Sunday, December 6, 2020

Soal Matematika Wajib - Statistika

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



 

Berikut Link-link Soal-soal SMA Matematika Wajib

 

 


---------------------------------------------------------------------------

STATISTIKA

--------------------------------------------------------------------------

 

    Penyajian data dapat dilakukan dalam bentuk diagram dan tabel distribusi frekuensi. Tabel distribusi frekuensi terdiri dari distribusi frekuensi tunggal, bergolong, dan kumulatif.

 

Contoh Tabel distribusi frekuensi bergolong

 

Istilah-istilah dalam distribusi frekuensi bergolong atau berkelompok adalah :

 

a.    Interval kelas

Tiap-tiap kelompok disebut interval kelas atau sering disebut interval atau kelas saja.

65 – 67 → Interval kelas pertama

68 – 70 → Interval kelas kedua, dst.

 

b.    Batas kelas

Berdasarkan tabel distribusi frekuensi di atas, angka 65, 68, 71, 74, 77, dan 80 merupakan batas bawah dari tiap-tiap kelas, sedangkan angka 67, 70, 73, 76, 79, dan 82 merupakan batas atas dari tiap-tiap kelas.

 

c.    Tepi kelas (Batas Nyata Kelas)

        Tepi bawah = batas bawah – 0,5

        Tepi atas = batas atas + 0,5

 

d.    Lebar Kelas

        Lebar kelas = tepi atas – tepi bawah

 

e.    Titik Tengah

        Titik tengah = ½ (batas atas + batas bawah)

 

Daftar distribusi kumulatif ada dua macam, yaitu sebagai berikut.

a.     Daftar distribusi kumulatif kurang dari (menggunakan tepi atas).

b.    Daftar distribusi kumulatif lebih dari (menggunakan tepi bawah).

 

 

 

 

1. Ukuran Pemusatan Data

a. Rataan Hitung (Mean)

        Data Tunggal

 

        Rataan =

        atau

       

       

   

        Data distribusi frekuensi

 

         

 

        atau

 

       

 

        Data bergolong

Rata-rata untuk data bergolong pada hakikatnya sama dengan menghitung rata-rata data pada distribusi frekuensi tunggal dengan mengambil titik tengah kelas sebagai xi.

        Cara lain yaitu menggunakan rataan sementara

 

       

 

        Keterangan :              

        = rata-rata sementara

        = jumlah frekuensi × simpangan

 

b. Median

        Data tunggal

        Untuk n ganjil:

        Me =

        Untuk n genap:

        Me =

        Keterangan:

         = data pada urutan ke-  setelah diurutkan.

   

 

 

 

    Data bergolong

        Me =

Keterengan :

b2    = tepi bawah kelas median

c     = lebar kelas

N     = banyaknya data

F      = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas median

f      = frekuensi kelas median

 

c. Modus

        Data tunggal

Modus dari data tunggal adalah data yang sering muncul atau data dengan frekuensi tertinggi.

 

        Data bergolong

        Mo =  

Keterangan : 

b0               =  tepi bawah kelas median

l       =  lebar kelas (lebar kelas)

d1       = selisih frekuensi kelas modus dengan kelas  sebelumnya

d2    = selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sesudahnya

 

2. Ukuran Letak

    a. Kuartil (Q)

       

Keterangan:               

xmin         = data terkecil

xmaks = data terbesar

Q1   = kuartil ke-1

Q2   = kuartil ke-2

Q3   = kuartil ke-3

 

        Data tunggal

        Letak Qi =

Misal:

Data yang telah diurutkan:

 

3, 3, 4, 4, 4, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 10, 12.

 

Letak Q1 adalah :

 

 

sehingga:

Q1   = x3 + ¾ (x4x3)

        = 4 + ¾ (4 – 4) = 4

 

Data bergolong

Menentukan letak kuartil untuk data bergolong, caranya sama dengan data tunggal. Nilai kuartil dirumuskan sebagai berikut.

 

Qi =  

Keterangan:

Qi    = kuartil ke-i (1, 2, atau 3)

bi     = tepi bawah kelas kuartil ke-i

N     = banyaknya data

F      =  frekuensi kumulatif kelas sebelum kelas kuartil

l       = lebar kelas

f      = frekuensi kelas kuartil

 

        Jangkauan interkuartil dan semi interkuartil

a)    Jangkauan adalah selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil, dilambangkan dengan J.

