Sunday, December 6, 2020

Soal Matematika Wajib - Program Linier

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



 

Berikut Link-link Soal-soal SMA Matematika Wajib

 

 


---------------------------------------------------------------------------

PROGRAM LINIER

--------------------------------------------------------------------------

 

Suatu garis dalam bidang koordinat dapat dinyatakan dengan persamaan yang berbentuk:

 

a1x + a2y = b

 

Secara umum, dapat didefinisikan sebagai persamaan linear dengan n variabel x1, x2, . . . xn dalam bentuk berikut.

 

a1x1 + a2x2 + . . . + anxn + b

 

dengan a1, a2, . . ., an, b adalah konstanta-konstanta real.

Untuk pertidaksamaan linear, tanda “=” diganti dengan “≤”, “<”, “≥”, “>”.

 

 

Himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear tersebut adalah x + y > -2, x ≤ 0, dan y ≤ 0.

Model matematika adalah suatu cara sederhana untuk menerjemahkan suatu masalah ke dalam bahasa matematika dengan menggunakan persamaan, pertidaksamaan, atau fungsi.

 

Nilai Optimum Suatu Fungsi Objektif

Penentuan nilai optimum fungsi objektif, dapat digunakan dua metode yaitu metode uji titik pojok dan metode garis selidik.

 

1.        Metode Uji Titik Pojok

Langkah-langkah:

a.       Gambarlah daerah penyelesaian dari kendala-kendala dalam masalah program linear tersebut.

b.      Tentukan titik-titik pojok dari daerah penyelesaian itu.

c.       Substitusikan koordinat setiap titik pojok itu ke dalam fungsi objektif.

d.      Bandingkan nilai-nilai fungsi objektif tersebut. Nilai terbesar berarti menunjukkan nilai maksimum dari fungsi f(x, y), sedangkan nilai terkecil berarti menunjukkan nilai minimum dari fungsi f(x, y).

 

2.        Metode Garis Selidik

Langkah-langkah:

a.       Tentukan garis selidik, yaitu garis-garis yang sejajar dengan garis ax + by = k, a > 0, b > 0, dan k R.

b.      Gambarkan garis selidik-garis selidik tersebut pada koordinat Cartesius!

c.      Untuk menentukan nilai maksimum fungsi tujuan maka carilah garis selidik yang jaraknya terbesar terhadap titik pusat O(0, 0) dan berada pada daerah penyelesaian. Sedangkan untuk menentukan nilai minimum fungsi tujuan maka carilah garis selidik yang jaraknya terkecil terhadap titik pusat O(0, 0) dan berada pada daerah penyelesaian.

 

 

Latihan 1

---------------------------------------------------------------------------

 

1.    Tanpa menggambarkan grafik, Tentukan himpunan penyelesaian (jika ada) setiap pertidaksamaan di bawah ini.

        a.    2x – 9y

        b.    x – 6y

        c.      

        d.   

        d.   

     f.     ax + by  c, a, b, c, bilangan positif

 

2.    Untuk soal No.1, gambarkan setiap pertidaksamaan untuk menentukan daerah penyelesaian (jika ada).

 

3.    Untuk setiap grafik di bawah ini. tentukan pertidaksamaan yang tepat memenuhi daerah penyelesaian.

4.    PT Lasin adalah suatu pengembang perumahan di daerah pemukiman baru. PT tersebut memiliki tanah seluas 12.000 meter persegi berencana akan membangun dua tipe rumah, yaitu tipe mawar dengan luas 130 meter persegi dan tipe melati dengan luas 90 m2. Jumlah rumah yang akan dibangun tidak lebih 150 unit. Pengembang merancang laba tiap-tiap tipe rumah Rp2.000.000,00 dan Rp1.500.000,00.

        Modelkan permasalahan di atas! Kemudian gambarkan daerah penyelesaian untuk sistem pertidaksamaannya.

 

5.    Gambarkan daerah penyelesaian setiap sistem pertidaksamaan di bawah ini.

        a)    2x + y  24

               x  5

 

        b)    2y  5 – 6x

               1  y  6

 

6.    Perhatikan grafik-grafik di bawah ini.

Nyatakan pertidaksamaan-pertidaksamaan yang memenuhi setiap daerah yang memenuhi.

       

 

7.    Seorang atlet diwajibkan makan dua jenis tablet setiap hari. Tablet pertama mengandung 5 unit vitamin A dan 3 unit vitamin B, sedangkan tablet kedua mengandung 10 unit vitamin A dan 1 unit vitamin B. Dalam satu hari, atlet itu memerlukan 20 unit vitamin A dan 5 unit vitamin B.

