Sunday, December 6, 2020

Soal Matematika Wajib SMA - Turunan

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



 

Berikut Link-link Soal-soal SMA Matematika Wajib

 

 


---------------------------------------------------------------------------

TURUNAN

--------------------------------------------------------------------------

 

Turunan fungsi f di x yang ditulis dengan notasi f ′(x)

 

f ′(x) = 

jika f(x) = axn, maka f ′(x) = anxn – 1

Untuk u dan v masing-masing fungsi x, u' turunan dari u dan v' turunan dari v dan k bilangan konstan maka berlaku sebagai berikut.

y = u ± v, maka y' = u' ± v'

y = k u, maka y' = k u'

y = u v, maka y' = u'v + uv'

y = , maka y' =

 

Turunan Fungsi Trigonometri

1. Jika y = sin x, maka y' = cos x

2. Jika y = cos x, maka y' = –sin x

3. Jika y = tan x, maka y' = sec2 x

4. Jika y = cot x, maka y' = –cosec2 x

5. Jika y = sin U, maka y' = U' cos U

6. Jika y = sinn U, maka y' = n sinn – 1 U cos U'

7. Jika y = sec x, maka y' = sec x tan x

8. Jika y = cosec x, maka y' = cosec x cot x

 

Persamaan Garis Singgung pada Kurva

Persamaan garis singgung pada kurva di titik (x1, y1) dengan gradien m di mana m = f ′(x) adalah :

 

y y1 = m(x x1)

 

Fungsi f(x) dikatakan naik jika f ′(x) > 0, dan fungsi f(x) dikatakan turun jika f ′(x) < 0.

Fungsi f(x) dikatakan stasioner jika f ′(x) = 0

 

Jenis titik stasioner ada 3 yaitu:

a. titik balik maksimum,

b. titik balik minimum, dan

c. titik belok horizontal.

 

Untuk menggambar grafik y = f(x) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

a.     Menentukan titik-titik potong grafik fungsi dengan sumbu-sumbu koordinat.

b.    Menentukan titik-titik stasioner dan jenisnya.

c.     Menentukan titik-titik bantu (menentukan nilai y untuk x besar positif dan untuk x besar negatif).

 

Turunan kedua dari suatu fungsi y = f(x) adalah turunan dari turunan pertama dan diberi lambang:

 

y'' = f ′′(x) =  

 

Dari suatu lintasan s = f(t), maka berlaku:

kecepatan = v =

percepatan = a =  

 

Teorema L'Hopital

Penggunaan turunan untuk menghitung bentuk-bentuk tak tentu limit fungsi dikenal sebagai Teorema L'Hopital. Misal f(x) dan g(x) adalah fungsi-fungsi yang diferensiabel.

Jika g′ ≠ 0 untuk setiap x ≠ a dan jika   mempunyai bentuk   atau  pada x = a maka:

, dengan catatan  ada

 

Apabila   masih mempunyai bentuk tak tentu. Diteruskan dengan menggunakan turunan kedua  = ... dan seterusnya. Sehingga diperoleh nilai limitnya.

 

 

Latihan 1

---------------------------------------------------------------------------

 

1.    Dengan menggunakan konsep limit fungsi, tentukan gradien garis singgung fungsi berikut.

        a.     f(x) = 3x2 – 2x + 1

        b.    f(x) = x3 – x

        c.     f(x) = x3 – x–3

        d.    f(x) = 2(1 – x)2

        e.     f(x) =

              

2.    Tentukan persamaan garis singgung dan persamaan garis normal di titik dengan absis x = 1 pada setiap fungsi berikut. Petunjuk: carilah gradien persamaan garis singgung dengan menggunakan limit fungsi.

        a.     f(x) = 2x

        b.    f(x) = 2x2

        c.     f(x) = (2x – 1)3

        d.    f(x) =

        d.    f(x) =

 

3.    Garis k menyinggung fungsi f(x) di titik P(a, b). Tentukan titik singgung P tersebut pada masing – masing garis singgung dan fungsi berikut :

        a.     Garis k: 2x – 4x + 3 = 0 menyinggung fungsi

               f(x) = 2x2

        b.    Garis k: –x + 2y – 3 = 0 menyinggung fungsi

               f(x) = –4x2 + 2x

        c.     Garis k: x – y = 0 menyinggung fungsi f(x) =  x4

        d.    Garis k: 2x – y – 5 = 0 menyinggung fungsi

               f(x) = x3 – 10x

        e.     Garis k: –2x + y – 3 = 0 menyinggung fungsi

               f(x) =  x3 -  x2 + 1

 

