Monday, December 7, 2020

Pemetaan SKL UN SMP Matematika Statistika

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



Berikut Link-link Soal-Soal Pemetaan SKL UN SMP,

 

 

 


STATISTIKA DAN PELUANG

Menyajikan Dan Mendeskripsikan Data Dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis Atau Lingkaran

 

Latihan Soal

-----------------------------------------------------------------

1.           Mean dan median grafik di bawah ….

          

           a. 4,5 dan 7,0

           b. 7,5 dan 7,5

           c. 4,5 dan 8,0

           d. 7,5 dan 8,5

 

2.        Dari grafik di atas dapat dinyatakan bahwa selisih    nilai rata-rata kelas 9A dengan kelas 9B adalah….

           Description: New Picture (6)

           a. 0,66                     c. 0,14

           b. 0,22                     d. 0

 

 

3.        Diagram di samping menyatakan kegemaran dari 1200 siswa. Banyaknya siswa yang gemar bermain    basket adalah….

          

 

           a. 60 orang

           b. 80 orang

           c. 100 orang

           d. 120 orang

 

4.        Data pertumbuhan penduduk dari tahun 1995           sampai 1999 seperti  tampak pada gambar berikut:

           Description: New Picture

           Banyak semua penduduk pada data tersebut adalah ….

           a. 34 orang                           

           b. 52 orang

           c. 40 orang

           d. 60 orang 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.        Diagram lingkaran di bawah ini menggambarkan kegiatan waktu luang dari 180 orang. Banyak orang    yang melakukan kegiatan sosial adalah ….

          

 

           a. 30 orang

           b. 35 orang                                                                                 

           c. 40 orang                                                                                                                                      

           d. 60 orang

 

6.        Data penjualan beras di toko sembako selama lima hari adalah sebagai berikut

 

Rata-rata banyak beras yang terjual setiap hari adalah … .

a. 35 kwintal   

b. 40 kwintal

c. 42 kwintal

d. 44 kwintal

 

7.        Perhatikan diagram berikut!

Jika luas daerah seluruhnya 300 hektar, maka luas daerah yang merupakan hutan adalah … .

a. 10 hektar

b. 12 hektar

c. 100 hektar

d. 120 hektar

 

8.        Jumlah pengunjung perpustakaan di SMP Merdeka pada bulan Juli sampai dengan Desember 2015 nampak seperti pada diagram batang di bawah ini.

Jumlah pengunjung pada tiga bulan pertama adalah …  siswa

a. 100

b. 125

c. 175

d. 225      

 

9.        Selisih tertinggi siswa laki-laki dan perempuan ada di kelas......

        a. 7A

        b. 7B

        c. 7C

        d. 7D

 

 

 

 

 

 

10.      Penurunan yang tinggi penjualan kendaraan di kota X terjadi pada bulan

 

 

            a. Januari – Februari

            b. Februari – Maret

            c. Maret – April

            d. Juni – Juli

 

11.      Perhatikan diagram batang berikut

 

 

Penjualan ayam tertinggi terjadi pada bulan....

            a. Januari                c. Maret

            b. Februari              d. April

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.      Suhu badan Diva stabil terjadi pada hari

 

 

            a. Senin – Selasa

            b. Selasa – Rabu

            c. Rabu – Kamis

            d. Kamis – Jumat

 

13.      Jika semua pemilih ada 250 siswa, banyak   siswa yang memilih Hidayat adalah

 

           

 

            a. 30 siswa

            b. 32 siswa

            c. 35 siswa

            d. 40 siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.        Soal Uraian

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

1.        Perhatikan diagram garis berikut ini

            a.   Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Senin sampai       Minggu

            b.   Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah          terhadap Dolar AS pada hari Rabu sampai       Sabtu

 

2.        Dalam satu minggu banyaknya kendaraan yang        melintas di jalan tol tercatat dalam tabel       berikut.

           

            a.   Tentukan persentase banyak kendaraan                              setiap hari dalam sepekan.

            b.   Apa kesimpulan kalian tentang banyaknya kendaraan yang melintas dalam sepekan di jalan tol?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.        Diagram lingkaran di samping ini menunjukkan         penjualan mobil di beberapa kota besar.

