Sunday, December 6, 2020

Soal Matematika Wajib SMA - BARISAN DAN DERET BILANGAN

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



 

Berikut Link-link Soal-soal SMA Matematika Wajib

 



Latihan 1

---------------------------------------------------------------------------

1.      Suatu barisan dengan rumus suku ke-n adalah

         Un = 2n2 – 2.

         a.   Tentukan lima suku pertama barisan tersebut.

         b.   Tentukan n jika barisan tersebut yang bernilai 510.

 

2.      Bila a, b, c merupakan suku berurutan yang membentuk barisan aritmetika, buktikan bahwa ketiga suku berurutan berikut ini juga membentuk barisan aritmetika  !

 

3.      Semua bilangan genap positif dikelompokkan sebagai berikut. (2), (4, 6), (8, 10, 12), (14, 16, 18, 20), (22, 24, 26, 28, 30), . . . tentukan bilangan yang terletak di tengah pada kelompok ke 15.

 

4.      Tentukan banyak bilangan asli yang kurang dari 999 yang tidak habis dibagi 3 atau 5 adalah . . . .

 

5.      Diketahui a + (a + 1) + (a + 2) + . . . + 50 = 1.139

         Jika a bilangan bulat positif maka tentukan nilai a.

 

6.      Diketahui barisan yang dibentuk oleh semua bilangan asli 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 …

         Angka berapakah yang terletak pada bilangan ke 2004? (bilangan ke-12 adalah angka 1 dan bilangan ke-15 adalah angka 2).

 

7.      Pola ABBCCCDDDDABBCCCDDDDABBCCCDDDD... berulang sampai tak hingga. Huruf apakah yang menempati urutan 2634?

 

8.      Diketahui barisan yang dibentuk oleh semua bilangan asli 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 … Angka berapakah

         yang terletak pada bilangan ke-2013? (bilangan ke-12 adalah angka 1 dan bilangan ke-15 adalah angka 2)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.      Perhatikan susunan balok berikut.

          

          

 

         a.   Tentukan berapa banyak balok yang dibutuhkan pada susunan ke-10.

         b.   Tentukan pula susunan balok yang ke-100.

 

10.    Suatu perusahaan minuman kaleng pada bulan Januari 2012 memproduksi 40.000 minuman kaleng. Setiap bulan perusahaan tersebut menaikkan produksinya secara tetap sebanyak 250 kaleng. Berapa banyak minuman kaleng yang diproduksi perusahaan sampai akhir bulan Juni 2013?

 

Latihan 2

---------------------------------------------------------------------------

1.      Untuk memeriksa sebuah barisan merupakan barisan geometri apakah cukup hanya dengan menentukan rasio dua suku berturutan? Jelaskan dengan menggunakan contoh!

 

2.      Tentukan rumus suku ke-n dan suku ke-10 dari barisan bilangan di bawah ini!

         a.   1, 4, 16, 24, …

         b.   5, 10, 20, 40, …

         c.   9, 27, 81, 243, …

         d.   1, 5, …

         e.   81, 27, 9, 3, …

 

3.      Tentukan rasio dan suku pertama dari barisan geometri di bawah ini!

         a. Suku ke-4 = 8 dan suku ke-6 = 729

         b. Suku ke-2 = 6 dan suku ke-5 = 162

         c. U3 = 10 dan U6 = 1,25

 

 

 

 

4.      Selesaikan barisan geometri di bawah ini!

         a.   Suku ke-4 = 27 dan suku ke-6 = 243, tentukan suku ke-8

         b.   U2 = 10 dan U6 = 10, tentukan U9

         c.   U2 = 2  dan U5 = 8, tentukan U10

 

5.      Tentukan hasil dari jumlah bilangan di bawah ini !

         a.   1 + 2 + 4 + 8 + 16 + … (sampai 10 suku)

         b.   54 + 18 + 6 + 2 + … (sampai 9 suku)

         c.   5 – 15 + 45 – 135 + … (sampai 8 suku)

         d.   1 + 1 + 3 + 2 + 9 + 4 + 27 + 8 + … (sampai 19 suku)

         e.   8 + 7 + 9 + 3 + … +

 

6.      Tiga bilangan membentuk barisan aritmetika. Jika suku ketiga ditambah 3 dan suku kedua dikurangi 1, diperoleh barisan geometri. Jika suku ketiga barisan aritmetika ditambah 8, maka hasilnya menjadi 5 kali suku pertama.

         Tentukan beda dari barisan aritmetika tersebut!

 

7.      Tiga bilangan positif membentuk barisan geometri dengan rasio r > 1. Jika suku tengah ditambah 4, maka terbentuk sebuah barisan aritmetika yang jumlahnya 30. Tentukan hasil kali dari ketiga bilangan tersebut!

