Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Berikut Link-link Soal-soal SMA Matematika Wajib
- Nilai Mutlak 1
- Nilai Mutlak 2
- SPLTV
- Fungsi
- Fungsi Invers
- Trigonometri
- Induksi Matematika
- Program Linier
- Matrik
- Transformasi Geometri
- Barisan dan Deret
- Limit Fungsi
- Turunan
- Integral
- Dimensi Tiga
- Statistika
- Peluang
---------------------------------------------------------------------------
STATISTIKA
--------------------------------------------------------------------------
Penyajian data dapat dilakukan dalam bentuk
diagram dan tabel distribusi frekuensi. Tabel distribusi frekuensi terdiri dari
distribusi frekuensi tunggal, bergolong, dan kumulatif.
Contoh
Tabel distribusi frekuensi bergolong
Istilah-istilah
dalam distribusi frekuensi bergolong atau berkelompok adalah :
a.
Interval kelas
Tiap-tiap kelompok disebut interval
kelas atau sering disebut interval atau kelas saja.
65 – 67 → Interval kelas pertama
68 – 70 → Interval kelas kedua, dst.
b.
Batas kelas
Berdasarkan tabel
distribusi frekuensi di atas, angka 65, 68, 71, 74, 77, dan 80 merupakan batas
bawah dari tiap-tiap kelas, sedangkan angka 67, 70, 73, 76, 79, dan 82
merupakan batas atas dari tiap-tiap kelas.
c.
Tepi kelas (Batas
Nyata Kelas)
Tepi bawah = batas bawah – 0,5
Tepi atas = batas atas + 0,5
d.
Lebar Kelas
Lebar kelas = tepi atas – tepi bawah
e.
Titik Tengah
Titik tengah = ½ (batas atas + batas
bawah)
Daftar
distribusi kumulatif ada dua macam, yaitu sebagai berikut.
a.
Daftar distribusi kumulatif kurang
dari (menggunakan tepi atas).
b.
Daftar distribusi kumulatif lebih
dari (menggunakan tepi bawah).
1. Ukuran Pemusatan
Data
a. Rataan Hitung
(Mean)
Data
Tunggal
Rataan
=
atau
Data
distribusi frekuensi
atau
Data
bergolong
Rata-rata untuk data bergolong pada hakikatnya
sama dengan menghitung rata-rata data pada distribusi frekuensi tunggal dengan
mengambil titik tengah kelas sebagai xi.
Cara
lain yaitu menggunakan rataan sementara
Keterangan
:
b. Median
Data tunggal
Untuk n ganjil:
Me =
Untuk n genap:
Me =
Keterangan:
Data bergolong
Me =
Keterengan :
b2 = tepi bawah kelas median
c = lebar kelas
N = banyaknya data
F = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum
kelas median
f = frekuensi kelas median
c. Modus
Data tunggal
Modus dari data
tunggal adalah data yang sering muncul atau data dengan frekuensi tertinggi.
Data bergolong
Mo =
Keterangan :
b0 = tepi bawah kelas median
l = lebar
kelas (lebar kelas)
d1 = selisih frekuensi kelas modus dengan
kelas sebelumnya
d2 = selisih frekuensi kelas modus dengan kelas
sesudahnya
2. Ukuran Letak
a. Kuartil (Q)
Keterangan:
xmin = data terkecil
xmaks = data terbesar
Q1 = kuartil ke-1
Q2 = kuartil ke-2
Q3 = kuartil ke-3
Data tunggal
Letak Qi =
Misal:
Data yang telah diurutkan:
3, 3, 4, 4, 4, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 10, 12.
Letak Q1 adalah :
sehingga:
Q1 = x3
+ ¾ (x4 – x3)
= 4 + ¾ (4 – 4) =
4
Data bergolong
Menentukan letak
kuartil untuk data bergolong, caranya sama dengan data tunggal. Nilai kuartil
dirumuskan sebagai berikut.
Qi =
Keterangan:
Qi = kuartil ke-i (1, 2, atau 3)
bi = tepi bawah kelas kuartil ke-i
N = banyaknya data
F = frekuensi
kumulatif kelas sebelum kelas kuartil
l = lebar kelas
f = frekuensi kelas kuartil
Jangkauan interkuartil dan semi
interkuartil
a) Jangkauan adalah selisih antara nilai
terbesar dan nilai terkecil, dilambangkan dengan J.