        Harga tiap-tiap 1 tablet, Rp1.500,00 dan Rp2.000,00. Modelkan masalah di atas. Kemudian gambarkan grafik model matematikanya untuk menemukan daerah penyelesaian.

 

8.    Untuk setiap grafik di bawag ini, Tentukan sistem pertidaksamaan yang memenuhi daerah penyelesaian yang diberikan.

 

 

9.    Sebuah toko bunga menjual 2 macam rangkaian bunga. Rangkaian I memerlukan 10 tangkai bunga mawar dan 15 tangkai bunga anyelir, Rangkaian II memerlukan 20 tangkai bunga mawar dan 5 tangkai bunga anyelir. Persediaan bunga mawar dan bunga anyelir masing-masing 200 tangkai dan 100 tangkai. Rangkaian I dijual seharga Rp 200.000,00 dan

        Rangkaian II dijual seharga Rp100.000,00 per rangkaian. Modelkan masalah di atas dalam bentuk model matematika. Kemudian gambarkan grafik model matematikanya.

 

10. Perhatikan masalah yang dihadapi seorang penjaja buah-buahan berikuti ini. Pak Benni, seorang penjaja buah-buahan yang menggunakan gerobak menjual apel dan pisang. Harga pembelian apel Rp18.000,00 tiap kilogram dan pisang Rp8.000,00 tiap kilogram. Beliau hanya memiliki modal Rp2.000.000,00 sedangkan muatan gerobak tidak lebih dari 450 kilogram. Padahal keuntungan tiap kilogram apel 2 kali keuntungan tiap kilogram pisang.

        Tentukan tiga titik yang terdapat pada grafik daerah penyelesaian masalah ini.

 

 

Latihan 2

---------------------------------------------------------------------------

1.    Rani dan Ratu menjalankan suatu bisnis kecil, mereka bekerja sama untuk menghasilkan blus dan rok. Untuk menyelesaikan 1 blus, Rani dan Ratu harus bekerja sama selama 1 jam. Untuk menyelesaikan 1 rok, Rani harus bekerja 1 jam dan Ratu harus bekerja 0,5 jam. Setiap hari, Ratu hanya mampu menyediakan 7 jam kerja, dan Ratu hanya 5 jam. Mereka hendak membuat blus dan rok yang sama banyaknya. Mereka mendapat keuntungan Rp80.000,00 untuk setiap blus dan Rp60.000,00 untuk setiap rok (Anggap semua blus dan rok habis terjual).

a.     Rancang model matematikanya.

b.    Berapa banyak blus dan rok yang selesaikan mereka? Berapa keuntungan maksimal yang mereka peroleh?

2.    Suatu perusahaan transportasi harus mendistribusikan 1200 paket (yang besarnya sama) melalui dua truk pengangkut. Truk 1 memuat 200 paket untuk setiap pengangkutan dan truk 2 memuat 80 paket untuk setiap pengangkutan. Biaya pengangkutan untuk truk 1 dan truk 2 masing-masing Rp400.000,00 dan Rp200.000,00. Padahal biaya yang tersedia untuk mengangkut 1200 paket hanya Rp3.000.000,00. Hitunglah biaya minimal biaya pengangkutan paket tersebut.

 

3.    Perusahaan “SABAR JAYA”, suatu perusahaan jasa, memiliki 2 tipe karyawan. Karyawan tipe A digaji sebesar Rp135.000,00 per minggu dan karyawan tipe B digaji sebesar Rp270.000,00 per minggu. Pada suatu proyek memerlukan 110 karyawan, tetapi paling sedikit sebanyak 40 karyawan tipe B yang bekerja. Selain itu, untuk setiap proyek, aturan perusahaan mengharuskan banyak karyawan tipe B paling sedikit 0,5 dari banyak karyawan tipe A. Hitunglah banyak karyawan tipe A dan karyawan tipe B pada perusahaan tersebut.

 

4.    Gambarkan daerah penyelesaian untuk setiap kendala masalah program linear berikut ini.

         a)   x – 4y  0; x – y  2; –2x + 3y  6; x  10

         b) x + 4y  30; –5x + y  5; 6x – y  0; 5x + y  50; x – 5y  0

         c)   x + 4y  30; –5x + y  5; 6x – y  0; 5x + y  50; x + 5y  0

 

5.    Jika diberikan fungsi, hitung nilai maksimum dan nilai minimum fungsi (jika ada) untuk setiap sistem pertidaksamaan pada Soal No. 4.

 

6.    Perhatikan gambar di bawah ini.

       

Tentukan sistem pertidaksamaan yang memenuhi jika setiap label daerah merupakan daerah penyelesaian.