4.    Dengan menggunakan konsep turunan, tentukan turunan dari fungsifungsi berikut.

        a.     f(x) = x–3

 

        b.    f(x) = (2x + 1)–5

 

        c.     f(x) = x3(2x + 1)5

 

d.    f(x) =    -  

 

e.     f(x) =

 

f.     f(x) =

 

g.     f(x) =

 

h.    f(x) =

 

i.      f(x) = 2x2(–3x + 1)3

 

j.      f(x) =

              

              

5.    Tentukan persamaan garis singgung kurva y = f(x) di titik P(–1, 1) pada masing-masing fungsi berikut. Petunjuk: carilah gradien persamaan garis singgung dengan menggunakan konsep turunan.

        a.     f(x) = (x + 2)–9

b.    f(x) =

c.     f(x) = –x3(x + 2)–2

d.    f(x) =

e.     f(x) =

 

 

 

Latihan 2

---------------------------------------------------------------------------

1.    Tentukan turunan kedua fungsi-fungsi berikut.

        a.     f(x) = 3x – 2

        b.    f(x) = –2x2 – x

        c.     f(x) = –x4 + 2x2 – 4

        d.    f(x) = (3x – 2)2

d.    f(x) =

 

2.    Tentukan titik balik fungsi-fungsi berikut!

        a.     f(x) = x2 – 2x

b.    f(x) =  x2 +  x -

        c.     f(x) = x3 – x

        d.    f(x) = x3 – 6x2 – 9x + 1

        e.     f(x) = x4 – x2.

 

3.    Tentukan titik belok fungsi-fungsi berikut!

        a.     f(x) = x2 – 2x

b.    f(x) =  x2 +  x -

        c.     f(x) = x3 – x

        d.    f(x) = x3 – 6x2 – 9x + 1

        e.     f(x) = x4 – x2.

 

4.    Analisis dan sketsa bentuk kurva dari fungsi-fungsi berikut dengan menunjukkan interval fungsi naik/turun, titik maksimum/minimum dan titik belok!

        a.     f(x) = x2 – 2x

        b.    f(x) = x3 – x

        c.     f(x) = x4 – x2

 

d.    f(x) =

 

e.     f(x) =

 

5.    Analisis (fungsi naik/turun, maksimum/minimum, titik belok) kurva dari suatu fungsi berdasarkan sketsa turunan pertamanya berikut.

 

 

6.    Seorang anak menggambar sebuah kurva tertutup setengah lingkaran dengan diameter 28 cm. Lalu, dia berencana membuat sebuah bangun segi empat di dalam kurva tersebut dengan masing-masing titik sudut segi empat menyinggung keliling kurva.

        a.     Sketsalah kurva tertutup setengah lingkaran tersebut.

        b.    Buatlah segi empat yang mungkin dapat dibuat dalam kurva.

        Sebutkanlah jenis-jenis segi empat yang dapat dibuat.

        c.     Hitunglah luas masing-masing segi empat yang diperoleh.

        d.    Segi empat yang manakah yang mempunyai luas terbesar? Carilah luas segi empat terbesar yang dapat dibuat dalam kurva tersebut dengan menggunakan konsep differensial.

 

7.    Sebuah segi empat OABC dibuat pada daerah yang dibatasi oleh sumbu x, sumbu y dan kurva fungsi y = (x – 1)2. Jika O adalah titik asal koordinat, A pada sumbu x, B pada kurva dan C pada sumbu y maka tentukanlah persamaan garis singgung dan persamaan garis normal di titik B agar luas OABC maksimum. Sketsalah permasalahan di atas.

 

8.    Seorang karyawan berencana akan tinggal di rumah kontrakan setelah dia diterima bekerja di sebuah pabrik. Untuk menghemat biaya pengeluaran, ia berharap dapat tinggal di kontrakan yang tidak jauh dari tempat dia bekerja dan uang sewa kontrakan yang juga mendukung. Jika dia tinggal x km dari tempat bekerja maka biaya transportasi adalah c rupiah per km per tahun. Biaya kontrakan adalah per tahun (dalam rupiah), dengan b dan c adalah konstanta bernilai real positif dan b > c. Dapatkah kamu tentukan biaya minimum pengeluaran karyawan tersebut?