 

           

 

            a.   Jika semua mobil yang terjual sebanyak                               41.300, tentukan berapa banyak mobil        yang terjual tiaptiap kota?

            b.   Apa kesimpulan kalian tentang banyaknya mobil yang terjual dari kota besar tersebut?

 

4.        Diketahui diagram batang tentang tinggi badan seperti di bawah ini.

            Diketahui jumlah siswa adalah 126 anak.

            a.   Tentukan berapa banyak siswa masing-                masing.

            b.   Pada tinggi badan berapa jumlah siswa                 yang paling banyak dan paling sedikit?

            c.   Tentukan ukuran tinggi badan yang banyak siswanya sama?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

--------------------------------------------------------------

Ukuran Pemusatan Data

--------------------------------------------------------------

à   Ukuran Pemusatan (Ukuran Tendensi Sentral)

a.      Mean (rata-rata atau rataan) dilambangkan dengan

               Mean () =

 

b.      Median (Me)

Median adalah nilai tengah dari sekumpulan data setelah diurutkan.

Jika banyaknya data genap, maka mediannya adalah rata-rata dari dua data yang ditengah.

 

c.      Modus (Mo)

        Modus adalah data yang paling sering muncul

 

Latihan Soal

1.        Diketahui data nilai ulangan matematika 15 orang siswa sebagai berikut.

           7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4

           Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah ... orang.

a. 4

b. 7

c. 8

d. 11

 

2.        Nilai rata-rata sekelompok siswa yang berjumlah 40 orang adalah 62. Jika seorang siswa yang mendapat nilai 23 dari kelom pok itu tidak dimasukkan dalam perhitungan rata-rata tersebut, nilai rata-rata ujian menjadi ....

a. 61,05

b. 61,425

c. 62

d. 63

 

 

 

 

 

 

 

 

3.        Dalam suatu ujian yang diikuti 42 siswa, diperoleh rataan nilai ujian 30. Oleh karena rataannya terlalu rendah, semua nilai ujian siswa dikalikan 2, kemudian dikurangi 5. Rataan nilai yang baru adalah ....

a. 55

b. 54

c. 53

d. 52

 

4.        Nilai rata-rata ulangan Matematika 10 siswa adalah 55. Jika digabung lagi dengan 5 siswa lain, nilai rata-ratanya menjadi 53. Nilai rata-rata dari 5 siswa tersebut adalah ....

a. 49

b. 50

c. 50,5

d. 51

 

5.        Diketahui data tinggi badan sejumlah anak sebagai berikut :

150cm, 148cm, 153cm, 150cm, 160cm,

150cm, 154cm, 151cm, 153cm, 150cm,

152cm, 154cm, 160cm, 150cm, 148cm.

Modus data tersebut adalah ... .

a. 148 cm

b. 150 cm

c. 153 cm

d. 160 cm

 

6.        Perhatikan data berikut.

Skor

35

36

37

38

39

40

Frek.

7

18

8

9

6

2

Median dari data tersebut adalah ... .

a. 36

b. 36,5

c. 37

d. 37,5

 

7.        Hasil tes Bahasa Inggris diketahui sebagai berikut :

NILAI

5

6

7

8

9

10

FREK

4

13

12

7

3

1

Banyaknya siswa yang nilainya di atas rata – rata adalah ... .

a. 11 orang

b. 17 orang

c. 23 orang

d. 29 orang

 

8.        Nilai rata-rata siswa perempuan di suatu kelas 70, sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki 75. Jika jumlah siswa di kelas itu 40 orang dan nilai rata-rata seluruh siswa 72, maka banyak siswa laki-laki adalah ... .

            a. 16 orang

            b. 20 orang

            c. 24 orang

            d. 28 orang

 

9.        Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor.

 

            Pada tahun berapakah terjadi kenaikan        penjualan motor sebesar 20%?

            A. 2007                    C. 2010

            B. 2009                    D. 2011

 

10.      Diberikan data yang sudah terurut sebagai berikut.

            14, 16, 18, x – 3, 20, 22, x + 2

Median dari data tersebut adalah 19. Berapakah      nilai x?

            A. 19                                       C. 21

           B. 20                                        D. 22

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.      Berikut ini diagram nilai ulangan matematika             siswa kelas VIII A.

          

            Median dari nilai ulangan matematika siswa              kelas VIII A adalah ....