 

7.    Rancang suatu sistem pertidaksamaan yang memenuhi setiap daerah penyelesaian-penyelesaian berikut ini.

        a) berbentuk segitiga sama sisi di kuadran pertama

        b) berbentuk trapesium di kuadran kedua

        c) berbentuk jajargenjang di kuadran keempat

 

8.    Pesawat penumpang mempunyai tempat duduk 48 kursi. Setiap penumpang kelas utama boleh membawa bagasi maksimum 60 kilogram sedangkan kelas ekonomi maksimum 20 kg. Pesawat hanya dapat membawa bagasi maksimum 1440 kg. Harga tiket kelas utama Rp 150.000,00 dan kelas ekonomi Rp100.000,00. Supaya pendapatan dari penjualan tiket pada saat pesawat penuh mencapai maksimum, tentukan jumlah tempat duduk kelas utama.

 

9.    Cermati pertidaksamaan ax + by  c.

        Untuk menentukan daerah penyelesaian pada bidang koordinat, selain dengan menggunakan uji titik, selidiki hubungan tanda koefisien x dan y terhadap daerah penyelesaian (bersih) pertidaksamaan.

 

10. Tentukan titik yang mengakibatkan fungsi linear

        f (x, y) = 2x - y 4 bernilai optimum (maksimum atau minimum) jika daerah asal dibatasi sebagai berikut -1  x  1; -1  y  1.

        (Periksa nilai fungsi di beberapa titik daerah asal dan periksa bahwa nilai optimum tercapai pada suatu titik sudut daerah asal).

 

 

Latihan 3

---------------------------------------------------------------------------

 

1.           Untuk membuat kue tersedia terigu sebanyak 1.750 gr dan 1.200 gr mentega. Untuk membuat kue A diperlukan 5 gr terigu dan 3 gr mentega, sedangkan untuk kue B diperlukan 5 gr mentega dan 4 gr terigu. Direncanakan akan dibuat x buah kue A dan y buah kue B. Tentukan model matematika dari persoalan tersebut.

 

2.           Minuman A yang harganya Rp2.000,00 per botol dijual dengan laba Rp400,00 per botol, sedang minuman B yang harganya Rp1.000,00 per botol dijual dengan laba Rp300,00 per botol. Seorang pedagang minuman punya modal Rp800.000,00 dan kiosnya maksimum dapat menampung 500 botol minuman. Tentukan banyaknya minuman yang harus dia jual agar keuntungannya maksimal.

 

3.           Tentukan sistem pertidaksamaan yang memenuhi daerah yang diarsir pada gambar di bawah.

 

4.           Jumlah dari dua bilangan real tak negatif x dan 2y tidak lebih besar dari pada 10. Jika y + 8 tidak lebih kecil daripada 2x, tentukan nilai maksimum dari 3x + y.

 

5.           Tentukan nilai maksimum dari fungsi tujuan z = 10x + 5y pada himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan yang grafik himpunan penyelesaian disajikan pada daerah terarsir berikut.

 

6.           Wingki akan mendaftar ke sekolah favorit. Syarat untuk masuk ke sekolah tersebut adalah nilai Bahasa Indonesia tidak boleh kurang dari 6 dan nilai Matematika tidak boleh kurang dari 7, sedangkan jumlah nilai Bahasa Indonesia dan Matematika tidak boleh kurang dari 12. Wingki mendapat nilai dengan jumlah tiga kali nilai Bahasa Indonesia dan empat setengah kali nilai Matematika sama dengan 45. Apakah Wingki diterima di sekolah favorit tersebut?

 

7.           Harga permen A Rp2.000,00 per bungkus dijual dengan keuntungan Rp200,00 per bungkus. Harga permen B Rp3.000,00 per bungkus dijual dengan keuntungan Rp300,00 per bungkus. Seorang pedagang mempunyai modal Rp900.000,00 dan kiosnya mampu menampung 500 bungkus permen. Berapa banyak permen A dan permen B untuk memperoleh keuntungan maksimum! Gambarkanlah dengan layaknya!

 

8.           Seorang pemilik toko sepatu ingin mengisi tokonya dengan sepatu laki-laki paling sedikit 100 pasang dan sepatu wanita paling sedikit 150 pasang. Toko tersebut dapat memuat 460 pasang sepatu. Keuntungan setiap pasang sepatu laki-laki Rp10.000,00 dan setiap pasang sepatu wanita Rp5.000,00. Jika banyak sepatu laki-laki tidak boleh melebihi 150 pasang, tentukanlah keuntungan maksimum yang diperoleh pemilik toko!

 

9.           Untuk membuat satu cetak roti A dipergunakan 50 gram mentega dan 60 gram tepung. Untuk membuat satu cetak roti B diperlukan 100 gram mentega dan 20 gram tepung. Jika tersedia 3,5 kg mentega dan 2,2 kg tepung, tentukanlah jumlah kedua roti terbanyak yang dapat dibuat!