J = xmaks – xmin
b) Jangkauan interkuartil (H) adalah
selisih antara kuartil ketiga dan kuartil pertama:
H = Q3 – Q1
c) Jangkauan semi interkuartil (Qd)
atau simpangan kuartil dirumuskan:
Qd = ½ (Q3
– Q1)
d) Langkah (L) adalah satu setengah dari
nilai jangkauan interkuartil:
L = 3/2 (Q3 – Q1)
atau L = 3/2 H
b. Desil
Data tunggal
Letak Di di urutan data ke –
Misal:
Data diurutkan:
4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 9, 10, 11
Letak desil ke-2
diurutan data ke-
D2 terletak pada
urutan ke-2,2 sehingga: D2 = x2 + 0,2 (x3
– x2).
Jadi D2
= 5 + 0,2 (5 – 5) = 5 + 0 = 5,0
Data bergolong
Letak Di
di urutan data ke –
Di =
Keterangan :
D = desil ke-i
n = banyak data
F = frekuensi
kumulatif kelas sebelum kelas desil
f = frekuensi kelas
desil
b = tepi bawah
kelas
l = lebar kelas
c. Persentil
Data tunggal
Letak di urutan data ke -
Data bergolong
Letak di urutan
data ke -
Pi =
Keterangan:
Pi = persentil ke-i
b = tepi bawah
n = banyaknya data
F = frekuensi
kumulatif kelas sebelum kelas persentil
f = frekuensi kelas
persentil
l = lebar kelas
3. Ukuran Penyebaran
a. Jangkauan (Range)
Data tunggal
R = xmaks – xmin
Data bergolong
Untuk data
bergolong, nilai tertinggi diambil dari nilai tengah kelas tertinggi dan nilai
terendah diambil dari nilai tengah kelas yang terendah.
b. Simpangan Rata-Rata
(Deviasi Rata-Rata)
Data tunggal
SR =
Keterangan:
SR = simpangan
rata-rata
n = ukuran data
xi = data ke-i dari data x1, x2,
x3, …, xn
Data bergolong
SR =
c. Simpangan Baku (Deviasi Standar)
Data tunggal
Data bergolong
d. Ragam atau Variansi
Jika simpangan
baku atau deviasi standar dilambangkan dengan s, maka ragam atau
variansi dilambangkan dengan s2
Latihan 1
---------------------------------------------------------------------------
1. Berikut
merupakan daftar berat badan 50 pemain top NBA dalam pound. Buat distribusi frekuensi dengan 8 kelas. Analisis hasil
distribusi frekuensi mengenai nilai-nilai ekstrim,
kelas terbanyak, kelas dengan frekuensi paling
sedikit, dan sebagainya.
(1 pound =
0,453 kg).
240 210 220
260 250 195 230 270 325 225
165 295 205
230 250 210 220 210 230 202
250 265 230
210 240 245 225 180 175 215
215 235 245
250 215 210 195 240 240 225
260 210 190
260 230 190 210 230 185 260
2. Buat
distribusi frekuensi dengan 7 kelas untuk data nilai tes TOEFL siswa kelas bahasa suatu sekolah yang diberikan berikut ini. Kemudian
jawab pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
350 540 495
455 400 520 513 485
460 505 375
380 550 475 450 390
495 470 510
465 398 497 450 440
395 465 470
440 520 492 524 380
390 425 475
435 550 545 445 458
a. Untuk
kelas dengan frekuensi terbanyak, tentukan persentase frekuensinya terhadap jumlah keseluruhan siswa.
b. Untuk
kelas dengan frekuensi paling sedikit, tentukan persentase frekuensinya terhadap jumlah keseluruhan siswa.
c. Lanjutkan
langkah ini untuk kelas lainnya. Buat kolom tambahan di sebelah kanan berisikan persentase setiap kelasnya.
d. Ceritakan
hasil distribusi frekuensi yang diperoleh
Distribusi frekuensi yang Anda
dapatkan disebut dengan distribusi frekuensi
relatif.
