.
2. Sebuah
dadu dilemparkan sebanyak 180 kali. Frekuensi harapan munculnya mata dadu
kurang dari 6 adalah ....
a. 60
b. 90
c. 120
d. 150
3. Tiga
keping uang logam yang sama dilemparkan secara bersamaan sebanyak 80 kali.
Frekuensi harapan ketiganya muncul sisi angka adalah ....
a. 5
b. 10
c. 20
d. 40
4. Dari seperangkat kartu dilakukan pengambilan secara acak
sebanyak 260 kali. Jika setiap kartu yang diambil kemudian dikembalikan,
frekuensi harapan terambil kartu As adalah ....
a. 5 kali
b. 20 kali
c. 40 kali
d. 60 kali
5. Frekuensi harapan munculnya mata dadu bilangan ganjil pada
percobaan pelemparan sebuah dadu sebanyak 300 kali adalah ....
a. 75 kali
b. 100 kali
c. 150 kali
d. 200 kali
6. Sebuah dadu dilempar satu kali. Peluang muncul mata dadu
bilangan prima adalah … .
A.
B.
C.
D.
7. Andi mempunyai 3 baju
dan 2 celana. Banyak cara Andi berpakaian adalah … .
A. 5
B. 6
C. 8
D. 9
8. Suatu koin dilempar sebanyak 100 kali.
Jika mata koin Angka muncul
40 kali, tentukan peluang
empirik kemunculan mata angka tersebut.
A.
B.
C.
D.
9. Sebuah koin dilempar sebanyak 100 kali.
Jika mata koin Angka muncul 48
kali, maka peluang empirik kemunculan
mata koin bukan Angka adalah
....
A.
B.
C.
D.
10. Sebuah koin dilempar
sebanyak n kali. Jika peluang
empirik muncul mata koin Angka adalah
a kali, maka peluang empirik muncul mata
koin selain Angka dalah ....
A.
B.
C.
D.
11. Berikut ini tabel yang
menyatakan hasil percobaan
penggelindingan sebuah dadu.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “1” adalah , maka
percobaan penggelindingan dadu
tersebut dilakukan sebanyak ... kali.
A. 24 C. 26
B. 25 D. 27
12. Berikut ini tabel yang
menyatakan hasil percobaan
penggelindingan sebuah dadu.
Jika percobaan tersebut dilakukan sebanyak 40 kali, maka banyak peluang empirik
kemunculan mata dadu “2”
adalah ....
A.
B.
C.
D.
13. Berikut ini tabel yang
menyatakan hasil percobaan
penggelindingan sebuah dadu sebanyak
sekian kali.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “5” adalah , maka peluang empirik mata dadu “selain 5” dalam percobaan tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
14. Berikut ini tabel yang
menyatakan hasil percobaan
penggelindingan sebuah dadu sebanyak
sekian kali.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “1” adalah , banyak
kemunculan mata dadu “selain 2” dalam
percobaan tersebut adalah
....
A.
B.
C.
D.
15. Pada tabel berikut disajikan
data hasil pencobaan pengundian
dadu bermata enam.
Setelah dilakukan pengundian didapat data seperti tabel di samping. Dari data tersebut, peluang empirik muncul mata dadu 2 adalah ....
A.
B.
C.
D.
16. Pada tabel di samping
disajikan data hasil pencobaan
pengundian dadu bermata enam.
Setelah dilakukan
pengundian didapat data sebagai berikut. Jika dilakukan pelemparan sebanyak 18
kali lagi, taksiran terbaik muncul mata dadu 2 menjadi sebanyak ....
A. 7 kali C.
12 kali
B. 9 kali D. 24 kali
17. Sebuah kantong berisi 5 kelereng merah, 6 kelereng kuning, dan 9 kelereng hijau. Sebuah kelereng diambil dari kantong tersebu. Peluang terambil kelereng kuning adalah ....
A.
B.
C.
D.
18. Seorang melakukan pengundian dengan menggelindingkan 2 dadu.
Peluang teoretik muncul mata dadu kembar dalam pengundian tersebut adalah
....
A.
B.
C.
D.
19. Seorang melakukan pengundian dengan menggelindingkan 1 dadu dan 1 koin logam. Peluang teoretik muncul mata dadu “1” dan mata koin “Angka” dalam pengundian
tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
20. Seorang melakukan pengundian
dengan menggilindingkan dua dadu.
Peluang teoretik muncul mata dadu berjumlah 8 dalam pengundian tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
21. Seorang melakukan pengundian
dengan menggilindingkan dua dadu.
Peluang teoretik muncul mata dadu ganjil atau bukan prima dari salah satu mata dadu
yang muncul dalam pengundian tersebut
adalah ....
A.
B.
C.
D.
22. Gambar berikut adalah spinner dengan 24
bagian yang sama. Ketika seorang
memutar
panah spinner
tersebut, panah dapat berhenti di mana saja pada
setiap bagian Spinner tersebut.