            A. 6,5                       C. 7,5

           B. 7                           D. 8

 

12.      Data berat badan (dalam kg) sekelompok balita        di Posyandu Kasih Bunda sebagai berikut.

            16 19 20 21 19 16 21 16

            17 20 16 20 17 16 21 17

            18 18 18 16 16 19 19 20

            20 21 17 18 18 20 16 19

            Modus data di atas adalah ....

            A. 16                        C. 19

           B. 18                         D. 20

 

13.      Perhatikan tabel berikut.

            Median data di atas adalah ....

            A. 6,5                       C. 7,5

           B. 7,0                       D. 8,0

 

14.      Rata-rata lima belas bilangan adalah 49,4. Rata-      rata lima bilangan pertama adalah 55. Rata-rata enam bilangan terakhir adalah 45. Ratarata empat bilangan yang lain adalah ....

            A. 46                        C. 48

            B. 47                        D. 49

 

15.      Suatu kelas terdiri atas 30 siswa baru saja   mengikuti tes tulis. Jika 20 siswa mendapat       nilai 80, 8 siswa mendapat nilai 90, dan 2 siswa mendapat nilai 100, berapakah rata-rata nilai     kelas pada tes tulis ini?

            A. 82                        C. 86

            B. 84                        D. 88

 

16.      Rata-rata berat badan dari 200 ikan hasil    tangkapan di laut lepas adalah 50 kg. Pada saat       diperiksa ulang, ternyata terdapat kesalahan tulis yaitu 92 dan 8 berturut-turut seharusnya adalah 192 dan 88. Rataan yang benar adalah          ....

            A. 50,9                                    C. 55,9

            B. 53,9                                    D. 59,9

 

17.      Diketahui data nilai ulangan Matematika dari            15 orang siswa sebagai berikut.

            7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4

            Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata              adalah .... siswa.

            A. 4                                         C. 6

            B. 5                                         D. 7

 

18.      Nilai rata-rata ulangan Matematika dari suatu          kelas adalah 7. Apabila dua siswa yang baru       mengikuti ulangan susulan yang nilainya 4 dan 6 digabungkan, maka nilai rata-rata kelas itu turun 0,1. Banyak siswa semula adalah ....

            A. 36                                       C. 40

            B. 38                                       D. 42

 

19.      Mean dari empat bilangan bulat :

            4, a, b, dan 5 sama dengan median data tersebut, yaitu 6.   Selisih bilangan terbesar dan terkecil sama dengan ....

            A. 2                                         C. 4

           B. 3                                          D. 5

 

20.      Dari 10 data pengamatan diketahui bahwa                median adalah dua lebihnya dari jangkauan.             Bila semua data dikalikan dua kemudian      dikurangi 3, maka jumlah dari median dan             jangkauan menjadi 21. Jangkauan data mula-           mula adalah ....

            A. 3                                         C. 5

            B. 4                                         D. 6

 

21.      Kuartil bawah dari data 12, 13, 11, 6, 4, 9, 3, 7, 6, 5, 9, adalah ....

            A. 4                                         C. 6

            B. 5                                         D. 7

 

 

 

 

22.      Diberikan diagram nilai ulangan Matematika             siswa kelas VIII C seperti berikut.

          

            Kuartil atas dari data di atas adalah ....

            A. 6,25                                    C. 8,25

            B. 7,5                       D. 9,5

 

23.      Tabel berikut ini menunjukkan lama tidur di                waktu malam (dalam jam) beberapa siswa kelas   VIII.

          

Dari tabel di atas, diperoleh informasi sebagai          berikut.

            (1) Median = 6

            (2) Q1 = 5

           (3) Q3 = 7,5

            Pernyataan yang benar adalah ....

            A. (1) dan (2)          C. (2) dan (3)

            B. (1) dan (3)          D. (1), (2), dan (3)

 

24.      Simpangan kuartil dari 7, 4, 5, 6, 7, 5, 4, 7, 8, 9,        6 adalah ....

            A. 1                                         C. 2,5

            B. 2                                         D. 3

 

25.      Diketahui data sebagai berikut.

            4, 5, 5, 7, 3, 2, 4, 6, 7, 4

            Pernyataan berikut yang salah adalah ....

            A. Modus = 4          C. Mean = 4,7

            B. Median = 5                       D. Q3 = 6

 

 

 

 

 

 

 

26.      Diagram berikut menunjukkan nilai ulangan               susulan mata pelajaran IPS beberapa siswa             kelas VIII.

