Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Berikut Link-link Soal-soal SMA Matematika Wajib
- Nilai Mutlak 1
- Nilai Mutlak 2
- SPLTV
- Fungsi
- Fungsi Invers
- Trigonometri
- Induksi Matematika
- Program Linier
- Matrik
- Transformasi Geometri
- Barisan dan Deret
- Limit Fungsi
- Turunan
- Integral
- Dimensi Tiga
- Statistika
- Peluang
---------------------------------------------------------------------------
LIMIT FUNGSI
--------------------------------------------------------------------------
Limit dapat didefinisikan sebagai berikut:
artinya jika x mendekati a (tetapi x ≠a )
maka f(x) mendekati nilai L.
Sifat-Sifat Limit Fungsi
Apabila k suatu konstanta, f dan g merupakan
fungsi-fungsi yang mempunyai limit untuk x → a, a ∈ R maka berlaku:
a.
b.
c.
d.
e.
f.
Limit fungsi yang berbentuk
Nilai dari
1. Jika
derajat dari pembilang f(x) lebih besar daripada derajat penyebut
g(x), maka nilai
2. Jika
derajat dari pembilang f(x) sama dengan derajat penyebut g(x),
maka nilai
3. Jika
derajat dari pembilang f(x) lebih kecil daripada derajat penyebut
g(x), maka nilai
Untuk menyelesaikan
1. Jika f(a)
= C, maka nilai
2. Jika f(a)
=
3. Jika f(a)
=
4. Jika f(a)
=
Limit Fungsi Trigonometri
Latihan 1
---------------------------------------------------------------------------
1. Tunjukkan dengan pendekatan nilai pada limit fungsi berikut
:
2. Tunjukkan dengan gambar dan pendekatan nilai fungsi pada
saat pendekatan ke 2 dari kiri dan kanan:
4. Jika L, K adalah bilangan real dan
5. Tunjukkan dengan gambar, nilai pendekatan dari fungsi-fungsi
berikut:
d. Jika
f(x) =
maka tunjukkan
e. Jika
f(x) =
maka tunjukkan
6. Tuliskan dan tunjukkan sifat-sifat limit yang mana saja
dapat digunakan untuk menyelesaikan limit fungsi berikut?
Latihan 2
---------------------------------------------------------------------------
1. Selidiki fungsi tersebut mempunyai limit atau tidak, berikan
alasan!
2. Dengan menggunakan strategi, tentukan nilai limit fungsi
berikut:
3. Sketsa dan analisis limit fungsi di x = –1 dan x = 1
a.
b.
c.
4. Sebuah garis y – 2x – 3 = 0 menyinggung kurva
y = x2 + x + 2.
a. Coba
kamu tunjukkan koordinat pendekatan kedua kurva (titik singgung).
Gunakan strategi numerik untuk mendapatkannya!
b. Carilah
metode lain untuk mendapatkan titik singgung tersebut!
c. Sketsalah
permasalahan tersebut!
5. Tentukan nilai limit fungsi berikut!
6. Tentukan nilai limit fungsi berikut dengan menggunakan dua
atau lebih metode penyelesaian! Bandingkan jawaban yang Anda peroleh!
a. Jika
f(x) = 3x2 maka tentukan
b. Jika
f(x) = 3x2 maka tentukan
Latihan 3
---------------------------------------------------------------------------
1.
Hitunglah nilai limit berikut ini.
a.
b.
c.
2.
Hitunglah nilai limit berikut ini.
a.
b.
c.
3.
Hitunglah limit
a. f(x)
= 3x
b. f(x)
= x2
c. f(x)
= 2x2 – 3
4.
Hitunglah nilai limit berikut ini.
a.
b.
c.
d.
5.
Sebuah benda ditembakkan vertikal ke atas. Jika persamaan gerak
dari benda itu dinyatakan S = f(t) = – 5t2
+ 40t maka kecepatan sesaat dari benda itu dalam waktu tepat t1
detik dinyatakan oleh
V(t1)
=
Hitunglah
a. kecepatan sesaat dari benda itu dalam waktu
tepat 2 detik, dan
b. kecepatan sesaat dari benda itu dalam waktu.
Latihan 4
---------------------------------------------------------------------------
1.
a. 0 d. 4
b. ½ e. ∞
c. 2
2.
a. 1 d.
–1
b. ∞ e.
tidak ada
c. 0
3.
a. 0 d.
a + b
b. ∞ e.
c. a – b
4.
Jika f(x) = 2x – x2,
a. 1 d. 3
b. –2 e. –4
c. 2
5.
a. 3 d. 12
b. 6 e. ∞
c. 9
6.
a. 12/11
b. – 11/12
c. 0
d. 11
e. – 22/8
7.
a. 12/11 d. 0
b. -11/12 e. 11
c. – 22/8
8.
a. 0 d. 12
b. 3 e. ∞
c. 6
9.
a. 6 d. 3
b. 4 e. 2
c. 5
10.
a. 2/5 d. 5/2
b. 3/5 e. 7/2
c. 1
11.
a. 3 d. 7
b. 4 e. 8
c. 6
12.
a. – 3/2 d. ½
b. – 2/3 e. 3/2
c. – ½
13.
a. – ¾ d. ¾
b. – 4/3 e. 4/3
c. ¼
14.
a. –2 d. 1
b. –1 e. 2
c. 0
15.
Jika
a. 1 d. – ¾
b. ¾ e. –5/6
c. –1/2
16.
Diketahui f (x) =
2x+1 jika
x < 3
3x jika
≥ 3
maka
a. –2 d. 2
b. –1 e. 3
c. 1
17.
a. 8 d. –2
b. 4 e. –4
c. 2
18.
a. –2 d. ½
b. –1 e. 2
c. 0
19.
a. –2 d. 1
b. –1 e. 2
c. 0
20.
Nilai
a. 2 d.
5
b. 3 e.
6
c. 4
21.
Nilai
a. 3 d.
1/3
b. 1 e.
– 1/3
c. 0
22.
Nilai
a. 0 d.
4
b. 1 e.
6
c. 2
23.
Nilai
a. –2 d.
3/2
b. –1 e. 2
c. 0
24.
Nilai
a. –6 d. 4
b. –4 e. 6
c. 3
25.
Nilai
a. –3/2 d. 1
b. – 1/2 e. 3/2
c. ½
26.
Nilai
a. 6 d.
–2
b. 4 e.
–6
c. –4
27.
Nilai
a. –5 d. 5
b. –2 e. 2
c. –1
28.
Nilai
a. 2 d.
0
b. 1 e.
–3
c. –1
29.
Nilai
a. 12 d. 8
b. 10 e. 4
c. 6
30.
Jika
a. ½ d.
4
b. 2 e.
16
c. 8
31.
Nilai
a. 3 d.
8
b. 5 e.
∞
c. 9
32.
Nilai
a. 3 d.
6
b. 4 e.
7
c. 5
33.
Nilai
a. 2 d.
–1
b. 1 e.
–2
c. 0
34.
Nilai
a. 1 d.
–1
b. ½ e.
0
c. – ½
35.
Nilai
a. 5/3 d. 3
b. 5/2 e. 5
c. 4
36.
Nilai
a. 2/3 d. 1/3
b. 1/2 e. –1
c. 0
37.
Nilai
a. 1/4 d. 1
b. 1/2 e. 2
c. 3/2
38.
Nilai
a. ½ d.
2
b. 1 e.
6
c. 4
39.
Nilai
a. –2 d. 0
b. –1 e. 2
c. 1
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
No comments:
Post a Comment