Spinner tersebut
diwarnai bagian berwarna biru,
bagian berwarna
ungu, bagian berwarna
oranye, dan bagian berwarna
merah. Jika seseorang
memutar panah spinner, kemungkinan
terbesar panah akan berhenti
pada bagian berwarna ....
A. Biru C. Oranye
B. Ungu D. Merah
TIMSS
2003 8th Grade Mathematics Item
23. Di
Sekolah SMP Insan Mandiri terdapat 1.200 siswa
(laki-laki dan perempuan). 100 sampel diambil
secara acak dari siswa-siswa tersebut.
Dari 100 siswa yang diambil, 45
siswa adalah laki-laki.
Taksiran banyak siswa laki-laki seluruhnya
dalam sekolah tersebut adalah ... siswa.
A. 450 C. 540
B. 500 D. 600
TIMSS
2003 8th Grade Mathematics Item
24. Di suatu kelas 8 terdapat 30 siswa. Jika dilakukan suatu pemilihan secara acak,
peluang terpilih seorang siswa
dengan usia kurang dari 13 tahun adalah . Banyak siswa pada kelas tersebut yang berusia 13 tahun atau lebih adalah ... siswa.
A. 23 C. 25
B.
24 D. 26
25. Berikut ini
terdapat 11 koin yang bertuliskan bilangan-bilangan.
Dedi mengambil suatu koin tanpa melihat. Berapakah peluang Dedi mendapatkan koin yeng bertuliskan bilangan kelipatan
3?
A.
B.
C.
D.
TIMSS
1999 8th Grade Mathematics Item
26. Empat pemain sepak bola
melakukan latihan tendangan
penalti. Hasil latihan tersebut disajikan
pada tabel berikut.
Pemain yang mempunyai peluang terbesar untuk sukses dalam melakukan
tendangan penalti adalah ….
A. Arif C.
Candra
B. Bambang D. Dedi
Esai
--------------------------------------------------------------------
1. Dari 10 kali pelemparan mata uang logam, diperoleh 4 kali muncul gambar.
a.
Tentukan peluang empirik muncul gambar.
b. Tentukan peluang empirik muncul angka.
2. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.
Jika percobaan tersebut dilakukan sebanyak 135 kali, maka banyak peluang
empirik kemunculan mata dadu
“6” adalah ....
3. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “5” adalah , peluang empirik mata dadu “6” dalam percobaan
tersebut adalah ....
4. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “2” adalah , peluang
empirik kemunculan mata dadu “selain 1”
dalam percobaan tersebut
adalah ....
5. Dalam percobaan melempar dadu sebanyak
450 kali, secara teoretik akan muncul
mata dadu kurang dari 5 sebanyak ...
kali.
6. Dari 60 kali pelemparan sebuah dadu, diperoleh
10 kali muncul mata dadu 1, 12 kali muncul mata dadu 2, 11 kali muncul mata
dadu 3, dan 8 kali muncul mata dadu 4.
a. Tentukan
peluang empirik muncul mata dadu
kurang dari 4.
b. Tentukan
peluang empirik muncul mata dadu lebih dari 4.
7. Di dalam sebuah kantong terdapat 10
kelereng merah, 11 kelereng hijau,
13 kelereng kuning, dan 9 kelereng
biru. Jika diambil 1 kelereng dari
dalam kantong tersebut, peluang teoretik terambil
kelereng selain merah adalah ....
8. Di dalam sebuah kantong terdapat 15
kelereng merah, 14 kelereng hijau,
13 kelereng kuning, dan n kelereng
biru. Jika diambil 1 kelereng dari dalam kantong
tersebut, peluang teoretik terambil kelereng biru adalah . Tentukan peluang
teoretik jika yang diambil adalah kelereng hijau.
9. Suatu lomba sepeda hias diikuti peserta sebanyak:
• 10 orang berumur 6 tahun,
• 24 orang berumur 9 tahun, dan
• 16 orang berumur 10 tahun.
Jika lomba tersebut akan memilih satu orang terbaik, berapa peluang yang akan
terpilih adalah peserta
berumur 9 tahun?
10. Ketika berjalan-jalan di sebuah mall, Rudi mendapatkan keberuntungan sebagai pengunjung mall tergpilih di hari
itu. Rudi berkesempatan memilih
1 hadiah dari 3 kotak yang sudah
disediakan panitia mall.
Setiap kotak tersebut berisi bola berwarna merah mewakili mobil, kuning mewakili motor, dan hijau
mewakili TV dengan komposisi sebagai
berikut.
Rudi hanya diberi kesempatan untuk mengambil 1 hadiah dari salah satu
kotak. Tentukan kotak mana
yang memiliki peluang terbesar
mendapatkan mobil. Jelaskan.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
No comments:
Post a Comment