        J = xmaksxmin

b)    Jangkauan interkuartil (H) adalah selisih antara kuartil ketiga dan kuartil pertama:

        H = Q3Q1

c)     Jangkauan semi interkuartil (Qd) atau simpangan kuartil dirumuskan:

        Qd = ½ (Q3Q1)

d)    Langkah (L) adalah satu setengah dari nilai jangkauan interkuartil:

        L = 3/2 (Q3Q1) atau L = 3/2 H

 

    b. Desil

        Data tunggal

        Letak Di di urutan data ke –

Misal:

Data diurutkan: 4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 9, 10, 11

Letak desil ke-2 diurutan data ke-  

D2 terletak pada urutan ke-2,2 sehingga: D2 = x2 + 0,2 (x3x2).

Jadi D2 = 5 + 0,2 (5 – 5) = 5 + 0 = 5,0

 

 

 

 

        Data bergolong

Letak Di di urutan data ke – , sedangkan nilainya adalah

Di =

Keterangan :          

D = desil ke-i

n = banyak data

F = frekuensi kumulatif kelas sebelum kelas desil

f = frekuensi kelas desil

b = tepi bawah kelas

l = lebar kelas

 

    c. Persentil

 

        Data tunggal

        Letak di urutan data ke -

 

        Data bergolong

Letak di urutan data ke - , sedangkan nilainya adalah

Pi =  

Keterangan:

Pi = persentil ke-i

b = tepi bawah

n = banyaknya data

F = frekuensi kumulatif kelas sebelum kelas persentil

f = frekuensi kelas persentil

l = lebar kelas

 

3. Ukuran Penyebaran

    a. Jangkauan (Range)

        Data tunggal

        R = xmaksxmin

 

        Data bergolong

Untuk data bergolong, nilai tertinggi diambil dari nilai tengah kelas tertinggi dan nilai terendah diambil dari nilai tengah kelas yang terendah.

 

 

 

 

    b.    Simpangan Rata-Rata (Deviasi Rata-Rata)

            Data tunggal

            SR =   

Keterangan:  

SR   = simpangan rata-rata

           n     = ukuran data

           xi                = data ke-i dari data x1, x2, x3, …, xn              

              = rataan hitung

 

        Data bergolong

        SR =  

 

    c. Simpangan Baku (Deviasi Standar)

        Data tunggal

       

 

        Data bergolong

       

 

       

 

d. Ragam atau Variansi

Jika simpangan baku atau deviasi standar dilambangkan dengan s, maka ragam atau variansi dilambangkan dengan s2

 

 

 

Latihan 1

---------------------------------------------------------------------------

 

1.    Berikut merupakan daftar berat badan 50 pemain top NBA dalam pound. Buat distribusi frekuensi dengan 8 kelas. Analisis hasil distribusi frekuensi mengenai nilai-nilai ekstrim, kelas terbanyak, kelas dengan frekuensi paling sedikit, dan sebagainya.

        (1 pound = 0,453 kg).

        240 210 220 260 250 195 230 270 325 225

        165 295 205 230 250 210 220 210 230 202

        250 265 230 210 240 245 225 180 175 215

        215 235 245 250 215 210 195 240 240 225

        260 210 190 260 230 190 210 230 185 260

 

2.    Buat distribusi frekuensi dengan 7 kelas untuk data nilai tes TOEFL siswa kelas bahasa suatu sekolah yang diberikan berikut ini. Kemudian jawab pertanyaan-pertanyaan berikutnya.

        350 540 495 455 400 520 513 485

        460 505 375 380 550 475 450 390

        495 470 510 465 398 497 450 440

        395 465 470 440 520 492 524 380

        390 425 475 435 550 545 445 458

        a.     Untuk kelas dengan frekuensi terbanyak, tentukan persentase frekuensinya terhadap jumlah keseluruhan siswa.

        b.    Untuk kelas dengan frekuensi paling sedikit, tentukan persentase frekuensinya terhadap jumlah keseluruhan siswa.

        c.     Lanjutkan langkah ini untuk kelas lainnya. Buat kolom tambahan di sebelah kanan berisikan persentase setiap kelasnya.

        d.    Ceritakan hasil distribusi frekuensi yang diperoleh

Distribusi frekuensi yang Anda dapatkan disebut dengan distribusi frekuensi relatif.

 

3.    Seratus pendaftar seleksi masuk perguruan tinggi di suatu universitas dipilih secara acak sehingga didapatkan distribusi frekuensi nilai tes berikut ini. Buatlah histogram, poligon frekuensi, dan ogive untuk distribusi frekuensi ini.