          

            Dari diagram di atas,

            nilai mean + median + modus = ....

            A. 4 C.                                     6

           B. 5                                     D. 8

 

27.      Tabel di bawah menunjukkan usia 20 anak di             suatu kelas, 2 tahun yang lalu.

           

Bila pada tahun ini tiga orang yang berusia 7 tahun dan seorang yang berusia 8 tahun pindah       sekolah, maka usia rata-rata 16 orang yang        masih tinggal pada saat ini adalah ... tahun.

            A. 7                                         C. 8

            B. 8                                    D. 9

 

28.            Dari 50 siswa terdapat 20 siswa yang mendapat                nilai kurang dari 45 dan 10 siswa mendapat       nilai lebih dari 76. Bila nilai yang dapat dicapai              adalah bilangan bulat dari 0 sampai 100, maka               nilai rata-rata 50 siswa tersebut tidak mungkin      sama dengan ....

            A. 43                                       C. 65

           B. 50                                        D. 73

 

 

 

 

 

 

 

Esai

--------------------------------------------------------------------

1.        Jumlah siswa laki-laki kelas IX A SMP Ceria adalah 16 orang dengan berat badan rata-rata       adalah 50 kg. Jelaskan secara singkat     langkahlangkah untuk mengukur berat badan ke-16 siswa tersebut.

 

2.        Pak Tono memiliki kebun mangga sebanyak 36         pohon, rata-rata panen dari tahun 2013-2017 adalah 373 kg. Tentukan nilai x.

          

 

3.        Terdapat 8 bilangan dengan rata-rata 18. Enam        bilangan di antaranya adalah 16, 17, 19, 20, 21, dan 14. Sisa dua angka bila dijumlahkan sama dengan 2x. Berapakah nilai x?

 

4.        Winda telah mengikuti beberapa kali ujian   matematika. Jika Winda memperoleh nilai 94 pada ujian yang akan datang, nilai rata-rata              seluruh ujian matematikanya adalah 89. Tetapi       jika ia memperoleh nilai 79 maka nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 86.

            Dari informasi tersebut, berapa banyak ujian             yang telah diikuti oleh Winda sebelumnya?

 

5.        Diketahui data nilai ujian akhir semester siswa          kelas VIII A SMP Ceria di bawah ini.

          

Jika nilai ujian akhir semester siswa di kelas               tersebut memiliki nilai rata-rata 7,5, tentukan nilai mediannya.

 

6.        Kelas VIII A SMP Ceria memiliki siswa            sebanyak 32 orang. Pada Ujian Tengah     Semester diketahui nilai rata-rata pada mata                pelajaran matematika adalah 75, sedangkan nilai rata rata pada mata pelajaran IPA adalah 62,4. Pada kelas VIII D, rata-rata nilai matematika yang diperoleh adalah 71,6. Jika            nilai rata-rata gabungan kelas VIII A dan kelas   VIII D untuk mata pelajaran matematika dan                IPA masing-masing adalah 73,2 dan 66,       tentukan nilai rata-rata mata pelajaran IPA    untuk kelas VIII D.

7.        Data berikut menunjukkan hasil Ujian Akhir                Semester mata pelajaran IPA kelas VIII.

          

Jika pihak sekolah memberlakukan aturan   bahwa siswa yang memiliki nilai Ujian Akhir Semester lebih dari atau sama dengan nilai rata-      rata akan diluluskan, dan siswa yang memiliki   nilai di bawah nilai rata-rata tidak lulus,    tentukan persentase banyak siswa yang tidak lulus pada Ujian Akhir Sekolah untuk mata pelajaran IPA        tersebut (Bulatkan sampai dua tempat desimal).

 

8.        Perbandingan jumlah perempuan dan laki-laki dalam satu kelas adalah 3 : 2 dan jumlah perempuan ada 12. Tentukan rata-rata berat            badan laki-laki jika total berat siswa laki-laki adalah 424.

 

9.        Tabel di samping menunjukkan keuntungan               setiap bulan dari Restoran Memang Enak             selama satu tahun (dalam juta rupiah).

           

            a.   Berapakah keuntungan terendah dan                                   tertinggi?

            b.   Hitunglah nilai kuartil atas dan kuartil bawah dari keuntungan restoran tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

--------------------------------------------------------------

Peluang

--------------------------------------------------------------

 

à         Titik sampel adalah kemungkinan-kemungkinan yang muncul.