3. Seratus
pendaftar seleksi masuk perguruan tinggi di suatu universitas dipilih secara acak sehingga didapatkan distribusi frekuensi nilai
tes berikut ini. Buatlah histogram,
poligon frekuensi, dan ogive untuk distribusi
frekuensi ini.
Pendaftar
yang nilainya di atas 107 tidak perlu ikut dalam program matrikulasi. Dalam kelompok ini ada berapa pendaftar yang tidak
perlu ikut dalam program matrikulasi?
4. Beberapa
kota besar di Indonesia yang terpilih diuji kualitas udaranya dari polusi. Berikut merupakan data jumlah hari di mana kota-kota
tersebut dideteksi mempunyai kualitas udara
yang buruk pada tahun 2010 dan 2015.
Buatlah distribusi frekuensi dan histogram untuk masing-masing tahun dan bandingkan hasilnya.
5. Jumlah
protein dalam beberapa macam makanan cepat saji diberikan di bawah ini. Buatlah distribusi frekuensi dengan 6 kelas kemudian
sajikan dalam histogram, poligon
frekuensi, dan ogive. Deskripsikan histogram yang
diperoleh.
23 30 20 27
44 26 35 20 29 29
25 15 18 27
19 22 12 26 34 15
27 35 26 43
35 14 24 12 23 31
40 35 38 57
22 42 24 21 27 33
6. Diberikan
distribusi frekuensi untuk jumlah komisi (dalam puluhan ribu) yang diterima 100 salesman yang dipekerjakan di beberapa
cabang perusahaan besar. Tentukan
rata-rata, median, dan modus untuk distribusi frekuensi ini.
7. Pengelola
restoran cepat saji di suatu kota besar menyatakan bahwa ratarata gaji karyawannya adalah Rp18.000,00 per jam. Seorang karyawannya menyatakan bahwa kebanyakan karyawan di restoran tersebut menerima gaji minimal. Jika kedua orang tersebut jujur atas pernyataannya,
jelaskan bagaimana ini bisa terjadi.
8. Distribusi
frekuensi di bawah ini menyajikan persentase penduduk usia di bawah 25 tahun yang menyelesaikan studi sarjana tepat 4 tahun atau
lebih di beberapa kota besar di
Indonesia. Tentukan ukuran penyebaran dari distribusi
frekuensi tersebut.
9. Dua
puluh pelari dipilih secara acak untuk dilihat jumlah kilometer pelari tersebut lari dalam seminggu. Berikut merupakan distribusi
frekuensi yang dihasilkan.
a. Tentukan
ukuran pemusatan distribusi frekuensi di atas
b. Tentukan
ukuran penyebarannya
c. Deskripsikan
perilaku data tersebut terhadap rata-rata berdasarkan ukuran penyebarannya.
10. Berikut
merupakan distribusi frekuensi kumulatif data suhu udara tertinggi (dalam derajat Fahrenheit) yang tercatat di 50 kota besar di
Indonesia.
Tentukan
simpangan rata-rata, simpangan baku, dan ragam.
Latihan 2
---------------------------------------------------------------------------
1.
Dari data berikut, tentukan ukuran terkecil, ukuran terbesar,
median, kuartil bawah, kuartil atas, jangkauan data, dan jangkauan
antarkuartil.
a. 75, 65, 50, 48, 72, 60, 75, 80, 48, 70, 55
b. 165, 158, 164, 173, 168, 160, 172, 156, 170,
164, 169, 155, 168
c. 212, 225, 220, 217, 224, 208, 222, 205, 220,
210, 205, 215
d. 315, 300, 306, 325, 320, 315, 330, 312, 325,
310, 320, 318, 305, 317
2.
Suatu keluarga mempunyai lima orang anak. Anak termuda berumur t
tahun dan yang tertua 2(2t – 1) tahun. Tiga anak yang lain
masing-masing berumur (t + 2) tahun, (2t + 1) tahun, dan (3t –
1) tahun. Jika rataan hitung umur mereka 8,8 tahun, tentukan umur anak termuda
dan tertua.
3.
Tabel berikut menunjukkan data tinggi badan Kelas XI SMA Megah.