 

10.        Suatu proyek pembangunan gedung sekolah dapat diselesaikan dalam x hari dengan biaya proyek per hari (3x - 3.600 + 120/x) ratus ribu rupiah. Agar biaya proyek minimum, berapa lamakah proyek tersebut diselesaikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latihan 4

---------------------------------------------------------------------------

 

1.           Daerah yang diarsir pada gambar tersebut ditunjukkan oleh pertidaksamaan ....

          

           a. x + y ≤ 0                              d. x y ≤ 5

           b. x + y ≤ 5                              e. x y ≥ 0

           c. x + y ≥ 5

 

2.           Sistem pertidaksamaan yang menunjukkan himpunan penyelesaian dari daerah yang diarsir pada gambar tersebut adalah ....

          

           a. 4x + 3y ≤ 12, x ≥ 0, y ≥ 0

           b. 4x + 3y ≥ 12, x ≥ 0, y ≥ 0

           c. 3x + 4y ≤ 12, x ≥ 0, y ≥ 0

           d. 3x + 4y ≥ 12, x ≤ 0, y ≤ 0

           e. 3x + 4y ≤ 12, x ≥ 0, y ≥ 0

 

3.           Sistem pertidaksamaan yang memenuhi daerah himpunan penyelesaian seperti yang ditunjukkan pada gambar tersebut adalah ....

            

           a. x + y ≤ 4, x + 2y ≤ 6, x ≥ 0, y ≥ 0

           b. x + y ≥ 4, x + 2y ≥ 6, x ≥ 0, y ≥ 0

           c. x + y ≤ 4, 2x + y ≤ 6, x ≥ 0, y ≥ 0

           d. x + y ≥ 4, 2x + y ≥ 6, x ≤ 0, y ≤ 0

           e. x + y ≤ 4, 2x + y ≤ 6, x ≥ 0, y ≥ 0

 

4.           Himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan 2x + y ≤ 40, x + 2y ≤ 40, x ≥ 0, y ≥ 0 terletak pada daerah yang berbentuk ....

           a. trapesium

           b. persegipanjang

           c. segitiga

           d. segiempat

           e. segilima

 

5.           Daerah penyelesaian dari gambar di bawah ini yang memenuhi pertidaksamaan adalah ....

          

           2x + 3y ≤ 6

           3x + 2y ≥ 6

           x ≥ 0

           y ≥ 0

           adalah ....

           a. I

           b. II

           c. III

           d. IV

           e. V

 

6.           Nilai minimum f(x, y) = 2x + 3y untuk x dan y yang terdapat pada daerah yang diarsir pada gambar berikut adalah ....

          

           a. 25

           b. 15

           c. 12

           d. 10

           e. 5

 

7.           Titik-titik pada gambar berikut merupakan grafik himpunan penyelesaian suatu sistem pertidaksamaan.

          

           Nilai maksimum (3x + 4y) pada himpunan penyelesaian itu adalah ....

           a. 12

           b. 21

           c. 26

           d. 30

           e. 35

 

8.           Daerah yang diarsir adalah himpunan penyelesaian dari ....

          

           a. 2x + y ≤ 4, y ≤ 3, x ≥ 0, y ≥ 0

           b. 2x + y ≤ 4, x ≤ 3, x ≥ 0, y ≥ 0

           c. 2x + y ≥ 4, y ≤ 3, x ≥ 0, y ≥ 0

           d. x + 2y ≥ 4, x ≤ 3, x ≥ 0, y ≥ 0

           e. x + 2y ≤ 4, y ≤ 3, x ≥ 0, y ≥ 0

 

9.           Nilai maksimum dari f(x, y) = 20x + 30y dengan syarat y + x ≤ 40, 3 y + x ≤ 90, x ≥ 0, dan y ≥ 0 adalah ....

           a. 950

           b. 1000

           c. 1050

           d. 1100

           e. 1150

 

10.        Untuk (x, y) yang memenuhi 2x + 5y ≤ 10, 4x + 3y ≤12, x ≥ 0, y ≥ 0, nilai fungsi z = y – 2x + 2 terletak dalam selang ....

           a. {z | 0 ≤ z ≤ 2}

           b. {z | –2 ≤ z ≤ 0}

           c. {z |–4 ≤ z ≤ 4}

           d. {z | 2 ≤ z ≤ 11}

           e. {z | 4 ≤ z ≤ 13}

 

11.        Segilima OPQRS merupakan penyelesaian program linear, fungsi maksimum fungsi tujuan x + 3y terletak di titik ....