 

8.      Sebuah bola jatuh dari ketinggian 8m dan memantul kembali dengan ketinggian  kali tinggi sebelumnya. Pemantulan ini berlangsung terus menerus hingga bola berhenti. Berapakah jarak lintasan seluruhnya ?

 

9.      Jika barisan x1, x2, x3, … memenuhi

         x1 + x2 + x3 + ... + xn = n3,

         untuk semua n bilangan asli, maka x100 = ...

 

10.    Jumlah m suku pertama barisan aritmetika adalah p dan jumlah m suku terakhir barisan aritmetika tersebut adalah q. Tentukan jumlah 4m suku pertama barisan tersebut.

 

Latihan 3

---------------------------------------------------------------------------

1.      Kultur jaringan terhadap 1.500 bakteri yang diuji di laboratorium menunjukkan bahwa satu bakteri dapat membelah diri dalam waktu 2 jam.

         a.   Tentukan apakah ini termasuk masalah pertumbuhan atau peluruhan, berikan alasanmu?

         b.   Tentukan banyak bakteri setelah 20 jam.

         c.   Tentukan banyak bakteri setelah n jam.

 

 

2.      Pertumbuhan penduduk biasanya dinyatakan dalam persen. Misalnya, pertumbuhan penduduk adalah 2% per tahun artinya jumlah penduduk bertambah sebesar 2% dari jumlah penduduk tahun sebelumnya. Pertambahan penduduk menjadi dua kali setiap 10 tahun. Jumlah penduduk desa pada awalnya 500 orang, berapakah jumlah penduduknya setelah 70 tahun apabila pertumbuhannya 2,5%?

 

3.      Misalnya, pertumbuhan ekonomi suatu negara sebesar 5% per tahun artinya terjadi pertambahan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 5% dari PDB tahun sebelumnya. Berdasarkan analisis, ekonomi Indonesia akan mengalami pertumbuhan sebesar 6.5% per tahun selama tiga tahun ke depan.

         Tentukan PDB pada tahun ketiga apabila PDB tahun ini PDB-nya sebesar 125 triliun rupiah.

 

4.      Kenaikan harga barang-barang disebut inflasi. berdasarkan analisis, ekonomi Indonesia akan mengalami inflasi sebesar 8% per tahun selama 5 tahun mendatang. Apabila harga emas sekarang ini adalah Rp200.000,00 per gram, tentukan harga emas tersebut empat tahun lagi!

 

5.      Pada percobaan di sebuah laboratorium, temperatur benda diamati setiap menit. Setelah 13 menit suhunya 7 OC dan setelah 19 menit suhunya 15 OC. Tentukan kenaikan suhu per menitnya!

 

6.      Keuntungan seorang pedagang asongan bertambah setiap bulan dengan jumlah yang sama. Bila keuntungan sampai bulan keempat Rp30.000,00 dan sampai bulan kedelapan Rp172.000,00 maka keuntungan sampai bulan ke-18?

 

7. Pada awal bekerja Amat mempunyai gaji Rp200.000,00 per bulan. Tiap tahun gaji Amat naik sebesar Rp15.000,00 per bulan. Berapa gaji Amat setelah dia bekerja selama 7 tahun?

 

8.      Seseorang menabung sejumlah uang di bank dan mendapat bunga majemuk 10% setahun. Satu tahun sesudah menabung dan setiap tahun berikutnya, diambil Rp100.000,00 untuk keperluan hidupnya. Berapakah uang yang harus ditabung sehingga setiap tahun ia dapat mengambil Rp100.000,00?

 

9.      Seseorang menabung Rp800.000,00 pada tahun pertama. Tiap tahun tabungannya ditambah dengan Rp15.000,00 lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Berapakah jumlah simpanannya pada akhir tahun ke-10?

10.    Bakteri membelah menjadi 2 bagian setiap 4 jam. Jika pada pukul 12.00 banyaknya bakteri 1.000 ekor, Berapa banyaknya bakteri pada pukul 20.00 untuk hari yang sama?

 

11.    Suatu bola jatuh dari ketinggian 72 meter, kemudian memantul di tanah dan memantul kembali 80% dari tinggi semula, begitu seterusnya sampai dengan 6 pantulan. Berapa tinggi bola pada pantulan ke-6?