à         Ruang sampel adalah semua kejadian yang mungkin muncul pada suatu percobaan.

à         Peluang adalah kesempatan suatu kejadian muncul pada suatu percobaan

P (A) =

dimana,

P(A)           = peluang kejadian A

n(A)           = banyaknya titik sampel kejadian A

n(S)            = banyaknya anggota ruang sampel

 

à         Batas nilai peluang munculnya titik sampel A adalah

0 ≤ P(A) ≤ 1

a.     Jika P(A) = 0 disebut kemustahilan

b.     Jika P(A) = 1 disebut kepastian

 

à         Frekuensi relatif dilambangkan dengan Fr.

Fr =

 

à         Frekuensi harapan dilambangkan dengan Fh.

Fh(A) = P(A) × banyaknya percobaan

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh :

1.           Dalam percobaan melempar 2 buah dadu, peluang muncul mata dadu berjumlah 8 adalah ...

 

Penyelesaian:

Mata dadu berjumlah 8 = (2,6), (3,5), (4,4), (5,3), (6,2)  atau ( 5 kemungkinan )

          

 

2.           Tiga mata uang logam dilempar undi bersama-sama. Banyak titik sampel  paling sedikit 1 angka adalah … .

 

           Penyelesaian:

           Titik  sampel  =

           (A,A,A), (A,A,G), (A,G,A), (A,G,G), (G,A,A), (G,A,G), (G,G,A)

           Kejadian paling sedikit 1 Angka = 7

 

3.           Dalam suatu kantong berisi 10 kelereng kuning, 5 kelereng putih dan 26 kelereng biru. Satu kelereng diambil berwarna putih dan tidak dikembalikan lagi. Jika diambil lagi secara acak, nilai kemungkinan terambil kelereng putih lagi adalah….

 

Penyelesaian :

                                                                                

                      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latihan Soal

--------------------------------------------------------------------

1.        Dalam sebuah kantong, terdapat 2 kelereng merah, 5 kelereng biru, 4 kelereng hijau, dan 1 kelereng kuning. Peluang terambil kelereng biru adalah ....

           a.                                       c.

           b.                                        d.

 

2.        Sebuah dadu dilemparkan sebanyak 180 kali. Frekuensi harapan munculnya mata dadu kurang dari 6 adalah ....

a. 60

b. 90

c. 120

d. 150

 

3.        Tiga keping uang logam yang sama dilemparkan secara bersamaan sebanyak 80 kali. Frekuensi harapan ketiganya muncul sisi angka adalah ....

a. 5

b. 10

c. 20

d. 40

 

4.        Dari seperangkat kartu dilakukan pengambilan secara acak sebanyak 260 kali. Jika setiap kartu yang diambil kemudian dikembalikan, frekuensi harapan terambil kartu As adalah ....

a. 5 kali

b. 20 kali

c. 40 kali

d. 60 kali

 

5.        Frekuensi harapan munculnya mata dadu bilangan ganjil pada percobaan pelemparan sebuah dadu sebanyak 300 kali adalah ....

a. 75 kali

b. 100 kali

c. 150 kali

d. 200 kali

 

 

 

 

6.        Sebuah dadu dilempar satu kali. Peluang muncul mata dadu bilangan prima adalah … .

A.    

B.    

C.    

D.    

 

7.        Andi mempunyai 3 baju dan 2 celana. Banyak cara Andi berpakaian adalah … .

A.     5

B.     6

C.     8

D.     9

 

8.        Suatu koin dilempar sebanyak 100 kali. Jika               mata koin Angka muncul 40 kali, tentukan             peluang empirik kemunculan mata angka    tersebut.

           A.

           B.

           C.

           D.  

 

 

9.        Sebuah koin dilempar sebanyak 100 kali. Jika             mata koin Angka muncul 48 kali, maka peluang    empirik kemunculan mata koin bukan Angka adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

 

10.      Sebuah koin dilempar sebanyak n kali. Jika peluang empirik muncul mata koin Angka             adalah a kali, maka peluang empirik muncul              mata koin selain Angka dalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

11.      Berikut ini tabel yang menyatakan hasil       percobaan penggelindingan sebuah dadu.

          

          

            Jika peluang empirik kemunculan mata dadu             “1” adalah  , maka percobaan             penggelindingan dadu tersebut dilakukan    sebanyak ... kali.