       

        Pendaftar yang nilainya di atas 107 tidak perlu ikut dalam program matrikulasi. Dalam kelompok ini ada berapa pendaftar yang tidak perlu ikut dalam program matrikulasi?

 

4.    Beberapa kota besar di Indonesia yang terpilih diuji kualitas udaranya dari polusi. Berikut merupakan data jumlah hari di mana kota-kota tersebut dideteksi mempunyai kualitas udara yang buruk pada tahun 2010 dan 2015. Buatlah distribusi frekuensi dan histogram untuk masing-masing tahun dan bandingkan hasilnya.

 

5.    Jumlah protein dalam beberapa macam makanan cepat saji diberikan di bawah ini. Buatlah distribusi frekuensi dengan 6 kelas kemudian sajikan dalam histogram, poligon frekuensi, dan ogive. Deskripsikan histogram yang diperoleh.

        23 30 20 27 44 26 35 20 29 29

        25 15 18 27 19 22 12 26 34 15

        27 35 26 43 35 14 24 12 23 31

        40 35 38 57 22 42 24 21 27 33

 

6.    Diberikan distribusi frekuensi untuk jumlah komisi (dalam puluhan ribu) yang diterima 100 salesman yang dipekerjakan di beberapa cabang perusahaan besar. Tentukan rata-rata, median, dan modus untuk distribusi frekuensi ini.

       

 

7.    Pengelola restoran cepat saji di suatu kota besar menyatakan bahwa ratarata gaji karyawannya adalah Rp18.000,00 per jam. Seorang karyawannya menyatakan bahwa kebanyakan karyawan di restoran tersebut menerima gaji minimal. Jika kedua orang tersebut jujur atas pernyataannya, jelaskan bagaimana ini bisa terjadi.

 

 

 

 

 

 

 

 

8.    Distribusi frekuensi di bawah ini menyajikan persentase penduduk usia di bawah 25 tahun yang menyelesaikan studi sarjana tepat 4 tahun atau lebih di beberapa kota besar di Indonesia. Tentukan ukuran penyebaran dari distribusi frekuensi tersebut.

       

 

9.    Dua puluh pelari dipilih secara acak untuk dilihat jumlah kilometer pelari tersebut lari dalam seminggu. Berikut merupakan distribusi frekuensi yang dihasilkan.

       

        a.     Tentukan ukuran pemusatan distribusi frekuensi di atas

        b.    Tentukan ukuran penyebarannya

        c.     Deskripsikan perilaku data tersebut terhadap rata-rata berdasarkan ukuran penyebarannya.

 

10. Berikut merupakan distribusi frekuensi kumulatif data suhu udara tertinggi (dalam derajat Fahrenheit) yang tercatat di 50 kota besar di Indonesia.

        Tentukan simpangan rata-rata, simpangan baku, dan ragam.

       

 

 

 

 

 

 

Latihan 2

---------------------------------------------------------------------------

1.           Dari data berikut, tentukan ukuran terkecil, ukuran terbesar, median, kuartil bawah, kuartil atas, jangkauan data, dan jangkauan antarkuartil.

           a.     75, 65, 50, 48, 72, 60, 75, 80, 48, 70, 55

           b.    165, 158, 164, 173, 168, 160, 172, 156, 170, 164, 169, 155, 168

           c.     212, 225, 220, 217, 224, 208, 222, 205, 220, 210, 205, 215

           d.    315, 300, 306, 325, 320, 315, 330, 312, 325, 310, 320, 318, 305, 317

 

2.           Suatu keluarga mempunyai lima orang anak. Anak termuda berumur t tahun dan yang tertua 2(2t – 1) tahun. Tiga anak yang lain masing-masing berumur (t + 2) tahun, (2t + 1) tahun, dan (3t – 1) tahun. Jika rataan hitung umur mereka 8,8 tahun, tentukan umur anak termuda dan tertua.

 

3.           Tabel berikut menunjukkan data tinggi badan Kelas XI SMA Megah.

          

           Tentukanlah:

           a. modus

           b. median, kuartil bawah, dan kuartil atas

           c. rataan hitungnya.

 

4.           Tabel berikut menunjukkan data tabungan domestik (dalam triliun rupiah) per triwulan dari tahun 1993–1998.

          

    a.     Buatlah diagram garisnya (tidak setiap tri wulan).

    b.    Pada triwulan dan tahun berapa tabungan domestik terbesar? Jelaskan.

    c.     Pada triwulan dan tahun berapa tabungan domestik terkecil? Jelaskan.

    d.    Berapa kali tabungan domestik mengalami penurunan? Jelaskan.