 

12.    Pada malam tahun baru sebuah organisasi sosial melakukan kegiatan amal berupa pertunjukkan kesenian tradisional dalam rangka membantu korban bencana alam erupsi Sinabung, ruangan tempat duduk untuk para penonton dibagi atas beberapa baris. Masing-masing baris terdiri dari 200 tempat duduk. Harga karcis baris terdepan Rp150.000,00 per orang dan harga kacis baris paling belakang sebesar Rp50.000,00 per orang. Selisih harga karcis untuk tiap baris itu sama. Jika semua karcis habis terjual maka panitia berharap akan memperoleh uang sebesar Rp120.000.000,00. Berapakah harga karcis per orang dari sebelum baris paling belakang?

 

13.    Pada akhir tahun 2005 jumlah penduduk sebuah kota 225.000 jiwa. Jika jumlah penduduk bertambah 20% tiap tahun, maka tentukan jumlah penduduk pada akhir tahun 2010?

 

14.    Sebuah mobil seharga Rp 600.000.000,00,- mengalami penyusutan harga setiap tahun membentuk barisan geometri dengan rasionya adalah . Hitunglah harga mobil pada tahun ke-5!

 

 

Latihan 4

---------------------------------------------------------------------------

 

1.        Diketahui barisan bilangan sebagai berikut.

            –8, –3, 2, 7, 12, 17, 22, 27, 32, 37

a.     Tentukanlah banyaknya suku barisan dalam barisan bilangan tersebut.

b.    Tentkan nilai U3, U5, U6, U8, dan U10.

 

2.        Tentukan beda untuk setiap barisan aritmetika berikut ini.

a. 17, 27, 37, 47, 57, ...

b. –6, –1, 4, 9, 14, 19, ...

            c. 48, 32, 16, 0, –16, ...

 

 

 

 

3.        Tulislah lima suku pertama dari barisan aritmetika yang mempunyai rumus umum sebagai berikut.

a. Un = 2n + 1

b. Un = n + 2

c. Un = n + 5

d. Un = 3n + 7

            e. Un = 4n + 3

       

4.        Diketahui suatu barisan aritmetika dengan suku ke-5 adalah 14 dan suku ke-8 adalah 29.

a.     Tentukan suku pertama dan beda barisan tersebut.

b.    Tentukan suku ke-12 dari barisan tersebut.

c.     Tuliskan sepuluh suku pertama barisan tersebut.

 

5.        Diketahui suatu barisan aritmetika dengan suku ke-5 adalah 14 dan suku ke-8 adalah 29.

a.     Tentukan suku pertama dan beda barisan tersebut.

b.    Tentukan suku ke-12 dari barisan tersebut.

c.     Tuliskan sepuluh suku pertama barisan tersebut.

       

5.        Diketahui suatu barisan aritmetika dengan suku ke-2 adalah 7 dan suku ke-6 adalah 15.

a.     Tentukan suku pertama dan beda barisan tersebut.

b.    Tentukan suku ke-12 dari barisan tersebut.

c.     Tuliskan sepuluh suku pertama barisan tersebut.

 

6.        Diketahui suatu barisan aritmetika dengan suku pertamanya –15 dan suku kelimanya 1.

a.     Tentukan beda barisan aritmetika tersebut.

b.     Tentukan suku kesepuluh barisan aritmetika tersebut.

c.     Tuliskan 10 suku pertama barisan aritmetika tersebut.

 

7.        Tentukan suku yang diminta dari barisan geometri berikut ini.

a. 2, 10, 50, 250, ..., U7

b. 16, 8, 4, 2, ..., U8

c. 1, 5, 25, 125, ..., U8

 

8.        Tuliskan deret aritmetika dari barisan aritmetika berikut ini.

a. 80, 120, 160, 200, ..., Un

b. 13, 18, 23, 28, ..., Un

c. –16, –9, –2, 5, ..., Un

 

 

9.        Tentukan jumlah setiap deret aritmetika berikut.

a. 1 + 5 + 9 + 13 + ... + U10

b. 8 + 11 + 14 + 17 + ... + U15

c. 2 + 9 + +16 + 23 + ... + U7

 

10.      Suatu deret aritmetika memiliki suku pertama 3 dan suku kedelapan 24.

a.     Tentukan beda deret tersebut.

b.    Tuliskan deret aritmetika tersebut.

c.     Tentukan jumlah sepuluh suku pertama dari deret tersebut.

 

11.      Jika diketahui dalam suatu deret aritmetika dengan suku kelima 13 dan suku kesembilan 21, tentukan:

a.     beda dari deret tersebut,

b.    suku kesepuluh deret tersebut,

c.     jumlah sebelas suku pertama dari deret tersebut

 

12.      Tentukan nilai x jika suku-suku barisan x – 4, 2x + 1, 10 + x, merupakan suku-suku yang membentuk dari aritmatika.