Tentukanlah:
a. modus
b. median, kuartil bawah, dan kuartil
atas
c. rataan hitungnya.
4.
Tabel berikut menunjukkan data tabungan domestik (dalam triliun
rupiah) per triwulan dari tahun 1993–1998.
a. Buatlah
diagram garisnya (tidak setiap tri wulan).
b. Pada
triwulan dan tahun berapa tabungan domestik terbesar? Jelaskan.
c. Pada
triwulan dan tahun berapa tabungan domestik terkecil? Jelaskan.
d. Berapa
kali tabungan domestik mengalami penurunan? Jelaskan.
5.
Dalam suatu ujian yang diikuti 42 orang diperoleh rataan nilai
ujian 30, median 35, dan simpangan baku 8. Oleh karena rataannya terlalu
rendah, semua nilai dikalikan 2, kemudian dikurangi 5.
a. Hitung rataan nilai yang baru.
b. Hitung median yang baru.
c. Hitung simpangan baku baru.
6.
Data banyak kendaraan yang parkir tiap dua jam dari pukul 06.00
sampai 18.00 disajikan dalam tabel sebagai berikut.
a. Gambarlah
data tersebut dalam diagram garis.
b. Perkiraan
banyak kendaraan yang parkir antara pukul 11.00 – 13.00.
7.
Nilai ujian suatu mata pelajaran adalah sebagai berikut.
Jika nilai siswa yang lebih rendah
dari rata-rata dinyatakan tidak lulus, tentukan banyaknya siswa yang tidak
lulus.
8.
Diketahui diagram batang daun hasil tes Matematika di kelas XI IPA
sebagai berikut.
a. Tentukan jumlah siswa yang ikut tes
Matematika.
b. Tentukan
nilai terendah dalam tes Matematika.
c. Tentukan
nilai tertinggi yang dicapai dalam tes.
9.
Dari data di samping, tentukan rataannya dengan menggunakan rataan
sementara.
10.
Dari data di samping, tentukan modusnya.
11.
Diketahui data seperti pada tabel di samping.
Tentukan nilai:
a. D4, D9
b. P30, P70
12.
Tentukan median dari data yang disajikan pada tabel distribusi
frekuensi di samping ini.
13.
Dari diagram kotak garis di atas tentukan:
a. jangkauan, dan
b. jangkauan semi interkuartil.
14.
Berat badan siswa kelas XI IPA disajikan pada tabel berikut.
Tentukan:
a. statistik lima serangkai,
b. hamparan.
15.
Tentukan simpangan baku dari data yang disajikan dalam tabel di
bawah ini.
Latihan 3
---------------------------------------------------------------------------
1.
Nilai rataan hitung sekelompok siswa yang berjumlah 40 orang
adalah 51. Jika seorang siswa dari kelompok itu yang mendapat nilai 90 tidak
dimasukkan dalam perhitungan rataan hitung tersebut maka nilai rataan hitung
ujian akan menjadi ....
a. 50 d. 47
b. 49 e. 46
c. 48
2.
Nilai Bahasa Indonesia dari 10 orang siswa yang diambil secara
acak adalah 3, 4, 4, 5, 6, 7, 7, 7, 8, 9. Pernyataan berikut yang benar adalah
....
(1)
rataan hitungnya = 6
(2)
mediannya = 6,5
(3)
modus = 7
(4)
jangkauan = 6
Pernyataan
yang benar adalah ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (4)
e. Semua benar
3.
Simpangan rataan hitung data 10, 10, 9, 8, 8, 7, 7, 6, 6, 5 adalah
....
a.
7,6 d. 2,2
b.
6,6 e. 1,4
c.
2,8
4.
Simpangan rataan hitung data x1, x2, ... , x10
adalah 2,29. Jika setiap data ditambah satu maka simpangan rataan hitungnya
adalah ....
a.
0,29 d. 2,39
b.
1,29 e. 4,58
c.
2,29
5.
Tes Matematika diberikan kepada tiga kelas siswa berjumlah 100
orang. Nilai rataan hitung kelas pertama, kedua, dan ketiga adalah 7,8, dan
7,5. Jika banyaknya siswa kelas pertama 25 orang dan kelas ketiga 5 orang lebih
banyak dari kelas kedua, nilai rataan hitung seluruh siswa adalah ....
a. 7,65 d. 7,68
b. 7,66 e. 7,69
c. 7,67
6.