Latihan 3

---------------------------------------------------------------------------

1.           Gunakan konsep limit untuk menentukan turunan fungsi-fungsi berikut.

           a. f(x) = sin 2x

           b. f(x) = cos (1–3x)

           c. f(x) = tan x

           d. f(x) = 2x4 – 7

           e. f(x) = 5x3 – 5x

           f. f(x) = 2  – 2x

 

2.           Sebuah peluru ditembakkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal 10 m/detik. Kedudukan peluru setelah t detik memenuhi persamaan h(t) = 60t – 7t² dengan h(t) adalah tinggi peluru yang diukur dalam meter.

           a. Tentukan kecepatan peluru pada saat 3,5 detik.

           b. Kapan peluru berhenti?

 

3.           Diketahui f(x) = . Buktikan bahwa f ‘(x) =  

4.           Tentukan interval yang membuat fungsi-fungsi berikut merupakan fungsi naik atau fungsi turun.

           a. f(x) = 5 + 8x – 2x2

           b. f(x) = 2x2 – 8x + 9

           c. f(x) = 9 + 3x – 4x2

           d. f(x) = x3 – 18x2 + 10x – 11

           e. f(x) = 10 – 12x + 6x2x3

           f. f(x) = x4 – 24x2 + 10x – 5

 

5.           Sebuah kotak tanpa tutup, alasnya berbentuk persegi dengan sisi x cm, volumenya 32 cm3. Jika kotak tersebut terbuat dari karton,

           a.     tunjukkan bahwa luas karton yang diperlukan untuk membuat kotak itu L(x) = x2 +  

           b.    tentukan ukuran kotak agar karton yang digunakan sesedikit mungkin.

 

6.           Tentukan turunan pertama dari fungsi berikut.

           a. y = (4x2 + 5x) (2x2 – 6x + 1)

           b. y = (3x3 + 27)

           c. f(x) = (x2 + 8)12

           d. f(x) =

 

 

 

7.           Tentukan turunan pertama dari fungsi-fungsi trigonometri berikut.

           a. f(x) = cos (x2 + 1)

           b. f(x) = 6 cosec x

           c. f(x) =

           d. f(x) = x2 sec x

 

8.           Carilah persamaan garis singgung pada kurva y = x2 – 5x + 7 yang tegak lurus garis x + 3y = 9.

 

9.           Tentukan bilangan cacah yang jumlahnya 16 agar hasil kali salah satu dengan kuadrat bilangan lainnya menjadi maksimum.

 

10.        Suatu persegi panjang diketahui keliling = (2x + 24) cm dan lebar = (8 – x) cm. Agar luasnya maksimum, hitunglah panjang, lebar, dan luas persegi panjang.

 

 

Latihan 4

---------------------------------------------------------------------------

1.           Jika f(x) =  maka f '(2) = ....

a. ¼                d. 7/9

           b. 5/6            e. 5/9

           c. ½

 

2.           Diketahuif(x) = . Nilai f( ) adalah ....

a. 1/3                        d. 3/2

           b. 2/3                       e. 3

           d. 1

 

3.            = ....

           a. 3x2 +

           b. 3x2

           c. x2 +

           d. x2

           e. 3x2  

4.           Titik balik maksimum kurva y = adalah ....

           a. (–3 , –36)             d. (3 , –18)

           b. (–1 , –5 )                         e. (3 , 0)

           c. (1 , 1  )

5.           Ditentukan f(x) = dan f "(x) adalah turunan kedua dari f(x). Nilai dari f "(–2) adalah ....

a.                       d.

           b.                       e.

           c.  