 

13.      Suatu barisan geometri memiliki suku pertama 3 dan rasio 4.

a. Tuliskan barisan geometri tersebut.

            b. Tuliskan deret geometri tersebut.

 

14.      Diketahui suatu deret geometri memiliki suku ketiga 18 dan suku kelima 162. Tentukan:

a.     rasio deret geometri tersebut,

b.    suku kedelapan deret geometri tersebut,

c.     jumlah delapan suku pertama deret geometri tersebut.

 

15.      Tentukan jumlah setiap deret geometri berikut.

a. 2 + 6 + 18 + 54 + 162 + ... + U7

b. 3 + 15 + 75 + ... + U6

c. 1 + 4 + 16 + 64 + ... + U7

 

1.6      Diketahui deret bilangan aritmetika sebagai berikut.

12 + 15 + 18 + ...

Jumlah delapan suku pertama deret tersebut adalah ...

 

17.      Banyak suku-suku barisan bilangan 1, 5, 9, 10, ..., 60 adalah . . . .

 

 

 

 

 

18.      Amoeba yang terdiri atas satu sel berkembang biak dengan cara membelah diri. Setelah 20 menit, Amoeba itu membelah menjadi 2 ekor, setelah 40 menit menjadi 4 ekor, setelah 60 menit men jadi 8 ekor, dan demikian seterusnya. Banyaknya Amoeba setelah 3 jam adalah ....

 

 

Latihan 5

---------------------------------------------------------------------------

1.    Tentukan 5 suku pertama dari barisan bilangan berikut

        a.

        b.

 

2.    Dapatkan selisih antar suku yang berurutan dan suku ke-15 dari tiap-tiap barisan bilangan berikut :

        a. 1, 8, 15, 22, …

        b. 6, 3, 0, -3, -6, …

 

3.    Dapatkan perbandingan antar suku berurutan dan suku ke-8 dari tiap-tiap barisn bilangan berikut :

        a. 64, -96, 144, -216, …

        b. xy, x2y, x3y, x4y, …

 

4.    Tentukan suku ke-10 dan suku ke-n (Un) dari barisan bilangan berikut!

        a. 2, 11, 20, 29, ....

        b. 2, 8, 32, 128, ....

        c. 19, 13, 7, 1, ...

        d. , , , , ....

 

5.    Perkembangbiakan Bakteri. Seorang peneliti melakukan pengamatan pada perkembangbiakan sebuah bakteri di dalam sebuah preparat. Pada hari awal pengamatan, diketahui bahwa jumlah bakteri yang terdapat di dalam preparat adalah 10. Setiap 24 jam, masing-masing bakteri membelah diri menjadi dua. Apabila setiap 120 jam sekali setengah dari seluruh bakteri yang ada dibunuh, maka tentukan banyaknya bakteri setelah 12 hari dari awal pengamatan!

 

6.    Usia Anak, Keluarga Pak Rhoma mempunyai 6 anak yang usianya saat ini membentuk barisan aritmatika. Jika usia anak ke-3 adalah 10 tahun dan usia anak ke 5 adalah 16 tahun, maka jumlah usia enak anak Pak Rhoma tersebut adalah … tahun.

 

7.    Membagi Uang, Ibu Cathy ingin membagikan uang sebesar Rp 200.000,- kepada 5 orang anaknya. Semakin tua usia anak, maka semakin banyak uang yang dia terima. Jika selisih uang yang ditreima oleh setiap dua orang anak yang usianya berdekatan adalah Rp 10.000,- dan si bungsu menerima uang paling sedikit, maka tentukan yang yang diterima oleh anak ketiga!

 

8.    Gaji Karyawan, Pada suatu perusahaan, semua karyawan memperoleh gaji awal yang besarnya sama ketika pertama kali masuk ke dalam perusahaan. Gaji tersebut akan meningkat dengan presentase yang tetap setiap tahunnya, sehingga karyawan yang lebih dahulu bekerja pada perusahaan tersebut akan menerima gahi yang lebih besar daripada karyawan yang baru masuk. Apabila gaji sasha yang telah bekerja selama dua tahun adalah Rp 4.000.000 dan gaji Winda yang telah bekerja selama tiga tahun adalah Rp 5.000.000. Berapakah gaji karyawan di perusahaan tersebut saat pertama kali masuk ?

 

Latihan 6

---------------------------------------------------------------------------

 

1.    Tentukan jumlah 10 suku pertama dari barisan bilangan berikut ini :

        a.     3 + 10 + 17 + 24 + …

        b.    38 + 33 + 28 + 23 + …

        c.     ½ + 1 + 2 + 4 + …

        d.    3 + 2 +  + + …

 

2.    Hitunglah n jika 1 + 2 + 4 + 8 + ….. + 2n-1 = 127

 

3.    Jika diketahui jumlah n suku pertama bilangan asli adalah 5.050, berapakah nilai n? Tentukan rumus untuk n bilangan asli pertama.