 

 

5.           Dalam suatu ujian yang diikuti 42 orang diperoleh rataan nilai ujian 30, median 35, dan simpangan baku 8. Oleh karena rataannya terlalu rendah, semua nilai dikalikan 2, kemudian dikurangi 5.

           a. Hitung rataan nilai yang baru.

           b. Hitung median yang baru.

           c. Hitung simpangan baku baru.

 

6.           Data banyak kendaraan yang parkir tiap dua jam dari pukul 06.00 sampai 18.00 disajikan dalam tabel sebagai berikut.

          

           a.     Gambarlah data tersebut dalam diagram garis.

           b.    Perkiraan banyak kendaraan yang parkir antara pukul 11.00 – 13.00.

 

7.           Nilai ujian suatu mata pelajaran adalah sebagai berikut.

          

           Jika nilai siswa yang lebih rendah dari rata-rata dinyatakan tidak lulus, tentukan banyaknya siswa yang tidak lulus.

 

8.           Diketahui diagram batang daun hasil tes Matematika di kelas XI IPA sebagai berikut.

          

    a. Tentukan jumlah siswa yang ikut tes Matematika.

           b.    Tentukan nilai terendah dalam tes Matematika.

           c.     Tentukan nilai tertinggi yang dicapai dalam tes.

 

9.           Dari data di samping, tentukan rataannya dengan menggunakan rataan sementara.

          

 

 

 

 

10.        Dari data di samping, tentukan modusnya.

          

 

11.        Diketahui data seperti pada tabel di samping.

          

           Tentukan nilai:

           a. D4, D9

           b. P30, P70

 

12.        Tentukan median dari data yang disajikan pada tabel distribusi frekuensi di samping ini.

          

 

13.        Dari diagram kotak garis di atas tentukan:

          

           a. jangkauan, dan

           b. jangkauan semi interkuartil.

 

14.        Berat badan siswa kelas XI IPA disajikan pada tabel berikut.

          

           Tentukan:

           a. statistik lima serangkai,

           b. hamparan.

 

 

 

 

15.        Tentukan simpangan baku dari data yang disajikan dalam tabel di bawah ini.

          

 

Latihan 3

---------------------------------------------------------------------------

1.           Nilai rataan hitung sekelompok siswa yang berjumlah 40 orang adalah 51. Jika seorang siswa dari kelompok itu yang mendapat nilai 90 tidak dimasukkan dalam perhitungan rataan hitung tersebut maka nilai rataan hitung ujian akan menjadi ....

           a. 50                         d. 47

           b. 49                         e. 46

           c. 48

 

2.           Nilai Bahasa Indonesia dari 10 orang siswa yang diambil secara acak adalah 3, 4, 4, 5, 6, 7, 7, 7, 8, 9. Pernyataan berikut yang benar adalah ....

           (1) rataan hitungnya = 6

           (2) mediannya = 6,5

           (3) modus = 7

           (4) jangkauan = 6

           Pernyataan yang benar adalah ....

           a. (1), (2), dan (3)

           b. (1) dan (3)

           c. (2) dan (4)

           d. (4)

           e. Semua benar

 

3.           Simpangan rataan hitung data 10, 10, 9, 8, 8, 7, 7, 6, 6, 5 adalah ....

           a. 7,6                        d. 2,2

           b. 6,6                        e. 1,4

           c. 2,8

 

4.           Simpangan rataan hitung data x1, x2, ... , x10 adalah 2,29. Jika setiap data ditambah satu maka simpangan rataan hitungnya adalah ....

           a. 0,29                      d. 2,39

           b. 1,29                      e. 4,58

           c. 2,29

 

 

 

 

 

 

 

5.           Tes Matematika diberikan kepada tiga kelas siswa berjumlah 100 orang. Nilai rataan hitung kelas pertama, kedua, dan ketiga adalah 7,8, dan 7,5. Jika banyaknya siswa kelas pertama 25 orang dan kelas ketiga 5 orang lebih banyak dari kelas kedua, nilai rataan hitung seluruh siswa adalah ....

           a. 7,65                      d. 7,68

           b. 7,66                      e. 7,69

           c. 7,67

 

6.           Nilai rataan hitung pada tes Matematika dari 10 siswa adalah 55 dan jika digabung lagi dengan 5 siswa, nilai rataan hitung menjadi 53. Nilai rataan hitung dari 5 siswa tersebut adalah ....

           a. 49                         d. 50,5

           b. 49,5                      e. 51

           c. 50

 

7.           Dari empat bilangan diketahui bilangan yang terkecil adalah 30 dan yang terbesar 58. Rataan hitung hitung keempat bilangan itu tidak mungkin ....