6.           Turunan pertama f(x) = (2x – 1) cos (3x + 1) adalah ....

           a. (2x – 1) sin (3x + 1) + 2cos (3x + 1)

           b. (2x – 1) cos (3x + 1) – 2 sin (3x + 1)

           c. 2 sin(3x + 1) + 2(6x – 3) cos (3x + 1)

           d. 2 cos (3x + 1) + (2x – 1) sin (3x + 1)

           e. 2 cos(3x + 1) – (6x – 3) sin (3x + 1)

 

7.           Turunan pertama fungsi f(x) = cos5 (4x – 2) adalah ....

           a. 5 cos4 (4x – 2) sin (4x – 2)

           b. –5 cos4 (4x – 2) sin (4x – 2)

           c. – 20 cos4 (4x – 2) sin (4x – 2)

           d. 10 cos3 (4x – 2) sin (8x – 2)

           e. –10 cos3 (4x – 2) sin (8x – 2)

8.           Pada daerah asal 0 < x < 2, grafik fungsi y = x3 – 2x2 + 1 bersifat ....

           a. selalu naik

           b. selalu turun

           c. naik, lalu turun

           d. turun, lalu naik

           e. turun naik berulang-ulang

 

9.           Luas semua sisi balok 96 cm2. Jika alasnya berbentuk persegi, paling besar balok itu dapat dibuat dengan volume ... cm3.

           a. 0

           b. 54

           c. 64

           d. 64

           e. 80

 

 

10.        Diketahui luas lingkaran merupakan fungsi dari kelilingnya. Jika keliling sebuah lingkaran adalah x, laju perubahan luas lingkaran terhadap kelilingnya adalah ....

           a. πx                          d.  

           b. 2πx                       e.

           c.

 

11.        Turunan pertama fungsi f(x) = cos3 (5 – 4x) adalah ....

           a. –12 cos2 (5 – 4x) sin (5 – 4x)

           b. 12 cos (5 – 4x) sin (5 – 4x)

           c. 12 sin2 (5 – 4x) sin (5 – 4x)

           d. –6 sin (5 – 4x) sin (10 – 8x)

           e. 6 cos (5 – 4x) sin (10 – 8x)

 

12.        Nilai maksimum dari f(x) = x3 – 6x2 + 9x pada interval –1 ≤ x ≤ 3 adalah ....

           a. 16              d. 1

           b. 4                           e. 0

           c. 3

 

13.        f(x) = x3 – 4x2 + 4x + 6 naik pada interval ....

           a. –2 < x < – 2/3

           b. 2/3 < x < 2

           c. x < –2 atau x > 2/3

           d. x < 2/3 atau x > 2

           e. x < – 2/3 atau x > 2

 

14.        Nilai maksimum dari f(x) = 2x3 – 6x2 – 48x dalam interval –3 < x < 4 adalah ....

           a. –160                     d. –99

           b. –155                     e. –11

           c. –131

15.        Turunan pertama dari f(x) =   untuk x = –3 adalah ....

           a. 0,000024            d. 0,024

           b. 0,00024               e. 0,24

           c. 0,0024

 

16.        Turunan dari y = (1 – x)2 (2x + 3) adalah ....

           a. (1 – x) (3x + 2)

           b. (x – 1) (3x + 2)

           c. 2(1 + x) (3x + 2)

           d. 2(x – 1) (3x + 2)

           e. 2(1 – x) (3x + 2)

 

17.        f(x) =  turun dalam interval ....

           a. –5 < x < – 1

           b. x < – 1

           c. x < 1

           d. 1 < x < 5

           e. x < 1 atau x > 5

 

18.        Kurva y = x3 – 6x2 + 9x + 1 turun pada interval ....

           a. x ≤ 1 atau x ≤ 3

           b. –2 ≤ x ≤ 1 atau 3 ≤ x ≤ 6

           c. 1 < x < 3

           d. 1 ≤ x ≤ 3

           e. –1 ≤ x ≤ 1

19.        Nilai minimum relatif f(x) =   adalah ....

           a. –5

           b. –2

           c. –1/3

           d. 1/3

           e. 4

 

20.        Jika f(x) =  dan sin x ≠ 0 maka f '( ) = ....

           a. –2

           b. –1

           c. 0

           d. 1

           e. 2

 

21.        Jika diketahui f(x) = 3x3 – 2x2 – 5x + 8, nilai dari f ′(2) adalah ….

           a. 13                         d. 33

           b. 21                         e. 49

           c. 23

22.        Turunan dari f(x) =  adalah f ′(x) = ….

           a.                    d.  

           b.                e.

           c.   