Nilai rataan hitung pada tes Matematika dari 10 siswa adalah 55
dan jika digabung lagi dengan 5 siswa, nilai rataan hitung menjadi 53. Nilai
rataan hitung dari 5 siswa tersebut adalah ....
a. 49 d. 50,5
b. 49,5 e. 51
c. 50
7.
Dari empat bilangan diketahui bilangan yang terkecil adalah 30 dan
yang terbesar 58. Rataan hitung hitung keempat bilangan itu tidak mungkin ....
(1) < 37 (3) > 51
(2) < 40 (4) > 48
Pernyataan yang benar adalah ....
a. (1), (2), dan
(3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (4)
e. Semua benar
8.
Untuk kelompok bilangan 2, 3, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 11
(1) modus lebih dari rataan hitung
(2) median kurang dari rataan hitung
(3) modus = median
(4) modus = rataan hitung
Pernyataan yang benar adalah ....
a. (1), (2), dan
(3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (4)
e. Semua benar
9.
Untuk memudahkan perhitungan, semua nilai data pengamatan
dikurangi 1300. Nilai-nilai baru menghasilkan jangkauan 28, rataan hitung 11,7,
simpangan kuartil 7,4 dan modus 12. Data aslinya mempunyai ....
(1) rataan hitung = 1311,7
(2) jangkauan = 28
(3) modus = 1312
(4) simpangan kuartil = 657,4
Pernyataan yang benar adalah ....
a. (1), (2), dan
(3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (4)
e. Semua benar
10.
Tabel berikut memperlihatkan distribusi frekuensi yang salah satu
frekuensinya belum diketahui.
Rataan hitung yang mungkin dari data
itu adalah ....
a. 0 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
11.
Pernyataan yang benar berdasarkan tabel distribusi frekuensi
berikut adalah ....
a. modus <
median < mean
b. mean = median
c. modus < mean
< median
d. mean <
median < modus
e. median <
modus < mean
12.
Jika jangkauan data 1, 2, 3, 3, 3, 4, 4, x sama dengan
rataan hitungnya maka nilai x adalah ....
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
13.
Diketahui data 1, 2, 3, 3, 4, 1, x. Jika mean = median = 2
maka nilai x adalah ....
a. 0 d. 1,5
b. 0,5 e. 2
c. 1
14.
Median dari data yang disajikan histogram berikut adalah ....
a. 60,5 d. 67,5
b. 65 e. 70,5
c. 65,5
15.
Empat kelompok siswa yang masing-masing terdiri atas 5, 8, 10, dan
17 orang menyumbang korban bencana alam. Rataan hitung sumbangan masing-masing
kelompok adalah Rp4.000,00; Rp2.500,00; Rp2.000,00; dan Rp1.000,00. Rataan
hitung sumbangan setiap siswa seluruh kelompok itu adalah ....
a. Rp2.025,00 d.
Rp1.625,00
b. Rp1.925,00 e.
Rp1.550,00
c. Rp1.750,00
16.
Diketahui data x1, x2, ..., x10. Jika setiap
nilai data ditambah 10 maka ....
(1) rataan hitungnya ditambah 10
(2) simpangan rataan hitungnya tetap
(3) mediannya ditambah 10
(4) modusnya tetap
Pernyataan yang benar adalah ....
a. (1), (2), dan
(3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (4)
e. semua benar
17.
Data tinggi badan 30 siswa sebagai berikut.
168 159 159 161 158 158 161 158 162
159 155 169 163 159 157 156 161 161 163 162 187 162 158 159 154 188 160 187 162
168
Rataan hitung dari data di atas
adalah ....
a. 163,13 d. 166,20
b. 164,13 e. 167,5
c. 165,03
18.
Gaji rataan hitung pegawai suatu perusahaan Rp250.000,00. Gaji
rataan hitung pegawai prianya Rp260.000,00, sedangkan gaji rataan hitung
pegawai wanitanya Rp210.000,00. Berapakah perbandingan jumlah pegawai pria dan
pegawai wanita perusahaan itu?
a. 1 : 9 d. 3 : 2
b. 1 : 4 e. 4 : 1
c. 2: 3
19.