           (1) < 37                    (3) > 51

           (2) < 40                    (4) > 48

           Pernyataan yang benar adalah ....

           a. (1), (2), dan (3)

           b. (1) dan (3)

           c. (2) dan (4)

           d. (4)

           e. Semua benar

 

8.           Untuk kelompok bilangan 2, 3, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 11

           (1) modus lebih dari rataan hitung

           (2) median kurang dari rataan hitung

           (3) modus = median

           (4) modus = rataan hitung

           Pernyataan yang benar adalah ....

           a. (1), (2), dan (3)

           b. (1) dan (3)

           c. (2) dan (4)

           d. (4)

           e. Semua benar

 

9.           Untuk memudahkan perhitungan, semua nilai data pengamatan dikurangi 1300. Nilai-nilai baru menghasilkan jangkauan 28, rataan hitung 11,7, simpangan kuartil 7,4 dan modus 12. Data aslinya mempunyai ....

           (1) rataan hitung = 1311,7

           (2) jangkauan = 28

           (3) modus = 1312

           (4) simpangan kuartil = 657,4

           Pernyataan yang benar adalah ....

           a. (1), (2), dan (3)

           b. (1) dan (3)

           c. (2) dan (4)

           d. (4)

           e. Semua benar

 

10.        Tabel berikut memperlihatkan distribusi frekuensi yang salah satu frekuensinya belum diketahui.

          

           Rataan hitung yang mungkin dari data itu adalah ....

           a. 0                                           d. 4

           b. 2                                          e. 5

           c. 3

 

11.        Pernyataan yang benar berdasarkan tabel distribusi frekuensi berikut adalah ....

          

           a. modus < median < mean

           b. mean = median

           c. modus < mean < median

           d. mean < median < modus

           e. median < modus < mean

 

12.        Jika jangkauan data 1, 2, 3, 3, 3, 4, 4, x sama dengan rataan hitungnya maka nilai x adalah ....

           a. 1                                           d. 4

           b. 2                                          e. 5

           c. 3

 

13.        Diketahui data 1, 2, 3, 3, 4, 1, x. Jika mean = median = 2 maka nilai x adalah ....

           a. 0                                           d. 1,5

           b. 0,5                        e. 2

           c. 1

 

14.        Median dari data yang disajikan histogram berikut adalah ....

          

           a. 60,5                      d. 67,5

           b. 65                         e. 70,5

           c. 65,5

 

15.        Empat kelompok siswa yang masing-masing terdiri atas 5, 8, 10, dan 17 orang menyumbang korban bencana alam. Rataan hitung sumbangan masing-masing kelompok adalah Rp4.000,00; Rp2.500,00; Rp2.000,00; dan Rp1.000,00. Rataan hitung sumbangan setiap siswa seluruh kelompok itu adalah ....

           a. Rp2.025,00          d. Rp1.625,00

           b. Rp1.925,00          e. Rp1.550,00

           c. Rp1.750,00

 

16.        Diketahui data x1, x2, ..., x10. Jika setiap nilai data ditambah 10 maka ....

           (1) rataan hitungnya ditambah 10

           (2) simpangan rataan hitungnya tetap

           (3) mediannya ditambah 10

           (4) modusnya tetap

           Pernyataan yang benar adalah ....

           a. (1), (2), dan (3)

           b. (1) dan (3)

           c. (2) dan (4)

           d. (4)

           e. semua benar

 

17.        Data tinggi badan 30 siswa sebagai berikut.

           168 159 159 161 158 158 161 158 162 159 155 169 163 159 157 156 161 161 163 162 187 162 158 159 154 188 160 187 162 168

           Rataan hitung dari data di atas adalah ....

           a. 163,13                  d. 166,20

           b. 164,13                 e. 167,5

           c. 165,03

 

18.        Gaji rataan hitung pegawai suatu perusahaan Rp250.000,00. Gaji rataan hitung pegawai prianya Rp260.000,00, sedangkan gaji rataan hitung pegawai wanitanya Rp210.000,00. Berapakah perbandingan jumlah pegawai pria dan pegawai wanita perusahaan itu?

           a. 1 : 9                      d. 3 : 2

           b. 1 : 4                      e. 4 : 1

           c. 2: 3

 