            A. 24                                       C. 26

           B. 25                                        D. 27

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.      Berikut ini tabel yang menyatakan hasil       percobaan penggelindingan sebuah dadu.

           

Jika percobaan tersebut dilakukan sebanyak 40        kali, maka banyak peluang empirik kemunculan mata dadu “2” adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

13.      Berikut ini tabel yang menyatakan hasil       percobaan penggelindingan sebuah dadu             sebanyak sekian kali.

           

            Jika peluang empirik kemunculan mata dadu             “5” adalah , maka peluang empirik mata             dadu “selain 5” dalam percobaan tersebut adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

14.      Berikut ini tabel yang menyatakan hasil       percobaan penggelindingan sebuah dadu             sebanyak sekian kali.

           

Jika peluang empirik kemunculan mata dadu             “1” adalah  , banyak kemunculan mata dadu    “selain 2” dalam percobaan tersebut adalah

           ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

15.      Pada tabel berikut disajikan data hasil          pencobaan pengundian dadu bermata enam.

           

Setelah dilakukan pengundian didapat data               seperti tabel di samping. Dari data tersebut, peluang empirik muncul mata dadu 2 adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

16.      Pada tabel di samping disajikan data hasil   pencobaan pengundian dadu bermata enam.

           

Setelah dilakukan pengundian didapat data sebagai berikut. Jika dilakukan pelemparan sebanyak 18 kali lagi, taksiran terbaik muncul mata dadu 2 menjadi sebanyak ....

            A. 7 kali                   C. 12 kali

           B. 9 kali                    D. 24 kali

 

 

17.      Sebuah kantong berisi 5 kelereng merah, 6 kelereng kuning, dan 9 kelereng hijau. Sebuah kelereng diambil dari kantong tersebu. Peluang        terambil kelereng kuning adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

18.      Seorang melakukan pengundian dengan      menggelindingkan 2 dadu.

            Peluang teoretik muncul mata dadu kembar              dalam pengundian tersebut adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

 

19.      Seorang melakukan pengundian dengan      menggelindingkan 1 dadu dan 1 koin logam. Peluang teoretik muncul mata dadu “1” dan              mata koin “Angka” dalam pengundian tersebut    adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

20.      Seorang melakukan pengundian dengan      menggilindingkan dua dadu.

Peluang teoretik muncul mata dadu berjumlah 8      dalam pengundian tersebut adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

21.      Seorang melakukan pengundian dengan      menggilindingkan dua dadu.

Peluang teoretik muncul mata dadu ganjil atau         bukan prima dari salah satu mata dadu yang muncul dalam pengundian tersebut adalah ....

           A.

           B.

           C.

           D.

 

 

 

 

 

22.      Gambar berikut adalah spinner dengan 24

            bagian yang sama. Ketika seorang memutar

panah spinner tersebut, panah dapat berhenti di mana saja pada setiap bagian Spinner tersebut.

           

Spinner tersebut diwarnai  bagian berwarna biru,  bagian berwarna ungu,  bagian berwarna oranye, dan  bagian berwarna                merah. Jika seseorang memutar panah spinner,    kemungkinan terbesar panah akan berhenti

            pada bagian berwarna ....

            A. Biru                     C. Oranye

            B. Ungu                   D. Merah

TIMSS 2003 8th Grade Mathematics Item

 

23.            Di Sekolah SMP Insan Mandiri terdapat 1.200      siswa (laki-laki dan perempuan). 100 sampel       diambil secara acak dari siswa-siswa tersebut.

            Dari 100 siswa yang diambil, 45 siswa adalah            laki-laki. Taksiran banyak siswa laki-laki             seluruhnya dalam sekolah tersebut adalah ...            siswa.

            A. 450                                     C. 540

            B. 500                                     D. 600

TIMSS 2003 8th Grade Mathematics Item

 

 

 

 

 

 

 

 

24.      Di suatu kelas 8 terdapat 30 siswa. Jika        dilakukan suatu pemilihan secara acak, peluang       terpilih seorang siswa dengan usia kurang dari 13 tahun adalah . Banyak siswa pada kelas       tersebut yang berusia 13 tahun atau lebih adalah              ... siswa.