Dalam tabel di atas, nilai rataan hitung ujian matematika adalah
6. Oleh karena itu, a adalah ....
a. 0 d. 20
b. 5 e. 30
c. 10
20.
Kuartil bawah dari data pada tabel distribusi frekuensi berikut
adalah ....
a. 66,9 d. 66,1
b. 66,6 e. 66,0
c. 66,2
21.
Tabel berikut memperlihatkan suatu pengukuran. Rataan hitungnya
adalah ....
a. 1 d. 8
b. 3 e. 9
c. 4
22.
Rataan hitung dari data berikut adalah ....
a. 4,5 d. 6
b. 5,0 e. 6,5
c. 5,5
23.
Simpangan baku dari data 3, 6, 6, 2, 6, 2, 1, 1, 5, 3 adalah ....
a. 1,6 d. 2,3
b. 1,9 e. 2,4
c. 2,1
24.
Simpangan kuartil dari data tabel berikut adalah ....
a. 1,2 d. 4,8
b. 2,5 e. 5,9
c. 3,4
25.
Dari jumlah lulusan suatu SMA yang diterima di Perguruan Tinggi
Negeri tahun 1996 – 2003 disajikan dalam diagram di bawah.
Menurut diagram garis di atas,
prestasi yang paling buruk terjadi pada tahun ….
a. 1996 – 1997
b. 1998 – 1999
c. 1999 – 2000
d. 2000 – 2001
e. 2002 – 2003
26.
Dari 400 siswa diperoleh data tentang pekerjaan orang tua/wali.
Data tersebut jika disajikan dalam diagram lingkaran sebagai berikut. Berdasar
data di bawah ini, pernyataan yang benar adalah ….
a. jumlah PNS 12 orang
b. jumlah wiraswasta 90 orang
c. jumlah pedagang 135 orang
d. jumlah TNI/Polri 27 orang
e. jumlah TNI 15 orang
27.
Jika rata-rata nilai ujian pada tabel di bawah ini sama dengan 6,
maka a = ….
a. 9 1/6 d. 9 4/6
b. 9 1/3 e. 9 5/6
c. 9 ½
28.
Perhatikan diagram kotak garis di samping. Dari diagram kotak
garis tersebut nilai jangkauan dan jangkauan semi interkuartil berturut-turut
adalah ….
a. 41 dan 10 d. 47 dan 10
b. 47 dan 11 e. 47 dan 10,5
c. 23,5 dan 10,5
29.
Nilai rata-rata dari data yang ditunjukkan oleh grafik di samping
ini adalah ….
a. 5,6
b. 6
c. 6,6
d. 7
e. 7,6
30.
Hasil tes Matematika terhadap 20 siswa digambarkan pada diagram
batang daun di samping. Banyaknya siswa yang memperoleh nilai < 5 adalah ….
a. 2
b. 4
c. 7
d. 9
e. 13
31.
Median dari data pada tabel di samping adalah ….
a. 11,83
b. 12,83
c. 13,83
d. 12,17
e. 14,35
32.
Modus dari data yang disajikan pada tabel distribusi frekuensi di
samping adalah ….
a. 59,18
b. 60,12
c. 65,12
d. 68,12
e. 68,18
33.
Kuartil bawah dari data yang disajikan pada tabel frekuensi di
samping adalah ….
a. 66,9
b. 66,6
c. 66,2
d. 66,1
e. 66,0
34.
Rata-rata data pada tabel di samping jika dipilih rata-rata
sementara 75,5 adalah ….
a. 67,5
b. 69,5
c. 7,15
d. 76
e. 77
35.
Data penimbangan berat badan terhadap 10 siswa dalam kg adalah :
50, 39, 36, 42, 34, 50, 47, 39, 44, 4. Nilai statistika lima serangkai dari
data tersebut adalah ….
a. 34, 38, 41, 47, 50 d. 33, 38, 41, 47, 50
b. 34, 39, 41, 48, 50 e. 33, 38, 42, 48, 50
c. 34, 39, 42, 47, 50
36.