 

4.    Jika jumlah n suku pertama suatu barisan adalah

        4n2 (n + 1), maka tentukan U4

 

5.    Nomor rumah pada salah satu sisi Jalan Makmur di Perumahan Asri dimulai dari nomor 143, 145, 147 dan seterusnya

        a.     Pada sisi jalan yang sama, urutan ke berapakah rumah nomor 159?

        b.    Pada sisi jalan yang sama, rumah nomor berapakah yang terletak pada urutan ke-25?

 

6.    Tentukan jumlah semua bilangan-bilangan bulat antara 100 dan 300 yang habis dibagi 5 tetapi tidak habis dibagi 7!

 

 

 

 

7.    Menjatuhkan Bola, Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian 4 meter. Bola tersebut kemudian memantuh dengan ketinggian sebesar 3 meter pada pantulan pertama. Setelah itu bola tersebut terus memantul dengan ketinggia sebesar ¾ dari tinggi sebelumnya. Tentukan :

       

        a.     Berapakah tinggi pantulan bola dapa pantula ke-6?

        b.    Berapa meter total lintasan yang dilalui oleh bola tersebut apabila bola tersebut dihentikan tepat saat pantulan keenam?

 

8.    Menabung. Ibu memiliki uang sebesar Rp 240.000 dan ingin memberikan uang tersebut kepada Andi untuk ditabung. Namun Ibu tidak memberikan uang tersebut secara langsung, melainkan secara bertahap. Pada hari pertama Ibu memberi Anda Uang sebesar Rp 5.000,- pada hari kedua Ibu memberi Rina uang sebesar Rp 6.000,- begitu seterusnya uang yang diberikan Ibu bertambah sebesar Rp 1.000,- setiap harinya. Jika Ibu ingin memberikan seluruh uang yang dipunyai kepada Andi, maka berapa hari Andi akan mendapatkan seluruh uang tersebut!

 

9.    Turnamen Tennis. Pada suatu kejuaraan dunia tennis total ada 2.048 peserta mengikuti turnamen tersebut untuk memperebutkan gelar juara peringkat 1 dunia. Sistem yang digunakan dalam kejuaraan tersebut adalah sistem cup, dimana pemenang dari tiap pertandingan akan lolos ke babak berikutnya dan peserta yang kalah akan langsung tereliminasi secara otomatis.

        a.     Berapakah total pertandingan yang dimainkan dari awal turnamen sampai pada babak final?

        b.    Jika diasumsikan bahwa pada tiap pertandingan jumlah tiket terjual adalah 500 buah, berapa jumlah tiket yang terjual selama kejuaraan tennis tersebut?

 

10. Robot Mobil, Suatu robot mobil yang digerakkan dengan tenaga baterai memiliki kecepatan awal 21 cm/detik. Eenergi yang tersimpan di dalam baterai mobil tersebut terus berkurang sepanjang waktu, sehingga setelah berkalan selama setengah menit dari posisi awal kecepatan robot mobil berkurang menjadi 18 cm/detik dan kecepatannya berkurang lagi menjadi 15 cm/detik setelah berjalan 1 menit dari posisi awal, begitu seterusnya kecepetan robot mobil selalu berkurang sebesar 3 cm/detik setiap setenga menit.

        a.     Pada jarak berapa meter dari posisi awal dan setelah berapa menit robot mobil tersebut akan berhenti?

        b.    Jika lintasan robot mobil berupa lingkaran dengan diameter 56 cm, apakah robot mobil tersebut dapat berjalan sepanjang satu putaran penuh?

 

Latihan 7

---------------------------------------------------------------------------

 

1.    Tentukan suku-suku dari bilangan-bilangan di bawah ini!

        a. suku ke-30 dari barisan bilangan 50, 56, 62, 68 …

        b. suku ke-8 dari barisan bilangan 6, 12, 24, 48, …

 

2.    Tentuka suku ke-8 dan suku ke-n (Un) dari barisan bilangan berikut!

        a. 1, 6, 11, 16, …

        b. 2, 6, 18, 54, …

 

3.    Perhatikan pola bilangan di bawah ini :

       

        Tentukan bilangan terakhir pada basris ke-25! Bagaimana caramu mendapatkannya? Jelaskan dengan singkat

 

5.    Pada papan catur di bawah terdapat 64 kotak. Kotak pertama diisi 6 butir padi, kotak kedua diisi 12 butir padai, kotak ketiga diisi 18 butir padi, demikian seterusnya setiap kali pengisian berselisih 6 butir. Hitunglah biji padi pada papan catur berikut!