19.        Dalam tabel di atas, nilai rataan hitung ujian matematika adalah 6. Oleh karena itu, a adalah ....

           a. 0                                           d. 20

           b. 5                                          e. 30

           c. 10

 

 

 

 

20.        Kuartil bawah dari data pada tabel distribusi frekuensi berikut adalah ....

          

           a. 66,9                      d. 66,1

           b. 66,6                      e. 66,0

           c. 66,2

 

21.        Tabel berikut memperlihatkan suatu pengukuran. Rataan hitungnya adalah ....

          

           a. 1                                           d. 8

           b. 3                                          e. 9

           c. 4

 

22.        Rataan hitung dari data berikut adalah ....

          

           a. 4,5                        d. 6

           b. 5,0                        e. 6,5

           c. 5,5

 

23.        Simpangan baku dari data 3, 6, 6, 2, 6, 2, 1, 1, 5, 3 adalah ....

           a. 1,6                        d. 2,3

           b. 1,9                        e. 2,4

           c. 2,1

          

24.        Simpangan kuartil dari data tabel berikut adalah ....

          

           a. 1,2                        d. 4,8

           b. 2,5                        e. 5,9

           c. 3,4

 

 

 

 

 

 

25.        Dari jumlah lulusan suatu SMA yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri tahun 1996 – 2003 disajikan dalam diagram di bawah.

          

           Menurut diagram garis di atas, prestasi yang paling buruk terjadi pada tahun ….

           a. 1996 – 1997

           b. 1998 – 1999

           c. 1999 – 2000

           d. 2000 – 2001

           e. 2002 – 2003

 

26.        Dari 400 siswa diperoleh data tentang pekerjaan orang tua/wali. Data tersebut jika disajikan dalam diagram lingkaran sebagai berikut. Berdasar data di bawah ini, pernyataan yang benar adalah ….

          

           a. jumlah PNS 12 orang                                     

           b. jumlah wiraswasta 90 orang

           c. jumlah pedagang 135 orang

           d. jumlah TNI/Polri 27 orang

           e. jumlah TNI 15 orang

 

27.        Jika rata-rata nilai ujian pada tabel di bawah ini sama dengan 6, maka a = ….

          

           a. 9 1/6                    d. 9 4/6

           b. 9 1/3                                   e. 9 5/6

           c. 9 ½    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28.        Perhatikan diagram kotak garis di samping. Dari diagram kotak garis tersebut nilai jangkauan dan jangkauan semi interkuartil berturut-turut adalah ….

          

           a. 41 dan 10            d. 47 dan 10

           b. 47 dan 11            e. 47 dan 10,5

           c. 23,5 dan 10,5

 

29.        Nilai rata-rata dari data yang ditunjukkan oleh grafik di samping ini adalah ….

           a. 5,6

           b. 6

           c. 6,6

           d. 7

e. 7,6

 

30.        Hasil tes Matematika terhadap 20 siswa digambarkan pada diagram batang daun di samping. Banyaknya siswa yang memperoleh nilai < 5 adalah ….

          

           a. 2

           b. 4

           c. 7

           d. 9

           e. 13

 

31.        Median dari data pada tabel di samping adalah ….

          

           a. 11,83

           b. 12,83

           c. 13,83

           d. 12,17

           e. 14,35

32.        Modus dari data yang disajikan pada tabel distribusi frekuensi di samping adalah ….

          

           a. 59,18

           b. 60,12

           c. 65,12

           d. 68,12

           e. 68,18

 

33.        Kuartil bawah dari data yang disajikan pada tabel frekuensi di samping adalah ….

           a. 66,9

           b. 66,6

           c. 66,2

           d. 66,1

           e. 66,0

 

34.        Rata-rata data pada tabel di samping jika dipilih rata-rata sementara 75,5 adalah ….

          

           a. 67,5

           b. 69,5

           c. 7,15

           d. 76

           e. 77

 

35.        Data penimbangan berat badan terhadap 10 siswa dalam kg adalah : 50, 39, 36, 42, 34, 50, 47, 39, 44, 4. Nilai statistika lima serangkai dari data tersebut adalah ….

           a. 34, 38, 41, 47, 50       d. 33, 38, 41, 47, 50

           b. 34, 39, 41, 48, 50       e. 33, 38, 42, 48, 50

           c. 34, 39, 42, 47, 50

 

 

 

 

 

 