            A. 23                        C. 25

           B. 24                         D. 26

 

25. Berikut ini terdapat 11 koin yang bertuliskan bilangan-bilangan.

          

            Dedi mengambil suatu koin tanpa melihat. Berapakah peluang Dedi mendapatkan koin             yeng bertuliskan bilangan kelipatan 3?

           A.

           B.

           C.

           D.

TIMSS 1999 8th Grade Mathematics Item

 

26.      Empat pemain sepak bola melakukan latihan            tendangan penalti. Hasil latihan tersebut             disajikan pada tabel berikut.

          

            Pemain yang mempunyai peluang terbesar                untuk sukses dalam melakukan tendangan             penalti adalah ….

            A. Arif                                     C. Candra

            B. Bambang                          D. Dedi

 

 

 

 

 

 

 

 

Esai

--------------------------------------------------------------------

1.        Dari 10 kali pelemparan mata uang logam,                diperoleh 4 kali muncul gambar.

            a.   Tentukan peluang empirik muncul gambar.

            b.   Tentukan peluang empirik muncul angka.

 

2.        Berikut ini tabel yang menyatakan hasil       percobaan penggelindingan sebuah dadu.

          

            Jika percobaan tersebut dilakukan sebanyak              135 kali, maka banyak peluang empirik             kemunculan mata dadu “6” adalah ....

 

3.        Berikut ini tabel yang menyatakan hasil       percobaan penggelindingan sebuah dadu.

          

Jika peluang empirik kemunculan mata dadu             “5” adalah , peluang empirik mata dadu “6” dalam percobaan tersebut adalah ....

 

4.        Berikut ini tabel yang menyatakan hasil       percobaan penggelindingan sebuah dadu.

          

Jika peluang empirik kemunculan mata dadu             “2” adalah  , peluang empirik kemunculan mata dadu “selain 1” dalam percobaan tersebut

            adalah ....

 

5.        Dalam percobaan melempar dadu sebanyak 450      kali, secara teoretik akan muncul mata dadu       kurang dari 5 sebanyak ... kali.

 

6.        Dari 60 kali pelemparan sebuah dadu, diperoleh 10 kali muncul mata dadu 1, 12 kali muncul mata dadu 2, 11 kali muncul mata dadu 3, dan 8 kali muncul mata dadu 4.

            a.   Tentukan peluang empirik muncul mata                               dadu kurang dari 4.

            b.   Tentukan peluang empirik muncul mata                               dadu lebih dari 4.

 

7.        Di dalam sebuah kantong terdapat 10 kelereng        merah, 11 kelereng hijau, 13 kelereng kuning,     dan 9 kelereng biru. Jika diambil 1 kelereng            dari dalam kantong tersebut, peluang teoretik   terambil kelereng selain merah adalah ....

 

8.        Di dalam sebuah kantong terdapat 15 kelereng        merah, 14 kelereng hijau, 13 kelereng kuning,     dan n kelereng biru. Jika diambil 1 kelereng dari dalam kantong tersebut, peluang teoretik terambil kelereng biru adalah  . Tentukan peluang teoretik jika yang diambil adalah kelereng hijau.

 

9.        Suatu lomba sepeda hias diikuti peserta       sebanyak:

            • 10 orang berumur 6 tahun,

            • 24 orang berumur 9 tahun, dan

            • 16 orang berumur 10 tahun.

            Jika lomba tersebut akan memilih satu orang            terbaik, berapa peluang yang akan terpilih             adalah peserta berumur 9 tahun?


10.      Ketika berjalan-jalan di sebuah mall, Rudi    mendapatkan keberuntungan sebagai       pengunjung mall tergpilih di hari itu. Rudi           berkesempatan memilih 1 hadiah dari 3 kotak       yang sudah disediakan panitia mall.

Setiap kotak tersebut berisi bola berwarna                merah mewakili mobil, kuning mewakili motor, dan hijau mewakili TV dengan komposisi sebagai berikut.

          

            Rudi hanya diberi kesempatan untuk             mengambil 1 hadiah dari salah satu kotak.             Tentukan kotak mana yang memiliki peluang            terbesar mendapatkan mobil. Jelaskan.



Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

No comments:

Post a Comment

Produk Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

Modul dan SOP Bimbel

  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri 

  • Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
  • Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
  • Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
  • Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

 

Pengalaman Kami 

Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

 

Harga Produk Kemitraan Bimbel 

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips

  • Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
  • 700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

 

Biaya berjalan

  • hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
  • Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Analisa Bakat dengan Sidik Jari - Online

Download Aplikasinya Klik Disini

Harga Rp 100K/analisa

Kirimkan :

  • Foto 10 Ujung jari (Sidik Jari Nampak Jelas yaa).
  • Foto 2 Telapak Tangan Kanan.

 

Silahkan Lihat Video Berikut cara Foto dan Pengiriman Data
https://youtu.be/IsasZAQRYoo

 

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa

Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa 

 

Info Lebih Lanjut


Aqila Daring Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kelas Daring yang dapat diikuti dimanapun Anda berada.

 

Kelebihan

  • Menggunakan Aplikasi khusus buatan Kami sendiri sehingga Live Streaming (kegiatan Les) hanya membutuhkan Data Internet sebesar ±150 MB / jam
  • Biaya Les Relatif Murah dan Flat untuk seluruh Indonesia dan sekitarnya.
  • Bukan Video namun Live Streaming jadi Siswa dapat berinteraksi dengan Tutor secara langsung.
  • Untuk Kelas Privat bisa menentukan Jadwal sendiri
  • Les Privat dilakukan seperti halnya Video Call biasa dengan tambahan chat untuk pesan dan Gambar. Satu Tutor satu Siswa sehingga kegiatan les lebih kondusif dan efisien.
  • Untuk Les kolompok, Tutor melakukan Live Streaming. Siswa bertanya di ruang chat yang tersedia. Siswa bisa mendengar dan melihat siswa namun Tutor tidak bisa melihat siswa.
  • Les Daring ini telah berjalan sejak Juni 2020 dan sudah menjangkau sampai negara tetangga.

 

Biaya Les Daring

  • Biaya Les Privat per sesi  SD Rp 30.000 | SMP Rp 35.000 | SMA Rp 50.000 | SBMPTN Rp 55.000
  • Kelompok per bulan SD Rp 100.000 | SMP Rp 115.000 | SMA Rp 156.000

 

Pendaftaran

  • Ketik Aqila Daring Bimbel di PlayStore
  • Isi data Pendaftaran
  • Info lebih Lanjut WhatsApp ke 085640451319

 

Link Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladaring

 

Bimbel Aqila Course

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah
Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6285640451319

 


Aplikasi Lomba dan Share Konten Belajar

Fungsi untuk Bimbel

  • Media Penjualan Konten Belajar seperti Modul, Video dan Latihan Soal.
  • Manajemen Pembayaran Bulanan untuk menikmati Konten
  • Event Lomba baik diadakan secara terpisah maupun di satu lokasi.
  • Share link Belajar Daring sesuai Kelasnya sehingga lebih tepat dan cepat (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).

 

Fungsi untuk Sekolah

  • Manajemen Pungasan Guru dan Penilaian untuk kegiatan sekolah
  • Manajeman share Link live Teaching agar lebih tepat sasaran (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).
  • Share Konten Video, Materi dan Latihan Soal.

 

Catatan
Saat pembelian Konten Aplikasi masih Kosong jadi perlu ditambahkan sendiri.

 

Untuk Siapakah Aplikasi ini ?

  • Anda yang suka membuat Konten belajar seperti video, Modul dan Soal yang berniat menjualnya secara online.
  • Anda yang sering mengadakan Lomba secara Massal, dengan Aplikasi ini Anda bisa berhemat Biaya Fotocopy, Pengawas dan Korektor.
  • Guru yang ingin mempermudah kegiatan Pemberian Tugas secara online dan mempermudah penilaian.
  • Sekolah yang ingin mengembangkan Kegiatan Belajar Mandiri.
  • Bimbel yang ingin mengembangkan diri ke arah Les Daring.

 

Contoh Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri

Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

 

Video Keterangan
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_au4OygFpFAQhDtn1s6Ntc


Harga 

  • Aplikasi dengan Nama Bimbel/Sekolah Anda sendiri Rp 1,5 juta
  • Biaya berjalan (database) Rp 10 per View

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Jasa Pembuatan

Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

 

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.

 

Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya

Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

 

Biaya Pembuatan

  • Harga Rp 4 juta
  • sudah termasuk Upload di PlayStore
  • Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464