          

           a. O                                   d. R

           b. P                                   e. S

           c. Q

 

 

 

 

12.        Himpunan penyelesaian pertidaksamaan

          

           x + y ≤ 4

           x + 2y ≤ 6

           y ≥ 1

           Ditunjukkan oleh ....

           a. I                                    d. IV

           b. II                                   e. V

           c. III

 

13.        Nilai minimum dari bentuk 4x + 3y pada daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan

           2x + 3y ≥ 9

           x + y ≥ 4

           x y

           y ≥ 0

           adalah ....

           a. 18                                 d. 13

           b. 16                                 e. 12

           c. 15

 

14.        Harga per bungkus sabun A Rp2.000,00 dan sabun B Rp1.500,00. Jika pedagang hanya mempunyai modal Rp900.000,00 dan kiosnya hanya mampu menampung 500 bungkus sabun, model matematika dari permasalahan tersebut adalah ....

           a. x + y ≥ 500; 2x + 1,5y ≥ 900; x ≥ 0; y ≥ 0

           b. x + y ≤ 500; 2x + 1,5y ≤ 900; x ≥ 0; y ≥ 0

           c. x + y ≥ 500; 2x + 1,5y ≤ 900; x ≥ 0; y ≥ 0

           d. x + y ≥ 500; 2x + 1,5y ≥ 900; x ≤ 0; y ≤ 0

           e. x + y ≤ 500; 2x + 1,5y ≥ 900; x ≥ 0; y ≥ 0

 

15.        Sebuah pabrik roti memproduksi 120 kaleng roti setiap hari. Roti yang diproduksi terdiri atas dua jenis. Roti I diproduksi tidak kurang dari 30 kaleng dan roti II 50 kaleng. Jika roti I dibuat x kaleng dan roti II dibuat y kaleng, maka x dan y harus memenuhi syarat-syarat ....

           a. x ≥ 30; y ≥ 50; x +y ≤ 120

           b. x ≤ 30; y ≥ 50; x +y ≤ 120

           c. x ≤ 30; y ≤ 50; x +y ≤ 120

           d. x ≤ 30; y ≤ 50; x +y ≥ 120

           e. x ≥ 30; y ≥ 50; x +y ≥ 120

 

 

 

 

 

16.        Suatu perusahaan cokelat membuat dua jenis cokelat. Jenis I membutuhkan 100 gram cokelat murni dan 50 gram gula, cokelat jenis II membutuhkan 50 gram cokelat murni dan 75 gram gula. Jika tersedia 2 kg cokelat murni dan 1,5 gula maka banyak cokelat yang terbanyak dapat dibuat adalah ....

           a. 20                                 d. 35

           b. 25                                 e. 40

           c. 30

 

17.        Seorang penjaja buah-buahan yang menggunakan gerobak menjual apel dan pisang. Harga pembelian apel Rp10000,00 tiap kg dan pisang Rp4000,00 tiap kg. Modalnya hanya Rp2.500.000 dan muatan gerobak tidak dapat melebihi 400 kg. Jika keuntungan tiap kg apel 2 kali keuntungan tiap kg pisang, maka untuk memperoleh keuntungan sebesar mungkin pada setiap pembelian, pedagang itu harus membeli ....

           a. 250 kg apel saja

           b. 400 kg pisang saja

           c. 179 kg apel dan 200 kg pisang

           d. 100 kg apel dan 300 kg pisang

           e. 150 kg apel dan 250 kg pisang

 

18.        Untuk dapat diterima di suatu lembaga pendidikan, seseorang harus lulus tes matematika dengan nilai tidak kurang dari 7 dan tes biologi dengan nilai tidak kurang dari 5, sedangkan jumlah nilai matematika dan biologi tidak kurang dari 13. Seorang calon dengan jumlah dua kali nilai matematika dan tiga kali nilai biologi sama dengan 30. Calon itu ....

           a. pasti ditolak

           b. pasti diterima

           c. diterima asal nilai matematika lebih dari 9

           d. diterima asal nilai biologi tidak kurang dari 25

           e. diterima hanya bila nilai biologi 6

 

19.        Diketahui P = x + y dan Q = 5x +y, maka nilai maksimum dari P dan Q pada sistem pertidaksamaan x ≥ 0, y ≥ 0, x + 2y ≤ 12 dan 2x + y ≤ 12 adalah ....

           a. 8 dan 30                      d. 6 dan 24

           b. 6 dan 6                        e. 8 dan 24

           c. 4 dan 6

 