       

 

6.    Panjang Sisi Segitiga. Diketahui keliling dari segitiga sama sisi ABC di bawah ini adalah w cm. Titik tengah dari masing-masing sisi segitiga tersebut kemudian dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga membentuk suatu segitiga baru yang lebih kecil. Proses ini berlangsung secara terus-menerus seperti yang terlihat pada gambar. Apabila keliling dari segitiga ke-8 yang terbentuk adalah 1,5 cm, tentukan nilai dari w!

         

 

 

7.    Jumlah dari deret bilangan 1 + 8 + 15 + … adalah 396. Berapa banyak suku pada deret bilangan tersebut?

 

8.    Andre dikontrak untuk bekerja pada sutu perusahaan selama 7 hari. Sebelum bekerja dia diminta memilih anatara diberi gaji sebesar Rp 75.000 per hari selama seminggu, atau diberikan gaji sebesar Rp 10.000,- pada hari pertama dan bertambah dua kali lipat harinya selama seminggu. Manakah pilihan terbaik yang harus dipilih Andre agar dia mendapatkan gaji yang maksimal? Jelaskan Jawabanmu!

 

Latihan 8

---------------------------------------------------------------------------

1.           Perhatikan pola berikut.

          

 

           Pola kelima dari gambar tersebut adalah ....

          

 

2.        Pola noktah - noktah berikut yang menunjukkan pola bilangan persegipanjang adalah ...

          

 

 

3.        Diketahui barisan bilangan sebagai berikut.

           2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20.

           Banyaknya suku barisan dari barisan bilangan tersebut adalah ....

a. 10

b. 9

c. 8

d. 7

 

4.        Diketahui barisan bilangan sebagai berikut.

           28, 34, 40, 46, 52, 58, 64, 70

           Nilai U3, U6, dan U8 berturut-turut adalah ....

a. 40, 46, 64

b. 40, 52, 70

c. 40, 58, 70

d. 40, 64, 70

 

5.        Berikut ini adalah barisan aritmetika, kecuali ....

a. 70, 82, 94, 106, 118

b. 36, 40, 44, 48, 52

c. –10, –4, 2, 8, 14

d. 1, 2, 4, 8, 16

 

6.        Diketahui barisan bilangan aritmetika sebagai berikut.

–8, –4, 0, 4, 8, 12, n, 20, 24

Nilai n yang memenuhi adalah ....

a. 10

b. 14

c. 16

d. 18

 

7.        Berikut ini yang merupakan barisan aritmetika turun adalah ....

a. 30, 32, 34, 36, ...

b. 12, 8, 4, ...

c. 16, 21, 26, ...

d. 50, 60, 70, ...

 

 

 

 

 

8.        Diketahui barisan bilangan aritmetika sebagai berikut.

36, 44, 52, 60, 68, ....

Beda pada barisan tersebut adalah ....

a. 6

b. 7

c. 8

d. 9

 

9.        Diketahui barisan bilangan aritmetika sebagai berikut.

42, 45, 48, 51, 54, ....

Suku ke-12 barisan tersebut adalah ....

a. 75

b. 55

c. 85

d. 65

 

10.      Beda pada barisan aritmetika yang memiliki suku pertama 15 dan suku ketujuh 39 adalah ....

a. 3

b. 4

c. 5

d. 6

 

11.      Suatu barisan aritmetika memiliki suku keempat 46 dan suku ketujuh 61. Suku kesepuluh barisan tersebut adalah ....

a. 66

b. 71

c. 76

d. 81

 

12.      Barisan aritmetika yang memenuhi rumus umum: 3n – 1 adalah ....

a. 1, 4, 7, 10, 13, ...

b. 1, 5, 9, 13, 17, ...

c. 2, 8, 14, 20, ...

d. 2, 5, 8, 11, 14, ...

 

13.      Perhatikan barisan bilangan berikut.

1, 3, 9, 27, 81, m, 729, ...

Agar barisan tersebut menjadi barisan geometri maka nilai m yang memenuhi adalah ....

a. 324

b. 234

c. 243

d. 342

 

14.      Diketahui barisan bilangan geometri sebagai berikut.

60, 30, 15,  

Rasio pada barisan tersebut adalah ....

a. 30

b. 15

c. 3

d. 2

 

15.      Perhatikan barisan bilangan geometri sebagai berikut.

3, 6, 12, 24, ...

Nilai suku kesepuluh dari barisan tersebut adalah ....  

a. 1.356

b. 1.536

c. 1.635

d. 1.653

 

16.      Diketahui deret bilangan aritmetika sebagai berikut.

12 + 15 + 18 + ...