36.        Diketahui data :

           23, 22, 29, 32, 21, 24, 24, 23, 25, 30, 31, 26, 27, 27, 28, 24, 25, 31, 26, 26, 27, 28, 30, 29, 28, 29, 28, 26, 27, 27. Jika dibuat interval kelas dengan tepi bawah 19,5 dan lebar kelas 3, maka banyak interval adalah ….

           a. 4                                           d. 7

           b. 5                                          e. 8

           c. 6

 

37.        Nilai dari D3 dan D9 (D = desil) dari data di bawah ini berturut-turut adalah ….

           40 42 46 53 58 60 62 63 63 66 68 68 68 70 72

           73 74 76 77 78 78 79 80 82 84 85 88 90 92 96

           a. 63,5 dan 88,9      d. 65,5 dan 89,5

           b. 63,9 dan 89,8      e. 66,4 dan 89

           c. 65,4 dan 88

 

38.        Modus dari data pada histogram di samping adalah ….

          

           a. 25,0

           b. 25,5

           c. 26,0

           d. 26,5

           e. 27,0

 

39.        Simpangan kuartil dari data di samping adalah ….

          

           a. 21

           b. 18

           c. 14

           d. 12

           e. 9

 

40.        Jangkauan dari data: 54, 59, 63, 71, 53, 63, 71, 75, 78, 80, 83 adalah ….

           a. 30                         d. 15

           b. 29                         e. 10

           c. 20

 

 

 

 

41.        Persentil ke-75 dari data: 8, 6, 4, 3, 2, 9, 10, 15, 12, 14 adalah ….

           a. 11                         d. 12,75

           b. 11,5                      e. 13

           c. 12,5

 

42.        Simpangan baku dari data: 7, 5, 6, 5, 7, 6, 8, 4, 8, 4, 6 adalah ….

           a.                d.  

           b.               e. 1

           c.

 

43.        Diketahui data x1 = 3,5; x2 = 5,0; x3 = 6,0; dan x4 = 7,5; x5 = 8,0 maka simpangan baku dari kelima data tersebut (deviasi standar) adalah ….

           a. 0                                           d. 1,64

           b. 0,94                      e. 6

           c. 1,0

 

44.        Diketahui data di samping ini. Simpangan baku dari tabel di samping adalah ….

           a. 6                                   d. 91

           b. 7                   e. 86

           c. 4

 

45.        Dari data di atas, rata-rata berat siswa adalah . . . .

          

           a. 46,3                      d. 46,8

           b. 46,5                      e. 47

           c. 46,6

 

46.        Median dari susunan bilangan-bilangan 4, 3, 8, 7, 9, 5 adalah . . . .

           a. 4                                           d. 6

           b. 4,5                        e. 6,5

           c. 5,5

 

47.        Jangkauan semi interkuartil dari data 9, 7, 12, 6, 14, 8, 10, 11 adalah . . . .

           a. 0,75                      d. 1,75

           b. 1,0                        e. 2,0

           c. 1,5

 

 

 

 

48.        Nilai rata-rata ulangan matematika dari 39 siswa adalah 45. Jika nilai matematika seorang siswa lain digabungkan maka nilai rata-ratanya menjadi 46. Nilai matematika siswa lain itu adalah . . . .

           a. 58                         d. 65

           b. 85                         e. 56

           c. 90

 

49.        Jika 9 adalah rata-rata dari 2, x, 10, 12 dan 15, maka x sama dengan . . . .

           a. 30                         d. 9

           b. 12                         e. 6

           c. 10

 

50.        Dari suatu penelitian diperoleh data sebagai berikut.

          

           Maka rata-rata dan nilainya berturut-turut adalah . . . .

           a. 4,4 dan 5                             d. 4,7 dan 4

           b. 4,5 dan 5                            e. 5 dan 4

           c. 4,6 dan 4

 

51.        Jika siswa x dalam rapornya memperoleh nilai: 8, 7, 6, 7, 5, 6, 8, 9, 8, 9, maka mediannya adalah . . .

           a. 5                                           d. 7,5

           b. 6                                          e. 8

           c. 7

 

52.        Jangkauan semi interkuartil dari data: 12, 8, 10, 3, 6, 4, 5,12 adalah . . . .

           a. 2,75                                     d. 3,25

           b. 2,5                                       e. 4,5

           c. 3,5

 

53.        Jika rata-rata dari data x, 3, x2, 9, dan 10 adalah 5,6 maka nilai x sama dengan . . . .

           a. 2                                           d. 3

           b. 2,2                        e. 4

           c. 2,4



Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

No comments:

Post a Comment

Produk Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

Modul dan SOP Bimbel

  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri 

  • Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
  • Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
  • Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
  • Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

 

Pengalaman Kami 

Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

 

Harga Produk Kemitraan Bimbel 

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips

  • Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
  • 700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

 

Biaya berjalan

  • hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
  • Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Analisa Bakat dengan Sidik Jari - Online

Download Aplikasinya Klik Disini

Harga Rp 100K/analisa

Kirimkan :

  • Foto 10 Ujung jari (Sidik Jari Nampak Jelas yaa).
  • Foto 2 Telapak Tangan Kanan.