20.        Pesawat penumpang mempunyai tempat duduk 48 kursi. Setiap penumpang kelas utama boleh membawa barang di bagasi 60 kg sedang kelas ekonomi 20 kg. Pesawat hanya dapat membawa bagasi 1440 kg. Hanya tiket kelas utama Rp150.000,00 dan kelas ekonomi Rp100.000,00. Supaya pendapatan dari penjual tiket pada saat pesawat penuh mencapai maksimum, jumlah tempat duduk kelas utama haruslah ....

           a. 12                                 d. 26

           b. 20                                 e. 30

           c. 24

 

21.        Daerah himpunan penyelesaian x ≥ 0, y ≥ 0, x + y ≤ 8, 2x + 5y ≥ 10, x, y € R. Maka nilai maksimum untuk x + 2y pada himpunan penyelesaian tersebut adalah . . . .

           a. 20                                 d. 5

           b. 16                                 e. 4

           c. 8

 

22.        Daerah himpunan penyelesaian untuk 2x + y ≤ 40, x + 2y ≤ 40, x ≥ 0, y ≥ 0 adalah berupa . . . .

           a. trapesium                                          d. segitiga

           b. persegi panjang                 e. persegi

           c. segi empat

 

23.        Daerah yang diarsir pada gambar di bawah adalah himpunan jawaban dari . . . .

          

           a. {(x,y) | x ≥ 0, y ≥ 0, x + 2y ≤ 2, 3x + 4y ≤ 12}

           b. {(x,y) | x ≥ 0, y ≥ 0, x + 2y ≥ 2, 3x + 4y ≤ 12}

           c. {(x,y) | x ≥ 0, y ≥ 0, x + 2y ≥ 2, 3x + 4y ≥ 12}

           d. {(x,y) | x ≥ 0, y ≥ 0, x + 2y ≤ 2, 3x + 4y ≥ 12}

           e. {(x,y) | x ≥ 0, y ≥ 0, x + 2y ≥ 2, 3x + 4y ≥ 12}

 

24.        Daerah penyelesaian yang memenuhi sistem pertidaksamaan:

          

           3x + 8y ≥ 24

           x + y ≥ 4

           x ≥ 0 dan y ≥ 0

           x, y € R adalah . . . .

           a. I                                    d. IV

           b. II                                           e . V

           c. III

 

 

25.        Titik berikut ini yang merupakan anggota himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear: x + 3y ≥ 30, 5x + y ≥ 50 dan 5x + 3y ≥ 90 adalah . . . .

           a. (10,12)                         d. (20,3)

           b. (5,20)                           e. (25,2)

           c. (15,5)

 

26.        Nilai minimum dari 2x + 3y pada himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear x + y ≥ 3 dan x + 2y ≥ 6 adalah . . . .

           a. 3                                           d. 7

           b. 5                                          e. 8

           c. 9

 

27.        Suatu masalah dalam program linear setelah diterjemahkan ke dalam model matematika adalah sebagai berikut: x + y ≤ 12, x + 2y ≤ 16, x ≥ 0 dan y ≥ 0. Jika fungsi objektif 2x + 5y = k, maka nilai optimum adalah . . . .

           a. 52                                 d. 24

           b. 40                                 e. 12

           c. 36

 

28.        Sebuah lapangan parkir dapat memuat sebanyak-banyaknya 15 mobil. Setiap tempat parkir 3 mobil, hanya dapat dipakai parkir untuk sebuah bus saja. Jika banyaknya mobil x dan banyaknya bus y, maka model matematika dari persoalan tersebut di atas adalah . . . .

           a. x ≥ 0, y ≥ 0; x + 3y ≤ 15

           b. x ≥ 0, y ≥ 0; x + 2y ≤ 15

           c. x ≥ 0, y ≥ 0; 3x + y ≤ 15

           d. x ≥ 0, y ≥ 0; 3x y ≤ 15

           e. x ≥ 0, y ≥ 0; x – 3y ≤ 15

 

29.        Jika segi lima OABCD merupakan himpunan penyelesaian program linear, maka maksimum fungsi sasaran x + 3y terletak di titik . . . .

          

           a. O                                   d. C

           b. A                                   e. D

           c. B

 

30.        Suatu perusahaan tas dan sepatu memerlukan 4 unsur x dan 6 unsur y per minggu untuk masing-masing hasil produksinya. Setiap tas memerlukan 2 unsur x dan 2 unsur y. Bila setiap tas untung Rp3.000,00 dan setiap sepatu untung Rp2.000,00, maka banyak tas dan sepatu yang dihasilkan per minggu agar diperoleh untung yang maksimal adalah . . .

           a. 3 tas

           b. 4 tas

           c. 2 sepatu

           d. 3 sepatu

           e. 2 tas dan 1 sepatu

 

31.        Daerah yang diarsir pada gambar di bawah ini menunjukan himpunan titik (x, y). Batas-batas yang memenuhi adalah . . . .