Jumlah delapan suku pertama deret tersebut adalah ....

a. 160

b. 180

c. 360

d. 450

 

17.      Suatu deret aritmetika memiliki suku ketiga 9 dan suku keenam adalah 243. Jumlah lima suku pertama deret aritmetika tersebut adalah ....

a. 242

b. 121

c. 81

d. 72

 

18.      Dalam sebuah deret geometri, diketahui nilai S10 = 1.023. Jika rasio pada deret tersebut adalah 2, suku pertama deret tersebut adalah ....

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

 

19.      Diketahui suatu barisan sebagai berikut. x + 3, 16, 27 + x. Nilai x yang memenuhi agar suku barisan tersebut menjadi deret geometri adalah ....

a. 4

b. 5

c. 6

d. 7

 

 

 

 

 

 

 

 

20.      Gambar di bawah ini menunjukkan pola suatu barisan yang disusun dari batang korek api.

          

Banyak korek api pada pola berikutnya adalah . . . buah.

a. 12

b. 13

c. 15

d. 19

 

31.      Pola di bawah dibuat dari potongan lidi. Banyak potongan lidi pada pola ke-6 adalah . . .  buah.

          

 

a. 25

b. 16

c. 19

d. 22

 

32.      Jumlah bilangan ganjil dari 2 sampai dengan 30 adalah . . . .

a. 183                       c. 373

b. 240                       d. 380

 

33.      Diketahui barisan bilangan 3, 4, 7, 12, 19, ....

           Pola dari urutan bilangan di atas dinyatakan dengan kata-kata adalah . . .

a. tambahkan bilangan n + 1

b. tambahkan bilangan prima

c. tambahkan bilangan n – 2

d. tambahkan bilangan ganjil

 

34.      Dua suku berikutnya dari barisan 8, 16, 27, 41, ... adalah . . . .

a. 48 dan 70

b. 58 dan 78

c. 40 dan 48

d. 40 dan 56

 

35.      Suku berikutnya dari barisan 1, 2, 3, 5, 8, 13, ... adalah . . . .

a. 21

b. 22

c. 23

d. 24

 

36.      Rumus suku ke-n dari barisan 6, 10, 14, 18, ... adalah . . . .

a. 4n + 2

b. 2n + 3

c. 4n + 1

d. 6n – 2

 

 

37.      Rumus suku ke-n dari barisan 1, 6, 15, 28, ... adalah . . . .

a. n(2n – 1)

b. 2n2 – 2

c. n(n + 2)

d. 4n – 3

 

38.      Diketahui barisan aritmatika dengan U1 = 2 dan bedanya = 3. Barisan bilangan itu adalah . . . .

a. 1, 4, 9, 20, ...

b. 1, 3, 8, 12, ...

c. 6, 12, 18, 24, ...

d. 5, 18, 27, 37, ...

 

39.      Suku ke-60 dari barisan 12, 18, 24, 30, ... adalah . . . .

a. 450

b. 456

c. 489

d. 496

 

40.      Empat suku pertama barisan dengan rumus suku ke-n, Un = 3 × 2n adalah . . . .

a. 6, 12, 24, 48

b. 6, 12, 27, 48

c. 2, 6, 12, 24

d. 3, 6, 12, 27

41.      Banyak suku-suku barisan bilangan 1, 5, 9, 10, ..., 60 adalah . . . .

a. 15

b. 16

c. 17

d. 18

 

42.      Jumlah 6 suku pertama dari barisan 17, 13, 9, 5, ..., adalah . . . .

a. 145

b. 45

c. 24

d. –48

 

43.      Suku berikutnya dari barisan 1, 3, 6, 10 adalah ....

a. 14

b. 15

c. 16

d. 17

 

44.      Jumlah 17 bilangan ganjil yang pertama sama dengan ....

a. 361

b. 324

c. 289

d. 256

 

 

45.      Suku berikutnya dari barisan 3, 6, 11, 18 adalah ....

a. 28

b. 27

c. 26

d. 25

 

46.      Suku ke-n dari suatu barisan ditentukan dengan rumus 2n – 1. Suku ke-5 dari barisan tersebut adalah ....

a. 31

b. 32

c. 33

d. 34

 

47.      Rumus suku ke-n dari barisan 0, 2, 6, 12, 20 adalah ....

a. n(n + 1)

b. 2n2 + 1

c. 2n2n

d. n2n

 

48.      Amoeba yang terdiri atas satu sel berkembang biak dengan cara membelah diri. Setelah 20 menit, Amoeba itu membelah menjadi 2 ekor, setelah 40 menit menjadi 4 ekor, setelah 60 menit men jadi 8 ekor, dan demikian seterusnya. Banyaknya Amoeba setelah 3 jam adalah ....