 

Silahkan Lihat Video Berikut cara Foto dan Pengiriman Data
https://youtu.be/IsasZAQRYoo

 

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa

Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa 

 

Info Lebih Lanjut


Aqila Daring Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kelas Daring yang dapat diikuti dimanapun Anda berada.

 

Kelebihan

  • Menggunakan Aplikasi khusus buatan Kami sendiri sehingga Live Streaming (kegiatan Les) hanya membutuhkan Data Internet sebesar ±150 MB / jam
  • Biaya Les Relatif Murah dan Flat untuk seluruh Indonesia dan sekitarnya.
  • Bukan Video namun Live Streaming jadi Siswa dapat berinteraksi dengan Tutor secara langsung.
  • Untuk Kelas Privat bisa menentukan Jadwal sendiri
  • Les Privat dilakukan seperti halnya Video Call biasa dengan tambahan chat untuk pesan dan Gambar. Satu Tutor satu Siswa sehingga kegiatan les lebih kondusif dan efisien.
  • Untuk Les kolompok, Tutor melakukan Live Streaming. Siswa bertanya di ruang chat yang tersedia. Siswa bisa mendengar dan melihat siswa namun Tutor tidak bisa melihat siswa.
  • Les Daring ini telah berjalan sejak Juni 2020 dan sudah menjangkau sampai negara tetangga.

 

Biaya Les Daring

  • Biaya Les Privat per sesi  SD Rp 30.000 | SMP Rp 35.000 | SMA Rp 50.000 | SBMPTN Rp 55.000
  • Kelompok per bulan SD Rp 100.000 | SMP Rp 115.000 | SMA Rp 156.000

 

Pendaftaran

  • Ketik Aqila Daring Bimbel di PlayStore
  • Isi data Pendaftaran
  • Info lebih Lanjut WhatsApp ke 085640451319

 

Link Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladaring

 

Bimbel Aqila Course

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah
Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6285640451319

 


Aplikasi Lomba dan Share Konten Belajar

Fungsi untuk Bimbel

  • Media Penjualan Konten Belajar seperti Modul, Video dan Latihan Soal.
  • Manajemen Pembayaran Bulanan untuk menikmati Konten
  • Event Lomba baik diadakan secara terpisah maupun di satu lokasi.
  • Share link Belajar Daring sesuai Kelasnya sehingga lebih tepat dan cepat (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).

 

Fungsi untuk Sekolah

  • Manajemen Pungasan Guru dan Penilaian untuk kegiatan sekolah
  • Manajeman share Link live Teaching agar lebih tepat sasaran (Streaming menggunakan aplikasi eksternal seperti zoom, google meet dll).
  • Share Konten Video, Materi dan Latihan Soal.

 

Catatan
Saat pembelian Konten Aplikasi masih Kosong jadi perlu ditambahkan sendiri.

 

Untuk Siapakah Aplikasi ini ?

  • Anda yang suka membuat Konten belajar seperti video, Modul dan Soal yang berniat menjualnya secara online.
  • Anda yang sering mengadakan Lomba secara Massal, dengan Aplikasi ini Anda bisa berhemat Biaya Fotocopy, Pengawas dan Korektor.
  • Guru yang ingin mempermudah kegiatan Pemberian Tugas secara online dan mempermudah penilaian.
  • Sekolah yang ingin mengembangkan Kegiatan Belajar Mandiri.
  • Bimbel yang ingin mengembangkan diri ke arah Les Daring.

 

Contoh Aplikasi

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri

Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

 

Video Keterangan
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_au4OygFpFAQhDtn1s6Ntc


Harga 

  • Aplikasi dengan Nama Bimbel/Sekolah Anda sendiri Rp 1,5 juta
  • Biaya berjalan (database) Rp 10 per View

 

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Jasa Pembuatan

Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

 

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.

 

Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya

Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

 

Biaya Pembuatan

  • Harga Rp 4 juta
  • sudah termasuk Upload di PlayStore
  • Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464