          

           a. x ≥ 0, y ≥ 0, 2x + 3y ≤ 12, - x + y ≥ 2

           b. x ≥ 0, y ≥ 0, 2x + 3y ≥ 12, - x + y ≥ 2

           c. x ≥ 0, y ≥ 0, 2x + 3y ≤ 12, - x + y ≤ 2

           d. x ≥ 0, y ≥ 0, 3x + 2y ≥ 12, - x + y ≤ 2

           e. x ≥ 0, y ≥ 0, 3x + 2y ≤ 12, - x + y ≥ 2

 

32.        Daerah yang layak memenuhi

           4x + y ≥ 4

           2x + 3y ≥ 6

           3x + 3y ≤ 12

           x, y ≥ 0

           berbentuk . . . .

           a. segitiga                        d. persegi panjang

           b. segi empat                  e. segi enam

           c. segi lima

 

33.        Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan (x + y)(x - y) ≥ 0 adalah . .

          

 

34.      Daerah yang memenuhi pertidaksamaan

           x + y > 6

           2x - y < 3

           x - 2y + 6 < 0

           adalah . . . .

          

           a. I

           b. II

           c. III

           d. IV

           e. III dan IV

 

35.        Jika daerah yang diarsir pada diagram di bawah ini merupakan daaerah penyelesaian dengan fungsi objektif f(x, y) = x - y, maka nilai maksimum f(x, y) adalah . . . .

          

           a. f(2, 0)                           d. f(3, 2)

           b. f(9/2, 5/2)                          e. f(2, 1)

           c. f(2, 5/3)

 

36.        Jikax ≥ 0, y ≥ 0, 2x + y ≤ 6, dan x + 2y ≤ 6, maka fungsi Q = x + y mempunyai nilai maksimum . . . .

           a. 6                                           d. 3

           b. 5                                          e. 2

           c. 4

 

37.        Nilai maksimum fungsi objektif z = 8x + 6y, dengan syarat

           4x + 2y ≤ 60

           2x + 4y ≤ 48

           x ≥ 0

           y ≥ 0

           adalah . . . .

           a. 132                               d. 144

           b. 134                              e. 164

           c. 136

 

 

38.        Nilai maksimum dari x + y = 6 yang memenuhi x ≥ 0, y ≥ 0 , 3x + 8y ≤ 340, dan 7x + 4y ≤ 280 adalah . . . .

           a. 52                                 d. 49

           b. 51                                 e. 25

           c. 50

 

39.        Nilai maksimum dari z = 3x + 6y yang memenuhi 4x + y ≥ 20, x + y ≤ 20, x + y ≥ 10, x ≥ 0 , y ≥ 0 adalah . . . .

           a. 180                               d. 60

           b. 150                              e. 50

           c. 120

 

40.        Nilai minimum fungsi objektif f(x, y) = 20.000x + 10.000 y yang memenuhi

           x + 2y ≥ 10

           3x + y ≥ 15

           x, y ≥ 0

           adalah . . . .

           a. 0                                           d. 110.000

           b. 30.000                         e. 150.000

           c. 140.000

 

41.        Daerah yang diarsir pada gambar tersebut ini adalah himpunan semua (x, y) yang memenuhi . . .

          

           a. 2x + y ≤ 30, 3x + 4y ≤ 60, x ≥ 0, y ≥ 0

           b. 2x + y ≥ 30, 3x + 4y ≥ 60, x ≥ 0, y ≥ 0

           c. x + 2y ≥ 30, 4x + 3y ≥ 60, x ≥ 0, y ≥ 0

           d. x + 2y ≤ 30, 4x + 3y ≤ 60, x ≥ 0, y ≥ 0

           e. 2x + y ≥ 30, 4x + 3y ≤ 60, x ≥ 0, y ≥ 0

 

42.        Himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan 2x + y ≤ 40, x + 2y ≤ 40, x ≥ 0, y ≥ 0 terletak pada daerah yang berbentuk . . . .

           a. persegi panjang          d. segi lima

           b. segitiga                        e. trapesium

           c. segi empaT

 

 

 

 

43.      Daerah yang memenuhi penyelesaian dari

           x + y > 6

           2x - y , 3

           x - 2y + 6 < 0

           adalah . . . .