Diketahui data :
23, 22, 29, 32, 21, 24, 24, 23, 25,
30, 31, 26, 27, 27, 28, 24, 25, 31, 26, 26, 27, 28, 30, 29, 28, 29, 28, 26, 27,
27. Jika dibuat interval kelas dengan tepi bawah 19,5 dan lebar kelas 3, maka
banyak interval adalah ….
a. 4 d.
7
b. 5 e.
8
c. 6
37.
Nilai dari D3 dan D9 (D = desil) dari data di
bawah ini berturut-turut adalah ….
40 42 46 53 58 60 62 63 63 66 68 68
68 70 72
73 74 76 77 78 78 79 80 82 84 85 88 90
92 96
a. 63,5 dan 88,9 d. 65,5 dan 89,5
b. 63,9 dan 89,8 e. 66,4 dan 89
c. 65,4 dan 88
38.
Modus dari data pada histogram di samping adalah ….
a. 25,0
b. 25,5
c. 26,0
d. 26,5
e. 27,0
39.
Simpangan kuartil dari data di samping adalah ….
a. 21
b. 18
c. 14
d. 12
e. 9
40.
Jangkauan dari data: 54, 59, 63, 71, 53, 63, 71, 75, 78, 80, 83
adalah ….
a. 30 d. 15
b. 29 e. 10
c. 20
41.
Persentil ke-75 dari data: 8, 6, 4, 3, 2, 9, 10, 15, 12, 14 adalah
….
a. 11 d. 12,75
b. 11,5 e. 13
c. 12,5
42.
Simpangan baku dari data: 7, 5, 6, 5, 7, 6, 8, 4, 8, 4, 6 adalah
….
a.
b.
c.
43.
Diketahui data x1 = 3,5; x2 =
5,0; x3 = 6,0; dan x4 = 7,5; x5
= 8,0 maka simpangan baku dari kelima data tersebut (deviasi standar) adalah ….
a. 0 d.
1,64
b. 0,94 e. 6
c. 1,0
44.
Diketahui data di samping ini. Simpangan baku dari tabel di
samping adalah ….
a. 6
b. 7
c. 4
45.
Dari data di atas, rata-rata berat siswa adalah . . . .
a. 46,3 d. 46,8
b. 46,5 e. 47
c. 46,6
46.
Median dari susunan bilangan-bilangan 4, 3, 8, 7, 9, 5 adalah . .
. .
a. 4 d.
6
b. 4,5 e. 6,5
c. 5,5
47.
Jangkauan semi interkuartil dari data 9, 7, 12, 6, 14, 8, 10, 11
adalah . . . .
a. 0,75 d. 1,75
b. 1,0 e. 2,0
c. 1,5
48.
Nilai rata-rata ulangan matematika dari 39 siswa adalah 45. Jika
nilai matematika seorang siswa lain digabungkan maka nilai rata-ratanya menjadi
46. Nilai matematika siswa lain itu adalah . . . .
a. 58 d. 65
b. 85 e. 56
c. 90
49.
Jika 9 adalah rata-rata dari 2, x, 10, 12 dan 15, maka x
sama dengan . . . .
a. 30 d. 9
b. 12 e. 6
c. 10
50.
Dari suatu penelitian diperoleh data sebagai berikut.
Maka rata-rata dan nilainya
berturut-turut adalah . . . .
a. 4,4 dan 5 d. 4,7 dan 4
b. 4,5 dan 5 e. 5 dan 4
c. 4,6 dan 4
51.
Jika siswa x dalam rapornya memperoleh nilai: 8, 7, 6, 7,
5, 6, 8, 9, 8, 9, maka mediannya adalah . . .
a. 5 d.
7,5
b. 6 e.
8
c. 7
52.
Jangkauan semi interkuartil dari data: 12, 8, 10, 3, 6, 4, 5,12
adalah . . . .
a. 2,75 d. 3,25
b. 2,5 e. 4,5
c. 3,5
53.
Jika rata-rata dari data x, 3, x2, 9, dan 10 adalah
5,6 maka nilai x sama dengan . . . .
a. 2 d.
3
b. 2,2 e. 4
c. 2,4
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
No comments:
Post a Comment