 

23.        Diketahui fungsi h(x) = x2 + 3x, maka h(i + t) – h(t) adalah ….

           a. 2i + 3                                   d. t2 + 3t

           b. 2t + 4                                  e. t2 + 5t

           c. 5t2

 

24.        Rumus untuk f ′(x) jika f(x) = x x2 adalah ….

           a. 1 – x                      d. x2x3

           b. 1 – 2x                   e. x – 2x2

           c. 1 – 2x3

 

25.        Fungsi f(x) = x3 – 6x2 + 9x + 2 turun untuk ….

           a. 2 < x < 6               d. 0 < x < 2

           b. 1 < x < 4               e. 1 < x < 2

           e. 1 < x < 3

 

26.        Grafik dari f(x) = x3x2 – 12x + 10 naik untuk interval ….

           a. 3 < x < –2                           

           b. x < 2 atau x > –3

           c. –2 < x < 3                           

           d. x < –3 atau x > –2

           e. x < –2 atau x > 3

 

27.        Grafik fungsi f(x) = x (6 – x)2 akan naik dalam interval ….

           a. x < 0 atau x > 6    d. x > 6

           b. 0 < x < 6               e. x < 6

           c. x < 2 atau x > 6

 

28.        Fungsi f yang dirumuskan dengan f(x) = x3 – 6x2 + 9x + 2 turun pada interval ….

           a. –1 < x < 2             d. 1 < x < 0

           b. –2 < x < 1                            e. 1 < x < 4

           c. 1 < x < 3

 

29.        Titik-titik stasioner dari kurva y = x3 – 3x2 – 9x + 10 adalah ….

           a. (–1, 15) dan (3, –17)                       

           b. (1, –1) dan (3, –17)

           c. (–1, 15) dan (–3, –17)      

           d. (3, –17) dan (–2, 8)

           e. (1, –1) dan (–3, –17)

 

30.        Persamaan garis singgung kurva y = x2 – 4x di titik yang absisnya 1 adalah ….

           a. x y – 2 = 0         d. x + 2y + 1 = 0

           b. x + y + 2 = 0         e. 2x – 2y + 1 = 0

           c. 2x + y + 1 = 0

 

31.        Persamaan garis singgung kurva y = x2 – 4 yang tegak lurus garis x – 2y + 4 = 0 adalah ….

           a. 2x + y + 5 = 0       d. x + y + 2 = 0

           b. x + 2y + 5 = 0      e. 2x y – 5 = 0

           c. x – 2y – 5 = 0

32.        Turunan dari f(x) = 2 sin 5x adalah f ′(x) = ….

           a. 2 cos 5x                d. 5 cos 5x

           b. 10 cos 5x             e. –2 cos 5x

           c. –10 cos 5x

33.        Jika f(x) = sin2 x, maka nilai x yang memenuhi

f ′(x) = ½ adalah ….

           a. π                                           d. π/6

           b. π/3                       e. π/12

           c. π/4

34.        Jika f(x) = 2 sin x + cos x, maka f ′(π/2 ) = ….

           a. –1                         d. –2

           b. 2                                          e. 0

           c. 1

35.        Jika y = cos 3/x, maka dy/dx = ….

           a. –3 sin              d. – sin  

           b. –   sin          e.  sin

           c.  sin  

36.        Fungsi f(x) yang ditentukan oleh f(x) = (x3 – 1)2 dalam interval –1 < x < 1 mempunyai nilai minimum dan maksimum berturut-turut adalah ….

           a. –4 dan 0               d. 0 dan 2

           b. –1 dan 2              e. 0 dan 4

           c. 2 dan 4

37.        Fungsi f(x) yang ditentukan oleh f(x) = x3 + ax2 + 9x – 8 mempunyai nilai stasioner untuk x = 1. Nilai a adalah ….

           a. –6                         d. 2

           b. –4                         e. 4

           c. –2

38.        Nilai maksimum dari y = x3 – 3x + 2, pada interval –2 < x < 2 adalah ….

           a. 6                                           d. 3

           b. 5                                          e. 2

           c. 4

39.        Jumlah dua bilangan x dan y adalah 96. Jika x3y maksimum maka nilai x adalah .…

           a. 30                         d. 20

           b. 25                         e. 15

           c. 24

40.        Diketahui keliling suatu persegi panjang (2x + 20) cm dan lebarnya (8 – x) cm. Agar luas persegi panjang maksimum maka panjangnya adalah ….

           a. 3 cm                     c. 4 ½ cm

           b. 3 ½ cm                 d. 9 cm

           c. 10 cm



No comments:

Post a Comment

Produk Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

Modul dan SOP Bimbel

  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri 

  • Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
  • Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
  • Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
  • Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

 

Pengalaman Kami 

Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

 

Harga Produk Kemitraan Bimbel 

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips

  • Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
  • 700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

 

Biaya berjalan

  • hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
  • Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Analisa Bakat dengan Sidik Jari - Online

Download Aplikasinya Klik Disini

Harga Rp 100K/analisa

Kirimkan :

  • Foto 10 Ujung jari (Sidik Jari Nampak Jelas yaa).
  • Foto 2 Telapak Tangan Kanan.