          

           a. I                                    d. IV

           b. II                                   e. V

           c. III

 

44.        Nilai maksimum fungsi tujuan z = 8x + y dengan syarat

           4x + 2y ≤ 60

           2x + 4y ≤ 48

           x ≤ 0, y ≥ 0

           adalah . . . .

           a. 120                               d. 64

           b. 108                              e. 12

           c. 102

 

45.        Untuk (x, y) yang memenuhi 4x + y ≥ 4, 2x + 3y ≥ 6 dan 4x + 3y ≤ 12, nilai minimum untuk f = x + y adalah . . . .

           a. 1                               d. 2

           b. 2                              e. 3

           c. 2



Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

No comments:

Post a Comment

Produk Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

Modul dan SOP Bimbel

  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri 

  • Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
  • Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
  • Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
  • Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

 

Pengalaman Kami 

Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

 

Harga Produk Kemitraan Bimbel 

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips

  • Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
  • 700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

 

Biaya berjalan

  • hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
  • Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Analisa Bakat dengan Sidik Jari - Online

Download Aplikasinya Klik Disini

Harga Rp 100K/analisa

Kirimkan :

  • Foto 10 Ujung jari (Sidik Jari Nampak Jelas yaa).
  • Foto 2 Telapak Tangan Kanan.

 

Silahkan Lihat Video Berikut cara Foto dan Pengiriman Data
https://youtu.be/IsasZAQRYoo

 

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa

Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa 

 

Info Lebih Lanjut


Aqila Daring Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kelas Daring yang dapat diikuti dimanapun Anda berada.

 

Kelebihan

  • Menggunakan Aplikasi khusus buatan Kami sendiri sehingga Live Streaming (kegiatan Les) hanya membutuhkan Data Internet sebesar ±150 MB / jam
  • Biaya Les Relatif Murah dan Flat untuk seluruh Indonesia dan sekitarnya.
  • Bukan Video namun Live Streaming jadi Siswa dapat berinteraksi dengan Tutor secara langsung.
  • Untuk Kelas Privat bisa menentukan Jadwal sendiri
  • Les Privat dilakukan seperti halnya Video Call biasa dengan tambahan chat untuk pesan dan Gambar. Satu Tutor satu Siswa sehingga kegiatan les lebih kondusif dan efisien.
  • Untuk Les kolompok, Tutor melakukan Live Streaming. Siswa bertanya di ruang chat yang tersedia. Siswa bisa mendengar dan melihat siswa namun Tutor tidak bisa melihat siswa.
  • Les Daring ini telah berjalan sejak Juni 2020 dan sudah menjangkau sampai negara tetangga.

 

Biaya Les Daring

  • Biaya Les Privat per sesi  SD Rp 30.000 | SMP Rp 35.000 | SMA Rp 50.000 | SBMPTN Rp 55.000
  • Kelompok per bulan SD Rp 100.000 | SMP Rp 115.000 | SMA Rp 156.000

 

Pendaftaran

  • Ketik Aqila Daring Bimbel di PlayStore
  • Isi data Pendaftaran
  • Info lebih Lanjut WhatsApp ke 085640451319

 

Link Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladaring

 

Bimbel Aqila Course

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah
Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6285640451319

 


Aplikasi Lomba dan Share Konten Belajar

Fungsi untuk Bimbel

  • Media Penjualan Konten Belajar seperti Modul, Video dan Latihan Soal.
  • Manajemen Pembayaran Bulanan untuk menikmati Konten
  • Event Lomba baik diadakan secara terpisah maupun di satu lokasi.
  • Share link Belajar Daring sesuai Kelasnya sehingga lebih tepat dan cepat (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).

 

Fungsi untuk Sekolah

  • Manajemen Pungasan Guru dan Penilaian untuk kegiatan sekolah
  • Manajeman share Link live Teaching agar lebih tepat sasaran (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).
  • Share Konten Video, Materi dan Latihan Soal.

 

Catatan
Saat pembelian Konten Aplikasi masih Kosong jadi perlu ditambahkan sendiri.

 

Untuk Siapakah Aplikasi ini ?

  • Anda yang suka membuat Konten belajar seperti video, Modul dan Soal yang berniat menjualnya secara online.
  • Anda yang sering mengadakan Lomba secara Massal, dengan Aplikasi ini Anda bisa berhemat Biaya Fotocopy, Pengawas dan Korektor.
  • Guru yang ingin mempermudah kegiatan Pemberian Tugas secara online dan mempermudah penilaian.
  • Sekolah yang ingin mengembangkan Kegiatan Belajar Mandiri.
  • Bimbel yang ingin mengembangkan diri ke arah Les Daring.

 

Contoh Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri

Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

 

Video Keterangan
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_au4OygFpFAQhDtn1s6Ntc


Harga 

  • Aplikasi dengan Nama Bimbel/Sekolah Anda sendiri Rp 1,5 juta
  • Biaya berjalan (database) Rp 10 per View

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Jasa Pembuatan

Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

 

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.

 

Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya

Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

 

Biaya Pembuatan

  • Harga Rp 4 juta
  • sudah termasuk Upload di PlayStore
  • Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464