a. 512 ekor

b. 256 ekor

c. 128 ekor

d. 64 ekor



Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

No comments:

Post a Comment

Produk Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

Modul dan SOP Bimbel

  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri 

  • Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
  • Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
  • Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
  • Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

 

Pengalaman Kami 

Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

 

Harga Produk Kemitraan Bimbel 

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips

  • Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
  • 700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

 

Biaya berjalan

  • hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
  • Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Analisa Bakat dengan Sidik Jari - Online

Download Aplikasinya Klik Disini

Harga Rp 100K/analisa

Kirimkan :

  • Foto 10 Ujung jari (Sidik Jari Nampak Jelas yaa).
  • Foto 2 Telapak Tangan Kanan.

 

Silahkan Lihat Video Berikut cara Foto dan Pengiriman Data
https://youtu.be/IsasZAQRYoo

 

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa

Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa 

 

Info Lebih Lanjut


Aqila Daring Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kelas Daring yang dapat diikuti dimanapun Anda berada.

 

Kelebihan

  • Menggunakan Aplikasi khusus buatan Kami sendiri sehingga Live Streaming (kegiatan Les) hanya membutuhkan Data Internet sebesar ±150 MB / jam
  • Biaya Les Relatif Murah dan Flat untuk seluruh Indonesia dan sekitarnya.
  • Bukan Video namun Live Streaming jadi Siswa dapat berinteraksi dengan Tutor secara langsung.
  • Untuk Kelas Privat bisa menentukan Jadwal sendiri
  • Les Privat dilakukan seperti halnya Video Call biasa dengan tambahan chat untuk pesan dan Gambar. Satu Tutor satu Siswa sehingga kegiatan les lebih kondusif dan efisien.
  • Untuk Les kolompok, Tutor melakukan Live Streaming. Siswa bertanya di ruang chat yang tersedia. Siswa bisa mendengar dan melihat siswa namun Tutor tidak bisa melihat siswa.
  • Les Daring ini telah berjalan sejak Juni 2020 dan sudah menjangkau sampai negara tetangga.

 

Biaya Les Daring

  • Biaya Les Privat per sesi  SD Rp 30.000 | SMP Rp 35.000 | SMA Rp 50.000 | SBMPTN Rp 55.000
  • Kelompok per bulan SD Rp 100.000 | SMP Rp 115.000 | SMA Rp 156.000

 

Pendaftaran

  • Ketik Aqila Daring Bimbel di PlayStore
  • Isi data Pendaftaran
  • Info lebih Lanjut WhatsApp ke 085640451319

 

Link Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladaring

 

Bimbel Aqila Course

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah
Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6285640451319

 


Aplikasi Lomba dan Share Konten Belajar

Fungsi untuk Bimbel

  • Media Penjualan Konten Belajar seperti Modul, Video dan Latihan Soal.
  • Manajemen Pembayaran Bulanan untuk menikmati Konten
  • Event Lomba baik diadakan secara terpisah maupun di satu lokasi.
  • Share link Belajar Daring sesuai Kelasnya sehingga lebih tepat dan cepat (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).

 

Fungsi untuk Sekolah

  • Manajemen Pungasan Guru dan Penilaian untuk kegiatan sekolah
  • Manajeman share Link live Teaching agar lebih tepat sasaran (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).
  • Share Konten Video, Materi dan Latihan Soal.

 

Catatan
Saat pembelian Konten Aplikasi masih Kosong jadi perlu ditambahkan sendiri.

 

Untuk Siapakah Aplikasi ini ?

  • Anda yang suka membuat Konten belajar seperti video, Modul dan Soal yang berniat menjualnya secara online.
  • Anda yang sering mengadakan Lomba secara Massal, dengan Aplikasi ini Anda bisa berhemat Biaya Fotocopy, Pengawas dan Korektor.
  • Guru yang ingin mempermudah kegiatan Pemberian Tugas secara online dan mempermudah penilaian.
  • Sekolah yang ingin mengembangkan Kegiatan Belajar Mandiri.
  • Bimbel yang ingin mengembangkan diri ke arah Les Daring.

 

Contoh Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri

Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

 

Video Keterangan
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_au4OygFpFAQhDtn1s6Ntc


Harga 

  • Aplikasi dengan Nama Bimbel/Sekolah Anda sendiri Rp 1,5 juta
  • Biaya berjalan (database) Rp 10 per View

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Jasa Pembuatan

Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

 

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.

 

Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya

Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

 

Biaya Pembuatan

  • Harga Rp 4 juta
  • sudah termasuk Upload di PlayStore
  • Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464