 

Silahkan Lihat Video Berikut cara Foto dan Pengiriman Data
https://youtu.be/IsasZAQRYoo

 

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa

Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa 

 

Info Lebih Lanjut


Aqila Daring Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kelas Daring yang dapat diikuti dimanapun Anda berada.

 

Kelebihan

  • Menggunakan Aplikasi khusus buatan Kami sendiri sehingga Live Streaming (kegiatan Les) hanya membutuhkan Data Internet sebesar ±150 MB / jam
  • Biaya Les Relatif Murah dan Flat untuk seluruh Indonesia dan sekitarnya.
  • Bukan Video namun Live Streaming jadi Siswa dapat berinteraksi dengan Tutor secara langsung.
  • Untuk Kelas Privat bisa menentukan Jadwal sendiri
  • Les Privat dilakukan seperti halnya Video Call biasa dengan tambahan chat untuk pesan dan Gambar. Satu Tutor satu Siswa sehingga kegiatan les lebih kondusif dan efisien.
  • Untuk Les kolompok, Tutor melakukan Live Streaming. Siswa bertanya di ruang chat yang tersedia. Siswa bisa mendengar dan melihat siswa namun Tutor tidak bisa melihat siswa.
  • Les Daring ini telah berjalan sejak Juni 2020 dan sudah menjangkau sampai negara tetangga.

 

Biaya Les Daring

  • Biaya Les Privat per sesi  SD Rp 30.000 | SMP Rp 35.000 | SMA Rp 50.000 | SBMPTN Rp 55.000
  • Kelompok per bulan SD Rp 100.000 | SMP Rp 115.000 | SMA Rp 156.000

 

Pendaftaran

  • Ketik Aqila Daring Bimbel di PlayStore
  • Isi data Pendaftaran
  • Info lebih Lanjut WhatsApp ke 085640451319

 

Link Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladaring

 

Bimbel Aqila Course

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah
Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6285640451319

 


Aplikasi Lomba dan Share Konten Belajar

Fungsi untuk Bimbel

  • Media Penjualan Konten Belajar seperti Modul, Video dan Latihan Soal.
  • Manajemen Pembayaran Bulanan untuk menikmati Konten
  • Event Lomba baik diadakan secara terpisah maupun di satu lokasi.
  • Share link Belajar Daring sesuai Kelasnya sehingga lebih tepat dan cepat (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).

 

Fungsi untuk Sekolah

  • Manajemen Pungasan Guru dan Penilaian untuk kegiatan sekolah
  • Manajeman share Link live Teaching agar lebih tepat sasaran (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).
  • Share Konten Video, Materi dan Latihan Soal.

 

Catatan
Saat pembelian Konten Aplikasi masih Kosong jadi perlu ditambahkan sendiri.

 

Untuk Siapakah Aplikasi ini ?

  • Anda yang suka membuat Konten belajar seperti video, Modul dan Soal yang berniat menjualnya secara online.
  • Anda yang sering mengadakan Lomba secara Massal, dengan Aplikasi ini Anda bisa berhemat Biaya Fotocopy, Pengawas dan Korektor.
  • Guru yang ingin mempermudah kegiatan Pemberian Tugas secara online dan mempermudah penilaian.
  • Sekolah yang ingin mengembangkan Kegiatan Belajar Mandiri.
  • Bimbel yang ingin mengembangkan diri ke arah Les Daring.

 

Contoh Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri

Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

 

Video Keterangan
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_au4OygFpFAQhDtn1s6Ntc


Harga 

  • Aplikasi dengan Nama Bimbel/Sekolah Anda sendiri Rp 1,5 juta
  • Biaya berjalan (database) Rp 10 per View

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Jasa Pembuatan

Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

 

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.

 

Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya

Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

 

Biaya Pembuatan

  • Harga Rp 4 juta
  • sudah termasuk Upload di PlayStore
  • Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464